Manusia 3 in 1 atau 2 in 1 (???)

Salam,

maaf mau nanya neh…
saya pernah mendengar pengajaran bahwa: manusia itu 3 in 1 (tubuh, jiwa, roh).
tetapi sewaktu nyari tau penciptaan manusia di Alkitab (Kej. 2:7) tertulisnya 2 in 1 (tubuh & Roh).

Mohon pencerahannya?
terimakasih.

wah… baru tahu nih saya…

bedanya jiwa dan roh bigimane yah?

mohon pencerahan…

ini salah satu ayat yang mengatakan manusia terdiri dari 3 (tubuh, jiwa dan roh)

* 1 Tesalonika 5:23
LAI Terjemahan Baru (TB), Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.
King James Version (KJV), And the very God of peace sanctify you wholly; and I pray God your whole spirit and soul and body be preserved blameless unto the coming of our Lord Jesus Christ.
Textus Receptus (TR), αυτος δε ο θεος της ειρηνης αγιασαι υμας ολοτελεις και ολοκληρον υμων το πνευμα και η ψυχη και το σωμα αμεμπτως εν τη παρουσια του κυριου ημων ιησου χριστου τηρηθειη
Translit Interlinear, autos {sendiri} de {adapun} ho theos {Allah} tês eirênês {(sumber) damai sejahtera} hagiasai {semoga menguduskan} humas {kamu} holoteleis {seluruhnya} kai {dan} oloklêron {sempurna/ sehat} humôn {-mu} to pneuma {roh} kai hê psukhê {jiwa} kai {dan} to sôma {tubuh} amemptôs {yang tak bercacat} en {pada} tê parousia {kedatangan} tou kuriou {Tuhan} hêmôn {kita} iêsou {Yesus} khristou {Kristus} têrêtheiê {semoga terpelihara}

pembahasan selengkapnya di http://www.sarapanpagi.org/tubuh-jiwa-dan-roh-vt794.html

Salam

Ayb. 32:8 Tetapi roh yang di dalam manusia, dan nafas Yang Mahakuasa, itulah yang memberi kepadanya pengertian.
Ams. 20:27 roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.

The body is made of earth; yet it is not something dead but alive and endowed with a living soul.
Into this soul is breathed a spirit–the spirit of God, intended to know God, to reverence Him, to seek and taste Him, and to have its joy in Him and nothing else.
- St. Theophan the Recluse

Itu tergantung mau ikut paham yg mana: trikotomi atau dikotomi.
Trikotomi : tubuh, jiwa dan roh
Dikotomi : tubuh (termasuk didlmya jiwa/ yg berkenaan dgn perasaan) dan roh

Dua-duanya benar ( baik 3 in 1 maupun 2 in 1 ) tergantung klasifikasi.
Sebab tubuh dan jiwa sebenarnya termasuk natural / materi, sedangkan di sisi lain roh termasuk non materi.

Hanya saja pengertian “jiwa” tidak sama antara klasifikasi 2-in-1 dan 3-in-1:

  • Pada 2-in-1 yang dimaksud dengan jiwa adalah sama dengan roh pada 3-in-1
  • Pada 3-in-1 yang dimaksud dengan jiwa sudah terwakili oleh tubuh pada 2-in-1

GBU

Ane dah baca penjelasan tentang trikhotomi & dikhotomi yg ada di sarapanpagi.org.

Kesimpulan & pertanyaan, MOHON dikoreksi & ditanggapi :

Untuk yg trikhotomi, bahwa seluruh manusia memiliki Roh Tuhan.
Tubuh hancur, roh kembali kpd Tuhan dan jiwa dihakimi.

Untuk yg trikhotomi, bahwa seluruh manusia “ditakdirkan” untuk menerima keselamatan karena sejak lahir sudah ada Roh Tuhan dalam dirinya.

Untuk yg trikhotomi, apakah baptis roh itu bisa dikatakan semacam “sinkronisasi” antara Roh Tuhan yg ada dalam diri manusia sejak lahir dengan Roh Kudus? (Mengacu kepada peristiwa pentakosta)

salam,
trims u/sharingnya… lalu gmn juga dengan yg tertulis dibawah ini:
(Kejadian 2:7) vs.1:ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

mohon pendapatnya…

salam,
trims u/masukannya… hanya masih ngeganjel neh(dibold)… :slight_smile:
lalu kalau semisalnya manusia meninggal yg kekal itu apa?
atau yg mendapat upah/hukuman… roh? apa jiwa?

Gbu too

Ini kutipan yg ane ambil dari www.sarapanpagi.org untuk yg trikhotomi (3 in 1) :

“Ada perbedaan” antara jiwa dengan roh, Alkitab tidak menulis bahwa “roh” itu dapat mati atau binasa. Namun jiwa jelas dapat “dibinasakan”. Dan yang mampu membinasakan jiwa adalah Allah sendiri saat hari kiamat nanti, tentu saja “membinasakan jiwa” di sini berbeda maknanya dengan “membunuh tubuh”.

  • Matius 10:28
    LAI TB, Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa “membinasakan” baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.

thanks broo
saya setuju kalau roh tidak sama dengan jiwa…
(berarti penggunaan bahasa ind. digereja rada melenceng neh, sebab pribadi manusia lumrahnya diwakili dengan kata jiwa) contohnya: 1 jiwa telah terselamatkan :slight_smile:

GBU

[email protected]

Apakah anda percaya ATAU setuju kalau saya mengakatakan bahwa " jiwa " itu = Nurani Manusia…???
Atau saya katakan bahwa : J I W A = PIKIRAN DI OTAK + HATI PERSAAN DI SANUBARI…??

Jadi menurut Alkitab, komponen manusia itu terdiri dari 3 KOMPONEN ( kongkrit dan abstrak ): TUBUH ; JIWA ( PIKIRAN + PERASAAN ) & ROH MANUSIA ( Yang berasal dari tiupan nafas Allah ).

Dan lazim dalam keseharian hidup kita , sering orang berteriak : Hai kamu…DIMANAKAH NURANIMU…??? dimana saat melihat orang terkena musibah…tapi orang tidak meresponinya dng sepenuh jiwa ( anda…)…?? atau tidak sepenuh nurani ( anda…)…??

So…?? Alkitab mengajarkan kita untuk mengasihi Allah kita dng segenab…?? bla…bla,bla…

Salam GBU…

Tubuh itu jelas tentang daging dan darah, fisik jasmani kita.

Jiwa dan Roh itu adalah tentang hal yang tidak kasat mata, perkara rohani. Sehingga sering kali kita menjadi bingung membedakan antara tubuh, jiwa dan roh atau tubuh dan jiwa.

1 Tesalonika 5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Roh dan jiwa dibedakan walau keduanya saring kali disamakan dalam kaitannya dengan unsur rohani dari manusia. Jiwa adalah yang menjadikan mahluk hidup itu hidup, sedangkan roh adalah yang diberikan Allah sebagai nafas hidup kepada manusia. Lihat Kejadian 6:3, kita menerima bagian dari Roh Allah pada saat penciptaan peratama kali, tertulis dalam Kejadian 2:7, Tuhan menghembuskan kepada manusia sehingga kita berbeda dengan mahluk hidup yang lainnya. (perlu disadari tubuh kita dan binatang itu sama, terbuat dari debu tanah, memiliki stuktur tulang yang sama dan organ yang sama, tetapi mereka tidak menerima hembusan nafas Allah).

1 Kor 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia?

Roh sering kali disamakan dengan diri manusia yang sejati, yang kekal dan akan mengenakan tubuh kemuliaan saat kebangkitan menggantikan tubuh daging yang kita kenakan sekarang. Tubuh digambarkan seperti pakaian bagi roh manusia.

Pkh 12:7, dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

Jiwa sering kali mewakili unsur rohani dalam diri manusia, serhingga sering kita mendengar istilah tubuh dan jiwa (tanpa kalimat roh). Jiwa bisa berarti kehidupan, jiwa juga dimaksudkan adalah sisi rohani dari manusia, yang terdiri dari jiwa (kehidupan) dan roh (dari Allah). Selain tubuh jasmani (debu tanah).

Demikian singkat penjelasannya.

Masbro Shipiroz, karena ane penganut trikhotomi maka yg ane imani adalah bahwa NURANI itu manifestasi dari Nafas Allah (baca : Roh Allah) yg ada dalam diri manusia. Teori ane spt ini, sejak lahir ke dunia, manusia itu sudah memiliki warisan berupa dosa turunan dan pengetahuan akan yg baik dan yg jahat. Tetapi pengetahuan AYB&YJ tidak dapat mengatasi kecenderungan manusia untuk berbuat dosa. Maka dari itu nurani hadir & bermanifestasi ketika manusia hendak berbuat dosa & setelah melakukan dosa (dalam bentuk penyesalan).

Karena kecenderungan nurani selalu berpihak kepada “kebenaran & keadilan” maka ane berpendapat sangat tidak mungkin “nurani” itu adalah hasil karya jiwa manusia. Nah, karena dalam diri manusia ada Nafas Allah, teori ini ane “sepertinya” nyambung. Itulah alasannya.

Sekali lagi masbro, it’s just my theory. Silakan kalo masbro mau menanggapi.

Daniel 12 :

4 Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah."

10 Banyak orang akan disucikan dan dimurnikan dan diuji, tetapi orang-orang fasik akan berlaku fasik; tidak seorangpun dari orang fasik itu akan memahaminya, tetapi orang-orang bijaksana akan memahaminya.
Dalam perkembangan Pengetahuan ternyata Dikotomi (2 Unsur) dan Trikotomi (3 Unsur) berkembang di Masa Achir Zaman ini menjadi Kwarkotomi (4 Unsur) yg terbentuk dalam setiap Insan !
Dan ternyata dari Pengetahuan yg TERBARU diketahui bahwa setiap manusia mempunyai 4 Power yg disebut :

1. Spiritual Power : Orang2 yg Spritual Powernya KUAT maka hubungan roh manusianya dengan Roh Allah terjalin baik dan harmonis. Bagi yg Lemah Power yg ini maka ia sangat mudah menjadi Tidak Rindu akan Tuhan, mudah jatuh dalam Dosa men 2 kan Tuhan ( Jangan ada Ilah selain Allah dalam hidupmu)

2. Mental Power : Orang2 yg Mental Powernya LEMAH maka ia menjadi sosok yg Kurang Percaya Diri dan Sikap Jiwanya = Attitude nya : Penakut, Cengeng, Mudah menyerah, kurang berani mengambil Tantangan.

3. Emotional Power : Orang2 yg Emosi Powernya Lemah maka dikatakan Emosinya Labil, mudah terbawa Perasaan/Emosi.
Ada 2 Type manusia disini :
Type STRESS : ini adalah Type orang yg emosinya KELUAR dan me ledak2. Orang lain hanya Marah maka baginya yg muncul adalah Naik Pitam dan Murka.
Type Depressie : ini adalah Type orang yg emosinya bisa dia Pendam dan tidak dikeluarkan. Sikap yg diambilnya bil;a ia tidak suka pada suatu Keadaan atau Orang maka ia cenderung mundur dan mengunci dirinya di kamar, masuk dalam Zona Aman dan Nyamannya sendiri. Type ini lebih menderita karena Emosinya memukul dirinya sendiri.

4. Physical Power : Orang2 yg terlahir dengan Physical Powernya LEMAH maka tubuhnya RINGKIH dan RAPUH. Baginya dianjurkan untuk selalu melakukan Olah Raga agar membuat Jasmani/Fisiknya lebih Terlatih dan Lebih FIT.

Setiap orang HANYA memiliki 1 Power yg LEMAH, tak mungkin 2 atau 0 (Tidak ada) Power yg LEMAH.
Sayangnya bagi orang2 yg tidak pernah memeriksakan Dirinya apa Power yg Lemah dalam dirinya, seringkali saat ia Lulus Graduate dan Terjun ke Masyarakat , sering menemui ke-GAGAL-an dalam Karir, Pekerjaan, Usaha, Pertemanan.
Bila ia mau tahu dan memeriksakan dirinya , dimana Powernya yg LEMAH maka kepadanya bisa diberikan Nasehat bagaimana mengatasi Powerrnya yg Lemah. Karena itu adalah Blue Print yg sudah ditentukan Tuhan saat ia akan DIBENTUK dalam Rahim ibunya. Dan ITU tak akan BERUBAH sejak dia Bayi sampai dia meninggal !

INI lah perkembangan Terbaru dimana di Masa Achir zaman ini yg ADA adalah Kwarkotomi (Kwartet kotomi) dan ini bisa DIBUKTIKAN memang begitulah adanya ! Jauh lebih baik kalau kita sudah tahu lebih dahulu mana Power yg Lemah dalam dirinya sebelum seseorang Terjun Kemasyarakat setelah dia Graduated dan mulai ber Sosialisasi di masyarakat.

INI hanya Sekedar INFO buat kita semua !
Apakah kita masing2 TAHU , mana Power kita yg LEMAH ? Kenalilah Diri Kita sendiri agar kita bisa MAWAS DIRI dan MEMBINA/MEMPERBAIKI Ke LEMAH an Power kita masing2 ! :coolsmiley:

Setelah membaca postingan masbro @octafalto, no.2 & 3 itu sepertinya “hanya” merupakan implementasi dari unsur jiwa saja. Sama halnya dengan 4 tipe kepribadian : dominan, intim, stabil dan cermat. Yg kesemuanya “hanya” berputar-putar di unsur jiwa saja.

YAP, sepintas kelihatannya BENAR sekali Asumsi anda itu, Bro !
Dan dengan Ilmu Kinesiology TERBUKTI bahwa no. 2 tidak bisa digabungkan dengan no 3 !

Dengan Pemisahan no 2 dengan no 3 maka terbentuk lagi Komunitas sbb :

  1. Mental Kuat, Emosi Labil
  2. Mental Lemah, Emosi Labil
  3. Mental Kuat, Emosi Kuat
  4. Mental Lemah, Emosi Kuat

Dan Pengembangan Terachir karena Emosi labil bisa dipisah antara Type STRESS (Emosinya ditampilkan) dengan Type Depressi (Emosinya tidak ditampilkan) , maka 4 bagian diatas berubah lagi bisa dipisahkan menjadi 8 Komunitas ! :happy0062:
Itulah Hebatnya Nubuatan Daniel 12 tsb, bahwa Pengetahuan manusia akan makin berkembang dan banyak manusia makin rajin menyelidiki di Masa Achir Zaman ini !

Apakah anda tahu dimana Power anda yg Lemah , my brother “bayangan”?

Terima kasih untuk informasi tentang 4 POWER-nya. Sungguh menambah pengetahuan dan wawasan. Pertanyaan ane, apakah ini “sudah” umum dipake dalam kehidupan sehari-hari atau baru sekedar jadi ilmu pengetahuan saja? Karena AFAIK, yang kayak-kayak gini umumnya sih dipake di seminar-seminar motivasi saja.

  1. PEMBAGIAN MANUSIA
    a. Dichotomi

Manusia batiniah → roh
Manusia lahiriah → jiwa, tuibuh

2 kor 4 : 16 Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

ef. 3 :16 Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, — yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota — menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.


B .trichotomi

1 tes 5 : 23 23 ¶ Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Tubuh benda kasar
Roh pribadi manusia yang sebenarnya
Nyawa hidup bukan pribadi

Dalam banyak ayat, roh juga disebut dengan jiwa ( seperti dalam dunia sekuler)

mis. Mat. 16 : 26 26 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?

  1. JIWA MANUSIA

a. timbul waktu penciptaan / kebangkitan –

kej. 2 : 7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

luk 8 : 55 55 Maka kembalilah roh anak itu dan seketika itu juga ia bangkit berdiri. Lalu Yesus menyuruh mereka memberi anak itu makan.

Hilang pada waktu mati
Pkh 12 : 7 dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

b. tumbuh2an dan binatang, tidak mempunyai roh, hanya mempunai tubuh dan nyawa = tubuh yang hidup.
Waktu hidup punya naluri / sifat, sehingga semua binatang / tumbuh2an sifatnya kurang lebih sama.
Waktu mati, semua lenyap, tidak bersambung dalkam dunia roh