Masalah kehadiran pemuda

Syalloom …

Teman2 forum yg terkasih ada beberapa hal yang kiranya teman2 bisa bantu mengenai masalah kehadiran pemuda digereja saya… :slight_smile:
dimana dalam beberapa bulan terakhir (sekitar 6bulanan) kehadiran rekan2 pemuda digereja saya dalam ibadah sungguh sangat memprihatinkan hanya 1 atw 2 org saja yg hadir lainnya itupun pengurus inti yang ikut didalam ibadah pemuda ini (pengurus inti ditempat kami ada 5), terkadang malah beberapa pengurus berhalangan hadir karna bekerja pula … :’(
kami sudah berusaha semaksimal mungkin bahkan kami coba untuk mengadakan ibadah outing diluar memang pada saat itu banyak pemuda kami yang ikut, tapi tetap saja setelahnya menyusut terus-menurus hingga sampai saat ini. selain itu kami juga mencoba merubah liturgi tata ibadah dengan lebih menarik lagi dengan lagu2 yang ramai, bukan dari Kidung Jemaat saja, tapi tetap saja ibadah yang kami lakukan masih terkesan kaku dan rekan-rekan pemuda kami seperti malas untuk ikud ibadah ini.
terkadang kami sebagai pengurus merasa gagal dalam pelayanan pelka pemuda ini. :’(

pertanyaan saya:

  1. Bagaimanakah caranya membuat ibadah itu lebih menarik, sehingga ada kerinduan bagi tmn2 pemuda kami untuk kembali bersekutu didalam Tuhan lagi?
  2. Bolehkah tmn2 forum menshare beberapa jenis2 permainan dalam ibadah pemuda agar terkesan tidak kaku…

mungkin forum ini bisa membantu saya dan pengurus pemuda di gereja kami untuk menarik kembali rekan2 pemuda kami yg untuk sementara “Hilang”…
Terimakasih rekan2 forum. ditunggu untuk jawaban yg membangun :slight_smile:
Tuhan mengasihi kita semua… :angel: :slight_smile:

Sebagai langkah awal bisa tanyakan kpd mereka yg semula ikut dlm ibadah pemuda,
tanyakan apa yg menjadi alasan mereka tdk lagi ikut,
lalu tanyakan kemana mereka selama ini?
apa yg diharapkan dari mereka dlm persekutuan pemuda?
Dari hasil survey langsung itu barulah ditentukan langka2 yg diperlukan,
jadi bukan asal2an merubah liturgi dsb.
Mudah2an dpt sedikit membantu
GBU

Perbanyak ibadah outring diluar om berarti dan tekun berdoa om tentunya, TUHAN pasti bantu. tidak ada yang tidak mungkin bagi TUHAN. :slight_smile:

ada sebab ada akibat
selidiki segala sesuatu
hikmat dan pengertian

Sebelum menemukan jawaban pertanyaan anda, cobalah menghitung jumlah total pemuda yang ada ditempat anda beribadah.

Jika total pemuda yang ada adalah 15 orang, dan anda mengharapkan datang semua, itu sedikit sulit. Tetapi jika yang datang hanya 7 orang, itu adalah separuh dari total pemuda di gereja. Sering kali saya jumpai jumlah kaum muda yang beribadah sedikit, dan ternyata memang digerajanya tidak banyak jumlah kaum muda tetapi harapannya ramai seperti gereja diseberang kecamatan sana.

Jika sudah mendata semuanya, dan selanjutnya baru mencari penyebab mengapa mereka tidak datang. Jika hanya 15-20 orang menurut saya jumlah yang tidak banyak untuk didatangi secara personal ke tempat mereka masing-masing. Saat kita berkunjung ketempat mereka masing-masing, selain kita dapat memberi penghiburan, kekuatan, juga kita dapat menerima informasi tentang dirinya, mengenal lebih dekat dan akhirnya kita tahu mengapa ia berhalangan datang dan kita dapat membuat sesuatu yang lebih sesuai dengan kerinduan dan kebutuhannya.

Demikian lebih effektif dari pada membuat acara bak konser atau panggung hiburan. Sebab gereja adalah sebuah tempat dimana masing-masing pribadi berhubungan erat dan sehati, bukan tempat orang datang dan pergi. Bersyukurlah jika gereja anda tidak banyak jemaatnya, sebab disana dapat terbentuk kesatuan yang ilahi dari pada di gereja dengan seribu satu kepentingan dan tujuan.

Jika anda merasa jumlah jemaatnya kurang, penting adalah jangan mengajak jemaat gereja lain. Anda memenuhi gereja bukan dengan orang bertobat dan mencari Allah dengan segenap hati tetapi dengan orang yang mencari hiburan dan kepuasan (spiritual) pribadi.

Gereja di tempat kami memang memiliki jemaat yg kecil untuk ukuran Gereja2 di kecamatan sana, tapi untuk jumlah pemuda saya rasa cukup banyak sekitar 41an orang kalau dalam data pengurus kami :slight_smile: , satu yang menjadi kendala adalah banyaknya pemuda kami yang bekerja dan kuliah… apakah mungkin karna kesibukan mereka sebagai pekerja dan pelajar mereka tidak bisa hadir dalam ibadah pemuda tersebut? :’( padahal kami sebagai pengurus sudah mencoba membuat jadwal ibadah pemuda setiap malam minggu…
terima kasih, balasannya saya tunggu GBU too :angel:

pemuda ditempat kami rata-rata banyak yang bekerja dan kuliah… apa karna kesibukan mereka pribadi sehingga mereka tidak bisa atau mau mengikuti ibadah ini?

terimakasih untuk reply yah … :afro:

Nah…saya rasa ini akar permasalahannya…karena pemuda ditempat anda rata2 bekerja, apalagi pulang kerja mereka sudah malam, kemungkinan besar mereka kecapean dan kelelahan. kalo boleh tahu apakah ibadah pemuda itu diadakan pada hari sabtu atau minggu?pengalaman saya biasanya diadakan dihari sabtu justru banyak yang interest lho…mungkin bisa dicoba…
Tks.GBU

amien . makasih banyak kawand :afro:

[quote="pa_ul post:2, topic:180005"] Sebagai langkah awal bisa tanyakan kpd mereka yg semula ikut dlm ibadah pemuda, tanyakan apa yg menjadi alasan mereka tdk lagi ikut, lalu tanyakan kemana mereka selama ini? apa yg diharapkan dari mereka dlm persekutuan pemuda? Dari hasil survey langsung itu barulah ditentukan langka2 yg diperlukan, jadi bukan asal2an merubah liturgi dsb. Mudah2an dpt sedikit membantu GBU [/quote] [quote="erns post:7, topic:180005"] pemuda ditempat kami rata-rata banyak yang bekerja dan kuliah.. apa karna kesibukan mereka pribadi sehingga mereka tidak bisa atau mau mengikuti ibadah ini? [/quote]
Utk itu perlu pendekatan agar dpt mengetahui minat mereka, Bisa saja mereka menginginkan hari atau jam yg pas buat mereka Shg dgn demikian kalau mereka memberikan alternatif, berarti mereka setuju utk terlibat lain halnya kalau mereka lebih menyukai temapat lain yg dirasakan lbh cocok. GBU

Unt sdr. Erns ada info yang kurang. Berapa jumlah anggota ibadah remaja? Berapa usia rata2 org2 muda yang ada dari yg 40 org itu? Bagaimana latar belakang orang2 muda itu, pendidikan, sudah bekerjakah, sudah menikah? Siapa org2 (golongan mana) yang anda harap unt datang? Itu dulu deh.