"masalah" itu ujian karakter atau hasil dari dosa yg qt lakukan?

kadang ada orang yang nasibnya udah jatoh ketimpa tangga pula… (kyanya ga abis-abis nasib sialnya)

i do believe bahwa ujian" hidup yg qt alami akan membawa qt lebih dekat pd TUHAN, mengandalkanNYA, membentuk pribadi qt jadi kuat. after all, kalo qt taat en memiliki sikap hati yg bener, qt pasti akan mengalami limpahan kasih dan berkatNYA.

tapi aku bingung… soalnya temenku justru ngalamin hal" yg gak ngenakkin mulu.
tiap dia curhat ke aku, kok aku jd ikutan senewen yaa? (rumit banget gitu hidupnya)
dari yg susahhhh banget nyari kerjaan… trus udah dapet kerja juga gajinya susah keluar (prosedurnya berbelit"). pindah kerjaan yg sekarang, ehh ada masalah sama supervisornya. kena kasus apaa gitu lah gara" ada yg menghasut en menfitnah dia.

kalo diceritain lebih panjang seh… masih banyak banget hal buruk yg menimpa dia. intinya, kayanya dia ga pernah bener" naglamin hal yg nyenengin banget.

kalo dibilang itu ujian… kayanya dia udah sabar banget jalanin itu semua en tetep bersyukur (kata dia siey gitu, tapi gak tau deh beneran gak hatinya bersyukur atau nggak)
jadi sebenernya masalah" itu dateng untuk melatih karakter dia atau justru terjadi karna hasil perbuatan dia sendiri?

binguuung deh mikirin kenapa nasib dia bisa tragis amat. coz ujung"nya pasti gak ngenakkin buat aku. entah itu minjem duit ato apa. seringnya aku juga gak tegaan.
tapi kalo lama" kaya gitu kan aku jadi keseret" masalah dia terus.
aku pengen dia ngalamin breakthrough dlm hidupnya. at least kan dia ga susah en nyusahin orang" sekitarnya.

low gak bantuin, kyanya aku ga punya hati nurani amat. kata TUHAN kan kasih itu memberi. mengasihi tanpa pamrih en keluhan (hehe, walaupun kdg aku sk ngeluh juga :p)

ntar aku mau doain dia deh. pengen tau apa siey kata Tuhan ttg hidupnya.
please support me in prayer ya guys… tq

masalah… dialami oleh kita karena TUHAN ingin menguji kita atau TUHAN memanggil kita untuk mendekat kepadaNYA atau hasil perbuatan kita yang tidak berkenan di hadapan TUHAN.

Namun dalam kasus ini ada 2 permasalahan yang berbeda…

  1. Temen sis : hmmm… kok kejadiannya mirip2 dengan pengalaman hidupku sih heheheh… dari kejadian yang saya alami… mungkin sudah kehendak TUHAN… mulai awal tahun kemarin saya benar2 mencari TUHAN dan akhirnya mulai akhir tahun kemarin saya mengubah cara berkomunikasi dengan TUHAN… yaitu menjadikan TUHAN adalah yang utama dalam segala aktifitas saya… mungkin itu juga yang TUHAN inginkan dari temen sis…
  2. Sis fei : Disini TUHAN menguji kesabaran dan keikhlasan sis untuk menolong… coba kita balikkan ya… apakah TUHAN YESUS pernah mengeluh dalam membantu sis yang banyak meminta sama TUHAN… ^^

Selalu ingat bahwa TUHAN selalu memperhatikan kita… bahwa TUHAN tidak akan menelantarkan kita… bahwa TUHAN tidak akan membuat sis menjadi kekurangan karena sebagian milik sis harus diberikan pada orang yang membutuhkan… ketika sis dan teman sis bisa melampaui ujian ini… yah mungkin akan ada berkat yang TUHAN limpahkan pada sis dan temannya nantinya… TUHAN menginginkan kepasrahan total dari kita dikala segala kemampuan kita sudah dikerahkan… agar kehendak TUHAN bisa terjadi disana…

agar lebih jelas, pertanyaannya… sudahkah kita mengeluarkan seluruh kemampuan kita… sudahkah kita percaya pada TUHAN seluruhnya…??? sudahkah kita memasrahkan semuanya pada TUHAN…???

Semoga dapat membantu ya…
TUHAN YESUS memberkati…

Sista princess_fei ,
kisah teman mu itu kan cuma dari satu sumber, coba kalau ada teman2 ybs yg anda kenal tanyakan bagaimana karakter/watak temanmu yg katanya susah melulu itu. Kadang ada teman yg tega2nya memanfaatkan kebaikan teman yg memang gak tegaan, jd ada baiknya mulai sekarang lebih tega dikit utk kebaikan teman2 di sekelilingmu. Ada pepatah katanya kalau mau nolong orng berikan kail jangan ikannya, ini agar org yg ditolong gak jd males dan keenakan. Coba carikan kerja ditempat anda atau teman2 anda, tp ini harus diketahui dulu karakter teman yg selalu minta tolong ini.

Ingatkan dia utk lebih tegar/jangan cengeng krn apa yg dia alami itu juga banyak dialami oleh org lain :
I Korintus 10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.
Dan jangan pernah mengatakan bahwa dia sedang diuji oleh Tuhan : Yakobus 113 Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapa pun.
Ujian itu datang dr diri sendiri : Yakobus 1:14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.> misalnya malas2an bekerja, sering bolos dgn berbagai alasan, gak mau belajar dsb.

Katakan pdnya utk mengucap syukur utk segala apa yg Dia ijinkan terjadi, bkn hanya utk kebaikan2 yg diterima saja. Segala sesuatu tdk akan terjadi kalau Tuhan tdk mengijinkannya terjadi, jd kl itu sampai terjadi hrs di-imani bahwa itu utk kebaikan kita. Kita sering ngomel dan menyalahkan Tuhan utk semua hal2 yg buruk dan tdk menyenangkan, tapi apakah kita pernah menanyakan mengapa Tuhan utk hal2 baik yg terjadi pd kita?

jadi mulai sekarang coba cari tahu tt dia dr teman2nya, tolong dia dgn nasihat2 spt di atas, bantu dia utk mendptkan pekerjaan yg lbh baik kl dia memang berkarakter baik, jangan biasakan menolong dgn mudah demi utk kebaikan dia.
GBU