Mau tanya Soal Konsep Keselamatan Dalam Kekristenan?

Kepada Pendeta2 yang ada di forum ini saya ingin tau bagaimana Konsep Keselamatan Dalam Agama Kristen
Mohon Pencerahanya…

wah saya bukan pendeta bro…

tapi saya pernah menulis konsep keselamatan lumayan lengkap disini :

http://www.sarapanpagi.org/1-2-3-keselamatan-vt7870.html

silahkeun dibaca2

Wah terima kasih Jawabanya bro…
Setelah saya Baca, Intinya Untuk Mendapatkan Keselamatan hanya 1 Jalan yaitu dengan beriman secara sungguh 2 kepada Jesus sebagai Tuhan Juru Selamat?
Sesuai dengan

Yohanes 146. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Tanpa Kecuali? Bagaimana nasib bagi yang tidak percaya? apakah akan tidak terselamatkan?

yang gak percaya apa sudah nemu jalan lain ?

Jadi anda sudah di jalan yang benar? jalan menuju suatu tujuan yaitu surga, bagaimana anda memastikan jalan anda yang benar? jika anda saja belum sampai ke tujuan? :wink:

Itulah namanya 'IMAN"

Iman ? = Percaya sepenuh hati? , jadi klo ada yang nunjukan jalan yang salah menuju surga anda imani aja mentah2? iman tidak bisa menggunakan akal? jika tidak, apa gunanya tuhan menciptakan akal?

saya hanya nanya apa yang nggak percaya sama Jesus sebagai Tuhan akan masuk neraka ? jawabannya kok muter2 ya? hehe… simple aja kok.

Hanya 1 jalan menuju surga yaitu lewat Jesus… tanpa terkecuali. jadi yang nggak percaya masuk neraka… gitu aja kok repot.

yup, itulah inti dari konsep keselamatan dalam keKristenan

kalau saya gambarkan keKristenan itu adalah “upaya sorga mencapai manusia”, bukannya “upaya manusia mencapai sorga”

makanya untuk mencapai hal itu yang diperlukan adalah percaya

semoga ini sudah menjawab pertanyaan anda


nah bagaimana lalu dengan yang lainnya? atau yang tidak mau menerima konsep ini?

kepada mereka kan ada ajaran agama masing2
dan semua ajaran agama itu masing2 mengajarkan cara masuk sorga pastinya
ikuti saja perintah2nya 100%

kepada yang atheist? ya sudah terjadilah sesuai kepercayaannya

begitu kan :slight_smile:

ada juga yg begitu, namun yg saya iman justru sesuai logikasaya adalah yg paling logis.

saya hanya nanya apa yang nggak percaya sama Jesus sebagai Tuhan akan masuk neraka ? jawabannya kok muter2 ya? hehe.. simple aja kok.

Justru anda yg muter-muter,

saya kan hanya naggapi sesuai postingan anda tsbt, bukan postingan yg lain
tentang pertanyaan ini,
dgn tegas saya jawab : tdk ada jalan lain, kecuali percaya Yesus

Hanya 1 jalan menuju surga yaitu lewat Jesus.. tanpa terkecuali. jadi yang nggak percaya masuk neraka.. gitu aja kok repot.

Anda justru yg repot berpanjang ria thdp jawaban saya yg hanya satu kalimat pendek. ;D

Aya… aya wae

Tapi menurut konsep agama anda begini :

Yohanes 146. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Jadi yang tidak melalui Jesus masuk neraka dong?? kan di situ ada tersirat tanpa terkecuali…

hehe… jadi yang nggak percaya nggak bakalan sampai ke surga… termasuk anak kecil dari orang non kristen yang belum mengerti apa2. lalu meninggal masuk neraka juga dong? dan orang dari suku2 pedalaman yang nggak pernah denger siape itu jesus mati masuk neraka juga? klo gini di mana konsep keadilan Tuhan?

ya kan itu konsep agama saya
hal yang sama toh berlaku di agama lain kan? Coba aja anda cek sendiri, pasti ada ketentuan mana saja yang akhirnya berakhir sorga, yang mana yang akhirnya berakhir neraka, yang mana ada hal2 yang harus diakui supaya bisa mencapai sorga
sama saja koq

jadi begini bro Wisnu

Tuhan Yesus datang dan dia membuat “jalan” untuk manusia bisa menuju sorga
Tuhan Yesus bilang, barangsiapa ngga melalui jalan ini, ngga bisa bertemu BapaNya
Jadi kalau mau ketemu BapaNya Tuhan Yesus, ya harus pake jalan itu saja

nah dilain pihak, manusia ada yang ngga percaya hal ini dan ingin membuat jalannya sendiri, atau bahkan ingin menemui tuhan yang lain ya silahkan saja

lagipula kenapa juga hal ini harus digugat?
kalau anda ngga percaya bahwa Bapa yang disaksikan Yesus itu adalah benar2 Tuhan yang benar
kenapa juga harus pusing sama klaim tersebut?
toh anda juga ngga harus ketemu sama Bapa yang disebut oleh Tuhan Yesus kan? mungkin saja anda lagi mengejar bapa/tuhan yang lain? silahkan saja

so kalau anda percaya dengan kesaksian Tuhan Yesus, itulah caranya sudah diberikan
kalau anda ngga percaya ya silahkan cari cara lain, semua agama sudah memberikan cara masing2 untuk masuk sorga koq, silahkan saja anda jalani yang kira2 anda bisa jalani atau yang mungkin menurut anda lebih masuk akal
kalau anda percaya dengan kesaksian Tuhan Yesus tapi ngga mau ikuti caraNya, nah itu yang rada aneh

hahaha :slight_smile:

Tuhan itu maha Adil Setuju ? Tapi konsep keselamatan agama anda memperlihatkan sangat jelas ketidak adilan Tuhan. Bagaimana mungkin Hanya ada 1 jalan menuju surga yaitu dengan percaya kepada Jesus.? Bagaimana Nasib Anak kecil yang meninggal bukan dari agama Kristen yang belum mengerti apa2 juga di masukkan Tuhan ke dalam Neraka. (jika konsep ini di percaya) kan jelas tidak ada tanpa terkecuali. “TIDAK ADA JALAN LAIN” Bagaimana juga nasib orang2 pedalaman yang tidak mengenal maupun mendengar nama Jesus dalam hidup mereka ketika mereka mati harus masuk neraka juga?

sama aja broooo

semua agama juga begitu
kenapa anda cuma menyerang Kristen?
sekarang kalo saya tanya anda agama mana yang bisa menceritakan jalan keselamatan sebelum ajaran agamanya lahir? atau bisa menceritakan jalan keselamatan bagi mereka2 yang ada di pedalaman dan belum mendengar berita agamanya? ngga bakalan ada bro

tapi saya pastikan kepada anda
Kristen bisa menjawab semuanya itu, lebih lengkap dan lebih baik dari yang lain, meskipun sebagian ada bersifat tafsiran

kita percaya Tuhan kita itu luar biasa adil, dari dulu sekarang dan selamanya ngga berubah

saking adilnya sampai nanti penghakiman terakhir menurut keKristenan itu dihakimi oleh kitab2 yang berbeda loh, jadi standarnya bisa jadi ngga sama buat semua manusia

Wahyu 20
12. Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

mana ada lagi konsep keadilan yang seperti ini di agama lain?

ada tercatat pula Tuhan Yesus turun kedunia orang mati untuk mengabarkan kabar baik disana


ini kan anda nanya konsep toh?
kalo anda ngga percaya konsep Kristen ya sudah toh
kenapa mesti anda gugat dengan konsepnya ngga adilah, ato apalah

sekarang coba berikan kepada saya 1 contoh saja konsep yang menurut anda adil, boleh dari ajaran agama apapun di dunia ini

bisa ga? :slight_smile:

tuh ada di Wahyu sesuai kata bro Henhen :slight_smile:

saya tanya kepada anda :

  1. anda sudah mendengar tentang Yesus ?? YA atau TIDAK
  2. anda mau menerima dan percaya Yesus adalah satu satunya jalan ?? YA atau TIDAK

Wah ttg itu, saya tdk punya kapasitas untuk menjawab.

Siapakah manusia yg berani menggugat keadilan Tuhan, apakah ada yg mampu menyelaminya?

apakah ada yg mampu menyusun suatu kriteria keadilan bagi Tuhan?
Apakah Tuhan harus dipersalahkan jika ada yg tdk pernah mendengar kabar ttg Yesus?

terus terang, hal ini sdh menajdi perenungan saya cukup lama, namun saya blm mampu menympulkan

jadi, kalaupun saya paksakan menjawab, jawaban saya belum tentu benar

saya hanya percaya bhw tdk ada yg sampai kepada Bapa kecuali melalui Yesus, dan ini dasarnya adalah nats yg tertera di Alkitab yg saya percayai kebenarannya.

