Meditasi Kristiani & Air suci

Thread ini saya buat karena keingintahuan saya akan ajaran meditasi kristiani dan air suci pada gereja katolik. Awalnya saya berbincang2 dengan salah seorang rekan katolik di kantor. Dia memaparkan terkena penyakit ganas (maaf tidak saya sebutkan nama penyakitnya disini); Kemudian dia rajin mengikuti meditasi kristiani dan sering mengoleskan air suci pada bagian tubuhnya yang sakit. Hal itu dia lakukan atas saran saudara-nya yang sudah mengisi testimoni di warta gereja tentang keampuhan air suci.

Saya ingin tau tentang sejarah dan dasar Alkitab dalam meditasi serta penggunaan air suci ini.

Berhubung saya adalah TS, aturan saya adalah : tidak ada yang boleh merendahkan pribadi atau ajaran orang lain, pakai dasar yang benar dalam mengemukakan pendapat. Thread ini saya buat karena keingintahuan, bukan mencari kesalahan. Thanks kerjasamanya :slight_smile:

hmmmm. sesungguhnya, saya juga baru dengar loh tentang ini… :ashamed0004:

Regards, Rain
JBU

saya seorang Kristen boleh memberi masukan ?

GBU

To the point saja bro PI :slight_smile:

Regards, Rain
JBU

contoh kesaksian:

saya kurang tau juga dasar Alkitabiah nya.
Mungkin teman yang lain bisa membantu. :slight_smile:

Silahkan bro…

Hal penggunaan air sebagai tanda- tanda yang bersifat rohani,

Mengenai adanya penggunaan air sebagai tanda- tanda suci, Katekismus mengajarkan:

KGK 1667 “Selain itu Bunda Gereja kudus telah mengadakan sakramentali, yakni tanda-tanda suci, yang memiliki kemiripan dengan Sakramen-sakramen. Sakramentali itu menandakan karunia-karunia, terutama yang bersifat rohani, dan yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja. Melalui sakramentali hati manusia disiapkan untuk menerima buah utama Sakramen-sakramen, dan berbagai situasi hidup disucikan” (Sacrosanctum Concillium 60). (Bdk. CIC, can. 1166; CCEO, can. 867.)”

Hal ini tidak bertentangan dengan yang diajarkan dalam Kitab Suci yang mengajarkan berbagai macam makna air, seperti untuk mencuci/ membersihkan, untuk diminum, menguduskan, menyembuhkan dst. Selanjutnya, di dalam Alkitab, kita mengetahui bahwa adakalanya Kristus menggunakan media untuk menyembuhkan orang sakit, contohnya: dengan ludah Ia menyembuhkan seorang yang tuli dan gagap (lih. Mrk 7:33-34). Prinsipnya Allah kita adalah Allah yang berkuasa di atas segala ciptaan-Nya, dan Ia dapat menggunakan segala ciptaannya untuk melaksanakan karya-Nya yang ajaib. Materia/ matter tidak otomatis merupakan hal yang buruk. Allah dapat menggunakan materia untuk menguduskan dan menyembuhkan, dan ini kita lihat dalam sakramen Pembaptisan dan perminyakan orang sakit. Air yang diberkati dapat menjadi sakramentali/ tanda- tanda suci; yang jika diterima dengan disposisi hati yang baik dapat berguna bagi yang menerimanya. Maka yang terpenting bukan materia/ tanda/ air-nya, tetapi tentu Allah yang bekerja atasnya, dan disposisi hati orang yang menerimanya.

Nah, hal inilah yang terjadi di Lourdes atau tempat ziarah lainnya. Penampakan Bunda Maria di Lourdes sendiri telah diakui otentik oleh Vatikan. Digunakannya air Lourdes sebagai sarana Allah menyembuhkan banyak orang sakit sudah dibuktikan oleh banyak orang. Maka jika seseorang meminum air Lourdes atau membasuh diri dengan air Lourdes, dengan disertai dengan doa- doa, tentu bukan hal yang salah. Ini seperti halnya Naaman yang sakit kusta yang membasuh dirinya di sungai Yordan, dan kemudian disembuhkan Allah (2 Raj 5:10, 14). Maka yang terpenting bukan airnya, tetapi Allah yang dapat bekerja melalui air itu, dan tentu, iman dari pihak yang menggunakannya. Sebab jika diminum tanpa disetai dengan disposisi hati yang sungguh mengimani pertolongan Allah, maka air itu hanya sekedar air saja, tanpa ada efeknya. Namun dengan iman, maka air itu yang memang hanya air biasa, dapat dipakai oleh Allah untuk menyampaikan rahmat penyembuhan-Nya. Allah dapat bekerja melalui hal- hal biasa untuk mendatangkan sesuatu yang luar biasa. Hal yang luar biasa itu, umumnya tidak saja kesembuhan jasmani, tetapi juga kesembuhan rohani, yaitu pertobatan dan niatan yang besar untuk membalas kasih Tuhan.

Kis 19:12 bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

:afro:

mantab bro…

dulu pernah baca penjelasan u sangat detail, ke salah satu netter di FK…
bisa kasih linknya, semoga penjelasan u membantu si milky…

:afro:

Ok bro :afro:

Pada beberapa kejadian, mukjizat juga terjadi dengan perantaraan media misalnya ludah, air, minyak, dan lainnya. Ada pertanyaan yang menggantung sih, misalnya kenapa Yesus harus menyembuhkan dengan ludahNya ? apa dengan penumpangan tangan saja orang itu tidak bisa sembuh ?

Terus bagaimana dengan meditasi kristiani ?

ini referensi saya tentang air dalam alkitab dan penggunaannya :
air artinya mentahirkan, menyegarkan / menyejukkan, memberi kehidupan

P. Lama: Bilangan: 31
31:21 Lalu berkatalah imam Eleazar kepada para prajurit, yang telah pergi bertempur itu: “Inilah ketetapan hukum yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.
31:22 Hanya emas dan perak, tembaga, besi, timah putih dan timah hitam,
31:23 segala yang tahan api, haruslah kamu lakukan dari api, supaya menjadi tahir; tetapi semuanya itu haruslah juga disucikan dengan air penyuci; dan segala yang tidak tahan api haruslah kamu lalukan dari air.
31:24 Lagipula kamu harus mencuci pakaianmu pada hari yang ketujuh, supaya kamu tahir, dan kemudian bolehlah kamu masuk ke tempat perkemahan.”

P. Lama:Yesaya 48:21 Mereka tidak menderita haus, ketika Ia memimpin mereka melalui tempat-tempat yang tandus; Ia mengeluarkan air dari gunung batu bagi mereka; Ia membelah gunung batu, maka memancarlah air.

P. Lama: Yeremia: 2
2:13 Sebab dua kali umat-Ku berbuat jahat: mereka meninggalkan Aku, sumber air yang hidup, untuk menggali kolam bagi mereka sendiri, yakni kolam yang bocor, yang tidak dapat menahan air.

P. Baru: Yohanes: 4
4:14 tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

P. Baru: Yohanes: 7
7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

GBU

Hanya perubahan yang abadi :slight_smile: banyak contoh seperti Yakub mendirikan mezbah dan menyembah Allah, para nabi yang memberikan pengorbanan hewan, Musa, yang mengangkat patung ular tembaga dan mereka yang melihat patung ular selamat atau pulih . Bandingkan juga dengan bendera negara atau foto orang yang dicintai, semuanya hanya simbol, tetapi setiap menghina siapa atau mengganggu simbol akan bermasalah, serta patung-patung di gereja-gereja Katolik. Bandingkan ini dengan Rasul Paulus yang menyatakan bahwa Dia yang tidak menguduskan roti dan anggur sebagai Tubuh dan Darah Kristus maka ia bersalah.

Dalam kisah para rasul, ada banyak cerita tentang permohonan orang ke rasul untuk keajaiban dan terjadi, ada juga harapan bahwa bayangan dari para rasul menyentuh mereka dan menyembuhkan, ada pula yang menyimpan kain bekas para rasul yang akan digunakan jika ingin mukjizat terjadi setiap saat!

Semua itu dari manusia, oleh manusia dan untuk manusia (seperti demokrasi) tidak sempurna. Dari orang-orang seperti napas, napas kami adalah berubah menjadi gas yang tidak baik, makanan menjadi kotoran. Dengan manusia seperti mobil, robot, semua benda dari segala ciptaan manusia tidak sempurna. Demikian juga, untuk manusia, matahari, bulan, bumi, apapun itu termasuk Alkitab, perubahan dari Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru benar-benar menunjukkan bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan. Dan hanya satu di seluruh alam semesta adalah abadi dan sempurna. yaitu TUHAN. Itulah mengapa Magisterium gereja dan Surat Gembala, yang terus berkembang berdasarkan bimbingan Roh Kudus.

Nah, menyambung mengapa TUHAN YESUS TIDAK BERSABDA SAJA, tetapi memakai ludah dsb, itu menunjukkan bahwa semua untuk manusia, tidaklah sempurna, sebab, apa yang DAPAT MENGHALANGI TUHAN dengan LANGSUNG MEMBUAT SEMUANYA kembali SEMPURNA hanya DENGAN BERSABDA? Sebab, kita dapat melihat bahwa semuanya tidak ada yang sempurna, baik oleh, untuk dan bagi manusia, termasuk didalamnya semua Peristiwa Injil. Sebab apabila TUHAN YESUS datang DALAM KEMULIANNYA, bukan DALAM KEMANUSIAANNYA, maka TIDAK AKAN ADA PENEBUSAN LAGI :slight_smile:

Sedangkan mengapa ludah? Karena tradisi kesehatan Yahudi bahwa air ludah menyembuhkan sakit mata, maka TUHAN YESUS LEBIH DARI SEKEDAR MANUSIA, dengan LUDAH tidak hanya menyembuhkan sakit mata, melainkan BUTA pun MELIHAT.

Mengenai Meditasi, di Katolik paling terkenal adalah ROSARIO :slight_smile:

Berikut link2 yang berguna (masih banyak sebenarnya) :slight_smile:

http://katolikindonesia.multiply.com/journal/item/2
http://www.carmelia.net/index.php?option=com_content&view=article&id=183:meditasi-itu-kebutuhan&catid=39:spiritualitas&Itemid=96
http://loving-kindness-meditation.blogspot.com/2009/10/doa-rosario-meditasi-katolik.html
http://praymedit.blogspot.com/2006/02/meditasi-ala-carmelite.html
http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic.php?p=63532

1) Meditasi

Mzm. 19:14
14. Let the words of my mouth and the meditation of my heart Be acceptable in Your sight, O LORD, my strength and my Redeemer.

2) Air Suci

Bil. 5:17
17. Lalu imam harus membawa air kudus dalam suatu tempayan tanah, kemudian harus memungut debu yang ada di lantai Kemah Suci dan membubuhnya ke dalam air itu.

Cukup?

Best Regard,
Daniel FS

Nyambung bro Daniel FS :slight_smile:

Psa 5:1 To the chief Musician upon Nehiloth, A Psalm of David. Give ear to my words, O LORD, consider my meditation.

Psa 49:3 My mouth shall speak of wisdom; and the meditation of my heart shall be of understanding.

Psa 104:34 My meditation of him shall be sweet: I will be glad in the LORD.

Psa 119:97 MEM. O how love I thy law! it is my meditation all the day.

Psa 119:99 I have more understanding than all my teachers: for thy testimonies are my meditation.

Shalom

nyambung to brother Fantioz… :smiley:

Genesis 24:63 And Isaac went out to meditate in the field at the eventide: and he lifted up his eyes, and saw, and, behold, the camels were coming.

GBU

to all bro…

untuk yang tertarik dengan meditasi coba cari buku yang ada di metanoia (biasanya disono) :stuck_out_tongue:

judulnya Kedalaman dengan Yesus Kristus pengarangnya Madame Guyon
Dia mengajarkan dasar meditasi berdasarkan firman, Doa Bapa kami.

Juga satu buku lagi yang bagus…pengarangnya adalah Sadhu Sudhar Singh …sori kl salah ketik…agak ga apal namanya…
judulnya aku juga agak lupa : Menjadi serupa dengan Dia…

kalo mau sabar ntar saya kutipkan cuman ga bisa sekarang…

GBU

@TS

tolong kasih masukkan juga tentang meditasi :smiley:

salam

Iman mu pada Kristus itulah yang menyembuhkan :smiley:

media …spt air mirip2 dengan minyak urap yang ada di gereja2 sekarang

betul 2… :smiley:

klo alice medianya apa? :smiley:

:slight_smile: