masa muda Yesus

Saya tidak ingin masuk kedalam analisis rumit
tentang kisah dalam Luk itu. Tetapi kalau dikaji sedikit
cermat, jelas bahwa cerita itu hampir terpisah sama sekali
dari semua yang mendahuluinya. Reaksi Maria atas kata-kata
Yesus dan kebingungannya sukar dimengerti kalau kita
mengingat apa yang telah disampaikan sebelumnya. Sebaliknya,
akan begitu mudah dimengerti kalau kisah waktu Yesus berumur
12 tahun itu dianggap sebagai kisah yang dulunya terpisah.

Kalau tidak membingungkan Anda dengan terlalu banyak
informasi, saya akan memusatkan pada fungsi cerita dalam
Luk. Pada bab 1 Injil Lukas, seorang malaikat memberitahu
Maria dan pembaca bahwa Yesus adalah Putera Allah. Pada bab
3, suara Tuhan pada waktu baptis memberi tahu pembaca bahwa
Yesus adalah Putera Allah. Pada bab 2, persisnya dalam kisah
waktu Yesus berusia 12 tahun, untuk pertama kali Yesus
berbicara dalam Injil. Ia menyebut Allah sebagai Bapa,
“Apakah engkau tidak tahu bahwa Aku harus berada di rumah
Bapa?” Maka fungsi cerita itu adalah Kristologis. Yesus yang
dalam pelayanan-Nya berbicara dan bertindak selaku Putera
Allah, berbicara dan bertindak selaku Putera Allah pada saat
Ia untuk pertama kalinya tampil di atas panggung sejarah.

Tidak berbeda dengan kisah masa muda Yesus dalam injil-injil
apokrif. Ada semacam usaha menempatkan kebelakang,
tindakan-tindakan penuh kuasa dan pernyataan-pernyataan
ketika ia berkarya di depan umum, yang mencerminkan
kesadaran diri-Nya. Hal ini dimaksudkan untuk menekankan
kesinambungan kebesaran Yesus sepanjang hidup-Nya. Ia sudah
memiliki pengetahuan dan kekuatan yang tampak dalam
pelayanan-Nya, sejak Ia masih dalam lingkungan keluarga-Nya.
Ia bahkan sudah mendapat perlawanan waktu itu. Mungkin Anda
pernah mendengar kisah dari cerita kanak-kanak menurut injil
Thomas. Dalam buku itu diceritakan bagaimana Yesus waktu
masih kanak-kanak membuat burung-burungan dari tanah liat
dan bisa terbang. Biasanya orang lupa, bahwa dalam kisah itu
ada orangYahudi yang protes kepadaYusuf karena Yesus membuat
burung dari tanah liat pada hari Sabat. Bukankah itu sama
dengan protes yang diajukan kepada Yesus waktu Ia berkarya
di depan umum? Jadi fungsi kisah masa muda Yesus itu, yang
hanya sedikit kita miliki, adalah teologis bukan
pertama-tama historis.

Anda orang yang sama atau berbeda dengan id murtadinkafirun, bung?

;D

siapa itu murtadinkafirun? pemilik forum gila itu yah…www.murtadinkafirun.forumotion.net :azn: :azn:

Kalau ngeliat format postingan-nya dan selalu memulai topik baru… kayaknya sih iya.

ah…kau ini masa tak kenal kermit? kermit ini kan katak terlucu sedunia…bukan si murtadinkapirun itu… :huh: :huh:
emang siapa sih murtadinkafirun itu? :mad0261: :mad0261: :mad0261:

Kermitkataklucu sebaiknya tidak usah dijawab, sebetul-betulnya jawaban yang memberi jawaban buat dia percuma aja gak ada tanggepan. Intinya dia cuma copas lalu lari. :happy0025:
Bukan Hoax :afro:

SI kermit kan lagi nyamar, sayangnya dah ketahuan.

hehehe

Biasa lah kalo Orang Yang Mencari Kesalahan Orang Lain Adalah Untuk Menutupi Kesalahan Dirinya Sendiri.
Jadi jangan kaget dengan Manusia Semacam Kermit Ini Yang Bertebaran Di Internet

Di FK ini kan membernya bukan anak baru di forum, he he he. Ada ada aja ya tingkah mereka yang mau coba coba

;D ;D ;D

101 Tanya-Jawab Tentang Kitab Suci
Raymond E. Brown, S.S.
Cetakan kedua: 1995
Penerbit Kanisius
Jln. Cempaka 9, Deresan, Yogyakarta 55281
Telp.(0274) 588783, 565996, Fax.(0274) 563349
Kotak Pos 1125/Yk, Yogyakarta 55011

Saya bantu menampilkan sumbernya ya.
Lain kali hargai loh karya intelektual orang lain.

ngikut

syalom…

ko advent kah kermit?,knp ko tdk posting di tread khusus kristen kl ko advent…

g asik g ada yang jwb, semua pada ngalor ngidul?

Kenapa tjoema masa ketjil Jesoes sahadja jang dipermasalahkan, boekankah semoea nabi dalam alkitab tidak mentjeritakan secara gambalang tentang masa ketjilnja…(?)

Tetapi jang mendjadi pointnja adalah ajat jang berboenji:

Loekas 2
(51) Laloe Ia poelang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidoep dalam asoehan mereka. Dan iboe-Nja menjimpan semoea perkara itoe di dalam hatinja.

(52) Dan Jesoes makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nja dan besar-Nja, dan makin dikasihi oleh Allah dan manoesia.

hmmmm,
ijin nyimak… :slight_smile:

Salam damai sejahtera dalam Kristus Yesus.

Kisah Kristus Yesus pada masa remaja bukan hilang.
Memang tidak tertulis supaya pengikut Kristus mengutamakan memberitakan bahwa Sepuluh perintah menurut hukum Taurat tidak berkuasa atas Dua Kasih Terutama.

Sesungguhnya masa remaja Kristus yaitu tiga belas tahun hingga dua puluh tahun adalah masa-masa ia sepenuhnya di bawah kuasa Sepuluh perintah menurut hukum Taurat.

Itulah sebabnya dikatakan bahwa saat usia dua belas tahun Yesus Kristus memberitahukan bahwa ia harus berada di rumah Allah pada masa itu.

Bandingkan dengan Ishak pada usia tiga belas tahun.