MEMBUAT TANDA SALIB

lo lo lo kok kau yang protesss? apa gue mesti bikin thread baru : ayat petrus disalib terbalik dimana?
ngacir dulu ya bokongku panas

Di alkitab memang tidak ada ayatnya .

Quo Vadis, Domine?
Kata ini mengandung sejarah yang pernah terjadi dalam tradisi sejarah gereja. Konon ketika Roma dibakar oleh Kaisar Nero (Lucius Domitius Ahenobarbus), orang Kristen teraniaya. Ia membunuh ibunya sendiri dan meracuni bibi yang membesarkannya. Aniaya yang dilakukan terhadap orang Kristen sangat kejam. Ia suka membuang orang Kristen ke kandang binatang buas menjadi tontonan yang mengasyikkan.

Petrus berlari meninggalkan kota Roma untuk menyelamatkan diri, tetapi di jalan ia bertemu dengan Tuhan Yesus yang berjalan bertentangan dengan arahnya. Ia bertanya: “Hendak kemana Tuhan?”( QUO VADIS , DOMINE ?), Tuhan Yesus menjawab bahwa Ia akan masuk kota Roma untuk mendampingi umat-Nya. Petrus merasa tertegur. Ia malu. Ia menyadari sikapnya yang pengecut, tidak bertanggung jawab dan mencari kenyamanan. Kemudian ia kembali ke kota Roma, dan tentara -tentara Romawi dengan mudah menangkapnya . Menurut cerita dalam sejarah gereja, ia mati disalib dengan kepala di bawah. Dalam tradisi gereja, Petrus sebelum mati berkata bahwa kalau Tuhannya mati dengan kepala di atas, ia tidak layak mati dengan kepala di atas, maka ia disalib dengan kepala di bawah.

Silahkan teruskan OOT nya, nanti kau sendiri yang kena banned lagi…

FK koq dijadikan tempat sampah? Ya sampahnya yang dibuang ke bantar gebang…

;D ;D ;D ;D ;D

katolik membuat tanda salib terbalik, bisa diartikan bahwa : orang katolik membuat TANDA SALIB PETRUS dan bukan salib Yesus.

Bravooo …

jelas sudah

Yesus disingkirkan, dan manusia di tinggikan

tetapi juga bisa menjadi ingat akan, “loh tanda salib terbalik dari grj xxx dipakai orang katolik”.

Yang lain ngomong apa yang satu ini ngomong apa.
Entah kapan sadar dan balik normal lagi anak satu ini…

silahkan kamu ke cermin, dan lihatlah gerakan tanganmu membentuk tanda salib. Perhatikan panjang sumbu salib yg kamu buat. Perhatikan, apakah kamu :

  1. membuat tanda salib

    ataukah

  2. membuat tanda salib TERBALIK

Silahkan masing masing praktek di depan cermin di rumah masing masing

oke bro, akan gue coba… hahahaha ;D

oke, dimengerti dan thank you ketikannya.

loch sudah sy coba praktekin nich bro
kok bukan bentuk salib apalagi salib terbalik ya??
anda diajarin sama sapa ya, sampe bisa jadi salib terbalik ya??
belajar sendiri ya?? atau diajarin anggota gereja xxx yang anda maksud sebelumnya?
kalo saya lcoba malah kaya pertigaan tuch :coolsmiley:

ah masa malah jadi kayak lampu setopan di pertigaan gitu ?

nih lebih gampang lagi cara praktikumnya :

ambil selembar foto, lalu pakai spidol, gambarlah garis vertical (dahi - dada) dan horisontal (bahu kiri - bahu kanan) pada titik titik spt yg biasanya titik tempat membuat tanda “salib” tersebut

coba lihat, bentuk cross yg muncul , apakah berbentuk SALIB atau SALIB TERBALIK.

cara ini lebih mudah, karena jelas terlihat secara visual dengan menggunakan spidol

kalau tidak percaya, silahkan buktikan sendiri di rumah.

ya e lah…

sudah pada ngerti nggak apa makna tanda salib bagi orang kristen…?

hahaha, lebih mudah anda dateng ke gereja katolik bro
liat langsung saja ;D
seumur saya saat ini, belum pernah saya liat orang katolik membuat salib terbalik seperti yang bro maksud

sambil ditimbang kalimat saya
silakan renungkan Roma 14 : 9 - 12 ya bro

@gandrunk

haha, saya lagi mencoba menyelami pola pikir bro bejonpetra :mad0261:

Kalau menyelam pilihlah tempat selam yang jernih dan indah, raja-ampat, bunaken, misalnya, kalau menyelami pikiran ‘beliau’ bagaikan menyelam di kali sunter, bro, hitam pekat dan berbau busuk.

:cheesy: :cheesy:

https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSFzzEe9UJY0MletAeLzDWjO17470oArN1zYHhF5il7Ul11i3wRYg

Inilah TANDA yang kita kenang…
PenderitaanNya di kayu salib sungguh tak tertahankan, semua dengan rela dilakukanNya demi kita, anda dan saya.
Tolong jangan jadikan tanda itu sebagai sarana becanda dan olok-olok.

Dear bejoNpetra,

Sepertinya anda terlalu terpengaruh oleh bahasan2 secara fisik dan mungkin terpengaruh dengan issue yg berkembang dengan adanya tanda salib terbalik adalah pemuja Setan ataupun sebagainya.
Maka saya akan luruskan kepada anda sedikit makna pembuatan tanda salib yg dilakukan Umat Katolik namun sebelumnya saya ingin bertanya jika anda pernah melakukan aktifitas dengan tubuh anda apakah anda pernah membuat tanda atau symbol ataupun gerekan tubuh lainnya bagaimana jika pada saat itu dengan adanya issue yg berkembang bahwa gerakan tubuh anda adalah pemuja Setan ? bukankah ini hal yg terlalu sempit untuk langsung kita artikan.
Baiklah saya akan menjelaskan makna2 yg tersimpan tentang tanda salib yg dilakukan Umat Katolik
-Pertama kami mengucapkan Atas Nama Bapa seiring tangan kanan kami menempel di Dahi bahwa pengertiannya adalah kami berucap dengan kata dan pikiran kami yaitu Akal yg diciptakan oleh Allah Bapa untuk menjernihkan pikiran dan selalu mengingat apa yg diperbuat juga melalui pikiran kita supaya selalu mengingat hanya Atas nama Bapa ALLAH YANG MAHA ESA kami dapat menjalani kehidupan sesuai yg direncanakannya baik itu buruk maupun bahagia.
-Kedua kami mengucapkan Dan Putra seiring tangan kanan kami menempel kearah dada maksud dari ini adalah Kami umat Katolik percaya bahwa Dihati dan Jantung kami bernafas ada Putra Allah yg rela berkorban untuk kita semua dan Dihati kitalah untuk diingatkan supaya kita jangan pernah berpaling dari Putranya dan jangan pernah tidak memberikan Kasih kepada seama umat manusia seperti yg ditanamkan Yesus Kristus kepada semua umat manusia.
-Ketiga kami mengucap Dan Roh Kudus seiring tangan kanan kami menempel di bahu kiri ini dimaksud bahwa kami percaya bahwa di dalam jiwa kami terdapat Roh Kudus yg diberikan oleh Allah Tuhan kita sekarang dan segala masa.
-Keempat kami mengucap Amin seiring tangan kanan kami menempel dibahu kanan ini dimaksudkan bahwa kami selalu mensyukuri dengan kedua tangan dan seluruh jiwa raga kami apa yg telah diberikan dan tidak diberikan, apa yg direncanakan dan apa yg tidak direncanakan oleh Tuhan Allah kita.

Jika anda bertanya kenapa harus dikeempat bagian tubuh itu kenapa tidak ditempat yg lain kurang lebih seperti ini mengapa anda tidak menaruh kursi diatas meja lalu duduk , atau mengapa tempat tidur anda tidak ditaruh kulkas ?
dan jika anda bertanya bagimana jika dilakukan di bagian tubuh lainnya saya mungkin bisa mewakili umat katolik untuk menjawab itu Sah-sah saja namun apakah pantas atau tidak itu tergantung yg melakukannya.

Maka saya hanya ingin memberitahukan bahwa pandangan itu bisa positif dan bisa negatif dan juga bisa dinilai buruk dan baik tergantung bagaimana anda menyikapinya jika berpikiran sederhana saja maka hanya ada satu kesimpulan tetapi jika anda memperbesar pandangan maka akan banyak kesimpulan tinggal bagaimana anda menyikapinya.

sepaham bro loffiel

tanda salib pada orang katolik bukan hanya sebagai peringatan
tapi mengandung arti yang lebih dalam
dengan pikiran kita mengenal Bapa
menempatkan Putra dalam hati kita, merasakan Roh Kudus dalam hati kita
setelah itu diamalkan

silahkan praktek sendiri di rumah, apakah gerakan itu membentuk :

  1. tanda SALIB

ataukah

  1. tanda SALIB TERBALIK

semudah itu saja.

Shalom,

Bro Loffiel, mengapa tidak juga menunjuk lidah, agar selalu mengajarkan kebenaran dalam Alkitab, bukan yang tidak ada di dalam Alkitab?

Mengapa pula tidak menunjuk ke arah ginjal, agar bila ada ajaran-ajaran tradisi manusia yg mensinkretis ajaran Alkitab menjdi bersih, seperti ginjal membersihkan darah?

Mengapa pula tidak menunjuk anus dan saluran kemih, menunjukkan ajaran2 yg tidak sesuai dengan Alkitab dibuang?

Mengapa pula tidak menunjuk alat kemaluan dan alat reproduksi lainnya, agar ingat bahwa keturunan (anak) harus diajarkan ajaran Alkitab berulang-ulang sebagaimana dikatakan dalam Ulangan 6?

Atau setidaknya bergantian, hari ini menunjuk dahi, besok menunjuk ginjal, dlsb?

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Sangat disayangkan Saudara bejoNpetra terlalu terpaku oleh tanda salib atau tanda salib terbalik ataupun symbol2 lainnya pada gerakan tubuh.
Padahal juga hal yang sangat mudah untuk anda pahami karena kami umat Katolik tidak membuat tanda salib tapi kami merenungi melalu perkataan ,pikiran dan hati .

Bisakah anda menjelaskan dari pernyataan anda itu bagaimana yg benar dan bagaimana yg salah ?
dan jika salah dapat kah anda menjelaskan salahnya dimana lalu tolong dijelaskan seperti apa yg benar itu ?
kalau Anda hanya mempermasalahkan symbol yg digerakan tubuh membentuk salib terbalik atau tidak itu saya rasa tidak ada maknanya sama sekali.