mau tanya chord gitar buat penyembahan?

syalom semuanya minggu depan saya tugas main gitar di FA :ashamed0002:
nah saya mau minta kunci gitar buat mengikuti penyembahan dan bahasa roh :’(
saya ga jago maon gitar :’(
trima kasih…

penyembahan dan bahasa roh

Diuji apakah benar bahasa roh atau bahasa Setan/Iblis???
Sesuaikah dg pengajaran di 1 Kor 12:14:13-17, 19, 26-28 , Kisa 2:1-13
Yg mengatakan dan melaksanakannya bertentangan degan pengajaran Alkitab=dari Setan/Iblis atas dorongan diri sendiri dalam kepurapuraan & penipuan.

Lagu apa?

Mau share aja, untuk penyembahan banyak variasi chord yang bisa kita pakai, itu semua tergantung dari pujian dan tema firman saat itu, jadi lebih baik tanya dulu kepada pembawa firman bahan renungan kita tentang apa…
kalo untuk FA ada beberapa yang bisa kita pakai…

  1. 1…6…2…5
  2. 1…4…1…4
    Selamat Melayani, GBU

mungkin reply-an ini dah telat bgt krn butuhnya bulan lalu… tp sapa tau bisa membantu yg lain jg. hehe.

klo buat iringan lagu ya tergantung lagunya dulu… alangkah lebih baik klo blm terlalu bisa (masih belajar) main gitar/keyboard tanya lagunya dulu sama yg akan pimpin pujian supaya bisa mempersiapkan chord nya dulu sebelumnya.

klo yg biasa sy dan teman2 pakai untuk penyembahan sih sama spt yg bro/sis ade.chrstn kasih di atas.
atau klo masih bingung sama angka2 itu, biar ga susah mikirnya (krn baru belajar), inget aja sama lirik lagunya Kuburan band yg “Lupa Lupa Ingat” klo mainnya di C ya… klo di nada dasar lain ya disesuaikan saja sama rumus yg diksh di atas… :smiley:
C… Am… Dm… G… C
1… 6… 2… 5… 1

semoga membantu. :slight_smile:

Untuk penyembahan biasanya memang do-la-re-sol. Atau do-fa-do-fa hehe…Tapi sesekali juga bisa variasi dikitlah seperti mengikuti reff lagu. Selamat melayani, GBU :slight_smile:

kunci biasanya itu
C Am Dm G
C Dm Em F G
*bisa diaplikasikan ke kunci2 lain

bahkan kl mau simplenya hanya G dan C jg bs kok…

Jbu

AWal pnyembahan, kudu …1…ke 4… ntar klo uda melow2 selingin dikit pakek minor2…!

saya jg ngk jago main musik… klo lagi mo maen musik sering Lupa Kunci kuncinya narok dimana :mad0261:

Kalau “ga jago maon gitar”, bagaimana mungkin ditugaskan main? Bukankah orang yang pintar main musik yang dipilih untuk main? Kalau “ga jago maon gitar”, janganlah menerima tugas maon gitar ya…

Belajar chord, dalam bahasa musik disebit “pelajaran harmoni”, dan pelajaran harmoni itu sangat sulit dan panjang (sekurang-kurangnya beberapa tahun).

Sesungguhnya, orang pemusik yang terlatih, yang pintar dalam pelajaran harmoni, telah diusir dari gereja, terutama dari gereja di mana ada “bahasa roh” itu (yang bukan dari Tuhan).

http://www.marcfalcone.com/index_files/DevilinthechurchIndonesian.htm

yg jelas keknya ini Tsnya di gereja Kecil Pelayan yg bisa main Musik sdikit, sdh bersyukur punya Hati mau mlayani, drpada Jago main musik cuman hanya jadi Penonton,mengkritik Pemain musiknya,
“emang Penonton sorakkannya lebih besar daripada Seorang Pemain”

Seharusnya Gereja2 Besar yg punya pelayan banyak harus Prihatin dgn gereja2 kecil, bukan begitu…? mnjadi Tubuh Kristus, bukannya malah Gereja2 Besar , ngiming2 pelayan2 gereja2 kecil,dgn alat2 Musik yg waah ato stiap pelayan di beri uang untuk melayani gereja2nya untuk memenuhi gereja2 Besar,

’ sperti seseorang yg pernah saya layani , saya rebutan dgn jiwa yg saya layani , saya kalah dgn uang atau alat2 musik yg waaah,padahal dari dia belum mngenal Tuhan,agama seberang, sampai dia mengenal Tuhan, gereja2 besar malah , manen, ngk mau menabur, :mad0261:

penyembahan 1 kord
penyembahan 2 kord
penyembahan 4 kord

semua sama aja… gak tergantung KORD

Syalom semua Agan dan Sista, minta ijin ikut mencoba yah Gan :angel:

Sedikit yg saya ketahui tentang musik :

Sol mi sa si (notasi lagu) yg akan dimainkan nanti untuk penyembahan bisa disesuaikan dengan nada dasar/chord dasar yg dipakai dalam lagu sebelumnya. Sebagai contoh untuk lagu2 pujian biasa lebih banyak di chord/ nada dasar C dan G, jika mamakai nada dasar/chord C maka kunci2 pengiringnya bisa dengan kombinasi Kunci C F dan G sebagai nada mayor beserta variasi seperti C7, G7, C on G, terkadang juga turun ke B#/ Cb ( do, mi, sol, si dan do tinggi), sedangkan untuk nada2 minor ( re, fa, la) memakai kunci dasar Am, Em, Dm, dengan variasi seperti Am7, Dm7, dan sebagainya. Setelah memakai patokan kunci nada dasar C, jika terjadi transpose(menaikkan/menurunkan kunci nada dasar) seperti nada dasar C terlalu tinggi untuk lagu tertentu (jadi nyanyi pas reff suara gak mencapai nada-nada tinggi), kita bisa menurunkan sebanyak 1 oktaf menjadi Bb (Bbes) atau disebut A# (A kress) maka kita bisa menggunakan patokan jarak notasi lagu.

Adapun rumusan jarak notasi lagu adalah : 1 1 1/2 1 1 1 1/2

Jadi perubahan kunci mayor dan minor jika menggunakan jika menggunakan transpose :

C F G Am Em Dm (untuk nada dasar/ chord C)
D G A Bm F#m Em (untuk nada dasar/ Chord D)
E A B C#m G#m F#m ( untuk nada dasar/ chord E)
F Bb C Dm Am Gm ( untuk nada dasar/ Chord F) -----> suara bas untuk pria
G C D Em Bm Am (untuk nada dasar / chord G) ------> suara untuk wanita
A D E F#m C#m Bm (untuk nada dasar / Chord A) ------> “KAU Rajaku” True Worshiper
B E F# G#m D#m C#m ( untuk nada dasar/ Chord B )

Diatas yg saya tuliskan tadi adalah nada-nada dasar Chord serta kunci nada mayor dan minor yg dipakai untuk mengiringi, selanjutnya jika mendapat sebuah lagu dan mau belajar memainkan dengan nada dasar yg sesuai dengan range vokal Juragan (misal : cocok nada dasar F) maka tinggal lihat di chord dasar F maka tinggal di roll aja F Bb C Dm Am Gm ( bisa ditambahkan variasi F7, C7, Dm7, dan sebagainya)

Begitulah sedikit yg saya tahu tentang Chord dan variasi kunci mayor dan minor yg dipakai. Rumusan diatas berlaku pada alat-alat musik seperti : Piano, Gitar, Keyboard…

Sekian dari saya, semoga bisa membantu yah :smiley: , GOD BLESS US ALL :angel: :angel:

43265
4321
45671
Enak nya aja yg mana, tinggal dicocokin aja

Nhah! :onion-head83: inihlah cwontoh teladan yg buaaiiq, ixixiirr
ndak usah repod2 nginget2 letak koncinye ;D, nyank lebih ventink hati jiwa bs focus -kissing HIM- (-worship = proskuneo- #Greek)

Bagus nih, saya ga jago gitar tapi siapa tahu ada yang butuh bisa saya saya share, izin copas ya :character0093: :happy0144: :scorpius:ªƙªsίђ sebelum dan sesudahnya, GBU.

Kalau saya biasa pake basenya music model2 british gan… jadi running chordnya di :
4 - 6 - 1 - 5/7
6 - 4 - 1 - 5/7
gitu aja siih gan :slight_smile:
kalo nda yah cuman 1 - 1sus4 :smiley: hehehe
ato kayak punya sidney yg Louder than life itu Tiada sepertiMu… Di melodi seperti itu… runningnya cuman 4-3-2-5 tapi posisi worship yg high aja :slight_smile: