manusia pertama siapa ?

Coba buka kej 6:4 dan kej 2:15. Ada manusia raksasa sebelum adam

Manusia raksasa adalah anak dari malaikat yang jatuh dengan perempuan. Malaikat dan anak perempuan dari manusia itu ngeseks dan menghasilkan raksasa. Mengapa Allah memusnahkan mereka dengan airbah ? Karena manusia dan malaikat jatuh sudah berbaur dan menjadi satu daging. Hanya Nuh yang mendapatkan kasih karunia sehingga dapat diterima Allah dan diselamatkan bersama-sama dengan keluarganya didalam bahtera.
Manusia raksaksa adalah gabungan dari golongan malaikat dan golongan manusia. “Raksasa” adalah 50 persent malaikat dan 50 persent manusia.
Jadi ini dihasilkan setelah malaikat jatuh dengan anak perempuan dari manusia murni itu berbaur. Mengerikan dan menjijikkan di mata Allah, karena malaikat jatuh kekuasaannya ditetapkan Allah di langit. Malaikat jatuh ini berbuat dosa dan akan dihukum Allah.
Manusia pertama kalau menurut pandangan manusia, adalah Adam. Namun menurut pandangan Allah, manusia pertama adalah Tuhan Yesus.

Adam adalah manusia pertama.

keliru mengatakan bahwa Tuhan Yesus manusia pertama.

Itu kan pandangan kita. Alkitab mewahyukan bahwa Adam, manusia itu diciptakan segambar dan serupa dengan Tuhan Yesus.(Baca Kejadian 1-26-27.)

Saya pernah juga mendengar tentang penafsiran seperti ini, namun bagaimana penjelasannya dengan Matius 22 : 30 ?

Matius 22 : 30
Karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan tidak dikawinkan melainkan hidup seperti malaikat di sorga.

Bukankah ayat ini menyiratkan bahwa malaikat tidak kawin dan tidak dikawinkan ?
Mungkin anda punya penjelasannya ?

GBU.

manusia pertama adalah ADAM

SANG PENCIPTA yang menciptakan manusia sesuai gambar dan rupa

apakah yang kamu maksud gambar dan rupa, adalah bentuk manusia sama dengan bentuk ALLAH ?

gambar dan rupa bukan dalam arti hurufiah, tetapi mempunyai arti simbolis

Saya pernah juga menonton dokumenter tentang raksasa di bumi, disitu dijelaskan malaikat yang dimaksud itu adalah malaikat yang terbuang ke bumi waktu lucifer memberontak terhadap Allah. Mereka bukan malaikat lagi, tetapi sudah menjadi manusia, tetapi saya juga tidak mengerti, apakah kekuatan yang ada pada malaikat itu bisa membuat manusia menjadi raksasa.

Tapi masuk akal juga, malaikat yang terbuang tetap saja malaikat, mereka punya spesial power, bahkan di dokumenter itu mereka yang mengajari manusia berbagai macam hal ilmu seperti astrologi, dan ilmu-ilmu lainnya, makanya di mitologi Yunani banyak dewa, ada dewa perang, dewa kecantikan, mungkin yang dimaksud ya manusia yang berasal dari malaikat itu, punya kelebihan lebih dari manusia lain. Tetapi mereka bukan malaikat lagi.

Sekali lagi, ini hanya kesimpulan saya… :smiley:

malaikat yang datang bertemu dengan Abraham, kemudian Lut ketika Allah hendak membinasakan sodom n gemorah, dalam bentuk manusia.

Apa benar malaikat bisa kawin sama manusia, apa ada ayat yang dapat menjadi dasar ajaran anda?

Menurut Allah dalam Firman Tuhan manusia pertama adalah Adam: Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi dstnya demikian menciptakan manusia dengan bahan dasar apa itu sangat jelas bagaiman menciptakannya, siapa namanya dijelaskan dan sangat mendatail…Yesus tidak diciptakan, kalau dicptakan pasti alkitab menjelaskannya…

Allah memang harus menjadi manusia. Bahsa teologianya adalah “INKARNASI” (masuk dalam daging)…“Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita…”(Yoh. 1:14)…Lalu mengapa Allah harus menjelma menjadi manusia?

Alkitab mengatakan bahwa upah dosa adalah maut (Rom. 6:23). Artinya semua manusia berdosa pasti akan mengalami kematian (Band. Kej 2:17). Nah jika Allah mau menyelamatkan manusia, Ia tidak mungkin menyelamatkan manusia begitu saja. Ia adalah Allah yang adil dan karenanya dosa tetap harus dihukum dan hukumannya adalah kematian/maut.

Tetapi kalau manusia berdosa yang harus menerima hukuman mati itu sendiri maka sama dengan mereka tidak diselamatkan.

Supaya mereka diselamatkan maka harus ada yang mati menggantikan manusia berdosa dan itu adalah Allah sendiri. Nah, berhubung Allah tidak bisa mati maka Ia perlu menjelma menjadi manusia terlebih dahulu supaya bisa mati. Dan memang Ia akhirnya mati disalibkan dan oleh kematian-Nya itu kita manusia berdosa diselamatkan (Mat. 1:21)

Untuk melaksanakan hal ini harus terjadi inkarnasi yaitu Allah yang menjelma dalam daging agar Allah dapat mati harus terjadi inkarnasi dan ada tabiat/sifat manusia yang bisa mengakibatkan kematian dan dengan demikian membayar hukuman dosa…

Kalau Yesus disebut Anak Allah itu menekankan kesamaan hakikat antara Ia dan Allah dan dengan demikian Ia adalah Allah juga.

Jika anak macan adalah macan, anak kambing adalah kambing, anak ular adalah ular, maka Anak Allah adalah Allah…Itu yang dipahami orang Yahudi lihat Yoh. 5:18…

adam bukanya manusia pertama yg tercatat ya?

[email protected]

Hiiiii…kalau tercatat…?? konotasinya tidak serius dan kebetulan tidak lupa ditulis…tapi mungkn ditulis di bajumu…

Tapi kalau dicatat…?? berarti memng serius punya motivasi untuk menulisnya dalam suatau buku…

Kalau Adam dicatat dng motivasi serius oleh Musa di Kitab Taurat…

Salam GBU…

SALAH ni. Justru memang manusia raksasa-raksasa ada setelah Adam diciptakan. Urutan di alkitab begitu.

Kan ayat 1 sebelumnya menyatakan :
(1) “Ketika manusia itu mulai bertambah banyak jumlahnya di muka bumi, dan bagi mereka lahir anak-anak perempuan,…dst”
(4)“Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagah perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan.”

Begitu pula Kej 2 : 15 : “TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.” → ya kan kejadiannya memang manusia pertama sudah diciptakanNya dan ditempatkan ke taman itu.

orang-orang raksasa tersebut merupakan orang Nephilim, percampuran antara manusia dan malaikat yg jatuh kedalam dosa,

baca juga Bilangan 13:32-33

Yang saya tau sejarah peradaban itu sudah ada sebelum adam, bahkan 12.000 sebelum masehi sudah ada peradaban, saya masih belum pasti apakah peradaban itu dibuat manusia atau bukan. Karena memang manusia pertama ya adam.

Bisa dilihat di Goblek Tepe, Turki, ada linknya…

http://www.aneh-unik.com/2012/08/10-kuil-tertua-di-dunia.html

Salam… :slight_smile:

maaf mas renna…
saya tertarik dengan “Peradaban yang mungkin Tidak dibuat oleh manusia”

maksudnya / contohnya gimana yah?
Peradaban Hewan? apakah dibuat oleh Hewan-hewan yang sudah beradab?
atau gimana sih??

sori nih… masih belum mudeng…

Ya bisa saja dibuat oleh monyet pra sejarah…atau malaikat atau apalah gitu, banyak spekulasi di situ. Karena menurut para ahli 12.000 sm manusia belum bisa buat kuil semacam itu. Bahkan piramida giza aja yang dulu disebut sebagai peradaban tertua usianya cuma 2560 sm.

Yang membingungkan untuk membuat arsitektur sedetail itu dengan ukiran yang bagus tidak mungkin dilakukan oleh manusia pada jaman itu dengan peralatan yang ga jelas juga, karena itu masih jaman batu, bahkan sebelum stonehenge.

Adam itu 5800 sm, itu yang disebut manusia, saya yakin dan percaya itu, nah sebelum itu? Saya ga tau mas, mungkin aja nephilim.

Salam… :slight_smile:

oo gitu ya…
ok… mudeng maksud mas renna…

tapi mas…
kalo Adam sekitar 5800 BC,
bukannya Hewan dan Tumbuhan dan Manusia sama-sama dibikin pada Hari Ke LIMA ?

bener gak sih?

Betul mas, masalahnya tidak dijelaskan di Alkitab jarak antara penciptaan yang satu dengan yang lain itu berapa tahun. Mungkin aja 1 hari = 1000 tahun, jadi 6000 sm baru ada manusia.

Saya beropini mungkin saja anda makhluk yang seperti manusia, mungkin humanoid begitu tetapi bukan dikategorikan segambar dan serupa Allah. Saya tetap percaya Adam sebagai manusia awal yang segambar dan serupa Allah, sebelum itu mungkin makhluk yang seperti manusia yang memang punya intelijen yang juga kurang lebih sama dengan manusia, punya peradaban, mungkin mereka yang juga mengajar manusia untuk bisa membuat monumen-monumen besar seperti piramida giza yang besar sekali tetapi sangat simetris.

Membingungkan, bisa membuat piramida simetris menggunakan hanya batu dan penggaris untuk alat ukur, masalahnya saat itu belum ditemukan satuan meter. Waduuuh puyeng dah mas bro.

Salam… ;D

bisa juga…

atau jangan-jangan memang bener bhw itu Extraterestrial Life ? hehe…

soalnya Fosil Hewan dan Tumbuhan menunjukkan hasil carbon dating sampai jutaan tahun yg lalu lho…
kalo 1 hari itu dianggap 1000 tahun…
bukannya berarti lebih dari Ribuan Hari…

padahal tulisannya : “God created… - The Fifth Day”

Nah iya, itu mas, pemahaman saya belum sampai ke situ. Takutnya cuma asumsi ga jelas. Ini yang sering ditanyakan orang atheis sama umat Kristen, apa iya Adam manusia pertama? Kalau umurnya cuma 5800 sm maka yang sebelum itu apaan?

Saya cuma bisa jawab mereka itu makhluk humanoid tetapi tidak segambar dan serupa Allah. Karena manusia dikatakan dihembusi napas oleh Allah, berarti ada bagian dari diri Allah yang berada di dalam manusia, dan ini tidak akan anda temukan di manusia monyet dan makhluk lain sebelum adam.

Kemungkinan ada makhluk cerdas lain yang memang menjadi penuntun mereka untuk membuat maha karya di dunia itu. Saya tidak tau mas.

Salam… :slight_smile: