Mau tanya kenapa anak-anak juga dihukum dengan keras /sadis sih????

Kitab 2 Raja-raja 2:23-25. Elisa pergi dari sana ke Betel. Dan sedang ia mendaki, maka keluarlah anak-anak dari kota itu, lalu mencemoohkan dia serta berseru kepadanya: “Naiklah botak, naiklah botak!”
24 Lalu berpalinglah ia ke belakang, dan ketika ia melihat mereka, dikutuknyalah mereka demi nama TUHAN. Maka keluarlah dua ekor beruang dari hutan, lalu mencabik-cabik dari mereka empat puluh dua orang anak.
Dari ayat diatas saya jadi bingung kenapa anak-anak juga dihukum dengan cara sadis?? apalagi kalau tidak salah di PB Yesus pernah bilang Anak-anak adalah yang mempunyai kerajaan Sorga (ayatnya lupa) :ashamed0004: , juga menurut pikiran saya harusnya anak-anak belum bisa mempertanggung jawabkan perbuatannya deh, kalaupun iya harus dihukum harusnya jangan dicabik-cabik kali kayaknya serem deh kalau ngebayanginnya mungkin diganti bisu atau yang lainnya yang bikin kapok. kedua kalau saya baca mungkin anak-anak dikota itu mungkin ga tau deh kalau dia Nabi, tolong minta bantuannya agar saya bisa memahami maksud ayat diatas. karena kok kayaknya bertentangan banget sama ajaran Tuhan Yesus. Trimakasih .Oh yah tambahan waktu Nabi Elisa mengutuk itu pakai kekuatan Allahkan??

Dr kejadian kejadian tsb, banyak pelajaran yang bisa diambil:

Mulut itu berkuasa!!
Apa yang kita perkatakan itu yang akan terlaksana,pendek kata hidup dan mati dikuasai lidah(Pr 18:21).

Itulah pergunakan lidah mulut kita untuk memberkati bukan untuk mengutuk .

Menghina nabi , sama dengan menghina Tuhan .
Krn nabi itu utusan Allah.

Mungkin sodara akan lebih bingung lagi kalo membaca yang ini:

Ho 13:16 (14-1) Samaria harus mendapat hukuman, sebab ia memberontak terhadap Allahnya. Mereka akan tewas oleh pedang, bayi-bayinya akan diremukkan, dan perempuan-perempuannya yang mengandung akan dibelah perutnya.

Kita kaga bisa menjadi penasihat Tuhan, mengapa Tuhan melakukan ini mengapa tidak memberikan hukuman dengan cara demikian saja…

Krn kita tahu bahwa apa yang ada dlm pikiran Tuhan # dengan apa yang ada dlm pikiran kita.

Jalan Tuhan # jalan kita.
Isa 55:8-9

Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Dari ayat2 tsb diatas bukan mengajar , agar kita melakukan hal2 spt itu ttp ayat2 tsb diatas mengajar bahwa Tuhan itu berkuasa/berdaulat atas ciptaanNya.Dia punya kuasa untuk meninggikan ato merendahkan siapapun termasuk sodara dan sy tentunya

Semoga bisa membantu memahami :wink:

Ver. 24. Cursed them. This curse, which was followed by so visible a judgment of God, was not the effect of passion, or of a desire of revenging himself; but of zeal for religion, which was insulted by these boys, in the person of the prophet, and of a divine inspiration; God being determined to punish in this manner the inhabitants of Bethel, (the chief seat of the calf-worship) who had trained up their children in a prejudice against the true religion and its ministers. Ch. — The boys themselves were not so little as not to be aware of the insult they were offering to a minister of the God of Juda; and probably they acted thus out of hatred to him, at the instigation of their idolatrous parents. Sanc. C. — Lord. He called on him (M.) to revenge his own cause, (H.) “that the people might learn to take care of their souls, by the fear of death.” S. Aug. D.

BTW, toh bagi yg tidak menyembah Allah yg benar (penyembah dewa sapi emas) jika mati tanpa pertobatan juga akan masuk neraka. Bagi Allah (Maha Tahu) di"matikan" skr atau nanti sama saja toh Allah tahu bahwa mereka tidak akan bertobat & akan masuk neraka. So dari sudut pandang kita (manusia) seharusnya hal itu tidak bisa dikatakan keras/sadis. Baca kisah Nuh, hanya Nuh, Istri, anak2 & mantu2nya (plus para binatang yg dipilih) yg selamat krn percaya & melakukan kehendak Allah, sisa penduduk bumi lainnya (satu jaman dengan Nuh) binasa & mungkin masuk neraka semua. Keras/sadis mana hayo? ;D

Itulah oc-nya nabi2 PL & juga para rasul, kalo tidak salah Petrus pun mengutuk istri ananias (Kis 5:1-10):

9 Kata Petrus: “Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar.”

:afro: :afro: :afro:

save the children “lagu na michael jacson”

Aku juga mau tanya ni apa beda Tuhan dgn Yesus

@Cornelius
posting anda berikut ini OOT

karena dalam thread ini kita sedang membahas topik berikut ini:

terima kasih atas perhatiannya

Anak2 di dalam 2 Rj 2:23, bukanlah anak2 kecil. Di dalam bahasa Ibrani aslinya berarti pemuda dan juga dipakai untuk budak2 yang lebih tua.

Salam.

itukarena menghina cacat tubuh seoarang nabi yang sakti.
Tapi itukan di Perjanjian lama (kitab para nabi ) dahulu.
sedangkan sekarang kitab para nabi sudah tidak berlaku lagi karena telah melewati batas masa berlakunya yang tertulis di Lukas :
P. Baru: Lukas: 16
16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes;

Tuhan yesus memberkati

Han

Yup aq sedikit mendukung pernyataan anda… :afro:
Karena kita lihat lagi konteks tersebut apa dijelaskan anak2nya umur berapa karena kita tidak tahu pastinya
apa mereka uda di usia pertanggungjawaban akan dosa atau belum
kalau sudah ya emang layak dapet hal tersebut karena menghina Nabi…
Apalagi dalam hal Menghina Nabi ,aduh jadinya juga menghina Perintah2 Allah…pasti dihukum