MEMBUAT TANDA SALIB

Dalam turnamen sepak bola sering kita temui para pemain yg membuat tanda salib. Bahkan di pertandingan tinjupun kerap terlihat sblm bel berbunyi tanda pertandingan dimulai ada petinju yg terlebih dahulu membuat tanda salib. Bagaimana sejarah mulanya tanda salib itu?

Dahulu di Roma, umat kristiani dianggap merupakan salah satu kumpulan sekte sesat di roma. Para penganutnya terpaksa hidup secara sembunyi. Namun demikian pengikut kristus bukan saja rakyat jelata, bahkan secara diam-diam terdapat juga di dalam pasukan romawi. Karena sering hidup sdalam kerahasiaan terkadang untuk mengetahui bahwa orang lain adalah pengikut kristus setiap pengikut Kristus dapat mengetahui bahwa seseorang adalah pengikut kristus atau tidak dari tanda salib yg dibuat.

Tradisi membuat tanda salib memang telah berakar sejak lama. Pada abad ke-2 memang tanda salib sudah umum dibuat di dahi, namun padaabad ke-4 tanda salib dibuat seperti yang kita kenal sekarang. Memang setelah jaman Reformasi, banyak gereja Protestan tidak melanjutkan tradisi membuat tanda salib ini, walaupun sebagian gereja tetap ada yang melakukannya, seperti, sebagian gereja Lutheran, gereja Anglikan, dan gereja-gereja Timur dan Orthodox.

Tanda salib bagi orang Katolik, adalah tanda peringatan akan kemenangan salib Kristus yang merupakan karya Tritunggal Mahakudus, yaitu Allah Bapa, Putera dan ROH KUDUS. Maka kita harus membuatnya dengan sikap hormat dan syukur. Kita membuat tanda salib jika:

  • memulai dan mengakhiri doa, baik doa pagi, malam, doa sebelum dan sesudah makan, dan doa pada kesempatan lainnya.
  • melewati bangunan gereja Katolik, untuk menghormati keberadaan Tuhan Yesus dalam Tabernakel
  • memasuki bangunan gereja
  • di dalam menghadapi kesulitan dan bahaya (misal, pada saat menerima kabar buruk, pada saat kita mengalami percobaan, pada saat mendengar ambulance atau mobil pemadam kebakaran, dll)
  • pada saat mengunjungi kuburan
  • pada saat kita melihat salib Yesus/ Crucifix.
  • pada saat-saat lain yaitu pada saat kita ingin mengusir ketakutan, kejahatan dan godaan jahat.

Maka mungkin yang dilakukan oleh para atlet itu adalah untuk mengusir rasa takut, sehingga mereka membuat tanda salib. Jika mereka melakukannya dengan iman, maka itu adalah sesuatu yang baik.

Salam

I see

Ternyata tanda salib ada sejarahnya

Thanks for sharing

Ada kebiasaan di Barat dengan istilah cross fingers

Tetapi sepertinya ini tidak umum di dalam Katolik.

SALIB ATAUKAH SALIB TERBALIK ?

coba berdiri didepan cermin, lalu lakukan gerakan membuat tanda “salib” spt yg biasa dilakukan oleh kalangan tertentu itu

  1. dari Dahi ke tengah dada
  2. bahu kiri ke bahu kanan

perhatikan panjangn antara garis 1 dan garis 2, bukankah itu lebi nampak sebagai SALIB TERBALIK ?

silahkan coba sendiri dirumah di depan cermin kalian

lalu … apakah arti dari SALIB TERBALIK itu … ? hmmmm

Kalau tidak salah artinya Salib Santo Petrus.

Salam

betul juga :afro:…bukankah Petrus disalib terbalik.


Sekedar catatan tambahan kalau Rasul Andreas mati di salib seperti Petrus, tetapi dengan salib berbentuk X. Dia memberitakan Injil kepada banyak bangsa Asia dan menjadi martir di Edessa dengan disalibkan pada kayu salib berbentuk X, yang kemudian dikenal sebagai Salib Santo Andreas.


Salib baik itu terbalik atau tidak tetaplah salib sebagai tanda kemenangan. Tidak pernah ada setan yg disalibkan. Coba tunjukkan di Alkitab ayat yg berbunyi SALIB TERBALIK adalah simbol SETAN. Jadi kalau ada yg namanya gereja setan mengadopsi salib santo petrus justru mereka kecele, karena mereka justru menggunakan simbol2 kristinani. Jauh sebelum adanya gereja2 setan, tradisi salib terbalik dikenal sbg salib Santo Petrus dia merasa tidak layak untuk disamakan dengan TUHAN karena itu memilih untuk disalib terbalik. Gereja Katolik menggunakan simbol salib terbalik di kursi Paus untuk mengingat bahwa Paus adalah penerus Rasul Petrus, pemimpin Gereja pertama, yang wafat dengan disalibkan terbalik. Menurut kesaksian para Bapa Gereja di abad pertama, Rasul Petrus yang dihukum mati dengan disalibkan, memilih untuk disalib terbalik karena merasa tidak layak untuk mati dengan cara yang sama dengan Kristus.

Yang mendirikan gereja setan yah manusia juga. Pernahkah setan hadir dalam sejarah dunia ini kemudian mendirikan gerejanya setelah ia disalib terbalik??? Itu interpretasi keliru dari manusia pendiri gereja setan! Maksud hati menentang TUHAN tetapi salah mengartikan simbol2 Kristen.

Selain salib terbalik ada jg salib X yg identik dengan Salib Santo Andreas. Siapa tahu mungkin kelak ada gereja lucifer yg akan buat salib X dan mengklaim itu tanda gereja tsb terkontaminasi setan.

Aneh2 saja ulah manusia pendiri gereja setan. Bahkan dalam Ibadat gereja Katolik yg kadang menggunakan kemenyan dituduh bahwa itu ritual setan. Jauh sebelum gereja setan, atau dukun2 menggunakan kemenyan umat perjanjian lama terlebh dahulu menggunakannya. Bahkan di kitab wayu jg tertulis:

Why 8:3-4
Maka datanglah seorang malaikat lain, dan ia pergi berdiri dekat mezbah dengan sebuah pedupaan emas. Dan kepadanya diberikan banyak kemenyan untuk dipersembahkannya bersama-sama dengan doa semua orang kudus di atas mezbah emas di hadapan takhta itu. Maka naiklah asap kemenyan bersama-sama dengan doa orang-orang kudus itu dari tangan malaikat itu ke hadapan Allah.

Persembahan wewangian tersebut bahkan secara khusus diperintahkan Tuhan kepada Musa untuk menghormati kehadiran-Nya di dalam Tabernakel/ Kemah Pertemuan dalam Perjanjian Lama.

Kel 30:34-37
Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Ambillah wangi-wangian, yakni getah damar, kulit lokan dan getah rasamala, wangi-wangian itu serta kemenyan yang tulen, masing-masing sama banyaknya. Semuanya ini haruslah kaubuat menjadi ukupan, suatu campuran rempah-rempah, seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah, digarami, murni, kudus. Sebagian dari ukupan itu haruslah kaugiling sampai halus, dan sedikit dari padanya kauletakkanlah di hadapan tabut hukum di dalam Kemah Pertemuan, di mana Aku akan bertemu dengan engkau; haruslah itu maha kudus bagimu. Dan tentang ukupan yang harus kaubuat menurut campuran yang seperti itu juga janganlah kamu buat bagi kamu sendiri; itulah bagian untuk TUHAN, yang kudus bagimu.”

Kelihatannya setan kurang kreatif. Yesus dan pengikutnya disalib, setan jg ngak mau kalah pakai salib juga. Menyembah TUHAN pakai kemenyan, setan jg ngak mau kalah minta kemenyan.

Wow…baru tau sejarah ny, dulu kirain hanya simbol, thanks sharing nya…

membuat tanda salib?
gampang

Demi nama Bapa dan Putra dan ROH KUDUS. Amin

pakai ujung jari telunjuk, ujung jari tengah, dan ujung jari manis secara bersamaan…

mula2 arahkan ke dahi, ucapkan Demi nama Bapa.
kedua, arahkan ke dada, ucapkan dan Putra.
ketiga, arahkan ke bahu kiri, ucapkan dan ROH KUDUS.
terakhir, arahkan ke bahu kanan, ucapkan Amin.

gitu aja kok repot? hehehehe xD

tambahan, pake tangan kanan, hehe xD

Ini nanya betulan, bukan becanda ya:

Bagaimana untuk kasus orang yang tidak punya tangan kanan, atau bahkan tidak punya tangan sama sekali. Tentu gak bisa buat tanda salib. Apakah cukup diucapkan saja?

Ya, kalau tidak punya mulut atau bisa, didalam hati saja juga sudah cukup.

Salam

Sebagian orang tua setiap pagi saat mengantarkan anak ke sekolah selalu memberikan berkat dengan membuat tanda salib menggunakan ibu jari di dahi anaknya

Salah satu iklan kreatif yg ada kaitannya dengan threat saya… jangan terlalu dianggap serius. PERINGATAN BAGI SETIAP WANITA KALAU MAU CUCI MATA LIHAT DULU SIAPA ORANGNYA!

Banned Coke Coca Cola commercial White Collar Sandy Beach Sand

Shalom,

Bro CLAY, bagian dari dari Alkitab yg menyatakan pembuatan tanda salib adalah merupakan hal penting dalam Rancangan Allah tentang Pemulihan Tabiat Allah pd manusia?

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Saya menjawab dengan mengajuka pertanyaan yang sama kepada anda, adakah Alkitab mewajibkan Gereja2 memasang salib? Atau anda wajib menggunakan kalung salib? Baju bermotif salib? Atau bendera dengan logo salib?

Shalom,

Nah, jawban Bro atas pertanyaan saya akan menjadi jawaban atas pertanyaan Bro ini. Monggo Bro dijawab pertanyaan saya.

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

iya aku cari2 dimana ya ayatnya petrus disalib terbalik, mungkin anda bisa tahu ayatnya.
Syalom.

Coba baca judul topik, dan baca pertanyaan anda, menurut anda OOT atau tidak?