Membaca Alkitab dan berada di Gereja mengantuk?

Syalom, selamat kenal… nama saya adalah Misteri, saya adalah personil yang baru ingin berkenalan dan bergabung di FK ini, sebagai warga yang baru tentu saja saya belum perpengalaman untuk itu saya ingin berbagi pengalaman dan menanyakan hal-hal yang masih misteri bagi saya, dimana hal yang masih tersembunyi ini tentunya membutuhkan jawaban dari rekan-rekan?

Jujur saja, ketika saya menonton TV, atau membaca koran dan buku-buku yang lain saya tidak mengantuk, namun ketika membaca Alkitab dan berada diGereja, meskipun hanya beberapa jam saja, saya langsung mengantuk. Mengapa bisa begitu yach??

Mungkin anda kurang tertarik dengan alkitab , dan kegereja karena terpaksa atau hanya sebagai kewajiban agama saja.

Tetapi tak apalah, masih ada manfaat Alkitab bagia anda yaitu apa bila anda sedang galau , resah , ada persoalan sehingga anda tak bisa tidur , BACALAH ALKITAB

Tuhan Yesus memberkati
Han

[quote="mIsTeRi post:1, topic:177594"] Syalom, selamat kenal.. nama saya adalah Misteri, saya adalah personil yang baru ingin berkenalan dan bergabung di FK ini, sebagai warga yang baru tentu saja saya belum perpengalaman untuk itu saya ingin berbagi pengalaman dan menanyakan hal-hal yang masih misteri bagi saya, dimana hal yang masih tersembunyi ini tentunya membutuhkan jawaban dari rekan-rekan?

Jujur saja, ketika saya menonton TV, atau membaca koran dan buku-buku yang lain saya tidak mengantuk, namun ketika membaca Alkitab dan berada diGereja, meskipun hanya beberapa jam saja, saya langsung mengantuk. Mengapa bisa begitu yach??
[/quote]

pertama, biasanya kondisi tidak ngantuk ketika anda menyajikan hal-hal yang secara pancaindera terkesan yang tidak menikirkan, membosankan, ada gambar, ada perpaduan warna sehingga menarik dalam penglihatan. Sedangkan Alkitab ditulis hanya satu demensi. sehingga terkesan menjenuhkan.

kedua, bisa saja dalam hal memahami Alkitab menuntut anda untuk memahaminya sehingga secara psikologis akan memberikan tekanan, sehingga timbulnya rasangantuk.

ketiga biasanya ketika kita ingin mengetahui hal tetang firmana TUhan, iblis selalu berusaha untuk mengganggu dan membuat seseorang ngantuk, dan akhir berhenti membaca.

Selamat pagi bro mIsTeRi,
Apa yg anda alami bukan hal yg aneh dan langka, malah merupakan bagian terbesar dari komunitas gereja. Ini bisa jelas terlihat bila berada di mimbar pd saat Firman Tuhan disampaikan, ada banyak yg mengantuk, ada banyak yg mencoba membunuh kantuknya dgn bermain2 HP dsb.
Hal yg sama terjadi pd saat membaca Alkitab, ini terjadi karena anda dan teman2 yg lain merasa terpaksa shg menimbulkan kebosanan.
Cara efektif yg dpt ditempuh utk mengatasinya adalah minta kpd Tuhan agar diberikan hati yg rindu dan haus akan firman-Nya, baca dan dengarkan firman Tuhan dengan kerinduan utk mendapatkan sesuatu bukan merupakan rutinitas. Kalau anda bisa memasuki tahap dimana anda rindu akan FT maka yg terjadi adalah sebaliknya, anda akan mendengarkan FT yg disampaikan dgn penuh gairah, anda akan membaca Alkitab dgn mata yg terbuka lebar, karena FT telah menjadi suatu kebutuhan hidup, seperti layaknya makanan utk tubuh.
GBU bro mIsTeRi.

Jadi supaya tidak mengantuk di gereja : Kalau ke gerejanya minggu pagi, malam minggunya jangan tidur larut malam walaupun ada acara bagus di tv frey dulu, khususkan diri dan persiapkan untuk kebaktian. Setelah apel (kalo udah punya pacar) lihat buletin mingguan gereja jika ada, kalau di gereja saya ada panduan bacaan alkitab dan tema khotbah minggu berikutnya di buletin tersebut. Nah persiapkan itu…jadi baca ayat-ayat alkitabnya dan renungkan (kalau saya sambil merenungkan, sambil mereka-reka apa kira-kira yang mau di khotbahkan pendeta esok…jadinya asik dan penasaran kaya baca cerita bersambung…) abis itu buat catatan-catatan kecil . Kemudian yang biasa saya lakukan juaga sebelum ke gereja pagi, harus mandi air dingin supaya badan menjadi segar bugar dan berangkat ke gereja dengan hati yang gembira. Di gereja kalau sudah tahu kita ngantukan duduk dibarisan paling depan, bagus juga kalau bersebelahan dengan calon mertua/atau papa mamanya pacarmu. Terlebih dari semua itu yang utama adalah sikap hati, jangan jadikan ke gereja sebagai rutinitas melainkan betul-betul kita bergereja untuk mencari Tuhan dan beribadah kepadaNya.

Kalau membaca alkitab, sebaiknya jangan langsung berjam-jam (kalau ngantukan), tetapi coba dari beberapa belas menit dahulu. Jangan malu kalau memang tak mampu, kalau kuatnya 10 menit ya 10 menit itu dimaksimalkan, artinya ayat yang kita baca walaupun hanya sedikit dapat meresap kedalam hati dan pikiran kita menjadi makanan rohani yang baik, daripada kita baca berpasal-pasal karena ketidakmampuan kita ndak ada yang nyangkut barang se ayat malah jadinya tidak baik. Yang paling utama sebelum baca alkitab minta Roh Kudus Tuhan membimbing, sebab melaluiNya segala rahasia Tuhan disingkapkan dan segala pengetahuan akan kebenaran dibukakan sesuai kehendakNya, sehingga kita boleh mengerti apa yang kita baca dan pelajari dari alkitab dan kita praktekan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Salam

simple - krn iblis tdk suka kita dkt dg Allah (yg Firman itu sndiri) mka dr itu Jgnkan buka alkitab, br niat mo bc Firman ae godaan dn kmlsan sdh mcm2 braneka ragam mncul, ~pnglamanpribadi~ cmiiww! krn sdh d wanti2 bhwa Roh pnurut tp dging lemah, maka msti Fighting ! Fighting ! ^.^/ *ala Galaxi superstarss hihihihi ^_^. Gbu Full

Pengalaman saya sih dalam menyelesaikan membaca alkitab seluruhnya di awal tahun 2011… sudah pasti langganan kena tuh yang namanya ngantuk… namun ketika kantuk itu datang dan membuat saya tidur… tidurlah di tempat duduk itu… pasti ga akan lama bangun … lanjutkan lagi membaca lakitabnya jangan ditutup… semakin lama anda akan semakin kuat untuk membaca dan terbiasa membaca buku nantinya… lumayan buat membentuk kebiasaan itu habis sekitar 5-6 bulan buat menyelesaikan 1 alkitab ehehhehe… sekarang sih jadinya ga pernah ngantuk waktu baca buku rohani…^^