Mau tolongin mantan, mohon saran dong

Syalom FK-ers! Jadi gini, dulu gw pernah pacaran lumayan lama. Lalu singkat cerita gw masuk kesuatu gereja dan lahir baru, akhirnya gw bertobat dan gw putusin pacar gw.

Ternyata, dia msh berharap bgt buat balikan sama gw. Berkali kali dia nembak gw, tapi gw tolak. Akhirnya dia kecewa sama gw, gapernah mau ngmg sama gw dan msk ke pergaulan yg buruk.

Saran member2 disini gimana? Menurut kalian apa kputusan yg hrs gw ambil? Mungkin ga gw ladenin buat balikan sama dia, dan gw kenalin dia ke Tuhan? Mohon sarannya ya, Godbless you all :slight_smile:

Mohon tanya, apa hubungannya anda lahir baru dan bertobat dengan pemutusan hubungan pacaran ? Apakah mantan pacar anda itu beragama lain? Ataukah kalian berdua semasa pacaran sudah melakukan hal-hal yang tidak baik (spt. hub badan) ?

Salam

ohiya lupa jelasin, enggak sampe hubungan badan, tapi intinya ‘ga kudus’. Pas gua bertobat itu ga lgsg gua putusin sih, tapi stlh beberapa lama akhirnya banyak bgt perkara gua sama dia yg buat gua jauh sama Tuhan, dan akhirnya gua putusin dia.

Mungkin di mata dia, kamu sudah membuat keputusan yang menyakiti dia. Jadi rasanya, perkataan kamu tidak akan terlalu dipedulikan olehnya, terutama perkataan yang bagi dia terlihat munafik (perkataan yang terlihat baik-baik) atau membuat dia tidak nyaman (nasehat untuk keluar dari pergaulan/kelakuan buruk yang dia sukai).
Kamu telah lama mengenalnya, jadi mungkin kamu mengetahui pendekatan apa yang cocok untuknya.
Namun tidak perlu merasa bersalah bila pendekatanmu gagal. Sulit menjaga hati orang lain. Masing-masing orang memang harus belajar dewasa dan menjaga hatinya masing-masing.

Saya setuju sama drdvl, kalau memang bro sudah tidak suka ( asal itu anak perempuan belum diapa-apain) putus dalam berpacaran bisa saja. Dan sebagai teman/sahabat nya kini, bro juga punya kewajiban moral menjadi terang bagi mantan anda itu. Tentu saja menjadi terang disini bukan berarti menganggap mantan anda itu orang bersalah/kotor yang harus segera berubah menjadi seperti yang anda inginkan, melainkan anda menunjukan padanya apa yang sudah Tuhan rubah dari anda sehingga anda benar-benar menjadi manusia baru yang patut diteladani melalui tingkah laku dan perbuatan nyata.

Salam

bijaksana kata-katanya nih… :onion-head30:

Shalom
Tuhan itu pada mulanya menciptakan laki-laki dan perempuan untuk saling tolong menolong, jadi Tuhan itu membawa kasih seperti kasih Bapa kepada Anak. jadi menurut saya kurang pas nie lu bro, kalo memutuskan itu pacarnya. :slight_smile:

Hmm makasih banyak masukannya :slight_smile: tapi yg saya bingung skrg saya harus mulai dengan apa? Hubungan saya sm dia udh bener2 jauh, kaya org gakenal keliatannya -_- mohon saran ya :slight_smile:

kalo menurut gw nih yaa bro
klo emg hubungan lo ama dia udah kaya es batu gtu,yah mending lo biasa aja juga
karena kan istilah nya lo kaya “telat” …toh dy gaul nya ga bener kan?
atau ga klo emg lo masih niatan buat nyelametin dy ,ya lo coba say hi …liat respon dy
tapi gw pribadi sebagai cwe pun kaya nya bakal “nyesek” lah klo lo dteng trs istilah nya lo kya bakal nasehatin dy :cheesy:
tp coba aja broohh …semangkaaaa!! :smiley:

[quote author=aprillianti allagan link=topic=42692.msg650106#msg650106 date=1335072386]
kalo menurut gw nih yaa bro
klo emg hubungan lo ama dia udah kaya es batu gtu,yah mending lo biasa aja juga
karena kan istilah nya lo kaya “telat” …toh dy gaul nya ga bener kan?
atau ga klo emg lo masih niatan buat nyelametin dy ,ya lo coba say hi …liat respon dy
tapi gw pribadi sebagai cwe pun kaya nya bakal “nyesek” lah klo lo dteng trs istilah nya lo kya bakal nasehatin dy :cheesy:
tp coba aja broohh …semangkaaaa!! :smiley:
[/quote

haha ribet bgt sis :tongue: tapi makasih banyak yaaa masukannya

ya langkah yang gue coba sekarang sih ya doain dulu pastinya, karena kalo gua ngandelin kekuatan gue sendiri gaakan baik hasilnya ;D dan gue lagi pantau aja kegiatan2 dia apa sekarang, dia lagi kenapa, supaya kalo ada waktu yang tepat gue bisa injili. Tapi gue selalu minta Tuhan buat menguatkan gue, kalaukalau gua ditolak sama dia, gue gaakan kecewa :angel:

tapi motivasi gue bukan buat cuma sekedar “nyelamatin” aja, apalagi buat kepentingan gua doang (misalnya balikan :cheesy:) tapi untuk menyenangkan hatiNya Tuhan, supaya Tuhan seneng ada jiwa yang bisa diselamatkan dari hidup gue :))

jadi cerita deh :ashamed0002:

Saran saya kenalkan dia ke Bapa kita
Karena mungkin ini rencana Bapa melalui dirimu untuk menyadarkan dia kembali ke jalanNya
:angel:

hahahha jadi lo mau balikan :azn: ;D ;D
trus gimana sekarang perkembangannya

episode CLBK :slight_smile:

hhahaa… galau mana galauu :tongue: