MENANGANI MOOD

Sikap hati kita menjalani rutinitas sehari-hari sangat penting di hadapan Tuhan. Dari keseharian kita, orang melihat kesaksian hidup kita: suatu hidup yang berbeda dengan orang-orang duniawi yang belum mengenal Kristus. Itu sebabnya lebih penting bagaimana kita membawa diri - dalam ketulusan & sebagaimana adanya kita, bukan dalam kemunafikan- setiap hari daripada sekedar menunjukkan wajah alim di hari Minggu saat ke gereja. Salah satu yang penting kita perhatikan adalah bagaimana kita menangani mood (perasaan atau emosi) kita sehari-hari.

Amsal 15:13 memberitahu kita bahwa ‘kepedihan hati mematahkan semangat’ lalu di ayat 15 dilanjutkan bahwa ‘hari orang berkesusahan buruk semuanya’. Artinya, dampak dari suatu kondisi hati yang suram sangat besar. Hari yang kita jalani ditentukan cerah tidaknya oleh suasana hati kita - yang bisa berimbas pula pada hidup rohani kita hari itu. Hati yang muram - entah disebabkan memang ada faktor luar (peristiwa tidak menyenangkan) atau faktor dalam diri kita yang sering berpikiran negatif - membuat hari-hari kita seolah ditutup oleh awan gelap. Selanjutnya keluhan, omelan, sungut-sungut, juga amarah menjadi pengisi sepanjang hari itu!

Hati yang muram (bad mood) biasanya disebabkan ada kesedihan atau ketidakpuasan. Itu melemahkan kekuatan kita menjalani hidup & menarik kita ke jurang depresi atau stress.

Kunci kemenangan ada di Amsal 15:15b ‘orang yang gembira hatinya selalu berpesta’. ‘Gembira hati’ sebenarnya bisa diterjemahkan ‘kondisinya hatinya baik’. Kata ‘baik’ tsb ialah kata yang sama yang digunakan membicarakan kebaikan Tuhan. Di sanalah rahasianya. Suasana hati kita baik saat hati dipenuhi kebaikan-kebaikan Tuhan. Bukan ingat-ingatan yang buruk tentang banyak hal melainkan kenangan-kenangan indah akan kebaikan Tuhan. Bahkan lebih dari itu, sebab kebaikan Tuhan selalu ada di sekeliling kita!

Saat kita muram, kita harus belajar ‘mengecap & melihat betapa baiknya Tuhan itu’ (Maz. 34:9).

Ratap akan menjadi tarian.
Hari suram menjadi pesta sepanjang hari.

Salam revival! GBU.

Bpk. Peter Bambang. MA

Shalom. Salam Revival!
Bagi Saudara yang RINDU mendapatkan Update Broadcast BBM Renungan Harian setiap hari & Bimbingan Konseling Rohani untuk BERTUMBUH dalam TUHAN dari Bpk. Peter Bambang. MA
Silakan invite Bpk Peter. B PIN BB: 7D337F89 Gbu.

Bangkitlah Murid-Murid Kristus Yang Radikal & Militan di Indonesia. Amin.

http://worshipcenterindonesia.blogspot.com/2014/10/mulai-digenapinya-pesan-tuhan-nubuatan.html