Maria menurut Martin Luther (OOT)

kalau mata saya belum siwer, maka itu di Kitab Lukas… Mungkin Alkitab saya ketuker urutan hurufnya, sehingga Kitab Wahyu ada diantara kitab Markus dan Yohanes…???

yang mengatakan Kitab Wahyu => Kitab Lukas siapa…?

apakah jika dasar Alkitabiahnya kitab Lukas kemudian kamu tidak percaya…?

Ternyata sola scriptura 66 kitab telah bergeser menjadi sola 1 kitab wahyu…selamat willem anda baru saja membuat doktrin baru lagi ;D

jangan terlalu mengambil kesimpulan tanpa memahami permasalahannya…

yang saya minta simpel kok:

saya eja’in yaaa…:

T a p i s e l a m a s a y a b a c a k i t a b W a h y u ( y a n g b e r c e r i t a m a s a a k h i r j a m a n s a m p a i m a s a k e k e k a l a n . . . . . . ) , b e l u m a d a y a n g s a y a b a c a M a l a i k a t m e m u j i a t a u m a k h l u k d i s i n g g a s a n a A l l a h m e m u j i M a r i a s e b a g a i b u n d a A l l a h . . . . a t a u m u n g k i n b r o e r s u d i m e n g i r i m k a n c o p y k i t a b W a h y u y a n g b e r i s i p u j i a n m a l a i k a t k e p a d a M a r i a s e b a g a i B u n d a A l l a h . . . . ? ? ?

sesulit itukah…???

lah kenapa harus kitab wahyu…apakah kitab Lukas tidak termasuk dalam alkitab dan apakah ucapan Elisabeth yang dikuasai Roh Kudus kalah berwibawa dengan ucapan malaikat…???

Logika anda tidak jalan rupanya ???

yaaahhh si kura ada yang kumur2 nich… mungkin ada member di sini yang bisa menterjemahkan kira2 apa yang dibicarakan si kura ini…???

hehe…karena logikanya sendiri yang tidak jalan mengatakan orang lain kumur2…;D ;D

rupanya tata bahasa manusia (bahasa Indonesia) yang saya gunakan masih belum masuk di “jaringan lunak dari protein yang berisi sel-sel dan jaringan lunak di kepala, yang disebut otak” anda…

saya per-simple saja:

apakah di kitab Wahyu ada ayat yang berisi pujian bagi Maria sebagai bunda Allah…

mudah dan simple kan…???

kalau masih belum masuk juga… saya pakai bahasa Alien dah…

aaaiiiiuuuueeenxjmzx vhxdjkxmfcx dcjkxcvnxbhllxc m cv jkl, jdgfikl,cl;;fnm,sl;,…

Wah belum jalan2 juga logika anda rupanya…

Tidak adanya dalam kitab wahyu tidak menjadi masalah buat seorang Luther yang sola scriptura 66 kitab …karena ia juga tau ada pujian Elisabeth yang dikuasai Roh Kudus yang memuji Maria…

Gimana…sudah jalan belum logika anda…jangan hanya sola 1 kitab doang yah…;D ;D

mendingan belajar lagi bro…

Bedanya dimana…?

Saya juga pengen tahu ;D ;D ;D

Jika memang Allah =/= Tuhan maka SSY => Benar, dimana Tuhan derajatnya lebih rendah dibanding Allah…

dan anehnya Daud mengabdi kepada 2 Subjek yang berbeda yaitu Tuhan dan Allah…
Mzm 35:23 Terjagalah dan bangunlah membela hakku, membela perkaraku, ya Allahku dan Tuhanku!

:mad0261:

Perjanjian Lama, kata TUHAN (huruf besar semua) adalah YHWH atau dibaca Yahweh, sebutan untuk Allah pencipta dan penguasa semesta. Mengambarkan kebesaran dan kemuliaan yang tidak ada yang menandingi. Takut dan hormat adalah sikap yang dituntut mendengar nama tersebut.
Perjanjian Lama, kata Tuhan (huruf kecil) adalah menterjemahkan Adonai, sosok Tuan atau Lord dalam budaya Eropa. Menggambarkan Allah yang harus ditaati dan diikuti. Tunduk dan patuh adalah sikap yang dituntut mendengar nama sebutan teserbut.
Perjanjian Lama, Kata Allah, menterjemahkan kata Elohiym, sosok ilahi, sesuatu yang tinggi derajatnya, sesembahan dan yang diagungkan. Menggambarkan sosok yang memberikan manusia kehidupan dan kematian, memberikan manusia berkat dan kutuk, perlindungan, pertolongan dan kehancuran. Sikap menyembah, takut dan mentaati adalah yang dituntut didalam nama yang disebut tersebut.

Kata Allah berasal dari kata illah. Menjadi sebutan atas sesuatu yang disembah dan diikuti. Karena itu didalam kata Allah selalu berhubungan dengan kata umat Allah. Tiap bangsa di Timur Tengah memiliki allah mereka sendiri yang disembah dan diikuti. Nama yang diberikan oleh manusia terhadap allah-allah mereka bermacam-macam.

Saat bangsa Israel bertanya tentang nama Allah mereka, maka Ia menyatakan diriNya sebagai YHWH atau Yahweh diejanya. Sosok yang patut ditakuti dan dihormati. Yahweh di gambarkan sebagai Allah Bapa oleh Yesus.

Sebutan Adonai (Tuhan) dalam Perjanjian Lama dipakai untuk meyatakan bahwa Allah yang mereka sembah adalah Lord, Master atau Tuan dalam hidup mereka. Meraka mentaati segala yang dikehendaki Tuhan, menerima semua yang diberika oleh Tuhan dan hidup sesuai jalan yang diperintahkan Tuhan.

Dalam Perjanjian Baru, kata TUHAN tidak ada, tetapi kata Tuhan banyak dipakai. Kata Tuhan dalam Perjanjian Baru menterjemahkan kata Kurios, yang artinya sama dengan Adonai dalam bahasa Ibrani atau Lord dalam bahasa Inggris. Kata Kurios dipakai untuk menyebutkan sosok yang menjadi pemilik dan penguasa. Yesus adalah Tuhan dan Kristus kata kitab suci, Tuhan disana adalah Kurios, atau Adonai, sosok yang menjadi Tuan atas hidup kita. Karena itu Yesus menegur “Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Kurios, Kurios, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan?” (Lukas 6:46) Lord atau Master yang harus ditaati. Penguasa dan pemilik segala sesuatu.

Kata Allah dalam Perjanjian Baru menterjemahkan Theos, yang artinya sama degnan Elohiym dalam bahasa Ibrani. Menggambarkan sosok yang patut disembah dan diikuti, sosok yang tertinggi dan termulia. Pencipta semesta.

Selain kata Allah juga ada kata Anak Allah, menambahkan kata huios, yang artinya Son, anak laki-laki dan berhubungan dengan keturunan pewaris berbeda dengan paidion (anak kecil) atau teknon (anak baik laki atau perempuan dan juga dipakai sebagai panggilan) Dimana menunjukan bahwa Yesus adalah Son of God, Anak dari Allah, sosok yang datang dari Allah, yang keluar dari Allah, yang lahir dari Allah. Karena itu Yesus menyebut YHWH atau Yahweh dengan sebutan Bapa sebagai pribadi yang berbeda.

Bunda Tuhan berbeda pengertian dengan Bunda Allah. Yesus adalah Allah tetapi status yang disandangnya adalah Anak Allah, dan satus Yahweh adalah Allah Bapa. Kata Allah adalah mengambarkan sesembahan, sosok pencipta langit dan bumi, sesuatu yang mulia dan ilahi. Kata Thoes tidak dapat ditambahkan bunda sebab Theos tidak diciptakan dan tidak dilahirkan. Sedangkan Lord atau Tuhan adalah sebutan penguasa dan pemilik, master atau adonai. Bunda dari Lord atau Adonai atau Master atau Tuhan kita adalah istilah Alkitabiah. Yesus menjadi manusia dan mati sebagai manusia, saat ia bangkit, ia menerima kembali segala kemuliaan dan ditinggikan dan ditempatkan sebagai Andonai atau Lord atau Tuhan untuk menguasai segala ciptaan Allah Bapa, menjadi Raja diatas segala raja.

Jadi sangat berbeda sekali dengan istilah Bunda Allah, istilah itu tidak alkitabiah. Maria tidak melahirkan Allah, tetapi melahirkan Yesus yang oleh Allah telah diangkat menjadi Tuhan dan Kristus, dipermuliakan disurga, bumi dan didunai bawah, segala sesuatu akan berlutut dibawah kakinya dan mengaku bahwa manusia Yesus tersebut adalah Tuhan.

Masih bingung? Mungkin sebab anda berusaha mencerna secara ilmiah dan memahami dengan pikiran manusia. Allah adalah Roh dan saat berbicara tentang Allah kita berbicara hal-hal yang rohani yang tidak dapat dicerna oleh manusia jasmani. Kita tidak dapat merumuskan Tritunggal Ilahi dengan tepat karena hal itu dapat dimengerti secara rohani, demikian juga tentang Yesus adalah Tuhan dan Kristus tetapi juga Ia adalah Allah yang bergelar Anak Allah, dan juga manusia seperti kita sampai hari ini. Semua adalah perkara rohani bukan jasmani.

Memberikan sebutan yang salah menandakan kita tidak benar-benar paham siapa sebenarnya Yesus yang telah menjadi Juruselamat kita.

Tread ini sebenernya ingin bicara mengenai Maria menurut martin luther… dimana mariologi masih dipegang setelah reformasi gereja… kenapa sekarang tidak lagi?

bagaimana tulisan martin luther tersebut menurut anda2 semua? apa setuju? atau tidak? luther yg mengajarkan solascriptura, dan back to bible salah tentang maria?

Dari mana anda belajarnya???
Kalau mau yang instant silahkan coba converter IPA for Hebrew disini Hebrew Converter - Romanization Transliteration Kamu cari saja teks Ibrani tulisan Allah lalu copas disana dan convert maka hasilnya adalah teks Ibrani dalam bentuk alfabet standarat IPA.

ditulis YHWH atau ieue yang benar? Ditunggu jawabnya.

sekarang, kapan YESUS disebut Allah dan Kapan YESUS disebut Tuhan..?

Silakan…

YESUS disebut Tuhan saat ia menjadi tuan atas hidup kita, menjadi Kepala dari Tubuh. Jika anda membaca Alkitab dan menemukan sebutan Tuhan untuk YESUS pahami dimana peranNya saat itu maka anda akan tahu dan tidak merancuhkannya.

YESUS disebut Allah, jarang disebutkan, tetapi lebih sering disebut Anak Allah. Sebagai Anak Allah, saat menjelaskan tentang kemuliaanNya dan peranNya berkaitan dengan Allah Bapa. Saat disebut Allah ketika YESUS mewakili seluruh pribadi Allah yang disembah dan dimuliakan.

Istilah Anak Allah bukan istilah baru, dalam Perjanjian Lama Firman itu juga disebut digambarkan sebagai Anak Allah.

dari mana seh ajaran ratu sorga ini ???

kayaknya dari ajaran pagan loh.

lihat patung (dewi pagan + bayi ) … itu kan contoh yg dijiplak oleh …

Typical Anda dalam berdiskusi itu ya begini ini… Ketika tidak bisa menjawab, Maka membawa tulisan panjang2 untuk mengaburkan masalah… Ibarat dalam ujian, hanya mengharapkan upah nulis dengan bobot 10%…

Sejak diskusi beberapa thread lalu juga seperti itu modusnya…

Pertanyaan saya mudah saja dimengerti oleh manusia (bukan binatang yaaaaa…):

Bagaimana perlakuan jemaat mula2 (rasul dan jemaat yang baru percaya) terhadap Maria ibu Yesus, apakah memberikan Pengkultusan, memberikan posisi terhormat diantara semua jemaat yang ada, mendudukkan dalam kursi atau singgasana tertentu, menyampaikan permohonan doa melalui Maria untuk disampaikan kepada Tuhan Yesus, dianggap sebagai manusia Kudus, atau penghormatan sebagai ibu dari Yesus namun sama seperti manusia biasa dan jemaat yang sama2 menyebarkan kabar baik?

Periode rentang waktunya tentu dalam masa hidup Maria ibu Yesus ketika masih bersama2 dengan para rasul… Bukan sekian ratus tahun kemudian yang kemudian menjadi acuan dari Anda…

Semoga bahasa manusia yang saya gunakan ini dapat Anda mengerti…

:smiley:

Saya koq cenderung menganggap anda tidak bermanfaat untuk direply bro.
Karena otak anda tidak cukup bernilai untuk menerima reply yang perlu proses berpikir, tetapi merasa anda cukup punya otak.

Tahukah anda bahwa ajaran Kristen disampaikan secara lisan dari mulut ke mulut oleh para Rasul?
Tahukah anda bahwa tulisan Origen adalah salah satu tulisan Bapa Gereja di masa awal Kekristenan?

Tetapi sepertinya percuma saya teruskan tulisan ini. Karena andapun tidak mampu mencerna tulisan yang panjang panjang.

Jadi, silahkan saja anda berkhayal dengan delusi anda. Saya menganggap anda tidak cukup layak untuk saya tanggapi.

Ingat saja ayat ayat yang sudah saya berikan untuk anda sebagai kenang kenangan. ;D

Mzm 92:6 (92-7) Orang bodoh tidak akan mengetahui, dan orang bebal tidak akan mengerti hal itu.

Mzm 94:8 Perhatikanlah, hai orang-orang bodoh di antara rakyat! Hai orang-orang bebal, bilakah kamu memakai akal budimu?

Ams 10:14 Orang bijak menyimpan pengetahuan, tetapi mulut orang bodoh adalah kebinasaan yang mengancam.

Ams 10:21 Bibir orang benar menggembalakan banyak orang, tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi.

Ams 14:3 Di dalam mulut orang bodoh ada rotan untuk punggungnya, tetapi orang bijak dipelihara oleh bibirnya.

Ams 16:22 Akal budi adalah sumber kehidupan bagi yang mempunyainya, tetapi siksaan bagi orang bodoh ialah kebodohannya.

Ams 27:22 Sekalipun engkau menumbuk orang bodoh dalam lesung, dengan alu bersama-sama gandum, kebodohannya tidak akan lenyap dari padanya.

Ams 29:9 Jika orang bijak beperkara dengan orang bodoh, orang bodoh ini mengamuk dan tertawa, sehingga tak ada ketenangan.

Pkh 10:2 Hati orang berhikmat menuju ke kanan, tetapi hati orang bodoh ke kiri.

Pkh 10:12 Perkataan mulut orang berhikmat menarik, tetapi bibir orang bodoh menelan orang itu sendiri.

Sir 21:14 Batin orang bodoh seperti tempayan yang meretak, tak dapat menahan kebijaksanaan manapun

Luk 24:25 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi

:coolsmiley:

Now you can see why I give you thumbs up in the other thread, it’s just take a couple of minutes to see funny reactions (or childish) from other member…

TTFN…