Maria sebagai Tabut perjanjian Baru

Ijinkan saya ikut mengomentari hal ini, Gereja Katolik sesungguhnya berakar juga dari tradisi2 Yahudi. Penghormatan kepada Maria dalam segala bentuknya (bukan penyembahan) tidak jauh berbeda dengan penghormatan yang ditujukan umat perjanjian lama terhadap tabut Tuhan. Hal yang sama dilakukan oleh Gereja Katolik terhadap Maria.

Yos. 3:11 sesungguhnya, tabut perjanjian Tuhan semesta bumi berjalan menyeberang di depan kamu, masuk ke sungai Yordan.

Yos. 7:6 Yosuapun mengoyakkan jubahnya dan sujudlah ia dengan mukanya sampai ke tanah di depan tabut TUHAN hingga petang, bersama dengan para tua-tua orang Israel, sambil menaburkan debu di atas kepalanya.

1Sa. 4:5 Segera sesudah tabut perjanjian TUHAN sampai ke perkemahan, bersoraklah seluruh orang Israel dengan nyaring, sehingga bumi bergetar.

Gelar Maria sebagai Tabut Perjanjian

Maria digelari tabut perjanjian. apakah ada dasarnya dalam kitab suci tentang hal tersebut? Pertama-tama marilah kita lihat apakah itu tabut perjanjian?
Tabut perjanjian adalah tempat untuk menyimpan 10 Perintah Allah. tabut perjanjian dibuat sebagus dan sebaik mungkin (25:10-22) lalu sesudah semua itu dilakukan Tuhan pun hadir dalam bentuk (dng tanda) awan (keluaran 40:34) maka kesimpulannya untuk menaruh Firman Allah diperlukan tempat yang terbaik demikian halnya dengan Maria yang harus mengandung YESUS yang adalah Firman.

Maria di-identifikasi sebagai Tabut Perjanjian Baru (The Ark of the New Covenant) seperti bisa dilihat dalam ayat-ayat berikut ini:

Tabut Perjanjian yang berisi manna, tongkat harun dan loh batu: Ibrani 9:4 "Di situ terdapat mezbah pembakaran ukupan dari emas, dan tabut perjanjian yang seluruhnya disalut dengan emas, di dalam tabut perjanjian itu tersimpan buli-buli emas berisi manna, tongkat Harun yang pernah bertunas dan loh-loh batu yang bertuliskan perjanjian.

YESUS adalah Roti yang turun dari Surga = Manna: Yohanes 6:32-35 "Maka kata YESUS kepada mereka: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan kamu roti dari surga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari surga. Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari surga dan yang memberi hidup kepada dunia…Akulah roti hidup, barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi."

• YESUS adalah Imam Agung = Tongkat Harun: Ibrani 8:1 “Inti dari segala yang kita bicarakan itu ialah: kita mempunyai Imam Besar yang demikian, yang duduk di sebelah kanan tahta Yang Mahabesar di surga”

• YESUS adalah Sang Firman = 10 Perintah Allah: Yohanes 1:1 “Pada mulanya adalah Firman, Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah”

Sukacita olehkarena Tabut Perjanian

Seperti Daud berkata tentang tabut perjanjian, demikian pula Elizabeth berkata tentang Maria:
2 Samuel 6:9 "Pada waktu itu Daud menjadi takut kepada Tuhan, lalu katanya: ‘Bagaimana tabut Tuhan itu dapat sampai kepadaku?’’

• Lukas 1:43 "Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku?"

• Juga ada adegan dimana Daud melonjak-lonjak/menari gembira di depan tabut perjanjian dan pararelnya bisa ditemukan pada ayat

Lukas 1:44 “Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan”

Wahyu 11:19 dan 12:1 “Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di surga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat.” “Maka tampaklah suatu tanda besar di langit: Seorang perempuan berselubungkan matahari, dengan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya.”

kelihatanlah tabut perjanjian dan tampaklah … seorang perempuan

Maria adalah Tabut perjanjian Baru bagi umat Katolik.

Yos. 7:6 Yosuapun mengoyakkan jubahnya dan sujudlah ia dengan mukanya sampai ke tanah di depan tabut TUHAN hingga petang, bersama dengan para tua-tua orang Israel, sambil menaburkan debu di atas kepalanya.

Kita pasti sepakat dan mengatakan tentunya Yosua tidak menyembah Tabut itu.

Semoga penjelasan ini dapat menjawab kesalah pahaman umat Non Katolik dalam melihat penghormatan Gereja Katolik terhadap icon Maria yang sama seperti yang ditunjukkan bangsa Israel kepada tabut perjanjian lama.

Salam

Baru lagi nich bagian dari Mariologi.

Maria sebagai Tabut perjanjian Baru.

Salam.

dimana sekarang berada??

Betul, Bunda Maria adalah Tabut Perjanjian Baru, Yesus adalah Adam ke dua/terakhir sementara Bunda Maria adalah Hawa kedua.

Memang mempelajari Mariologi tidak sesederhana yang kita bayangkan, ketika hendak mempelajari Mariologi, maka kita harus mempelajarinya mulai dari PL s/d PB.

Kita harus mencoba mengerti Typology = tipelogi (Typus) adalah sebutan bagi pribadi-pribadi dan atau kejadian-kejadian yang memiliki hubungan parallel antara PL dan PB atau telah diantisipasikan dalam PL dan ditemukan jawabannya di dalam PB. Dengan menggunakan istilah yang mungkin sudah sering kita dengar: “PB tersembunyi di dalam PL dan PL menjadi nyata dan diterangkan di dalam PB”.

Mengerti secara tipelogi dapat membantu kita mengerti kesinambungan karya penyelamatan Allah dalam PL dan PB, mengingat mengenai Mariologi ini erat kaitannya dengan karya penyelamatan Allah.

Tipelogi utama
Adalah tipelogi Adam dan Yesus. Adam tidak taat dan telah berbuat dosa sehingga seluruh keturunannya (seluruh umat manusia) jatuh ke dalam dosa.
—> Dalam PB : Menunjukkan Yesus yang tidak berdosa dan taat, dan karena-Nya dosa Adam dapat dikalahkan dan ditebus (Roma 5:12-21). Yesus adalah Adam yang baru. Sama seperti Adam, Yesus diuji di dalam taman Getsemani, Tuhan mengambil tulang rusuk Adam untuk menciptakan Hawa, sewaktu Yesus disalib, lambung-Nya ditusuk tombak dan lahirlah pengantin-Nya: Gereja (Katolik).

Tipelogi kedua
Adalah Hawa dan Maria. Dalam PL, Malaikat Lucifer / Iblis menyampaikan pesan upaya agar Hawa berbuat dosa, karena Hawa tidak taat, ia kemudian mengajarkan dosa tsb kepada Adam.
—> Dalam PB : Malaikat Gabriel menyampaikan pesan kepada Maria dan karena ketaatan Maria, ia memberikan sarana bagi kelahiran Yesus yang menjadi penebus dosa Adam dan Hawa.

Tipelogi ketiga
Adalah Tabut bait Allah (Peti Perjanjian) disebutkan di Kel 25 bahwa Tabut bait Allah adalah benda suci yang memiliki persyaratan yang rumit dan suci dalam cara pembuatan maupun cara penyimpanannya. Di dalamnya terdapat sepuluh perintah Allah (Firman Allah) dan manna (roti yang jatuh dari surga).

Sebagai contoh betapa sucinya Peti Perjanjian dapat kita lihat kisah Uza yang dihukum Tuhan. Walaupun niatnya baik, namun dengan menyentuh Tabut Perjanjian, Uza telah menajiskannya, karena tidak sembarang orang dapat menyentuhnya dan kemudian Tuhan menghukumnya (2 Sam 6:6-7).

—> Dalam PB : Maria adalah Tabut Firman Allah yang menjadi daging, Inkarnasi. Maria dikatakan sebagai Tabut Perjanjian Baru, karena Maria mengandung Inkarnasi firman Allah yaitu Yesus.
Bila Tabut bait Allah yang di dalamnya tersimpan perintah Allah adalah begitu suci, Lebih lagi Maria yang menjadi rumah Yesus dan bagian yang adalah Inkarnasi firman Allah. Jadi jelas Maria adalah suci dan tidak mengandung dosa. Maria adalah Tabut Perjanjian Baru.

==> Hawa adalah partner (sekutu) dan wakil Adam dalam berbuat dan mendatangkan dosa kepada umat manusia.
==> Maria adalah partner Yesus dalam penebusan dosa dan ‘meremukkan kepala ular’.

St.Paulus secara tegas menunjukkan tipelogi antara Adam dan Yesus (1 Kor 15:45). Setelah Adam dan Hawa jatuh kedalam dosa, KS sudah meramalkan akan kelahiran Yesus dan Ibu-Nya dalam kitab kej 3:15.
Dimana Wanita dan Puteranya akan bermusuhan dengan keturunan ular (berarti tidak mengandung dosa), dan yang akan meremukkan kepala ular. Putera itu tidak lain adalah Yesus dan wanita itu adalah Maria.

Dalam Katekismus Gereja Katolik (no 410 & 411) Terdapat dua pengelompokan dalam tipelogi ini, Adam dan Hawa adalah kelompok yang tidak taat dan jatuh ke dalam dosa. Kelompok yang satunya adalah yang menebus dosa yaitu Yesus dan Maria, yang taat dan karena perbuatan mereka dosa Adam dan Hawa (umat manusia) dapat dikalahkan sehingga mampu memperbaiki kembali hubungan baik manusia dengan Allah.

Betul, Bunda Maria adalah Tabut Perjanjian Baru, YESUS adalah [u]Adam ke dua[/u]/terakhir sementara Bunda Maria adalah [u]Hawa kedua[/u].

klo Yesus adalah adam ke dua
dan maria adalah hawa ke dua

berarti seperti adam dengan istrinya hawa.

masakan Yesus punya istri maria??

ya , secara logika , memang sesederhana itu :afro:

apakah di alkitab ada tertulis maria adalah hawa kedua??

Kalau bicara Tabut Perjanjian, anda tidak bisa mengerti secara benar tanpa mengerti pelajaran tentang Kemah Suci/Tabernakel.

Jaman Maria sudah lewat, yang menjadi istri Yesus adalah Gereja Tuhan sudah jelas, banyak sekali ayatnya…

silahkan anda baca :

spiridion : Posted on: Yesterday at 10:12:15 PM

Betul, Bunda Maria adalah [u]Tabut Perjanjian Baru[/u], YESUS adalah Adam ke dua/terakhir sementara Bunda Maria adalah Hawa kedua.

Itu kesimpulan kamu sendiri, silahkan kalau kamu mau “berfikiran” kesana.

Coba simak baik-baik yang ini :

Untuk menggambarkan (typology) disana jelas menggunakan kata “partner” dan “kelompok”.

Saya tidak spendapat dengan analogi, asosiasi dan gaya pnafsiran yg mengidentifikasikan Bunda Maria sbg Tabut Perjanjian Baru.


Di Jaman PL, Tabut Perjanjian adalah representasi dari Tahkta Allah dimana Allah bersemayam di atas Tabut tsb.
Memang benar orang bersujud mnyembah di hadapan Tabut, tp tindakan itu adl bentuk pnyembahan umat kepada Allah yg bsemayam di atas Tabut.

Ketika sso mcium patung Bunda Maria atau bsujud di depan patung Bunda Maria, kepada siapakah mreka mlakukan pnghormatan?
Sudah tentu kepada Bunda Maria.
Jemaat tau persis siapa yg sdg mreka hormati, yaitu pribadi yg bukan Allah (Bunda Maria).
Saya yakin Bunda Maria pun tidak akan mau disamakan dg Allah Bapa maupun Allah Putra.

lebih parahnya lagi bukan bunda Marianya yg dihormati, tetapi patungnya

@bro cutz:

di thread manapun yg saya lihat mengenai Bunda Maria, serendah itukah saudara menilai seorang Bunda Maria?
Atau hanya krn ingin menyangkal doktrin katolik shgga kata-kata najis itu kluar dgn mudahnya?

Sperti itukah ajaran Kristen Protestan?
Ataukah hanya saudara yg salah mmpelajari agama saudara?

Jgn trsinggung. Saya bertanya.
Itu kan ada tanda tanya nya.
Tuhan mmberkati.

Pada waktu Maria mengandung Yesus, memang seperti Maria adalah peti tabutnya…yg dilingkupi Allah Trinitas… tetapi nanti waktu kedatangan Tuhan dimana gereja sebagai mempelai Perempuan Tuhan, juga sama gereja seperti peti dari tabut( peti bagian bawah) yg dinaungi tutupan grafirat (Allah Anak) yang disaksikan oleh 2 Kerup : Allah Bapa dan Allah Roh Kudus

Kalau lihat sejarahnya, Roma dulu memuja Queen of Heaven dan patung Queen of Heaven diganti namanya jadi patung maria dan jabatannya tetap Queen of heaven, maka foto2 dibawah ini more likely adalah kelanjutan dari adat istiadat agama roma kuno yang menyembah Queen of heaven.

oh anda jangan emosi demikian,
dalam sharing khan bisa terjadi tanya jawab, bukan merendahkan.
andalah yang terlalu emosi yang sehingga mengeluarkan kata kata dmk.
sebagai wanita, tunjukkan sikap yang ramah, bukan demikian

salam damai
GBU

tetapi adalah sesuatu yang "agak - "
yang ditulis diatas : « Reply #3 on: November 08, 2010, 10:12:15 PM »

Betul, Bunda Maria adalah Tabut Perjanjian Baru, YESUS adalah Adam ke dua/terakhir sementara Bunda Maria adalah Hawa kedua.

Tergantung pemikiran kamu, kamu bisa menggunakan alur pemikiran yang positif atau menggunkan alur pemikiran yang negatif, itu pilihan.

lantas menurut anda gimana??

Yesus disebut adam ke dua
Maria disebut hawa kedua.

Adam mempunyai istri bernama hawa.

kalau Yesus adam ke dua dan maria → hawa ke dua berarti Yesus mempunyai istri bernama maria??

Maria memang Tabut Perjanjian baru :slight_smile: