manusia malu ketika telanjang ?

Kenapa ya manusia kok malu kalo telanjang? Malah ada hukumnya, dilarang telanjang di depan umum. Hampir di semua negara demikian.

Kalau merujuk Alkitab, awalnya manusia diciptakan telanjang dan tidak merasa malu. Akibat berbuat dosa, dengan memakan buah terlarang, barulah manusia sadar bahwa mereka telanjang dan merasa perlu untuk menutupinya.

Pertanyaannya sekali lagi : Apa benar (setelah jatuh dalam dosa) bahwa manusia “dari sononya” merasa malu telanjang?

Bukannya anak-anak kecil ngga pernah merasa malu? Mereka nyaman2 aja tuh lari2 sambil bertelanjang ria di depan umum? Anak kecil pada awalnya tidak merasa malu, tapi lama kelamaan karena orang2 di sekitarnya terus menerus bilang “gak sopan, ihh malu dong, dll” akhirnya jadi ikutan malu. Saya berandai-andai, kalo ngga ada yang bilangin, apa mereka tetap malu nantinya?

Di beberapa daerah pedalaman juga masih ada yang tidak mengenakan pakaian. Tapi kita sering menyebut mereka komunitas yang jauh dari peradaban. Dan untuk itu, salah satunya, kita perkenalkan pakaian. Jangan lagi telanjang. Biar gak malu, biar beradab. Tapi kenapa masih ada komunitas seperti ini sampai sekarang ? Cerita itu entah kapan terjadi, tapi buktinya masih ada yang telanjang dan tidak malu?

Trus juga, di beberapa negara ada yang menyediakan tempat2 khusus untuk komunitas nudist.

Jadi, apa benar dari sononya sudah begitu?

berarti jangan-jangan manusia yang paling mendekati Adam & Hawa ketika BELUM jatuh dalam dosa itu adalah… Pemain Bokep…

hehehe…

Menurut saya, sekali lagi menurut saya (bukan menurut tetangga), sebelum manusia jatuh ke dalama dosa, pikiran dan kehendaknya terkendali sesuai kekudusan.
Setelah jatuh ke dalam dosa, pikiran dan kehendak menjadi tidak terkendali. Karena itu dibutuhkan pakaian, agar pikiran tidak terlalu kemana-mana…
Anak-anak pikiran dan kehendaknya masih belum kacau kayak orang dewasa.

kenapa demikian ?
sebab ada kemuliaan ALLAH yang melingkupi mereka - adam dan hawa - sehingga walaupun mereka bertelanjang, mereka tidak malu. tetapi ketika mereka berbuat dosa, maka “kemuliaan Allah” mundur dari hidup mereka, sehingga mereka merasa malu dan mengambil daun daunan untuk menutup aurat mereka.

Postingan dihapus karena hanya boleh diskusi di Forum Terbuka.

karena dosa mereka malu dihadapan ALLAH, sebab itu mereka bersembunyi.

Lho @Kahlil_Gibson
kalo boleh nanya

kok lbmagi cuman bolehnya diskusi di Forum Terbuka sih ?
maksudnya dia ini penganut Nontrinarianisme, ketahuan Non-Kristen, dalam masa hukuman, atau begimana sih ?

kira2 ada yg bisa ngejelasin ?
sekedar ingin tau aja

Menurut Ibmagi, Yesus adalah ciptaan. Sedangkan yang dia sebut “keilahian” tidak merujuk pada kekekalan Allah.

Salam

oh begitu, berarti ntar kalo ada kejadian yg kebalikannya, Nontrinitarianisme tiba2 ngomong Yesus itu Tuhan bahkan mengakui Trinitas langsung boleh diskusi di Forum Kekristenan & trit2nya dipindahin ke SF Diskusi Umum Kristen, gitu :smiley:

Anak-anak tidak punya salah, tidak berpura-pura dalam hidupnya. Demikian kaum nudist, mereka hidup tanpa pura-pura dan tidak berusaha untuk memberi kesan lebih akan dirinya.

Adam dan Hawa merasa malu karena mengetahui dirinya kedapatan telanjang, sebenarnya lebih tepat Adam dan Hawa malu saat ia ternyata berbuat salah. Sebab saat seseorang kelihatan kesalahannya, pertama kali ia yang akan dilakukan adalah bersembunyi atau menyembunyikan kesalahannya itu. Jika ia tidak dapat menyembunyikan kesalahannya, rasa malu itu akan muncul, tetapi kalau berhasil menyembunyikan, rasa malu itu hilang dan seperti tidak punya malu, ia merasa nyaman dengan kesalahan-kesalahannya.

Tanpa komunitas manusia disekitarnya, manusia bisa hidup tanpa merasa malu. Seorang anak yang tinggal di gunung sendirian sampai tua juga akan tidak malu telanjang. Tetapi kalau ia bertemu orang, berinteraksi dan tentu akan berbuat salah juga, maka rasa malu itu akan timbul dan ia berusaha menutupi kesalahannya. Ketelanjangan adalah kondisi terbuka yang memalukannya. Keadaan terbuka dapat dilihat seluruhnya, membuat tidak nyaman, bukan saja sola tidak memakai pakaian, bahkan jika berpakaianpun akan bersembunyi dibelakang orang lain, atau disudut yang tidak kelihatan orang.

Dosa, telanjang dan malu, adalah satu paket yang dimiliki semua manusia. Kalau saja binatang diberi roh hikmat oleh Allah, tentu ia juga akan mengusahakan pakaian, tetapi karena tidak ada, maka seekor anjing peliharaan kalau berbuat salah, anjing itu juga akan bersembunyi dan kalau tidak bisa ia akan menundukan mukanya (anjing saya), tanda ia malu.

Iya, mestinya begitu.

Salam

kalo begitu dosa asal / dosa warisan hasil dr memakan buah terlarang itu gak ditanggung oleh seluruh manusia donk krn sebagian manusia itu sendiri (suku pedalaman & kaum nudist) gak memiliki efek malu ketika telanjang (yg kata Anda adalah 1 paket dgn dosa)

yang disebut dengan manusia, tidak luput dari dosa asal adam dan hawa.
tidak ada pengecualian, anak anak.
kaum nudist adalah mereka benar benar sudah dikuasai oleh “iblis” sehingga mereka tidak punya rasa malu lagi di hadapan umum,

dosa asal yaitu, HILANGNNYA KEMULIAAN ALLAH DARI KEHIDUPAN ADAM DAN HAWA, KEMATIAN PHISIK DAN KEMATIAN ROH - PUTUS HUBUNGAN DENGAN ALLAH, dan berlaku sampai sekarang ini.
kecuali mereka yang menerima TUHAN YESUS KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT PRIBADI, MAKA DOSA ASAL / DOSA ADAM DAN HAWA, mereka DIPULIHKAN KEMBALI

lalu bagaimana dgn suku pedalaman ?

jika kaum nudist dikatakan ulah “iblis”, gak ada bedanya donk dgn Adam & Hawa yg juga gak malu ketika telanjang sebelum jatuh dlm dosa.

apakah mereka tidak kena kutuk ALLAH ?

kaum nudis, bila mereka “pikirannya” benar tentunya mereka tidak bertingkah demikian.

satu hal, yang disebut dengan manusia, keturunan Adam dan Hawa, akibat perbuatan dosa mereka, maka kutuk Allah dijatuhkan bagi mereka dan berlaku sampai sekarang ini.

lho mbak… bukankah menurut genesis, justru kaum nudis itulah yang meneladani sikap Adam & Hawa SEBELUM melanggar perintah Tuhan??

bukankah kita seharusnya belajar spt kaum nudis, agar tidak jatuh dalam dosa?

sayangnya saya sendiri belum mampu sebersih dan se-tanpa-dosa mereka… berat lho…

he he,
kamu mau berperilaku seperti kaum nudis ?

silahkan. . . . gak ada yang lalang :cheesy:

heran, doktrin dosa asal / dosa warisan kok dibela mati2an ya ?

padahal dosa yg dibikin orgnya sendiri saja sudah cukup utk penebusan dosa ?

apa mungkin karena biar semua org “dipukul rata” & tidak ada yg sok2an suci ?

sama aja kek pertanyaan soal teori reinkarnasi: Bagaimana mungkin seseorang bereinkarnasi jadi org dlm keadaan buruk padahal ia tidak tahu kesalahan apa yang ia lakukan di kehidupan sebelumnya ?

begitu pun dgn doktrin dosa asal /dosa warisan: Bagaimana mungkin seseorang menanggung dr manusia pertama (Adam & Hawa) padahal ia tidak terlibat dlm kesalahan yang dilakukan oleh Adam & Hawa di masa lampau ?

apakah kamu bisa lolos dari dosa asal ?
walaupun kamu sudah menerima Tuhan Yesus Kristus ?
sampai saat ini, hanya dua orang saja yang tidak mengalami dosa asal yaitu Henokh dan Elia.