mau usul ni , moderator dan admin klo bisa berikan tanggapannya

begini… gw melihat forum FK ini sudah mulai mengarah ke tidak jelasan / hilang kendali … sebelum pertama tahun 2008 gw join di sini. bener2 rapih dan teratur.

ok begini, skarang2 ini atau mungkin sudah beberapa bulan ini, gw melihat sudah banyak sekali bermunculan Thread2 yang mengatasnamakan Khatolik… mengatasnamakan protestan… “yang protestan masuk sini” (dalam kutipan thread , atau yang Thread isinya ajaran khatolik yang hanya khatolik saja mengerti pengajaran tsb tetapi mancing orang protestan untuk berkomentar.

nah , klo gw boleh usul punya usul … dengan marak nya thread2 begituan yang gw liat akhir2 ini… kenapa tidak di buat pemilahan / pembagian.… kan ada tuh thread buat non kristen… nah pisahin lagi lah… Thread / KOLOM khusus KRISTEN PROTESTAN … dan Thread / KOLOM khusus KHATOLIK…
peraturan nya samain dah tuh dengan yang kolom non Kristen, jadi yang non kristen tidak bisa ikut berdiskusi ke thread kristen… seperti itu juga terhadap Khatolik dan Protestan. kecuali Thread2 umum.

soalnya gw liat , banyak Thread2 seperti itu yang gak pernah ada ujungnya, sampe nenek gw bisa kebut2an naik HARLEY juga gak akan ada selesainya… bahkan malah ledek2an antara kristen, ABK lah… Bidat2 lah… bahkan sampe kasar :slight_smile: ck ck ck… hanya untuk mempertahankan keyakinan nya yang notabenenya dari awal juga udah beda pengajarannya…

curcol dikit. pertama kali ke FK ini tahun 2008 (belom ada kolom khusus untuk non kristen, kita sama sama untuk kasih arahan dari pertanyaan2 ‘nakal’ non kristen… sampai terjadinya “keliwatan mereka” dibuatlah kolom Non Kristen) dan akhirnya, luar biasa. sangat rapih… jadi ada kolom sendiri…
nah skarang gw melihat udah mulai ni gak jelas… pembahasan protestan di bahas sama khatolik, pembahasan khatolik di bahas protestan… sampai2 tadi gw bilang ledek2an dan mengarah ke tulisan kasar. gw yakin yang Non Kristen gak ikut diskusi juga udah seneng ketawa2 ngeliat orang2 kristen pada debat kagak jelas, ledek2an…

ok, sepertinya udah mulai bosen denger curcol gw…

intinya… klo bisa nih, usul gw yang di atas mengenai pembagian kolom itu silahkan di diskusikan dengan pihak2 yang berwenang di forum ini… bagaimana peraturan dan cara mainnya monggo…
kalaupun tidak direalisasikan… yowes… cuman sekedar usul saja. gw cuman teringat kebijakan admin yang membuat kolom non kristen sendiri gw angkat jempol saat melihat thread2 yang udah mulai “RIWEH” dbuat non kristen… dan skarang kayanya lebih “RIWEH” karena bermunculan Thread2 tandingan antara Protestan dan Khatolik… sampai 60 halaman pun tidak ada habis2nya… (lebay dikit) sampe kiamat kayanya gak akan ada ujungnya

hanya merindukan fK yang rapih dan tratur seperti dulu. :afro:

thx for the time everyone who read this… GB

Arigato gozaimasu :happy0062:

Wawawawawaw
:o
board mana ya?
Board ajaran Kristen ya om?
Tapi kayanya ga bakal ngaruh dah, soalnya thread Katolik biasanya ‘ngundang’ Protestan, n thread Protestan biasanya ‘ngundang’ Katolik. Huehuehue

tapi terserah admin aja dah ini. :smiley:

Menurut aku tidak usah, karena semakin sengit dalam forum, semakin mengasihi Kristus.
Beda dengan yang belum memiliki batu dasar dan batu penjuru.

Lagian susahin yang tidak mengisi denominasi dan bagaimana jika salah satu (Protestan/Katolik) lebih banyak diserang.
Lagian Kristen tidak bisa hanya dinilai dari Katolik dan Protestan saja.

OOT.
Tentang SSY, bukankah pemerintah sudah membolehkan mereka di Indonesia, apa disini mereka sudah diperbolehkan/diakui?

Ya, ini juga cuma pendapat, keputusan tetap yang berwenang di FK.

GBU

Kalau dibagi seperti itu akan menjadi seperti timbangan dengan 2 macam standar

Shalom,

Bro Arranger, kalau kita mendiskusikan usulan Bro, agaknya membutuhkan waktu untuk itu. Akan singkat jika moderators/admin yg memutuskan sendiri.

Tentu berbeda dgn yg tdk mengakui YESUS sbg Tuhan dan Juruselamat dan ajaran-Nya. Antara Katolik dan Protestan terdapat banyak irisan, sedangkan yg mos*** hampir semua tdk berisisan. Sebagai contoh, seperti Katolik, saya percaya Alkitab tidak mengajarkan “sekali selamat selamanya selamat”; seperti Katolik, saya tidak percaya Alkitab mengajarkan “secret rapture”; tidak menentu-nentukan hari atau tanggal kiamat, sayat tidak percaya Alkitab menentu-nentukan hari/tanggal kedatangan YESUS/kiamat; seperti Katolik yg mempercayai ajaran Alkitab kehendak bebas, saya mempercayai ajaran Alkitab itu; seperti Katolik mempercayai ajaran Alkitab bahwa doa adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan orang Kristen, saya mempercayai ajaran Alkitab itu; seperti SSY (kecuali ttg orang yg mati dalam kejahatan dan beberapa hal lainnya ttg kematian) mempercayai ajaran dalam Alkitab bhw orang yang mati (baik mati dlm KRISTUS pun) adalah mati, tidak ada bagian dari manusia (roh/jiwa) yg bisa hidup tanpa tubuh, sebab jiwa adalah manusia itu sendiri, saya mempercayai ajaran dalam Alkitab itu (sayangnya seringkali SSY menghubungkan apa yg dikatakan Alkitab itu dgn buku menara pengawal, sehingga orang bisa berpikir ajaran Alkitab itu adalah ajaran buku menara pengawal).

Jadi agak susah memilah yang banyak irisan seperti itu.

Namun, saya sangat memahami beberapa hal yg dikatakan Bro Arranger, terutama munculnya kata2 pernilaian2, pernilaian yg ad hominem bahkan hinaan, hingga cacian “dukun petojo”, “tikus hutan”, dsb sampai asal tuduh bidat tanpa bisa memberikan bukti. Hal itu membuat post pd forum ini sangat tidak enak dibaca, sangat norak dan tidak berwibawa. Anehnya, kata2 itu muncul sudah berminggu, berbulan hingga tahunan, tidak ada perubahan ke yg lebih baik, malah semakin memburuk.

Cara terbaik menjaga kondisi agar tidak terjerumus menuliskan kata2 tidak baik (hinaan, makian, tuduhan bidat, dsb) adalah melepas baju denom dalam berdiskusi, terutama melepas baju denom dalam pikiran saat berdiskusi, sehingga pikiran bebas mendengarkan apa kata Alkitab saja. Tidak melepas baju denom apalagi tidak melepas baju denom dalam hati, akan membuat mudah tersinggung, menganggap menunjukkan bukti sbg menyerang, defensif, dsb yg negatif. Masalahnya bukan pada klasifikasi, tetapi sikap yg membuat kata2 yg tidak baik dan sapan2 yg tdk santun. Mestinya orang Kristen, tidak menyapa teman diskusi dgn kata “kau”, “kamu”, “pikirmu”, dsb. Kata “Anda” sudah lumayan “santun”, tetapi bukankah kata itu santun utk diskusi sekular? Untuk diskusi ttg FT kita harus memilih sapaan yg terbaik, yakni Saudara Ykk dalam TYKK. Namun karena itu tidak praktis, kita cukup menggunakan kata “Bro”, “Brur”, “Sis” yg praktis dan santun.

Oleh karena itu, cara yang paling baik, mudah, praktis dan efektif adalah (seperti yg pernah saya usulkan) membuat kondisi sedemikian rupa agar setiap post bersih dari pernilaian2, apalagi post tsb tidak berisi materi apa2 kecuali pernilaian2/hinaan2/tuduhan2 kosong semata2:

Nah, setiap kali seorang netter membuat post yg demikian, dicatat, sehingga nanti bisa diketahui berapa jumlah postnya yg berisi pernilaian2/hinaan2/cacian2/tuduhan2 kosong dan dibandingkan dgn total post ybs. Nah rasio ini dicantumkan di kolom profil ybs (lihat profil saya), sehingga semua orang tahu, “oh netter ini, begini”. Jadi setiap netter yg akan berdiskusi dgn ybs bisa membuat pertimbangan kapan berdiskusi dgn atau tdk menanggapinya.

Kalau hal itu menjadi beban bagi moderator, cukup para netter yg melaporkan ke moderator, lalu moderator memeriksa dan mengisi data statistik tsb dgn sekali klik (instrumen statistik telah ada pada forum ini, tinggal menambah satu field saja itu sudah bisa; itu bukan pekerjaan sulit bagi programmer). Bila perlu, netter yg menerima kata2 makian, tuduhan bidat tanpa bukti yg mengisi kolom statistik itu, jadi moderator tdk perlu repot.

Satu hal lain yg perlu mendapat perhatian ialah, ttg “mempertajam perbedaan”.

Menurut saya, diskusi tidak mungkin bisa mempertajam perbedaan. Menunjukkan 10, 50, atau 99 bahkan 100 perbedaan dari 100 perbedaan antara A dan B misalnya, tidak mempertajam perbedaan antara A dan B. Menunjukkan 101 perbedaan antara A dan B, itu yg barangkali yg menjadi masalah, tetapi itu bukan mempertajam, tetapi mengada-ada, karena perbedaannya hanya 100 ttp ditunjukkan 101.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

singkat kata ya

yang menjadi biang keladi dari semua keributan ini adalah satu kelompok gereja tertentu, ciri ciri provokasi mereka adalah :

  • masuk ke sebuah trit, lalu mengatakan grj/denom lainnnya melakukan kesesatan, dll bla bla bla
  • masuk hanya untuk mencela ajaran denom lainnya
  • tidak mau mendengar penjelasan pihak lain, selain datang hanya untuk mencela denom pihak lain
  • mengatakan pihak lain, tidak berlandaskan ALkitab, hanya mereka saja yang melandasi alkitab
  • berkata kasar kepada denom lain
  • mengupload gambar gambar yang sangat MENGHINA denom lainnya

jujur saja, to the point, mereka adalah kelompok pembela patung perempuan telanjang dada itu.

ide bgs bro arranger…
tp alangkah baiknya semua pihak menanggalkan bendera parpol mereka spt yg Jericho Jerusalem katakan…

belajar menahan diri dari semua hinaan…ingat Tuhan uda mau datang kedua kalinya baiklah kita kedapatan melakukan tugas kita…

Jbu

Dear lo2rest,

Teman-teman sampai sudah membuat 2 thread untuk mengademkan suasana di FK yang mulai panas dan tidak shalom ini, bukankah ini suatu itikad yang harus disambut secara positif. Ayok bareng-bareng mempunyai semangat ini.

Shalom,

Ya, semampu kita sebagai manusia, kita harus mencoba menyelami apa yg Bro Arranger renungkan hingga menuliskan post beliau. Selanjutnya kita perlu merenungkannya secara mendalam demi kebaikan kita semua. Thanks Bro.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

Mau damai sih gampang aja koq, jangan usil menilai gereja lain dengan ukuran gereja sendiri. Kalau menurut gereja sendiri Maria boleh dihina, janganlah dilontarkan di forum, hinalah di gerejanya sendiri. Kalau menurut gerejanya umat Kristen lebih baik tidak punya pimpinan dan terpecah pecah, jangan usil jika ada gereja yang mengusahakan persatuan umat Tuhan.

Umat Kristen harus saling kasih mengasihi, tampar pipi kiri beri pipi kanan. Itu ajarannya. Kenyataannya, sebagian umat yang mengaku Kristen di FK masih jauh dari ajaran kasih. Kebanyakan maunya menampar tanpa mau di tampar.

Jadi, mari kita damai, kalau mau, kalau mau perangpun, tentulah semua sudah siap. Ente jual, ane beli. Gitu gan.

kalo mo dispisahpisahkan bgtu, sangat jelas, sesama kristen basudara saling memisahkan…
tidak apa2 sebenarnya, tapi dari masing2 pribadi saja, mau menanggapi positif atow negatif…

[email protected]

Menarik bagi saya usulan anda itu…tapi yang menjadi tidak menarik adalah alasan yang anda punya itu…" anda males membacanya "…?? hehehehe…ITukan sebetulnya berlandaskan sikab hati bukan…??? Apakh itu sisi negatif atau positif,?? MUNGKIN SETIAP ORANG DAPAT melihatnya dng sisi pandang masing-masing bukan…??

Tapi yang menjadi keheranan saya adalah kenapa forum sebaik ini yang intinya adalah melakukan pengajaran Injil Kristus YANG KITA pegang bersama sebagai Batu penjurunya…?? kOK DAMPAK YANG DITIMBULKANnya dalam proses demi proses…malah diangap menimbulkan exes…yang tidak baik sih…?? Padahal suatu hal yang wajar di dinunia ini pasti hal-hal yang kurang baik dan baik akan bersanding bersama…Tinggal bagaimana kedsewasaan iman kita dapat menyikapinya supaya malah harus menimbulkan/ menghasilkan berkat disitu.

Menurut hemat saya, jika tujuan [email protected] hanya demi untuk mengejar atau mencari sisi nyaman dan bahagia saat membaca suatu post di “fk” ini ( baik dari denom Khatolik maupun protestan…dllnya ) …itukan tergantung pilihan hati saja bukan…??, Tapi bukannya harus menyalahkan segala orang yang berminat berpartisipasi yang tampil di “fk” ini yng nota bene dng membawa muatannya sendiri -sendiri…Padahal menurut saya…ohhh sudah begitu banyak pandangan setiap orang yang tampil di “fk” ini dalam setiap thread yan ada…begitu dinamis nya rupanya dunia kekristenan ini ya…?? Disitu ada berkat yang Tuhan berikan untuk kita petik…walaupun itu dalam tataran saling beradu araumantasi dan saling mengejek sekalipun…Tidak masalah bagi saya disitu. Dan tidak menjadikan saya malas membaca dan mencernai setiap post yang ingin saya baca dan ambil pengertiannya.

Namun lagi jika pijakannya [email protected] mengatakan dulu dan dulu dibelakang tahun 2911…kelihatan berbeda
dng sekarang…?? lantas dijadikan alasan untuk suatu perombakan ( sebagaimana yang diusulkan tsb )…menurut saya sih baik dan oke -oke saja.
Namun setidaknya di akomodir secara bijaksana sesuai pijakannya dalam Alkitab Bukan.??..Bukannya berpijak karena hanya mengakomodir demi kepuasan kedagingan saja, yang mana nantinya malah mendatangkan kehancuran, bukan malah seharusnya memperteguh dalam membangun persekutuan karana satu iman, satu babtisan dan satu Roh KUDUS.

Salam GBU

setuju 100%.

mengasihi dengan cara saling menghina? cara mengasihi yang aneh… *ngomongnya kaya dora

baru baca bro… :slight_smile:

usulnya ada + / - nya nih…

  1. Ini Forum Kristen, jd kl ada pemisahan board antara Katolik & Protestan yang dipisahkan bisa berbesar hati ga?
  2. nantinya temen2 yg ‘ngaku’ punya ajaran kristen malahan bs jadi minta d berikan board khusus jg :mad0261:
  3. kl dibiarkan ada pemisah kata saya sih bakal lebih parah bro… ada board protestan, Katolik nanti nambah pantekosta, karsimatik, dkk… bisa dibayangkan??? (perpecahan)

(+) nya yg mmg lebih rapih…

tp, kl kata saya… yang harus dibenahin bkn FK nya… tp, mental user2 nya yang jangan sampe punya kebiasaan asal tuding, asal ngomong (kadang2 juga sok tau) apalagi tukang hina (bahaya)

karena yg kita bahas disini ttg iman & ajaran… (ya pasti bkl ada beda persepsi)

saran dari saya, Om momod & mimin nya lebih galak aja… (tapi jangan ke saya hahaha) ;D

like this…
lbh ke mental anak2 FK…mantap bro gara89…
tp ada baiknya dari kesadaran diri sendiri utk dapat menahan diri krn kl hanya momod pasti kecapekan, wong momodnya uda tinggal dikit dan dari sisi miminnya pun beranggepan kl diskusi2 itu wajar terjadi kok, yah gak bro Adi?

Saya juga berpikir bahwa yang jadi sumber masalah memang bukan aturannya, melainkan oknum tertentu yang suka membuat topik provokatif. Topik tersebut terutama ditujukan pada member Katolik, dan baru-baru ini pada member Orthodox juga.
Semoga yang bersangkutan membaca postingan ini dan menyadari kesalahannya :slight_smile:

Salam

Aduh mod, udah boleh dihukum push up dan chin up masing-masing 20 kali tuh.

mantaab… hanya sekedar usulan toh…

silahkan dilanjutkan Bacot2an nya lagi … eh maksud saya diskusi nya lagi … wwuhauhuahuahuaa…

salaamm gaahoooolllll :stuck_out_tongue_winking_eye: