MEMAHAMI PENCOBAAN DAN UJIAN

Ada yang menyebutnya pencobaan. Ada pula yang mengatakan bahwa itu ujian. Apakah keduanya sama? Mengenali dengan benar hal-hal yang terjadi di hidup kita memampukan kita lebih siap & mengambil manfaat dari apapun yang datang dalam hidup kita.

Dari kata aslinya, Alkitab tidak membedakan keduanya. Apa yang disebut pencobaan sesungguhnya adalah ujian; apa yang kita anggap ujian sebenarnya juga pencobaan yang terjadi dalam hidup kita. Singkatnya, apapun yang berpotensi menguji & menggoyahkan iman & kehidupan rohani kita adalah pencobaan atau ujian hidup. Bentuknya bisa sangat beragam, itulah sebabnya disebut ‘berbagai-bagai pencobaan’ (Yak. 1:2). Itu bisa merupakan sesuatu yang pahit & memedihkan di hati atau bisa berupa kondisi-kondisi yang nyaman & makmur dimana kita terus tergoda untuk menjauh dari Tuhan & hidup dalam dosa. Bahkan tanpa kita sadari, perjalanan hidup kita selalu bertemu dengan berbagai cobaan. Jika tidak mengerti dengan benar bagaimana menghadapi semuanya ini, pastilah kita akan jatuh & sesat hingga kematian kekal.

Kasih karunia Tuhan bagi kita, orang-orang percaya, adalah bahwa
Tuhan berdaulat penuh atas setiap kita yang menyerahkan hidup ke dalam tangan-Nya. Setiap cobaan atau ujian yang terjadi dalam hidup kita ada dalam pengaturan-Nya. Di dalam Kristus, kita memiliki hak istimewa menghadapi kesulitan maupun godaan hidup: (1) pencobaan itu tidak akan melampaui kekuatan kita; (2) kita akan memperoleh petunjuk jalan keluar mengatasinya (lihat di 1Kor 10:13).

Tuhanlah yang menentukan apa yang boleh dan tidak boleh terjadi dalam hidup kita. Bagian kita adalah menjalani setiap apa yang ditentukan terjadi itu dengan cara-Nya (Yak 1:2a) sehingga kita mengalami kemenangan demi kemenangan, kemajuan demi kemajuan rohani, dari kemuliaan pada kemuliaan. Itulah yang dinamakan proses Tuhan.

Tujuan setiap yang terjadi adalah memproses kita sehingga kita menjadi pribadi-pribadi yang beruntung di bumi (Yak 1:3-4).
Sebab itu, sambutlah proses-Nya dengan segala sukacita!

Salam revival! GBU.

Bpk. Peter Bambang. MA

Shalom. Salam Revival!
Bagi Saudara yang RINDU mendapatkan Update Broadcast BBM Renungan Harian setiap hari & Bimbingan Konseling Rohani untuk BERTUMBUH dalam TUHAN dari Bpk. Peter Bambang. MA
Silakan invite Bpk Peter. B PIN BB: 7D337F89 Gbu.

Bangkitlah Murid-Murid Kristus Yang Radikal & Militan di Indonesia. Amin.

http://worshipcenterindonesia.blogspot.com/2014/10/mulai-digenapinya-pesan-tuhan-nubuatan.html