Dengan demikian, bagi saya, biarlah Tuhan yg mengurusi hal-hal tersebut, dan saya yakin apapun keputusan Tuhan (diselamatkan ataupun tdk diselamatkan) itu pasti benar dan adil

namun harus disadari
ada tanggung jawab umat Tuhan untuk menyampaikan injil ke seluruh pelosok dunia.

salam

Semua agama juga begitu ???
Contohnya??? 1 Agama selain Kristen aja jangan banyak2… hehe. (anak kecil yang belum mengerti apa2 mati masuk neraka?)

anda mengatakan kita percaya Tuhan kita itu luar biasa adil, dari dulu sekarang dan selamanya ngga berubah (Setuju banget Bro, yang perlu di pertanyakan adalah Bukan Tuhan itu adil atau nggak bro Jelas Tuhan itu Maha Adil, tapi yang perlu dipertanyakan adalah konsep agama anda sesuai dengan yang ada dalam Bible apakah benar datangnya dari Tuhan atau tidak ? jika tuhan itu maha adil ? kok membuat konsep yang bertolak belakang dengan keadilan?
atau memang ini konsep hanya karangan manusia tapi anda imani sebagai konsep dari Tuhan?

Yohanes 146. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

“anda bilang saking adilnya sampai nanti penghakiman terakhir menurut Kekristenan itu dihakimi oleh kitab2 yang berbeda loh, jadi standarnya bisa jadi ngga sama buat semua manusia”

Nah ini lebih aneh lagi, di satu sisi mengatakan hanya 1 Jalan, eh di lain sisi masih memberikan celah jalan yang lain untuk mencapai ke surga…
Jelas di atas di katakan " Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku " kok jadi plintat plintut gini Konsep Tuhan anda? hehe :mad0261:

Jadi Anak Kecil… Mati bukan dari agama Kristen masuk Neraka?? Perempuan selain Kristen di perkosa rame2 lalu di bunuh masuk neraka juga??? wah2… Konsep Keselamatan dalam ajaran anda luar Biasa…!! sangat2 Adil hehehe …:happy0062:

Kok nggak punya kapasitas menjawab… aneh jelas sesuai Konsep yang ada dibible mengatakan.

Yohanes 14.6. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

dari konsep ini jelas, siapapun orang yang nggak menerima Jesus sebagai Tuhan… pastilah masuk neraka.
bukannya tidak punya kapasitas untuk menjawab… tapi sebenarnya karena dalam hati nurani anda yang paling dalam merasakan ada keganjilan dalam konsep ini… makanya anda bingung sendiri… hehe…

Jadi bagaimana mungkin menurut konsep dalam agama anda Anak Kecil… Mati bukan dari agama Kristen masuk Neraka?? Perempuan selain Kristen di perkosa rame2 lalu di bunuh masuk neraka juga???

Saya katakan bhw saya tdk punya kapasita, adalah karena yg berotoritas menentukan siapa yg masuk Sorga atau Neraka hanyalah Yesus (saya tdk berotoritas/ kapasitas)

jika bayi mati, maka secara logika manusia tdk mungkin bisa percaya pada Yesus.

Namun apakah begitu kebenarannya? belum tentu bisa ya bisa tidak

dalam hal ini juga saya tdk punya kapasitas untuk memastikannya.

jadi tdk ada hubungannya dgn dugaan anda ttg keganjilan shg menyangka saya jadi bingung.

Saya bisa memastikan :

bhw masuk Surga harus melalui Yesus, dan diluar itu tdk ada jalan. (kalupun menurut org lain ada jalan, namun tdk mungkin ada yg mampu melewatinya jadi bagi saya itu bukanlah jalan)

namun saya tdk bisa memastikan :

siapa-siapa saja yg selamat dan tidak selamat, karena hanya Tuhan yg tau iman seseorang, dan hanya Yesus yg berhak menentukan siapa-siapa yg selamat/ tidak selamat.

salam

Halo bro … Jelas di katakan dalam Bible anda :

Yohanes 14.6. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Baca yang warna biru bro… Jelas di katakan nggak ada jalan lain. aneh anda ini, saya juga nggak minta anda yang memutuskan siapa yang masuk surga siapa yang tidak… siapa yang masuk surga dan neraka itu emang hak preogatif Tuhan… yang Jelas Tuhan kan Maha adil… tul ndak?
tapi yang perlu dipertanyakan adalah konsep agama anda sesuai dengan yang ada dalam Bible apakah benar datangnya dari Tuhan atau tidak ? jika tuhan itu maha adil ? kok membuat konsep yang bertolak belakang dengan keadilan?
atau memang ini konsep hanya karangan manusia tapi anda imani sebagai konsep dari Tuhan? :happy0025: