Manfaat Gedung Gereja

Kalau “HANYA IMAN” yang menyelamatkan , buat apa ada gedung gereja ?

Kita percaya saja khan cukup, gak perlu ke gereja habis-habisin uang bensin, perpuluhan, sumbangan ini itu dll. mending di rumah nonton film. dan saksikan LiGA Champion … GOL-GOL-SOL

Calvinis tolong dijawab.

wew, saya tidak dapat mengklaim diri saya Calvinis karena saya tidak mendalami theologi dan tidak fanatik terhadap ajaran Calvin

namun saya akan coba menanggapi apa yang bro breakdance sampaikan

hanya iman?
YA, hanya iman oleh kasih karunia Allah

mengapa ada gedung gereja?
mengapa harus menginjili?
mengapa harus berbuat baik?
mengapa harus begini begitu jika hanya iman saja yang menyelamatkan?

iman secara otomatis akan ber-efek pada pribadi, karakter dan perilaku orang yang beriman itu

orang itu akan rindu untuk membagi sukacita karena imannya kepada sesama
orang itu akan rindu untuk bertemu, berkumpul, berdoa bersama, saling menguatkan, memuji bersama dengan saudara-saudara seimannya
orang itu akan rindu untuk melaksanakan perintah dan ajaran yang disampaikan dalam kitab suci yang diyakininya
dan seterusnya, dan seterusnya…

itu adalah konsekuensi logis dari iman

kalau ditanya buat apa ada gedung gereja?
buat apa buang-buang bensin, perpuluhan, sumbangan, dll

jawabannya adalah : itu adalah konsekuensi logis dari iman Kristen

lebih jauh lagi : hanya iman yang menyelamatkan dan bukan perbuatan
lalu buat apa harus melakukan ini itu dsb?

perbuatan ini itu yang terjadi pun merupakan sebuah konsekuensi logis dari iman tersebut - otomatis akan terjadi
iman secara otomatis akan mempengaruhi dan menggerakkan individu untuk berbuat sejalan dengan imannya

dalam hal ini yang saya maksud adalah iman yang sejati, bukan hanya mengatakan “saya beriman”, “saya percaya” tapi hanya dalam ucapan saja, itu adalah iman semu, palsu dan munafik, yang saya katakan di atas adalah iman yang benar-benar diyakini dan diamini oleh individu yang bersangkutan

iman sanggup menggerakkan umat muslim memerangi orang-orang yang mereka anggap menganiaya saudara muslim mereka

iman sanggup menggerakkan umat muslim dari seluruh dunia berbondong-bondong melaksanakan ibadah haji di Mekah

iman sanggup menggerakkan jutaan umat Kristiani berbagi kasih kepada sesama tanpa pandang bulu

iman sanggup menggerakkan jutaan umat Kristiani bertahan dalam siksaan dan penganiayaan selama ratusan tahun

semua itu adalah konsekuensi logis yang muncul dari iman

:slight_smile:

Anda sdh mengerti betul apa itu iman? Iman tdk sesederhana spt yg anda bayangkan.
Iman itu bkn sekedar percaya Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat,
Iman itu percaya bahwa setiap org percaya hrs hidup sbg warga kerajaan Allah dimana Yesus sbg Raja-Nya
Berarti hrs mencari dahulu kerjaan Allah dan segala kebenarannya.

Itu hanya dimungkinkan kalau mau hidup dlm persekutuan umat Tuhan dlm gereja.
Oleh sebab itu ada ayat yg mengatakan demikian:

Ibrani 10:25
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

tanpa melakuakn persekutuan berarti anda tdk mempunyi iman spt yg anda banggakan,
krn melakukan apa yg dikatakan Alkitab itu juga adalah percaya bahwa Alkitab itu Firman Tuhan.
Mudah2an dpt memberikan sedikit pencerahan,
GBU

Mencari Kerajaan Allah itu perbuatan kita di dunia.

Perbuatan adalah kata kerja.
Si A memberikan 10 Kg beras pada tetangganya yang kelaparan. Si A setiap minggu datang ke Gereja naik becak, Si A menginjili kemana-mana dst dst .
Maka si A berbuat sesuatu (kerja) kalau dipandang dari orang lain Si A melakukan perbuatan yaitu memberi beras , ke gereja , menginjili maka Si A ada perbuatan dulu maka timbul dari pandangan orang lain si A punya iman kepada KRISTUS.

Iman timbul / keluar / nyata setelah berbuat ( melakukan perbuatan ).

Si B , merampok → perbuatan si B dosa karena melanggar 10 perintah ALLAH biarpun Si B sudah di baptis dan tiap minggu ke gereja . Apakah Si B orang ber-Iman ?

Si C , melakukan Korupsi biarpun Si C sudah di baptis dan tiap minggu ke gereja . Apakah Si C orang ber-Iman ?

Si P, seorang penginjil, tetapi kehidupannya mementingkan Materi , mobil Jaguar, Arloji Rolex , rumah ber Hektare-2 , Deposito jutaan Dollar. Apakah si P seorang ber-Iman ?

Si A , menghormati orang tua, ke gereja , peduli sama tetangga, membantu orang miskin , melayani yang menderita dst,dst → perbuatan Si A melaksanakani perintah / Firman ALLAH.
maka Si A orang yang ber-Iman.

Melaksanakan perintah TUHAN adalah melakukan Perbuatan bukan Iman.

Kalau Iman adalah percaya sesuatu biarpun belum merasakan / melihat sendiri.

  1. Bahwa YESUS benar-benar bangkit dan ada di Surga.
  2. Biarpun kita tidak melihat dengan mata kepala sendiri.
  3. Percaya pada apa yang ditulis oleh Kitab Suci.
  4. Bahwa YESUS benar benar datang dari Surga.
  5. Percaya pada kehidupan akan datang.

dinyatakan dalam Syahadat Para Rasul.

maka setelah percaya sebagai pembuktian dari semua itu adalah perbuatan kita sesuai dengan yang ada di Alkitab bukan menjadi penghapal Firman melainkan menjadi PELAKU FIRMAN.

Seorang PELAKU FIRMAN pasti melakukan PERBUATAN-PERBUATAN sesuai dengan Firman Tuhan.

Maka tanpa perbuatan iman itu mati. kata Yakobus
Saya mencintai Allah, Saya percaya YESUS tetapi saya bukan PELAKU Firman itu bohong namanya. Surat Yoh.

Itu hanya dimungkinkan kalau mau hidup dlm persekutuan umat Tuhan dlm gereja.
Oleh sebab itu ada ayat yg mengatakan demikian:

Ibrani 10:25
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

tanpa melakukan persekutuan berarti anda tdk mempunyi iman spt yg anda banggakan,
krn melakukan apa yg dikatakan Alkitab itu juga adalah percaya bahwa Alkitab itu Firman Tuhan.
Mudah2an dpt memberikan sedikit pencerahan,

yang di bold itu sama tidak dengan tanpa melaksanakan perbuatan

Contoh
Dalam persekutuan gereja adalah denominasi Teologi Kemakmuran.
Pendeta berkata bagi orang kaya itu adalah berkat dari Tuhan. Saya orang miskin , artinya saya gak dapat apa-apa dari Tuhan.

Terus sebagai orang miskin , mau kemana saya ?

Tahukah kita bahwa yang di khotbahkan pendeta itu benar atau salah sebab mempunyai tafsir sendiri-sendiri. Mana yang akan aku ikuti.

Coba baca Yakobus…
Apakah Alkitab sampeyan gak ada surat Yakobusnya ?

  1. Karena anda bisa memakai ayat per ayat , sulit untuk menemukan Kebenaran. Alkitab adalah 1 kesatuan terdiri dari 73 bab. Bukan ayat per ayat.
    Rencana Allah bukan dipenggal ayat per ayat . Rencana ALLAH adalah 1 Kesatuan dalam Alkitab Mulai Kejadian sampai Wahyu . Bukan dari 66 Bab hasil dari Konsili Jamnia yang menentang YESUS adalah TUHAN.

Betul kalau sdh gak didunia/sdh di sorga ngapain cari kerajaan Allah?

Iman timbul dari pendengaran : Roma 10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.
Nyata setelah berbuat itu baru betul : Yakobus 2:20 Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?
2:26 Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.

Lihat ayat diatas, percuma punya iman kalau tdk dibarengi dgn perbuatan yg menunjukkan iman.
Iman tdk bisa dipisahkan dari perbuatan: Yakobus 2:18 Tetapi mungkin ada orang berkata: “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”, aku akan menjawab dia: “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.”

Betul, karena Alkitab berkata bahwa iman tanpa perbuatan itu mati.
GBU

Betul, sama, ada perintah Tuhan dlm surat Yakobus kan?

emangnya semua gereja menganut teologi kemakmuran? anda kan bisa pilih yg sesuai dgn Alkitab

anda bisa belajar dan bandingkan sendiri dgn Alkitab
pelajaran melalui internet banyak sekali

jangan biasakan menghakimi org lain dgn kemampuanmu yg msh spt itu
kemampuan anda itu tercermin dari topik yg anda buat sendiri.
Kalau gak dipenggal2 gimana bisa ngerti? anda tdk tahu kalau para penulis Alkitab itu berbeda2?
dlm kurun waktu yg berbeda2 pula?dgn maksud yg berbeda pula?
GBU

Paulus mengatakan Iman, Pengharapan dan Kasih.

Iman= Percaya pada Yesus adalah jalan menuju Bapa
Pengharapan= berbuat di dunia (bumi) sesuai perintah YESUS dalam Alkitab dan berpegang teguh pada persatuan Gereja sebagai batu penopang.
Kasih=yang diperbuat harus ada KASIH. Seperti KASIH YESUS pada kita.
Maka jalan menuju pada BAPA terbentang di mata kita kelak melalui Iman yang tumbuh.

Iman yang tumbuh , berasal dari perbuatan - perbuatan yang berdasarkan Kasih.

anda ini mau diskusi atau pakai pemikiran anda sendiri?
Iman itu : Roma 10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman KRISTUS.
Perbuatan itu utk membuktikan punya iman : Yakobus 2:26 Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.
Kasih, semua perbuatan kita itu hrs berdasarkan kasih :I Yoh.4:8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.
GBU

Perhatikan ini:

8:4 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil.
8:5 Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.
8:6 Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua dengan bulat hati menerima apa yang diberitakannya itu.
8:7 Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan.
8:8 Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu.
8:9 Seorang yang bernama Simon telah sejak dahulu melakukan sihir di kota itu dan mentakjubkan rakyat Samaria, serta berlagak seolah-olah ia seorang yang sangat penting.
8:10 Semua orang, besar kecil, mengikuti dia dan berkata: “Orang ini adalah kuasa Allah yang terkenal sebagai Kuasa Besar.”
8:11 Dan mereka mengikutinya, karena sudah lama ia mentakjubkan mereka oleh perbuatan sihirnya.
8:12 Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang nama YESUS KRISTUS, dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.
8:13 Simon sendiri juga menjadi percaya, dan sesudah dibaptis, ia senantiasa bersama-sama dengan Filipus, dan takjub ketika ia melihat tanda-tanda dan mujizat-mujizat besar yang terjadi.
8:14 Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar, bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke situ.
8:15 Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh ROH KUDUS.
8:16 Sebab ROH KUDUS belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan YESUS.
8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima ROH KUDUS.
8:18 Ketika Simon melihat, bahwa pemberian ROH KUDUS terjadi oleh karena rasul-rasul itu menumpangkan tangannya, ia menawarkan uang kepada mereka,
8:19 serta berkata: “Berikanlah juga kepadaku kuasa itu, supaya jika aku menumpangkan tanganku di atas seseorang, ia boleh menerima ROH KUDUS.”

Percaya saja, baptis saja, lihat syarat diatas ;D

ikutan ah…kwkwk

yang ini juga diperhatikan yaaa… :smiley:

Jawab Yesus: “Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?”
(Yohanes 11:25-26)

tapi IMAN tampa PERBUATAN adalam MATI…
jadi bukan KARNA IMAN (hanya percaya saja)

gak mungkin klo percaya Tuhan ga ke gereja
karna kita ‘percaya’ maka kita ke gereja kan??

Kerjakan keselamatnmu, jaga kekudusan (karna Tuhan sendiri kudus)

kenapa harus gereja, dll, dll, dll
karna kita sudah pasti ada dalam pesta perkawinan Tuhan
(masuk surga) dengan iman yg saudara katakan

gereja ada supaya kita bisa belajar (denger khotbah)
and punya hub dengan Tuhan
supaya kita gak hilang and lupa sama Tuhan,
d gereja ada orang2 yg akan mengigatkanmu

tapi Orang YANG TIDAK LAYAK (main2 dengan keselamatan)
kotor, hidup ga benar, ga gereja (jauh dr Tuhan)
orang yg ga jaga keselamatanya (pakai baju asal2an and ga siap2)
ga akan masuk dalam kerajaan sorga…!!! (pesta perkawinan)

(rasanya orang Kristen sudah tau tentang perumpamaan perkawinan ini)

jaga kekudusan dan keintimanmu dengan TUHAN :slight_smile:

GBU

wew…met kenal ni sis aurantiaca :slight_smile:

perbuatan akan otomatis mengikuti iman seseorang
iman seseorang teraktualisasi dalam perbuatannya

mengapa rasul Yakobus mengatakan iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati?
Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati, karena itu bukan iman yang sejati :smiley:

jika seseorang mengaku beriman kepada YESUS tapi perbuatannya jahat dan tidak mempunyai kasih, apakah dia benar-benar beriman kepada YESUS?
tidak

jika seseorang mengaku beriman kepada YESUS tapi tidak mengikuti ajaran dan perintah-Nya, apakah dia benar-benar beriman kepada YESUS?
tidak

contoh yang lebih ekstrim nee …kwkw :
jika seseorang mengaku beriman Kristen tapi tidak pernah ke gereja, tapi tiap jumat ke mesjid dan bulan lalu baru saja naik haji, apakah dia benar-benar beriman Kristen?
tentu tidak…wkwkwkkwwkwkwkk

Jemaat GKI Yasmin sering tuh beribadah atau berjemaat di tempat-tempat terbuka, bukan di sebuah gedung.

Gedung Gereja dibuat kurasa karena ada aturan pemerintah yang mengatur perihal tata peribahan, bahwa rumah pribadi tidak boleh dijadikan rumah ibadah atau tempat kumpul jemaat.

Jika pertanyaannya untuk apa kita berjemaat, kurasa itu merupakan kebutuhan untuk saling menguatkan satu sama lain. Sekalipun faktanya banyak jemaat yang seperti agen rahasia kayak saya ini.

kalau hanya perlu iman dan tidak perlu gereja, lalu kenapa pada kisah2 para rasul awal murid2 Yesus sering berkumpul? pikirkan sendiri jawabannya :slight_smile:

seperti yang dikatakan oleh Tuhan Yesus ialah bersatu dalam doa… :angel:

Aku ke Gereja ketemu YESUS sendiri. Dan aku ke Gereja untuk berdoa di hadapan YESUS sendiri yang bersemayam dalam tabernakel.
Kalau ke gereja Protestan mendengarkan Firman Tuhan untuk apa ? Mendengarkan Firman saja, dirumah bisa , kita setel Audio Alkitab saja cukup untuk mendengarkan Firman Tuhan.
Ngapain ke trus ke Gereja.

Kalau ke Gereja Katolik ada YESUS yang sungguh-2 nyata.

Mau bukti bahwa HOSTI benar-2 TUBUH YESUS SENDIRI ?
http://www.sesawi.net/2012/04/16/hosti-berdarah-di-gereja-santo-fransiskus-xaverius-kidul-loji-yogyakarta/

itu di Indo kalau lainnya cari sendiri deh sejak tahun 700 sudah banyak bukti bahwa HOSTI benar-2 TUBUH KRISTUS.

Berkumpul untuk menerima TUBUH KRISTUS … merayakan EKARISTI.

Sendiri-sendiri berdoa juga gak apa2 kok sis,kan TYK juga bilang kalau kmu mau berdoa,masuk ke kamar dan konci kamarnya dan berdoalah,tak ada kata bersatu disana hehe

Sendiri-sendiri berdoa juga gak apa2 kok sis,kan TYK juga bilang kalau kmu mau berdoa,masuk ke kamar dan konci kamarnya dan berdoalah,tak ada kata bersatu disana hehe