Maria menurut Martin Luther (OOT)

Bahasa manusia yang saya gunakan dapat dimengerti dengan jelas oleh @onde, Anda yakin masih manusia?

btw, kamu dari denom apa sih…? coba belajar dulu sana yang bener…
Mengenai YHWH => liat Maria menurut Martin Luther - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com dan liat gambar [i.e naskah Kitab suci bahasa Ibrani]

Pertama, Tidak ada sama sekali keharusan utk menjadikan יהוה dijadikan Huruf kapital seperti yang kamu bilang…! Paham…? :idiot2:

kedua, liat lagi gambar dari situs yang kamu berikan…
bahwa יהוה tidak diterjemahkan kedalam huruf kapital menjadi YHWH/Yehovah…! Paham…?

jadi, tidak salah dong orang muslim tidak menganggap YESUS sebagai Tuhan…?
toh, YESUS tidak menjadi Tuan dalam Mereka… :mad0261:


Dear Onde32lumut

Menurut saudara gereja dimulai dari jaman jemaat mula-mula di Antiokhia saat pertama kali mereka disebut Kristen atau setelah muncul institusi resmi Gereja dengan struktur organisasi yang rapi & lengkap? Share mengenai gereja seperti bagaimana yang saudara harapkan?

Tindakan atau ekspresi hormat umat Protestan kepada Maria ibu Yesus memang sama seperti rasa hormat kepada Para Rasul dan tokoh-tokoh Alkitab dan tidak diwujudkan dalam suatu tindakan atau “sikap tubuh” tertentu. Pertanyaannya apakah menurut saudara itu merupakan tanda tidak hormat?

Salam

dear MAC,
Gereja adalah kumpulan orang beriman, bermula dari peristiwa pentakosta, sedangkan jemaat kristen sendiri telah ada sebelum ada kitab suci.
misalnya saja, anda bisa share mengenai sejarah berdirinya Gereja anda, dan sejarah pemikiran teologis gereja anda… apakah sama dengan ortodoxy? silahkan kalau anda punya… nanti saya tanggapi…

bukan merupakan tanda tidak hormat, dan juga bukan merupakan tanda hormat. :smiley:

terimakasih infonya MAC,…

kalau boleh tau dasar apa yg membuat anda yakin bahwa ajaran yg anda ikuti adalah ajaran yang ortodox (sama dengan jemaat mula2)

bahkan sesuai dengan treat ini, bahwa luther, calvin, dan swingli setelah reformasi… mereka masih melestarikan ajaran2 ttg mariology. apakah di Gereja anda masih?

tapi saudara MAC, nampaknya kalau kita bahas akan menjadi OOT… :slight_smile:

poin saya di tread ini adalah pengin tau jawaban dan pendapat protestanisme sekarang mengenai tulisan martin luther yg saya posting tersebut.

Dear Onde32lumut

‘To be fair’ memang ada yang tidak etis lagi dalam berdiskusi dan cenderung tidak terlihat sisi Kristiani dari diskusi-diskusi yang saya baca atau terlibat di dalamnya. Saya harap tidak perlu sampai seperti itu. Toh tidak ada untungnya sama sekali.

Salam

Mungkin bisa di-share di sini, bagian dari Alkitab yang menyebutkan “Ratu Surga”… bukan pemahaman Anda pribadi atau manusia mengenai hierarki kerajaan → Raja, ratu, pangeran, etc

kenapa Maria menurut ajaran manusia yg dipakai untuk mengenali sosok Ratu Sorga dalam GK yg musti dijadikan refrensi siapa itu Ratu Sorga?

Kalau ngakunya pengikut Kristus, mustinya ya seturut ajaran Yesus dan para rasul muridNya kan?

malahan pencatutan nama Maria ibu Yesus untuk jadi Ratu Sorga dan Ratu para dewa dewi sesembahan agama pagan kaisar Roma itu BUKAN bentuk penghormatan terhadap Maria ibu Yesus, tapi PENGHUJATAN terang terangan terhadap Maria ibu Yesus.

kamuflase aja seh.

Mat 12

47 Maka seorang berkata kepada-Nya: “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.”
48 Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?”
49 Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!
50 Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

lah kalau bgt, murid murid yesus berhak mendapat gelar RATU DISORGA.

keren, ada banyak murid murid yesus, yang di sebut sbg ibu oleh Yesus.
Artinya ada puluhan RATU SORGA nih

hehehe

jadi martin luther yg doktor theology, yang mencipta gagasan fenomenal solascriptura yg dianut protestanisme Salah dalam mengenali kitabsuci?

anda dan luther jelas berbeda dalam hal tentang maria? silahkan nyatakan anda lebih benar dari luther pless… andrea…

udahlah… udah… mending makan dulu… ;D

ajakan BTT @ all:

apa tanggapan anda tentang tulisan Martin luther itu?
ingat tread ini berjudul “Maria menurut Martin Luther”, bukan “Maria menurut Katolik”.

Mat 12

47 Maka seorang berkata kepada-Nya: “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.”
48 Tetapi jawab YESUS kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?”
49 Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!
50 Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

lah kalau bgt, murid murid YESUS berhak mendapat gelar RATU SORGA.

keren, ada banyak murid murid YESUS, yang di sebut sbg ibu oleh YESUS.
Artinya ada puluhan RATU SORGA nih

hehehe

karena maria hendak dijadikan ratu sorga, PL itu

Dear Bruce

Saya juga sependapat dengan saudara

Salam

Mat 12

47 Maka seorang berkata kepada-Nya: “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.”
48 Tetapi jawab YESUS kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?”
49 Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!
50 Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

kalau roderic melakukan apa yg diperintahkan YESUS, roderick bisa mendapat gelar RATU SORGA loh.

sik asik … memang asyik.

:smiley:

kok Ratu sihh, emang kalo cowok juga jadi Ratu??? :smiley:

Mengenai Ratu/Queen dalam Alkitab PL Ibrani ada 4 kata yang dapat diartikan sebagai Queen :

  1. [email protected] => Queen Yer 13:18
  2. malkah => Queen 1 Raj 10:1
  3. [email protected] => Queen Yer 7:18
  4. shegal => Queen Neh 2:6

gelar untuk maria adalah [email protected] (queen) atau Bunda Raja/ Ibu Suri…
1 Raja-raja 2:19 " …ia menyuruh meletakkan kursi untuk bunda raja, lalu perempuan itu duduk di sebelah kanannya."

Yer 13:18 “Katakanlah kepada raja dan kepada ibu suri: Duduklah di tempat yang rendah sekali, sebab mahkota kemuliaanmu sudah turun dari kepalamu!”

Kesalahan besar jika ingin menyerang mariologi dengan mengunakan Yeremiah 44 [mel-eh’-keth], karena Gelar Maria adalah [email protected]

eits dimana ayatnya kalau Yesus hendak memberi gelar “Ratu Sorga” kepada maria ???

:smiley:

maria sebagai ibu suri ?? oh come on limited. hehehe

gelar maria adalah RATU SORGA bukan IBU SURI

sebagai ratu sorga, maria tampaknya dijadikan mahluk yg divine, buktinya maria menjadi tempat doa doa di panjatkan, adanya orang2 yang sujud dibawah patung maria, dll

mirip dgn ayat ini

Yer 7:18 Anak-anak memungut kayu bakar, bapa-bapa menyalakan api dan perempuan-perempuan meremas adonan untuk membuat penganan persembahan bagi ratu sorga, dan orang mempersembahkan korban curahan kepada allah lain dengan maksud menyakiti hati-Ku.

beda kemasan, tetapi sama esensinya

nah loh. ???

Benar sekali Bruce, pasti yang menghina Allah, Yesus dan seisi sorga kelak akan berhadapan dengan Kristus.

Ratu Sorga dalam penampakan itu adalah roh Ratu Sorga sesembahan agama pagan Roma yang berasal dari babilonia. Bahkan roh jahat ratu sorga itu berani ngaku kalau dia itu Tuhan yang sering dihina.

Bruce benar sekali soal bertanggung jawab, dimana bapa gereja katolik akan bertanggung jawab pada Tuhan karena mencatut nama Maria ibu YESUS untuk menjerat umat katolik pada penyembahan pada Ratu Sorga.

Begitu pula dgn org2 yg mengajarkan roh jahat yg sedang menyamar itu adalah Maria Ibu YESUS yang asli, pastinya juga akan bertanggung jawab pada Tuhan untuk penyesatannya.

Jelas pada penampakan roh jahat yang menyamar jadi Maria ibu YESUS terseebut bertujuan menakut-nakuti umat supaya tetap menjalankan ritual ibadah pada Ratu Sorga (rosario)

Maka, alangkah pantasnya jika tidak setuju menghormati Maria Ibu Yesus yang asli, tidak perlulah menghina bahkan menghujat wanita yang dipilih oleh Tuhan untuk melahirkan Sang Penebus dengan mencatut nama Maria untuk dijadikan sosok sesembahan Ratu Sorga seperti yang ada di agama Roma pagan. Karena bahkan JESUS pun sangat menghormati dan menyayangi Maria, hingga pada akhir hayatNya saat di salib dulu.

Semoga umat cukup waras untuk TIDAK ikut2an tradisi yang menghujat Maria ibu Yesus yang asli.

Syalom

bung Ap l ess,

tread ini membahas “Maria menurut Martin Luther”
bukan “Maria Menurut Gereja Katolik”

apalagi “Maria Ratu Surga”…

jadi, apa tanggapan anda tentang tulisan Martin luther itu?

“bro modie, bantu donk biar tertib, supaya berkualitas… :)”