Manusia adalah makhluk abadi ???

Bagaimana menurut anda sekalian, apakah manusia adalah makhluk abadi atau makhluk yang tidak abadi ?
Menurut saya manusia adalah makhluk yang abadi, pada saat manusia hidup (lahir dan hidup) maka manusia akan ada selamanya. Bagi mereka yang saleh saat meninggal akan tertidur sampai Hari Penghakiman (kiamat) bangkit dengan tubuh baru… sebab tubuh yang lama sudah dimakan “cacing”. Dan akan hidup disurga selamanya dan yang jahat akan dihukum di neraka selamanya… sebab tidak ada ayat Alkitab yang menyatakan tubuh manusia akan musnah di neraka, tapi dihukum lama bangeeeet… ngeriii… ;D

Manusia adalah ciptaan Tuhan dan adalah makhluk fana maka perlu makan seperti pada kitab kejadian Tuhan menciptakan manusia dan menyuruh memakan buah pohon kehidupan agar berumur panjang dan hidup selama lamanya.

2:9 Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya; dan pohon kehidupan di tengah-tengah taman itu, serta pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.

3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

demikian juga nanti setelah kitab kesorga kita kembali memakan pohon kehidupan agar hidup selama lamanya

2:7 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."
22:2 Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.
22:14 Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.
22:19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

btw bro, kolom ini tempat non Kristen bertanya ke pada Kristen, kalau anda Kristen dan ingin berdiskusi dengan sesama Kristen sebaiknya minta momod pindahan diskusi ini di kolom diskusi umum Kristen.

Salam.

gak apa-apa deh bro untuk nyari pendapat lain dari non Kristen, apakah mereka sependapat, bahwa manusia itu makhluk abadi, atau dari paham lain ada pendapat berbeda bahwa jasmani manusia kembali menjadi tanah dan roh mereka pun hilang.
Tapi kalau momodnya mau mindahin topik ini juga gak apa-apa…

manusia bukan makhluk abadi, krn TUHAN telah berfirman bhw manusia yang berbuat dosa, itu yang harus mati.
(mati=lenyap, hilang tak berbekas spt cahaya yg hilang saat lampu dimatikan).
Tidak ada manusia yg hidup abadi di neraka. Yg ada adalah sifat lenyapnya yg abadi, kekal selama2nya setelah terbakar habis oleh api pada Hari Tuhan nanti.

Suatu Pertanyan yg KUDU dijawab dengan HATI2 dan Minta Hikmah Alkitabiyah dari ROH KUDUS .
Kata Alkitab … yg namanya manusia itu mempunyai :

  1. Jasmani yg dibuat dari Debu Tanah
  2. Ada Jiwa “Will” yaitu Kehendak Bebas sebagai Mahluk Ciptaan Allah. Beda ama Ciptaan Manusia , kalau gak dipencet Tombol On nya … gak ada WILL nya !
  3. Roh Manusia yg dalam Kitab Kejadian disebut Nafas Kehidupan yg dihembuskan oleh Sang Pencipta !
    Nah yg KEKAL itu adalah yg no 2 dan 3 … sedang yg nomor satu bakal diganti dengan TUBUH yg COCOK dengan tempatnya nanti di Achirat.
    Yg di SORGA mendapatkan kembali Tubuh Mulia yg dimiliki Adam dan Hawa sebelum jatuh kedalam Dosa Asal itu
    Yg di Neraka memdapat Tubuh Kenajisan berupa Cacing dan Ulat Neraka …
    Semua ada ayat penunjangnya di Alkitab !

manusia satu kali kelak mati. - kecuali Henoch dan Elia, mereka tidak mengalami mati -

tetapi roh yang ada dalam manusia ini tidak mati.

inilah kehidupan kekal / kehidupan abadi

tempat kehidupan ini hanya : SORGA ATAU NERAKA.

Numpang NANYA sis Jannet … Siapa sosok yg mampu menghalangi Hujan Turun dari langit didalam Wahyu 11 yg dikirim kembal;i ke Bumi untuk mengalami MATI DIBUNUH ?
Wahyu 11 :
6 Mereka ( ada 2 Nabi yg dikirim kembali) :
yg I …mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka
yg II …mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendakinya.
7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.
8 Dan mayat mereka akan terletak di atas jalan raya kota besar, yang secara rohani disebut Sodom dan Mesir, di mana juga Tuhan mereka disalibkan.
9 Dan orang-orang dari segala bangsa dan suku dan bahasa dan kaum, melihat mayat mereka tiga setengah hari lamanya dan orang-orang itu tidak memperbolehkan mayat mereka dikuburkan.
10 Dan mereka yang diam di atas bumi bergembira dan bersukacita atas mereka itu dan berpesta dan saling mengirim hadiah, karena kedua nabi itu telah merupakan siksaan bagi semua orang yang diam di atas bumi.

wahyu 11 mengenai dua saksi yang anda maksud ??

mereka bukan Henokh dan bukan Elia.

Dua saksi

  1. Siapa yang dimaksud dengan 2 saksi??

Tidak mungkin :
A. Anak laki laki dalam wahyu 12. sebab
i. Naik tahta – orang sempurna
ii. Tidak bisa mati. Sudah lulus
1 kor 15 : 26 Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut.
telah tebus tubuh, tidak bisa mentah lagi
iii. Tidak pernah bertemu ular atau anak buahnya.

B semua orang surga, sebab :
Semua sudah berada di surga – pernikahan anak domba Allah
Sudah memakai tubuh kemuliaan (sesudah pengangkatan) tidak bisa luka atau sakit, tidak bisa mati lagi – sudah bangkit.
Tubuh kemuliaan dan yang bangkit itu kekal. Tubuh kekal tidak bisa mati.

B. Musa dan Elia : beberapa orang mengatakan mereka karena mujijatnya mirip

wahyu 11 : 5 Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, keluarlah api dari mulut mereka menghanguskan semua musuh mereka. Dan jikalau ada orang yang hendak menyakiti mereka, maka orang itu harus mati secara itu.
6 Mereka mempunyai kuasa menutup langit, supaya jangan turun hujan selama mereka bernubuat; dan mereka mempunyai kuasa atas segala air untuk mengubahnya menjadi darah, dan untuk memukul bumi dengan segala jenis malapetaka, setiap kali mereka menghendakinya.

Ini juga tidak mungkin sebab :
1.Ayat ini tidak menyebutkan musa dan elia.
2 Tidak m,ungkin mati lagi, sudah sempurna
1 kor 15 : 26. Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut.
Elia sudah sempurna. Musa sudah mati lalu bangkit.
Yudas 9, Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: “Kiranya Tuhan menghardik engkau!”

mereka tidak mungkin mati lagi

ibr. 9 : 27 Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,
3. memang dikatakan elia akan datang kembali sebelum kedatangan Tuhan

Mal. 4 : 5, Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.

tetapi ini bukan elia, melainkan pengurapan yang seperti elia.

Sama seperti Yoh. Pembabtis yang dikatakan elia,

Mat. 17 : 11 Jawab Yesus: “Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu
12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka.”
13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.
11 : 14 dan — jika kamu mau menerimanya — ialah Elia yang akan datang itu.,
Luk 1 : 17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya."

Bil 11 : 17. Maka Aku akan turun dan berbicara dengan engkau di sana, lalu sebagian dari Roh yang hinggap padamu itu akan Kuambil dan Kutaruh atas mereka, maka mereka bersama-sama dengan engkau akan memikul tanggung jawab atas bangsa itu, jadi tidak usah lagi engkau seorang diri memikulnya.

Juga roh musa, seperti yang dibagibagikan, itu sebenarnya pengurapan roh kudus seperti yang diatas musa sehingga ada pelayanan dan beban yang sama.
Juga elisa menerima 2 bagian roh elia, itu pengurapan roh kudus atas elia, bukan roh elia.

MEREKA ADALAH :

Orang yang tertinggal atau mungkin orang israel yang bertobat.

Tanda khas orang yang tertinggal yaitu diakhiri dengan :

  1. orang yang tertinggal = orang halaman → diinjak antikris → mati

wahyu 11 : 2, Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."
11 : 7 Dan apabila mereka telah menyelesaikan kesaksian mereka, maka binatang yang muncul dari jurang maut, akan memerangi mereka dan mengalahkan serta membunuh mereka.,
13 : 7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.

