membunuh peliharaan tanpa disengaja..... :(

hi salam kenal saya anak baru disini saya ingin bertanya jika membunuh peliharaan secara tidak disengaja itu dosa atau engga ya ? saya tadi pagi sebelum kesekolah tidak sengaja menginjak hamster saya dia pingsan dan tidak “mejret” tapi kayaknya ada luka dalam, alasan saya melepas hamsternya dia terlalu gendut dan jarang olahraga jadi saya lepas biar dia sehat, lalu saya taruh di kandangnya sambil cemas dan minta maaf sama dia karena saya buru2 kesekolah, kebetulan saya ke sekolah di anter ayah saya . nah setelah di sekolh saya nangis setelah menceritakan itu ke teman saya saya bilang “mendingan dia mati aja deh daripada harus kesakitan” lali tidak lama kemudian saya pulang untuk mengambil tugas ujian praktik yang harus diketik tepatnya lupa dibuat berkenda kerumah pun dengan ojek sambil ingin nangis2 sedikit . sampai runah ia menninggal dan saya kuburkan , saya disitu benar benar merasa bersalah sama tuhan dan sama hewan peliharaan saya .bahkan saya berfikir bahwa saya akan mendapatkan karma jangan sampai semua orang bahkan guru dan teman teman saya ada yang ketawa ngedenger cerita saya “ya ampun cuma hamster doang” pikir mereka , tapi saya ga ngerasa begitu ga tau kenapa saya mempunyai pandangan bahwa hewan itu seperti teman saya dan patut dikasihi malah kasih saya kadang kadang sama kaya manusia sama hewan itu, saya suka mengada2 di dalam pikiran saya misal hewan itu pas meninggal bilang “kok kamu tega sama saya ? kok hidup saya kasihan banget udah jadi hewan terus disiksa” mungkin lucu bagi kebanyakan orang tapi saya nganggap ini serius saya sampe berdoa sama tuhan buat ngejaga dia di sorga dan bilang minta maaf ke dia . dan satu hal lagi pikiran saya ini aneh aneh, saya suka membuat pikiran aneh sendiri kalau lagi iseng . misal di angkot saya tiba tiba berpikir bahwa nanti ada kejadian seperti film final destination , dan mimpi2 saya cemasin,atau saya juga berpikir tentang alien kadang saya pikir alien itu ada mungkin tuhan mengasihi dia juga, far far away disana . saya bingung sekarang kok saya begini amat ya padahal saya sering meyakini dirisaya sendiri untuk berpegang kepada alkitab

;D upssss :tongue:

umurnya berapa sih??
miara hamster jenis apa? campbell ato syria?
yang udah lewat biarlah lewat, yang penting laen kali lebih hati2. :wink: dulu saya juga pernah, secara ga sengaja ngebunuh anak kucing. maksudnya mau nakut2in, tapi ujungnya beda. sempet ngerasa bersalah juga, tapi yaudah lah. :tongue:

Jangankan hewan, membunuh manusia tanpa sengaja juga tidak bersalah koq. Namanya juga tidak sengaja.

Take it easy, bro.

masa si?

hebaat… kalo tabrakan yang tak sengaja, mengapa penabrak nya dikejar? bahkan di massakan…

he he… aya aya wae ente bro…

Maksud anda penabrak, kan?
Menabrak adalah tindak kesalahan dalam berlalu lintas.
Anda paham hukum ngga? Ada undang undang nya bro.

apa undang undangnya?

apa undang undangnya kalo kepala nya hancur?

apa undang undangnya kalo badannya remuk?

apa undang undangnya kalo semua persendiannya remuk, tapi masih hidup dirumah sakit?

hayoo, berbagilah ke saya mas bro yang baik… ;D

Anda bertanya perihal yang sama, nak.
Urusannya bukan berapa besar kehancuran tubuh korban yang anda tabrak, tetapi anda menabrak korban higga mati. Dan itu ada undang undang nya.
Paham?

Pasal 310 ayat (3) dan ayat (4) UU LLAJ

Pasal 310
(3) Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang karena kelalaiannya mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas dengan korban luka berat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 229 ayat (4), dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rpl0.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).

(4) Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).

Semoga jelas dan bermanfaat ya.

klo di negara hukum biasanya orang yg membunuh manusia(biarpun tidak ada kesengajaan) bakal dikriminalisasi sih,minimal krn tuntutan dari pihak yg kehilangan/merasa dirugikan &atas dasar kelalaian yg membahayakan nyawa orang lain.dalam 10 perintah Allah aja jelas2 dibilang jangan membunuh.jd siapa bilang membunuh manusia itu tidak bersalah??

Dear edsheeps,

Don’t be sad berkepanjangan dan berkhayal negative macam-macam.
Yang penting kamu sudah kuburkan dengan layak dan membuktikan janji tidak akan mengulanginya lagi dengan lanjut memelihara hewan lainnya.
Bagi orang beriman yang berpegang kepada Alkitab, tidak sengaja killing our pets sama deep guiltynya kok dengan tidak sengaja killing hewan yang bukan our pets. For example menabrak dog/cat/ular, dlsb.
Apakah kamu sudah pernah membasmi tikus, kecoa, hama wereng ?
Coba saja dan rasakanlah bedanya di perasaan hatimu, mungkin itu bisa menjadi terapi buatmu hhaa.
Tersenyumlah kembali kepada semua makhluk hidup dear! :slight_smile:

Adik edsheeps, jangan kuatir. Hewan dan tumbuhan ada di bawah kekuasaan manusia, lagipula adik tidak sengaja :slight_smile:
Itu adalah hewan peliharaan adik, asal dengan catatan adik tidak bertindak semena2. Kalo tidak sengaja, tidak mengapa :slight_smile: Sama aja dengan menepuk nyamuk, kecoa, atau memotong ayam untuk di goreng dan dilahap :slight_smile:

Urusan nyawa manusia dengan hewan-tumbuhan harus dibedakan. Nyawa manusia tidak dalam wewenang kita, biarlah itu jadi hak prerogatif TUHAN selamanya, bahkan nyawa kita sendiripun ada dalam tangan TUHAN. Makanya dilarang keras bunuh diri, nyawa manusia hidup mati, itu urusan TUHAN semata :slight_smile:

Kejadian 1:
28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

29 Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

Damai sejahtera bagimu adik edsheeps :angel:

Maaf sodara saya tidak sepaham dengan tulisan saudara sniperX, maksud saudara baik tapi cara penyampaian sodara sniperX terkesan merendahkan orang :slight_smile: Sampaikanlah argumen sodara dengan kasih tidak dengan kata2 kasar seperti diatas.

Kasih dan kasih KRISTUS lah yang sempurna selamanya dan patut kita teladani. Kasih kepada TUHAN dan kasih kpd sesama manusia seperti dirimu sendiri (matius 22:37-40), dan pada kedua hukum tersebut tergantung seluruh hukum taurat.

Salam damai,

Poppy Purity :angel:

Dear Poppy Purity,
Maaf sist, bisa tolong di review kembali perlahan-lahan tulisan sdri. Poppy yang saya bold above ? :slight_smile:
It is confusing me :slight_smile:
Arigato

Oh baiklah brother Khristo. Kita semua tentunya pingin donk di sayang sesama :slight_smile:
Nah jika ingin dapat kasih sayang dr sesama, kita mulai dari diri kita dulu.
:onion-head80:

Apa yang tidak kita suka orang lain lakukan pada kita, jangan kita perbuat. Kalo kita “tidak mau dicubit” orang lain, ya jangan mulai “mencubit” orang lain :slight_smile: Jika tidak ingin orang lain berkata-kata kasar dengan kita, ya jangan berkata2 kasar sama orang lain :slight_smile:

Itu sama dengan prinsip tabur tuai brother Khristo. Karna apa yang kita tabur pada orang lain apakah baik atau buruk, itu pula yang kita tuai. Makanya kita dituntut untuk sayang sesama seperti kita sayang pada diri kita sendiri.
Semisal:
-Seorang ayah jaga kesehatan dengan tidak merokok, maka dia akan memperlakukan hal yang sama kepada anaknya untuk tidak merokok. Si ayah pingin anaknya juga sehat sama seperti dirinya.

Kita tidak bisa menuntut orang untuk berbuat baik bagi kita, jika kita sendiri tidak melakukannya :slight_smile:
:onion-head55:

Salam,
Poppy Purity :angel:

Dear sist Poppy thank you penjabarannya, tapi bukan itu yang membingungkan saya.
Sekali lagi bisa tolong review baca perlahan-lahan tulisan sist Poppy yang saya tandai tebal dan garis bawah di atas ?
I am worry bukan saya saja yang nanti akan confuse membacanya.
Atau mungkin begini saja, bagaimana kalau saya bertanya, menurut sist Poppy Hukum Kasih mengatakan apa saja? dan Hukum Taurat mengatakan apa saja selain jangan membunuh?

Harap dimaklumi ya, i am sorry kalau tidak berkenan, saya ingin menghindari miss understanding diri saya sendiri terhadap Firman Tuhan tentang Hukum Kasih & Hukum Taurat, that is all.
Arigato

Itu saja yang bisa saya sampaikan brother Khristo, harap dimaklumin. Karna saya sudah menjawabnya di koment saya sebelumnya dan itu sudah menjawab sesuai pertanyaan bro khrist dan topik juga saya sudah jawab. Coba baca baik2 lagi dan resapi :slight_smile: Saya tidak mau OOT make it simple aja :slight_smile:

Jangan kebanyakan worry brother khristo, ga perlu bingung. Semua uda pas kok :slight_smile:

Salam :angel:
Poppy Purity

Baik sist Poppy, terima kasih.
Mungkin pemahaman saya tentang Isi Kalimat Hukum Taurat tidak sama ya dengan apa yang sist Poppy baca selama ini : "Di dalam hukum taurat ada dikatakan, kasihilah sesama manusia seperti dirimu sendiri" ,
confusing entah siapa yang tertukar Alkitabnya hhhaa, kok saya baca kalimat tersebut di Hukum Kasih di Perjanjian Baru di Matius 22:39 ?
Terimakasih sist Poppy sudah memberikan pencerah yang pas bahwa itu juga ada di Hukum Taurat ya. O my goodness it’s my mistake, ternyata di Hukum Taurat ada kalimat itu juga ya. I am realy sorry dear hhaa.
So let’s make it simple and pas ya dear. Keep on smiling and dont worry i’m not worry anymore :slight_smile:
Arigato

Haha itu toh yang buat bro bingung, ngobrol donk.

Penjabaran saya pas kok, sesuai apa yang brother tanyakan :slight_smile:

Koment yang bro bingungkan itu, tadi saya tujukan pd sniperX, baca deh baik2 karna saya tidak setuju dengan argumennya yang merendahkan rekan yang lain. Bukan menanggapi tentang topik ini.

Ada 2 koment awal di topik ini yang saya tujukan kepada 2 member yang beda, 1 kepada sniperX sekaitan argumennya yang tidak saya setujui terkesan merendahkan. 1 lagi kepada TS sesuai topik pertanyaan.

Salam :slight_smile:

Makasih bro khristo buat ayatnya, sudah saya klarifikasi di argumen saya sebelumnya di bagian sniperX biar tepat pada pokok persoalan.

Gbu :slight_smile:

maaf neh kk oot yah … (keluar dari topik pertanyaan kamu)

he he… emang kamu terlalu sangat sensitif yah… terlalu peka dan terlalu perasaan…

mungkin kamu menganggap marmut itu sebgai sahabat kamu, sehingga kamu pikirkan perlu juga ia utk olah raga agar ga ke gendutan, karena menurut kamu jg ga baik terlalu gendut…

eh malah ga sengaja kamu injek, sekarang buat @edsheeps, ga apa apa berkabung buat dia (binatang kesayangan kamu)

pasti yang baik nanti ia dapatkan dimana ia nantinya (binatang peliharaan kamu)… sekarang tenangin perasaan kamu, kalau semua itu terjadi tanpa sengaja…
jauh dilubuk hati kamu, kalau kamu ingin yang terbaik buat peliharaan kamu… jadi ketidak sengajaan kamu itu membuat , pasti di alami orang lain…

jangan mikir yang aneh aneh, ga baik buat kamu, Tuhan lebih sayang sama kamu dari pada binatang peliharaan kamu…

nah kalau kamu aja bersusah hati, akan ketidak sengajaan kamu, Tuhan malah menjadi khawatir sama kamu, takut perkembangan tubuhmu jadi ga perfect, khawatir perkembangan psikologis (kejiwaan kamu) seolah terhambat…

so…

mulai sekarang , berpikir kalau semua ketidak sengajaan kamu pasti dimaafkan oleh siapapun, mungkin juga oleh binatang peliharaan kamu kalau , binatang peliharaaan kamu punya perasaaan yang peka sperti kamu juga…

ga apa sih, kamu merasa harus sperti sedih karena kehilangan dia…, esok atau lusa kamu pasti udah lupa akan itu…

:afro: :afro:

hahaha… apa yang anda rasakan dari pikiran anda itu wajar2 saja… semua orang juga pasti pernah merasakan hal demikian… justru itu bisa anda gunakan sebagai peringatan agar anda bisa lebih waspada… dan bisa melakukan tindak pencegahan lebih awal… gunakan itu dengan baik…

mengenai ketidak sengajaann… itu tidak apa2… apa yang terjadi kemudianlah yang dinilai oleh TUHAN… misalnya anda benar2 sangat menyesal… dan dikemudian hari menjadikan anda lebih berhati2 dan lebih menyayangi binatang… akan tetapi jika anda tidak merasakan apa2… bahkan cenderung meremehkannya… hati2lah… sebab segala sesuatunya akan dipertanggung jawabkan di depan TUHAN… dan mereka bisa bersaksi atas ketidak adilan manusia…

berikut saya sertakan link tentang binatang pengganggu dan apa arti mereka bagi TUHAN…

Binatang yang merugikan - Message of a Messenger - 48. Binatang yang merugikan - NonTrinitarian - ForumKristen.com