mantan

syalom, :slight_smile:

tmn2, silahkn mmberikan nasehat/komentar yg mmbangun, sebelum dan sesudahnya, terimakasih.

berawal dari sy pacaran (dia cowok yg sama2 kristen dgn sy, tetapi suku yg brbeda).
dia pacar pertama sy, dan sy pacar keduanya (yg pertama dia bukan kristen).
jdi singkat cerita wkt itu sy mnjalani pacaran bisa dikatakan sangat kekanak2an n sering uring2an (klw tengkar ujung2nya sy suka bilg putus, smpe qt itu sering putus nyambung :wink: ; blom lgi klw bru ktmu malah kangen2an lgi via sms,dll ).

nah, pernah 1x wkt qt lgi tengkar n sy pas pulg kampung, dia di deketi tmn lamanya (ce) n terus menerus ksi perhatian ke dia (smntara itu sy tetap msih kekanak2an :sudah bilg putus n malas komunikasi/telpan/sms2an ma dia-dll). sampe akhrnya sy kembali ke daerah itu kembali, sy dapati dia sdh brpacaran dgn ce tsb.

sebetulnya wktu itu (ssudah mereka pacaran) bnyk kesempatan spy kami rujuk kembali (tpi sy trlalu egois n angkuh diri utk tdk memaafkn krn dihianati), krn bbrapa x kejadian justru kmi dekat kembali (tpi krn sama2 egois jdinya malah suka uring2an,dll → kekanak2an.

singkat cerita dia menikah dgn ce tsb (MBA).

dri situ sy belajar bnyk hal,buanyaakkk sekali. bgmn memaafkn dia, ce tsb (yg jelas2 merebut/kasi perhatian ke dia scara brlebihan-wktu kmi ms2 pacaran kmi brmslh).

sy tinggalkn kenangan2 yg gak enak n sy anggap dia tmn sy, krn bgmnapun sy akan sering ktmu dgn dia (1 profesi).

nah, sy kira ini sudah case closed, tapi sesuatu trjadi yg mmbuat prasaan sy tidak nyaman…

sy brencana akan mninggalkn daerah tsb dlm wkt yg lama, jdi sbg tmn sprofesi, sy pamitan ke tmn2 trmasuk dia. slesai pamitan tsb, kbetulan tmn2 lainnya lgi pd keluar n sy msih beres2 barang, dia dtg ke sy n memeluk mnciumi sy (ssuatu hal yg tdk prnah dia lakukan smnjak pacaran kmi brmasalah 2thn lalu. stlah dia brkeluarga, mnjabat tangan sj kmi tdk pernah kcuali skwtu pesta pernikahannya).
saat itu sy mrasa bwh didalam dirinya adalh dia yg sy kenal dlu yg mncintai sy dgn segala kesederhanaan n kekanak2an kmi.

skrg sudah bbrpa wktu brlalu n kondisinya sy harus kembali k daerah tsb (tuntutan profesi).
sy merasa tidak sanggup n tdk brsemangat kembali k tempat itu stelah kejadian tsb.
seandainya kjadian tsb tdk ada, sy sdh mrasa fine2 sj ke sana.

mngingat sy blum brkeluarga, saat ini mind set spt apa yg hrs sy terapkn di sy n sikap yg bgmna selayaknya bwt sy ?

dukungan doa dri tmn2 utk sy agar secepatnya mnemukan pasangan hidup yg cinta Tuhan-cinta sy n juga agar sy smakin mmiliki sikap hidup yg benar.

terima kasih telah sabar mmbaca artikel ini bahkan mmberikan komentar juga nasehat.

Tuhan Yesus Memberkati.

Maksudnya sikap yang diminta seperti apa sis…??

carilah pasangan yang arif dan takut akan Tuhan karena berlaku untuk seumur hidup

Sis, ada istilah Pria Beristri lebih menarik dari pria lajang … hehe … kidding

Sekarang serius :smiley:

Btw saran saya adalah jaga jarak dengan mantan anda, apalagi dengan sikap mantan anda yang menurut saya “kurang ajar” terhadap anda, karena sebenarnya dia telah beristri.

Sebagai cowo, bila sedikit saja dia dikasih “lampu hijau” (dari cerita sis sepertinya tidak ada penolakan saat dipeluk dan dicium mantan)maka dia akan memakai banyak cara untuk semakin mendekati anda, dan tujuannya (umumnya) ya gak jauh2 dari sex, jadi sedini mungkin lebih baik jaga jarak, dan ingatlah bahwa dia sudah menjadi suami wanita lain.

Kalau sampai kejadian (semoga tidak) anda dan dia terlibat affair / perselingkuhan, saya jamin, andalah yang lebih banyak disalahkan oleh orang2 dibanding mantan anda, bisa jadi dianggap perebut suami orang, wanita penggoda, dsb.

Jadi kalau bisa dan kalau memang sis bertekad untuk menjaga jarak, hindarilah kondisi dimana kalian cuma berdua saja, kalau ada orang lain semoga saja dia tidak berani berlaku kurang ajar. Kalau memang mungkin minta kepada atasan agar tidak bekerja bersama dia, terutama apabila dalam tim tersebut hanya anda dan mantan saja.

Kalau sampai dia tetap nekad, laporkan saja ke atasan, kalau perlu lapor polisi dengan tuntutan pelecehan sex/kejahatan terhadap kesopanan(Pasal 281-299 KUHP) ataupun perbuatan tidak menyenangkan (Pasal 335 KUHP)

GBU

Sisss… apa siss yakin dia bener2 pengikut TUHAN YESUS… dari kasusnya aja dah tukang selingkuh lom ditambah lagi MBA… sekarang ditambah lagi berzinah dengan mencium memeluk sis, nah lohhh… yang kayak gini mau diharapkan apanyaaa…

yang harus dilakukan ya jaga jarak dunksss… ingat dia dah menikahhh… juga ingatkan dia akan hal tersebut… TUHAN masih menyayangi sis dengan tidak menjadikan sis pasangannya… bersyukurlah…
hindari segala sesuatu yang mengingatkan tentang dia, dan sebisa mungkin bila 1 kota, bila bertemu jangan pernah berduaan aja… bisa2 dia nerkam sis heheheh… TUHAN YESUS memberkati…

nasehat saia

  1. ayo mari renungkan sejenak dengan memberi waktu bagi anda sendiri berpikir dengan baik—
    ingat waktu untuk sendiri yaitu tanpa ada komunikasi dengan pihak pihak yg mengacaukan perasaan dan pikiran
    anda. :slight_smile:

  2. berkumpul dan bertukar pikiran dengan orang orang diluar lingkungan anda—mksdnya adalah bukan sahabat sahabat disekitar atau teman teman anda tp adalah orang orang baru yg bisa diandalkan sebagai panutan seperti
    pendeta,pastur atau bisa saja seorang motivator yg baik atau bisa saja rekan kerja anda yg terkenal baik dan bisa diandalkan.

  3. perbanyak lah berdoa dan berpuasa kepada Tuhanmu :stuck_out_tongue:
    jangan lelah untuk berdoa dan berpuasa bahkan pada saat anda merasa tiada guna.
    puasa yg saia mksd tidak selamanya puasa makan,bisa saja berpuasa utk tidak mengatakan kata kata kotor atau
    berpantang utk mengatakan satu kata misalnya kata “ayam”.
    berpuasa adalah suatu hal utk melatih diri dan membuat diri kita menjadi disiplin.
    bila kita disiplin maka kita mempunyai mental dan sikap yg kuat untuk menentukan arah yg kita mau.

