Manfaat Ciuman

Berciuman ternyata tak hanya merupakan pertanda cinta antara dua sejoli yang dimabuk asmara, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan orang yang melakukannya. Tak percaya?

Menurut Dokter Gigi dari American Dental Association Matthew Messina, DDS, air liur yang timbul secara berlebihan sebagai efek berciuman, dapat membantu mencuci gigi dari bakteria dan mencegah timbulnya plak.

Sedangkan menurut Bryant Stamford, Ph.D., direktur pusat promosi kesehatan Universitas Louisville, ciuman juga dapat membakar kalori. “Saat berciuman, Anda akan membakar banyak kalori, bahkan lebih banyak dibanding rata-rata metabolisme normal tubuh.”

Beberapa ahli lainnya juga sependapat, apalagi ciuman dapat menjadi sarana olah raga bagi otot-otot muka.

Keuntungan lainnya, ciuman mampu mengurangi stress, seperti yang diungkapkan psikolog Joy Davidson, Ph.D., ciuman dapat bermanfaat seperti meditasi sensual. “Ciuman akan menghentikan kekacauan dalam pikiran, meningkatkan rasa nyaman dan mempertinggi rasa percaya diri.”

Dalam suatu hubungan, ciuman merupakan salah satu sarana investigatif. “Dengan berciuman, berarti Anda telah mempercayai pasangan, sekaligus merupakan proses pengenalan - sentuhan, merasakan dan memperhatikan ekspresi wajah pasangan dan menelusuri lebih jauh dari tanggapan pasangan,” ujar Helen Fisher, professor antropologi di Universitas Rutger dan pengarang buku The Sex Contract and Anatomy of Love.

Fisher menerangkan, ciuman dapat meningkatkan sistem ketahanan tubuh. “Saat berciuman, kuman dan baksil akan saling bertukar, sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat.”

Faktanya, ciuman akan berlanjut dengan sentuhan dan pijatan yang akan melepaskan oksitosin, yaitu semacam hormon yang mampu memberi efek tenang pada tubuh.

Sama halnya dengan oksitosin yang dilepaskan saat bayi mengisap susu dari payudara ibunya, yang menimbulkan ikatan emosional yang kuat antara bayi dengan ibunya.

(Dari berbagai sumber)

ciuman lebih menyehatkan jika dilakukan setelah menikah ;D

wow…ini baru kabar angin seger…

sapa nak di cium… FREE KISS ;D…

hmmm jadi kepengen neh…wakakkaa
ups kalo sudah menikah ya bu RZ…
yaaaa masih lama donk… :ashamed0004:

Apalagi kalo ciumannya bervariasi… hehehe…
Sabar aja ya yang belum nikah…

ciut…ciut…ciut…ciut.

ciuman yg mana nich.

Cium Tangan, bkn yang lain… hehehe

bisa bikin badan sehat yah ran … kalo dilakukan sesudah menikah ??

*pasang muka sepolos2nya …

mantap jo!! tinggal cari partner nih…

Ayo mari cari pasangan!!!

manfaat ciuman…menghancurkan ketegangan dan menghilangkan stress…

:afro: :afro: :afro: ;D ;D ;D :afro: :afro: :afro:

tergantung sm sp dulu ciumannya…

Bener!!! Tergantung ama siapa dulu… kalo ama nenek2 mah, Tegang banget!!! Waakakaka

kalo nenek2nya cakep kayak luna maya?

muka polosmu udah kebaca mon… :char11:

Tetep aja nenek2…

wow, baru tau :azn: :tongue:

makasih untuk infonya…:smiley:

Manfaat ciuman …

… alat yang paling ampuh untuk mendiamkan pacar istri yang cerewet … :afro: :afro:

hehehheheh

(itu kata temen gua yang udah berumah tangga lho … kalo belom berumahtangga … jangan pernah coba2 !! Nenek bilang itu … berbahayaaaaaaaa … :char11:)

tambahan : plus jangan lupa … jangan sampe salah … nyium … istri orang yah … :mad0261: :mad0261:

Ngomongin ciuman jadi inget… uhhh gagal maning gagal maning, wakakakkakaa padahal udeh ngarep.com… tapi emg kalo yang diarep kan sll gagal, lebih bae nnt di iklasin aja deh, biar kesampean, ga dapet kemaren2 ini, nanti jg akan dapat, hahahahahaha