Mau tanya, siapa siwa/shiva dalam Alkitab?

Halo saya mau tanya siapa siwa/shiva dalam Alkitab? apakah dia hubal atau baal? ada yang bisa memberikan informasi? Terimakasih :slight_smile:

shiva bisa menghancurkan sedangkan baal cuma patung ga bisa ngapa2in jd kayaknya bukan yahh… ^^

Ada ayat di alkitab tentang shiva ?
Shiva maksudnya dewa agama lain ya bro ?
Sepertinya melanggar rule forum lho ???
Dan arahnya nanti malah mencocok mologi antara kepercayaan kita dgn agama lain…
Mending bahas tentang agama kita aja kali ya ??

Shiva atau Siwa adalah salah satu dari Trimurti, tiga dewa utama berkaitan dengan alam semesta dalam agama Hindu.

Selain Siwa, juga Wisnu dan Brahma, yang masing-masing memiliki kekuatan tersendiri, dimulai dari Brahma yang menciptakan, kemudian Wisnu yang memelihara dan Siwa yang meleburkan kembali keasalnya. Ketiganya bukan TUHAN dalam agama Hindu, sebab mereka adalah dewa yang disejajarkan oleh mereka (Hindu) seperti malaikat dalam agama Kristen, seperti Gabriel, Michael dan lain-lainnya.

TUHAN dalam agama Hindu disebut Brahman (bedakan dengan Brahma) yang menjelma menjadi 33 dewa (kitab Rg Veda) jadi bukan saja Brahma, Wisnu dan Siwa (Trimurti) saja, tetapi juga Indra, Agni, Bayu, Saraswati, Surya dan lain-lainnya. Mereka semua (pada dewa) adalah utusan atau jelmaan dari Brahman, TUHAN YANG ADA DENGAN SENDIRINYA. Banyak orang yang tidak paham dan menganggap Hindu memiliki tiga TUHAN, padahal masih ada 30 dewa lainnya yang sama juga merupakan jelmaan dari Bhraman (TUHAN). Jadi diatas dewa-dewa ada TUHAN.

Para dewa saat menjelma menjadi mahluk lain (manusia sakti atau binatang mitologi) disebut awatara (avatar), Wisnu paling banyak memiliki awatara, Krisna adalah awatara dari Wisnu, sedangkan Siwa hanya beberapa misalkan Sharabha.

Shiva atau Siwa tidak ada dalam Alkitab, sebab Alkitab hanya menulis tentang bangsa Israel, sejarahnya dan kisah-kisah tokoh-tokoh mereka, tentu juga termasuk orang-orang disekitarnya dan juga sesembahannya.

Baal atau Hubal adalah sosok yang disejajarkan dengan TUHAN, bukan malaikat / dewa seperti Siwa. Mereka menolak TUHAN Allah dan mengantikannya dengan patung-patung dan menyebutnya Baal, tidak ada yang lebih tinggi atau diatasnya Baal. Karena itu TUHAN memusnahkan mereka.

TUHAN diseluruh jagat raya ini, dari seluruh penjuru bumi dari generasi ke generasi hanya ada DIA SATU-SATUNYA YANG ADA DENGAN SENDIRINYA bukan masing-masing manusia menyembah tuhannya sendiri-sendiri yang artinya ada banyak tuhan dan kita harus memilih mana tuhan paling besar dan kuat. Jalan keselamatan selebih Mesias datang disampakan oleh para nabinya, bukan saja di Israel tetapi juga diseluruh dunia. Karena Allah mengasihi seluruh umat manusia dan Ia telah menetapkan jalan keselamatan lewat Abraham sehingga Mesias yang kita panggil Yesus dilahirkan untuk dunia. Agama hanya organisasi manusia, tetapi keselamatan itu datang dari iman akan Kebenaran.

maaf topik dilock karena apa yang ditanyakan TS tidak ada dalam Alkitab