MARIA KLEOPAS ATAU YG DISEBUT SBG MARIA YG LAIN (Mat 27:61)

Dalam injil kita ketahui bahwa pemilik nama Maria bukan hanya Maria Bunda Yesus. Berikut adalah Maria selain dari Maria Bunda Tuhan Yesus:

  1. Maria Magdalena atau Maria dari Magdala
  2. Maria, saudara Martha dan Lazarus
  3. Maria istri Kleopas

Yang ingin kita bahas di sini adalah Maria istri Kleopas. Dialah yg oleh injil ditulis sebagai Maria yang lain (lih 27:61).

Maria kleopas inilah yang menjadi ibu dari Yakobus, Yoses, salome, Yudas dan simon. Mereka inilah yang oleh protestan DIPAKSAKAN menjadi saudara Kandung YESUS, padahal Injil dengan jelas telah menuliskan bahwa yg disebut Yakobus, Yoses, salome, Yudas dan simon adalah anak dari Maria Kleopas.

Mrk. 15:40 Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome.

Mrk. 15:47 Maria Magdalena dan Maria ibu Yoses melihat di mana YESUS dibaringkan.

Luk. 24:10 Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul.

Siapakah yang dimaksud Maria Ibu Yakobus Muda dan Yoses?

Ayat diatas jelas menunjukkan Yakobus dan Yoses seperti yg dimaksud dalam Mrk. 6:3 Bukanlah adik kandung YESUS tetapi mungkin saja sepupu, sebab Ibu mereka tidak sama dengan Ibu YESUS.

Yudas Thadeus sendiri hanya menyebut Yakobus saja sebagai saudaranya bukan YESUS.

Yud. 1:1 Dari Yudas, hamba YESUS KRISTUS dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk YESUS KRISTUS.

Semoga paham.

• “Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita?” (Matius 13:55-56)

• “Bukankah Ia [Yesus] ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?” (Markus 6:3)

The Oxford Dictionary of the Christian Church mengklaim bahwa Tertullian (kr. 160 - 225) adalah salh satu dari para Bapa Gereja yang meyakini bahwa saudara saudara Yesus adalah anak Maria ibu Yesus dengan Yusuf.

Kalau memang itu menjadi pegangan Gereja dan seluruh Bapa Gereja, hari ini umat Katolik tidak pernah menganggap dan memberi gelar Maria sebagai Perawan (sebagaimana nubuat Alkitab). Jika Yesus memiliki saudara, tentunya bukti itu akan kita miliki hingga hari ini. Jika mereka yg disebut adalah saudara kandung, mengapa Injil tidak menuliskan saat Bunda Maria melahirkan mereka? Dan mengapa Injil tidak menyinggung sama sekali tentang anak-anak Maria dan Yusuf selain Yesus? Injil sudah menjelaskan siapa ibu dari anak anak yg disebut sebagia saudara Yesus itu. Jelas tertulis MARIA KLEOPAS. Mengapa kita harus menambah nambah apa yg tidak ada di dalam Injil?

Kita tidak perlu menerapkan gramar bahasa Indonesia kepada tata bahasa Yunani yg secara kontekstual memahami bahwa kata dasar adelphos ( rahim) adalah saudara kandung Yesus sesuai dgn nubuat PL dan bukti2 lainnya.

Obsesi meninggikan manusia itulah yg menjadi penyakit gereja sehingga lahirlah gerakan Reformasi yg mengoreksi tradisi gereja waktu itu.

Dari Google Translate:

  1. rahim” ditranslasi menjadi μήτρα (“mítra”).
  2. saudara” ditranslasi menjadi αμφιθαλής αδελφός (“amfithalís adelfós”)
  3. saudara kandung” ditranslasi menjadi αδέλφια (“adélfia”)
  4. Musa saudara kandung Harun” ditranslasi menjadi Ο Μωυσής είναι ο αδερφός του Ααρών (“O Moysís eínai o aderfós tou Aarón”)
  5. Yohanes saudara Petrus” ditranslasi menjadi Τζον, ο αδερφός του Πέτρου (“Tzon, o aderfós tou Pétrou”)

Lalu, dari bagian mana @jamu menarik adanya obsesi peninggian manusia? Siapa yang mengidap obsesi peninggian manusia?
Agar tidak asbun, eh, asnul, sebaiknya @jamu memberikan informasi pendukung pernyataan sendiri.
Kalo @jamu memang sudah bebal, mau bagaimana lagi? Tidak terobati oleh manusia.

Salam damai.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.