  4. setelah semuanya anda lakukan masuki tahap utk menentukan mana yang benar mana yang salah
    lalu buatlah keputusan yg terbaik bukan utk siapapun tp yg terbaik untuk anda sesuai dengan ke-iman-an kpd
    sang Pencipta.amin

  5. setelah semua yg anda lakukan yakinlah dalam segala hal permulaan atau awal sangatlah membutuh extra effort
    atau kerja keras yg begitu besar utk memulai dan menjalani keputusan yg anda ambil. utk menambah dan menjaga
    konsistensi keputusan anda mulilah utk berinteraksi dalam ibadah ibadah ke-Tuhan-an dan menjalani puasa.

semoga apa yg saia paparkan bisa dijadikan bahan percobaan dan bermanfaat.

klo masi kurang silahkan PM saia utk konsultasi lebih lanjut.:slight_smile:

trimksh tmn2, kronologisnya sy di peluk dr belakang dan dia mngucapkn maaf brulang2 (sambil cium dri kepala belakng smpe depan). dan tentu sj sy kaget dan smpat bingung knp bisa bgitu. krn slama ini (wkt sy msih disana), qt sngt jarang ngobrol,bhkn cm say : hi (trus bkrj di tgsnya msing2).
kjadian tsb smpat bbrp menit brlalu n akhrnya sy bilg : ingat anak km n sygi keluarga bru kmu. salam di papa mama (ortu dia).
dia trdiam n msih peluk sy, smpe sy lepaskn n sy lngsung prgi.
skdar share,qt wkt pacaran dlu tuh bener2 gk smpe sex2 gtuan,paling nakal cuma cium areal kepala-peluk-prnah tidur brdekatan pegang tangan (itu jg ada tmn2,bru pulg dri olah rg) n lbih bnyk becanda2/cerita2/ngobrol/ketawa2. (klw brtengkar jg mslh sepele,tpi ujung2nya sy suka bilg putus) :frowning:
makanya wktu sy tau dia MBA, sngat kaget rasanya.

yg sy rasakn saat ini adalh:

  1. sy malas banget kembali ke sana
  2. sy bingung brsikap bgmna (krn stelah dia mnikah,sy yg tetap suka tegur sapa dia-mnanggap spt tmn lainnya,meski sebaliknya dia tdk mau trlalu dekat ke sy, sy anggap lumrah tdinya,tpi setelah kejadian tsb,sy jdi bingung sebaiknya sikap spt apa dri sy ke dia. sy malu ma diri sndiri smpat mmbiarkn dia peluk cium sy.
  3. sy ingin mncintai org lain dan benar2 mnyelesaikn prasaan2 bginian. prnah trpikirkn di sy agar bicara brdua ma dia spy gk ada lgi simpan uneg2 apa bgitu (krn dlu qt sama2 suka angan2 qt akan nikah). org yg paling trpukul kan hrsnya sy, tpi prlahan2 sy bisa snyum kembali (Tuhan bntu sy brfikir jernih-proses pjg-dlu smpat sy g keluar kamar 2 hri-smpe lemaz betul-gk mkn minum-sy brbantalkn Alkitab/ngobrol ma diri sndiri n brtnya ma Tuhan Yesus/konyoll yah,hehee, smpe akhrnya sy tmukan pmikiran2 yg logis n baik sy dptkn,sy prlahan bisa terima n bhkn sanggup dtg ke pesta prnikahannya n brtekad anggap itu smua adlh pelajaran yg hebat dlm hidupku, sy jabat tangannya dan brpikir bhw ini sdh dan hrs brlalu,dia sdh menikah dan smua yg mnyangkut kmi sdh brakhir).

klw HPDT nya,justru stelah qt pcran bru ada pmbaharuan,krn wtu itu dgn cara kanak2 juga sy suka ajak dia grj,nyanyi2 dri KJ-sy paling suka wktu dia nyanyiin lagu indahnya saat yg teduh.
suaranya cempreng tpi itu yg buat lucu.
biar hubngn kmi cm 1 thn (efektif), tpi rasanya bnyk yg saling isi mngisi dsana…

teman2, makasih udh komentar yah…

sy gk mungkn keluar dri profesi sy hny krn itu,tpi juga gk enak rasanya klw smpe mengadu2 bgituan. sy kepengen mnyelesaikn lngsung di orgnya,tpi sy kuatir nnti malah jdi buka celah ( o iya,istrinya cemburuan ma sy, sy tau krn smpat bbrp hal ketahuan di sy, tpi gk prnah sy bukakn krn sy gkmw ribut ).

Sis’tha,saya cuma bisa kasih pendapat n saran kyk gni

D liat dr crita sis, t cowo masih ad perasaan ma sis,sory ni sis, tpi kyk nya 30% sayang, 70% napsu. Udah ketawan itu,udah punya bini ae msh brani mcm’’,.sis bruntung,gk merid ma t cowo.dr st sis pst dah nyadar,maksud dr Tuhan biar sis gk terlalu jauh lg hubungan nya ma t cowo…
Klo yg sis blg mau keluarin uneg’’ k t cowo,mdg sis coba saran ini
1.kalo sis buka’’ an tntg perasaan yg sis pendem slma ne,itu malah bkn masalah gk kelar’’ sis menurut gw.coz t cowo pst bakalan makin parah.bisa’’ sis d jd in org k 2 n sis bisa kemakan omongan dy
2.kalo mau btmu n ngmg in masalah itu,jgn ngmg trlalu terbuka,tetep kntrol emosi,jgn d umbar perasaan lu,itu biar dy ngerasa kalo perasaan sis k dy udah mati
3.jgn ngmg ato ktmu d tmpt sepi,misal d rumah,ato d tmpt sepi lain nya.dy cowo nekad,y you know larh
Tuhan pst ksh co yg terbaik deh bwt sis,sis tunggu aja. :slight_smile: GB
Oya kalo ktmu d kantor,coba bersikap kyk bru bertemen,lupain apa yg ud d lakuin barusan k sis,jaga jarak,n coba cuek sdkit…hahaha pst ampuh,coz ud pengalaman saya.:stuck_out_tongue:
n ngmg ato ktmu d tmpt sepi,misal d rumah,ato d tmpt sepi lain nya.dy cowo nekad,y you know larh
Tuhan pst ksh co yg terbaik deh bwt sis,sis tunggu aja. :slight_smile: GB
Oya kalo ktmu d kantor,coba bersikap kyk bru bertemen,lupain apa yg ud d lakuin barusan k sis,jaga jarak,n coba cuek sdkit…hahaha pst ampuh,coz ud pengalaman saya.:stuck_out_tongue:

Betul sis, menurut saya gak perlu penyelesaian lagi, untuk apa? lagi pula dia sudah beristri, artinya hubungan kalian memang sudah selesai, tidak perlu buka celah yang bisa menyebabkan perasaan kalian makin tergoda lagi …

Life must go on … :coolsmiley:

ice_cloud, yupz,brrti sy hrs smakin mlangkah mnjauh ya,anggap kjadian tsb,ulah sitanduk lgi utk mncobai sy dlm ujian naik kelas TK…hehee…
hmmm…mmang berat mlangkh ksana,tpi gk ada yg gk bisa,doakn yah…trimakasih :slight_smile:

tmn2 yg lain,trimksh supportnya ya…actually sometimes i really accept if u dissapointed n mnyalahkn sy krn trnyta msih lemah ttg hal ini…pdhl sdh tuirrr alias branjak tua (29thn).hahahaaa…

matur nuhun,arigato n trimksh guys, Gbu all

Santai aja hadepin nya sis’tha.umur mah gpp,yg pntg gk neko’’…wkwkwk
Good luck
GB

oke sist,trimksh,Gbu

setujuuuu… Gbu :wink: