Masihkah imamat lewi masih berlaku ???

Ibr 7:11 Karena itu, andaikata oleh imamat Lewi telah tercapai kesempurnaan — sebab karena imamat itu umat Israel telah menerima Taurat — apakah sebabnya masih perlu seorang lain ditetapkan menjadi imam besar menurut peraturan Melkisedek dan yang tentang dia tidak dikatakan menurut peraturan Harun?

Ibr 7:12 Sebab, jikalau imamat berubah, dengan sendirinya akan berubah pula hukum Taurat itu.

Imamat Lewi tidak bisa mencapai kesempurnaan. Imamat telah berubah dari imamat lewi menjadi imamat YESUS (keturunan YEHUDA).


Ibr 7:5 Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.

Gereja masa kini masih menggunakan imamat lewi, memungut persepuluhan dari jemaatnya.


Ibr 7:18 Memang suatu hukum yang dikeluarkan dahulu dibatalkan, kalau hukum itu tidak mempunyai kekuatan dan karena itu tidak berguna,
Ibr 7:19 — sebab hukum Taurat sama sekali tidak membawa kesempurnaan — tetapi sekarang ditimbulkan pengharapan yang lebih baik, yang mendekatkan kita kepada Allah.

Imamat Rajani = YESUS sebagai imam (dari keturunan YEHUDA / Keturunan Raja2 ) (bukan dari keturunan Lewi)


Kis 2: 42 Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.
43 Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda.
44 Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama,
45 dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
46 Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,


Pemberian persembahan yang baik telah hilang, kembali kepada imamat lewi.

Sebenarnya Kitabnya saja ( Kitab Imamat IMAMAT) sudah lewat masa berlakunya(experied)
tapi masih banyak orang yang ingin mungut perpuluhan

P. Baru: Lukas: 16
16:16 Hukum Taurat dan KITAB PARA NABI berlaku sampai kepada zaman Yohanes;

Tuhan yesus memberkati

Han

:char12: sebenarnya, apakah tujuan dari postingan ini ? Apakah hendak menyindir sodara sendiri yang mraktekin hukum Taurat (baca: kasih perpuluhan) ? Nggak baik, bro! Flp 3:16 Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh. :afro:

apa itu immamat lewi?

Emang pendeta itu dianggap imam lewi ya?

Perpuluhan diberikan kpd Suku Lewi
bukan kpd pendeta2 / gereja.

Imamat Lewi dibentuk supaya bangsa lewi dikhususkan untuk melayani kemah suci dan ibadah / menjadi imam.

imam = perantara antara jemaat dengan TUHAN. Hanya imam yang boleh melakukan perkerjaan pelayanan kepada TUHAN.

imamat lewi tidak boleh bekerja, jadi sumber penghasilan dan penghidupan diperoleh dari perpuluhan.


Sedangkan YESUS merupakan imam besar yang ditetapkan oleh Melkisedek dari suku bukan lewi, yaitu imamat rajani disebabkan dari suku yehuda / raja2.


Tujuan dari imamat disinggung untuk mencapai kesempurnaan / kesamaan dengan Yesus. Kedewasaan Penuh dan tingkat pertumbuhan rohani.


Apakah kesempurnaan dapat dicapai oleh imamat lewi, jemaat dan imam2???

Janji yang lebih baik yaitu imamat rajani yaitu Persekutuan TUBUH KRISTUS. Dengan persekutuan TUBUH KRISTUS maka kita bisa mencapai kedewasaan penuh dan kesempurnaan seperti YESUS.

Melkisidek bukankah menerima perpuluhan dari Abraham? Dan itu terjadi sebelum ada Taurat dan ada anak yang bernama Lewi yang dilahirkan?

Apakah imammat lewi itu? Kalau belum jelas hal ini, mungkin terlalu dini menyimpulkan sesuatu…

Abraham memberikan perpuluhan atas inisiatifnya sendiri dan dari rampasan perang dan bukan untuk
dicontoh oleh siapapun.

Jadi ada bagian yang boleh ditiru dan ada bagian yang tidak boleh ditiru ya, sesuai selera? Lalu mengapa pula Allah menetapkan hukum Taurat untuk memberikan sepersepuluh dari hasil yang diterima anak-anak Abraham kepada imam yang ditunjuk Allah, walau imam Melkisidek sudah mati? Atas dasar apa Allah menetapkan sepersepuluh itu? Misteri ilahi???

Abraham itu menyumbang 1/10 dari hasil RAMPASAN PERANG, bukan dari hasil ternaknya.
kalau mau meniru Abraham terus siapa yg musti diperangi dan dijarah ?

Anak2 Abraham yakni Ishak dan Ismail tdk ada yg membayar perpuluhan.

Tuhan menetapkan 1/10 utk menyokong suku Lewi
suku Lewi membagi lagi perpuluhan yg diterimanya untuk janda2, yatim2, orang2 musafir miskin di tanah Israel
lalu dari sisanya diberikan lagi 1/10 nya kpd Imam2 di Bait Allah.
jadi Imam2 menerima kurang dari 1/100. bisa ngitung kan ???
terus kenapa pendeta2/ gereja2 meminta 1/10 ??? gak kerakusan ???
perpuluhan diberikan kpd suku Lewi, bukan kpd gereja / pendeta.
yg berani minta silahkan tanggung sendiri, mencuri dgn menggunakan TORAH.

Tidak perduli , apakah alasan Allah dulu (entah bener bener allah ato bukan )
Tapi Yesus sang chalik sendiri telah membatalkan taurat dan Perjanjian lama sudah habis mas berlakunya, sesuai dengan yang tertuang dalam :

P Baru: Efesus

2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia(YESUS) telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,

P. Baru: Lukas: 16
16:16 Hukum Taurat dan KITAB PARA NABI berlaku sampai kepada zaman Yohanes;

Tuhan yesus memberkati

Han

imamat lewi :

  • jemaat tidak boleh masuk ke kemah suci, apalagi kemah maha suci.Jemaat hanya bisa sampai halaman kemah suci.
  • imam sebagai perantara, orang yang ditunjuk untuk melakukan ibadah.
  • imam harus dari keturunan suku lewi.

imamat rajani :

  • tidak ada lagi istilah jemaat dan imam, semua adalah murid…
  • tirai kemah suci telah terbuka ( ibrani menceritakan ) jalan masuk ke kemah maha suci telah dibuka.
  • semua orang percaya beroleh keberanian ke ruang maha kudus.
  • tidak ada lagi imam. YESUS yang keturunan Yahudi merupakan imam besar.

Dari sanalah maka lahirlah hukum Taurat tentang sepersepuluh dari segala hasil kerja suku-suku Israel untuk diberikan kepada Lewi sebab suku Lewi tidak menerima bagian pembagian tanah.

Hukum Taurat sudah dibatalkan, yang dibatalkan itu peraturannya (perhitungan rumitnya), tetapi hukumNya tidak, sebab hukum Allah kekal sampai selamanya. Bagi yang melayani Allah, adalah bagian mereka untuk menerima persembahan dari umat Allah yang dilayani. Paulus memperhitungkan hal itu sebagai hutang piutang.

Belajar FT jangan berhenti ditengah jalan…

Apa yang dibatalkan? Mengapa dibatalkan?

Yesus datang untuk mengenapkan hukum Taurat, bukan untuk membatalkan hukum Taurat. Ia datang membuat segala perintah dan tuntutan lahirahnya menjadi batal, sehingga kita tidak lagi hidup dalam tuntutan perintah jasmani tetapi dalam tuntutan hukum roh. Dimana tentang persepuluhan dalam Taurat, tidak lagi diperhitungkan cara pemberiannya dengan perhitungan detil dan teliti, tetapi hukum roh menentapkan mereka yang melayani Allah berhak menerima persembahan dari kita sebagai bentuk kasih. Apakah anda mengasihi orang yang melayani anda?

Banyak orang hatinya diliputi iri hati akan kekayaan dunia ini, sehingga saat melihat kekayaan pendeta bertamah dan makin kian kaya, maka iblis menapatkan tempat dihatinya sehingga seribu satu alasan dan ayat dikeluarkan untuk menghambat persembahan jemaat yang dilayani sebagai persembahan kasih mereka. Baik berupa persembahan kolekte, diakonia, perpuluhan atau apapun juga bentuk dan namanya.

Apakah Allah tidak melihat hati manusia? Roh apakah yang mendorong seseorang untuk begitu giat dalam melawan dan menentang pendeta-pendeta agar tidak menerima persembahan dari jemaatnya? Selidiklah sebab kita dihakimi Allah bukan hanya dari perkataan dan perbuatan, tetapi sampai dalam hati manusia.

Amsal 17:13 Siapa membalas kebaikan dengan kejahatan, kejahatan tidak akan menghindar dari rumahnya.

Bagi orang2 israel sampai sekarang hukum taurat masih dipegang. Aturan2 yang ditetapkan. Perpuluhan hanya dikhususkan kepada keturunan lewi dan mereka yang menjabat imam2 dari keturunan lewi.

Paulus dengan tegas mengatakan bahwa imamat lewi tidak berguna, karena tidak bisa mencapai kesempurnaan. Kesempurnaan hanya dicapai oleh persekutuan tubuh Kristus yaitu YESUS sebagai imamat rajaninya.

kok malah manusia jaman sekarang ini yang perlente. Mengatakan bahwa Paulus itu salah besar. Pendeta perlu menerima perpuluhan.

Apakah pendeta itu keturuan lewi??? kalau pendeta itu keturunan lewi bolehlah meminta perpuluhan.

Penekanan disini bukan masalah persepuluhan. akan tetapi imamat lewi yang ibadah dengan perantara imam2 itu hilang kekuatannya. Karena Yesus sendiri telah membuka jalan kesempurnaan yaitu tubuhnya sendiri dalam persekutuan TUBUH kristus.

Tidak ada lagi istilah perpuluhan akan tetapi sumbangan sukarela untuk pelayanan.

Imamat lewi masih diajarkan disekolah2 alkitab kristen.

Bahkan menjadi mata kulia yang cukup penting.

Akan tetapi sangat disayangkan imamat rajani tidak diajarkan. tidak ada mata kuliah yang mengajarkan tentang sesuatu yang lebih baik dari imamat lewi seperti yang dikatakan Paulus. Ada sesuatu yang lebih baik dari imamat lewi yaitu imamat rajani = persekutuan TUBUH KRISTUS.

Malahan mereka mencampur adukkan yang sebenarnya tidak berlaku masih dicampur.

kalau ada sumbangan RT, buat tujuhbelasan, biasanya nih, yang nyumbang paling kecil yang ribut/rewel/sibuk malah yang nyumbang gede, kadang-kadang lupa dia udah numbang apa belon :slight_smile: yah biasa deh…

Saya setuju… ribut tentang uang gereja dan sumbangan gereja juga sama. Niatnya tidak mau ikutan keluar duit tetapi kok dipandang orang sekitarnya tidak rohani, jadilah perjuangan tidak suci itu dimulai… pakai ayat dan doktrin lagi…

Btw, Allah melihat hati masing-masing orang dan dari hati orang Allah menentukan nasib dan hukumannya.

Uang itu tidak penting, kekayaan itu hanya barang yang fana yang hanya lewat dalam dunia ini. Tetapi perubahan hati manusia itu penting menentukan apakah kita layak disebut anak-anakNya atau bukan.