  1. bangkit → termasuik golongan tuaian susulan sebab kebangkinan panen besar sudah lewat.
  2. pola pengurapan PERJANJIAN LAMA
  3. cocok dengan keadilan Allah, kalo orang lain disuruh ( orang sempurna, elia, orang yang sudah terangkat) Allah tidak adil.
  4. orang rohani yang jatuh seperti 5 anak dara yang bodoh

jadi 2 saksi bukan Elia & Musa ( juga bukan orang beriman yang sudah memakai tubuh kemuliaan, sebab tidak bisa mati lagi.

PENGURAPAN 2 SAKSI

Mengapa mereka mempunyai pengurapan yang luar biasa??

  1. yang diangkat adalah mereka dalam PB

wahyu 7 : 1 Kemudian dari pada itu aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru bumi dan mereka menahan keempat angin bumi, supaya jangan ada angin bertiup di darat, atau di laut atau di pohon-pohon.,
2 tes 2 : 7 Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,

, sehingga keadaan kembali seperti PL, seperti zaman israel dalam PL.

  1. ini orang bertobat sungguh pakai kain karung. Kain karung = tanda sungguh bertobat


CIRI CIRI DUA SAKSI

1 bisa mati
2 pengurapan luar biasa
zak. 4 : 12 Untuk kedua kalinya berbicaralah aku kepadanya: “Apakah arti kedua dahan pohon zaitun yang di samping kedua pipa emas yang menyalurkan cairan emas dari atasnya itu?”
3 pakaian karung, berkabung, mahir pikul salib
4. kuasa yang luar biasa seperti pengurapan musa dan elia, tidak pernah kalah, kecuali ketika waktunya habis.

TUGAS

Mereka ini untuk menguatkan dalam sengsara sampai mati bagiu ANAK MANUSIA

Luk 9 : 30 Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia.
31 Keduanya menampakkan diri dalam kemuliaan dan berbicara tentang tujuan kepergian-Nya yang akan digenapi-Nya di Yerusalem.

Dan bagi anak anak Allah yang tertinggal dalam zaman antikris.
Bernubuat selama 1260 hari.
Menguatkan orang orang yang tertinggal dan org isrrael.

MENGAPA TUHAN MEMBERIKAN 2 SAKSI??

Allah itu kasih
2 pet. 3 : 9, Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
Yoh 13 : 1. Sementara itu sebelum hari raya Paskah mulai, Yesus telah tahu, bahwa saat-Nya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sama seperti Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai kepada kesudahannya.
zaman antikris seperti neraka percobaan, masih bisa selamat sekalipun dengan mati.
Pil 1 : 6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.
usaha, ditolong sampai akhir.
2 tim 2 : 13 jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya."Allah tetap setiawan
Luk 15 : 20 sudah pernah jadi anak, kalau masih ada kemungkinan untuk bertobat , allah akan usahakan menolong
Yez. 33 : 11 Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik, melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup. Bertobatlah, bertobatlah dari hidupmu yang jahat itu! Mengapakah kamu akan mati, hai kaum Israel?

BERPAKAIAN KAIN KARUNG / GONI

Kain karung – kasar
kej. 42 : 25 Sesudah itu Yusuf memerintahkan, bahwa tempat gandum mereka akan diisi dengan gandum dan bahwa uang mereka masing-masing akan dikembalikan ke dalam karungnya, serta bekal mereka di jalan akan diberikan kepada mereka. Demikianlah dilakukan orang kepada mereka itu.,
Imam 11 : 32 Dan segala sesuatu menjadi najis, kalau seekor yang mati dari binatang-binatang itu jatuh ke atasnya: perkakas kayu apa saja atau pakaian atau kulit atau karung, setiap barang yang dipergunakan untuk sesuatu apapun, haruslah dimasukkan ke dalam air dan menjadi najis sampai matahari terbenam, kemudian menjadi tahir pula.,
Yos 9 : 4 maka merekapun bertindak dengan memakai akal: mereka pergi menyediakan bekal, mengambil karung yang buruk-buruk untuk dimuatkan ke atas keledai mereka dan kirbat anggur yang buruk-buruk, yang robek dan dijahit kembali,

Mengapa 2 saksi berpakaian demikian??

Kain karung = tanda duka cita
2 raj 19 : 2 Disuruhnyalah juga Elyakim, kepala istana, Sebna, panitera negara, dan yang tua-tua di antara para imam, dengan berselubungkan kain kabung, kepada nabi Yesaya bin Amos.
Tuhan kirim utusan dengan pakaian dukacita sebagai tanda ikut berdukacita dalasm sengsara yang luar biasa maz 35 : 13 Tetapi aku, ketika mereka sakit, aku memakai pakaian kabung; aku menyiksa diriku dengan berpuasa, dan doaku kembali timbul dalam dadaku,

Tuhan tidak bisa berbuat banyak untuk mengurangi duka cita sebab :

  1. sudah dinubuatkan berulang2
    Yoel 1 : 2, Dengarlah ini, hai para tua-tua, pasanglah telinga, hai seluruh penduduk negeri! Pernahkah terjadi seperti ini dalam zamanmu, atau dalam zaman nenek moyangmu?
    Mt. 24 : 19 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.
    20 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat.
    21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.

  2. Tuhan lepas tangan dalam masa / periode ini semua sudah diserahkan kepada antikris, sebab keras hati.
    1 kor 5 : 5 orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan.,
    wahyu 11 : 2 Tetapi kecualikan pelataran Bait Suci yang di sebelah luar, janganlah engkau mengukurnya, karena ia telah diberikan kepada bangsa-bangsa lain dan mereka akan menginjak-injak Kota Suci empat puluh dua bulan lamanya."
    13 : 7 Dan ia diperkenankan untuk berperang melawan orang-orang kudus dan untuk mengalahkan mereka; dan kepadanya diberikan kuasa atas setiap suku dan umat dan bahasa dan bangsa.

  3. menuai dosa dosanya sendiri. Mereka ini menolak pelajaran RK dan FT yang begitu limpah dalam hujan akhir, menurut hawa nafsu dan dunia. Sekarang mrk menuai
    Gal. 6 : 7 , Dahulu kamu berlomba dengan baik. Siapakah yang menghalang-halangi kamu, sehingga kamu tidak menuruti kebenaran lagi?
    8 Ajakan untuk tidak menurutinya lagi bukan datang dari Dia, yang memanggil kamu.
    Kol 3 : 25 Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang.

Sis Jannet mengatakan Musa dan Elia sudah mati jadi gak mungkin mati lagi ? Hi hi hi , bisa aja deh sis Jannet bikin Axioma Palsu…
Elia : jelas2 dikatakan bahwa beliau diangkat HIDUP2 dengan Kereta Kuda yg ber api2
Musa : jelas2 dikatakan sampai SEKARANG tidak ditemukan Kuburannya… artinya ITU APA sis ?
Ulangan 34 :
4 Dan berfirmanlah TUHAN kepadanya: “Inilah negeri yang Kujanjikan dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub; demikian: Kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri itu. Aku mengizinkan engkau melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi engkau tidak akan menyeberang ke sana.”
5 Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN.
6 Dan dikuburkan-Nyalah dia di suatu lembah di tanah Moab, di tentangan Bet-Peor, dan tidak ada orang yang tahu kuburnya sampai hari ini.
7 Musa berumur seratus dua puluh tahun, ketika ia mati; matanya belum kabur dan kekuatannya belum hilang.
8 Orang Israel menangisi Musa di dataran Moab tiga puluh hari lamanya. Maka berakhirlah hari-hari tangis perkabungan karena Musa itu.

Hati2 dengan kata MATI yg diujung ayat 5 nya ada kalimat … sesuai dengan firman TUHAN… masih ingat dengan kata MATI didalam Kitab Kejadian 2 :
16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, 17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”
Apakah Adam MATI sesuai Pengertian manusia setelah memakan Buah Terlarang itu ?
Hati2 ach sis… karena makna MATI … sesuai dengan firman TUHAN … BERBEDA dengan Makana MATI menurut manusia !
Mengapa diujung achir ayat 5 diatas ditaruh kata2 … sesuai dengan firman TUHAN ? Pernah sis Jannet renungkan ?! :mad0261:
MATI sesuai Firman Tuhan adalah bermakna TERPISAH atau DIPISAHKAN … dan karena Musa dan Elia belum menerima KEMATIAN sebagai akibat Kutuk Dosa Pertama maka kematian mereka disimpan Allah dan baru diberikan di Masa Anti Kristus, Paruh Pertama sesuai Nubuatan Wahyu 11 … ITU adalah SUDAH KETENTUAN Allah dan merupakan AXIOMA yg sudah ditetapkan dan menjadi Hakiki manusia semua Keturunan Adam … !!
Hanya ENOKH yg tidak diungkapkan tentang Kematiannya … kita harus minta petunjuk Roh Kudus , apa dibalik kalimat … Henokh adalah orang yg DEKAT dengan Allah, sering berbicara dengan Allah … tetapi harus diingat bahwa semua Bani Adam adalah BERDOSA alias NAJIS … jadi tidak bisa bertemu Muka dengan Muka kecuali ia MATI (sesuai dengan Firman Tuhan) … dipisahkan dari manusia … lalu mendapatkan tubuh Mulia lebih Awal sebagai Keistimewaannya yg bergaul Erat dengan Allah sesuai kata Kitab Suci PL ! Wallahualam, Who knows ?
Coba sis Jannet renungkan mengapa 2 Nabi tsb (Musa dan Elia) yg dimunculkan di atas Bukit menemui Tuhan Yesus ? Karena 2 Nabi itu juga yg akan dikirim kembali ke Bumi untuk menerima juga Kematian akibat Kutuk Dosa Pertama itu … Mujizat2 yg mereka lakukan itu adalah TANDA dan Isyarat siapakah sebenarnya ke 2 Utusan tsb ?!

sesuai alkitab :

HENOKH TIDAK MATI. . . DIA DIANGKAT. . . . KE SORGA

Kej 5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.

ELIA tidak mati, dengan KERETA BERAPI, ALLAH MENJEMPUT DIA HIDUP HIDUP.

2Raj 2:11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai.

MUSA sudah mati. . . .

Ul 34:5 Lalu matilah Musa, hamba TUHAN itu, di sana di tanah Moab, sesuai dengan firman TUHAN.

dan dia sudah bangkit. .

Yud 1:9 Tetapi penghulu malaikat, Mikhael, ketika dalam suatu perselisihan bertengkar dengan Iblis mengenai mayat Musa, tidak berani menghakimi Iblis itu dengan kata-kata hujatan, tetapi berkata: “Kiranya Tuhan menghardik engkau!”

masakan ketiga orang ini, dua diantaranya akan turun lagi ke dunia menjadi saksi yang nantinya mati melalui siksaan antikristus ??

YAP begitulah Hikmat Alkitabiyah yg TERTULIS !
Buat APA sampai2 :
2 Saksi itu Muncul menemui Tuhan Yesus di Bukit ?
Buat Apa Tanda2 Mujizat itu dikemukakan di Wahyu psl 11 tsb, sesuai dengan mujizat yg mereka lakukan dahulu kala ? Ada MAKSUD TUHAN kedua hal tsb dimunculkan , lho Sis Jannet ! :mad0261: :coolsmiley: :happy0062:

Nah sekarang yg KUDU dicari mengapa kepada HENOKH tidak mengalami Kemtian jasmani ? Kalau Rajin mencari, jawabannya ada kok di Alkitab !
Gimana sis Jannet ?

manusia memang “diciptakan” untuk hidup abadi. namun karna melanggar perintah Tuhan/berdosa makanya manusia bisa mati.

nanti ada manusia yang bakal mati dan ada juga yg hidup kekal setelah penghakiman terakhir… itu ga perlu ditanyakan

pertanyaannya tinggal, apakah anda bakal yg termasuk dalam kelompot yg mo hidup kekal nanti atau??

Se BENAR nya sih dua2 nya KELOMPOK tsb HIDUP KEKAL , cuma yg SATU Hidup Kekal di Sorga penuh Suka Cita dan Damai Sejahtera sedang satunya Hidup Kekal di Neraka penuh Kertak gigi, erang kesakitan dan rintihan
Nah apa pengertian MATI menurut Firman Tuhan itu, Bro ?

Mat 17:3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.
Luk 9:30 Dan tampaklah dua orang berbicara dengan Dia, yaitu Musa dan Elia.

mereka untuk meneguhkan Yesus, menghibur Yesus, sebab Yesus - sebagai manusia - pada waktu itu akan menghadapi keadaan yang sangat sulit / penderitaan yang sangat berat, sebab itu ALLAH mengutus Musa dan Elia. kirta kira begitu.
lantas menurut anda gimana ??

dua saksi yang tertulis dalam wahyu 11 bukan Musa dan bukan Elia, tidak sama dengan yang tertulis dalam Mat. 17 : 3 atau Luk 9 : 10.