menanyakan isi injil yang membingungkan bagi umat kristiani (2)

18:1 Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham, dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.

1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah, tetapi Anak Tunggal, Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

kan bingung :
ayat pertama menyatakan tuhan menampakakan diri kepada abraham.
ayat kedua menyatakan Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah[/u][/b], [b][u]tetapi Anak Tunggal.

mana yg bnar neh???

Yoh 1:18
Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Kej 18:1 Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.

ke 2-2 nya benar
Abraham hanya melihat sebatas penampakan saja , sedang yang dimaksud dlm Yoh 1:18 yang dimaksus adl…melihat perkerjaan Allah (hanya Yesuslah ) yang melihatnya … sbb Firman sll bersama dengan Roh Allah

Ternyata hanya untuk cari keributan.

ya sudah, gak perlu di jelaskan.

ha!!!koq bner keduanya???yg bner aja…itu bhs indonesia…klo 1 ayat menytakan prnh diliat anaknya yg tunggal,knp ayat lain mnybutkan diliat abraham???membingungkan???g logika.klo emng sprti yg anda sebutkan itu knp bhs yg digunakan kyk itu???iniukan bibel kitab suci jgn ada yg salah donk…kan asalny dri tuhan…boleh salah tulis tpi knp smua bibel sama seperti itu???dmn pnjlsn logika dan ilmiahnya?

bkn mencari keributan,aq hanya bertanya kpd sodara2 yg bisa mnjwbkan prtnyaan yg membingungkan ini bhkan utk umt kristen sekalipun sy yakin ini membingungkan,klo emng g membingungkan jwb donk…ksh aq pencerahan…

Keduanya benar.

Sekalipun di jelaskan, anda tidak akan dapat menerima penjelasannya. Tidak mustahil anda akan membelok belok ke arah yang lain.

Jika motivasi anda benar, saya tidak keberatan menceritakkannya.

Karena motivasi hanya untuk mencari tantangan, yah sudah, males ah.

Yoh 1:18
Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Kej 18:1 Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.

ke 2-2 nya benar
Abraham hanya melihat sebatas penampakan saja , sedang yang dimaksud dlm Yoh 1:18 yang dimaksus adl…melihat perkerjaan Allah (hanya Yesuslah ) yang melihatnya … sbb Firman sll bersama dengan Roh Allah

Yoh 1:18
Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

“melihat perkerjaan Allah (hanya Yesuslah ) yang melihatnya … sbb Firman sll bersama dengan Roh Allah” g ada tulisan ayat seperti itu…

Kej 18:1 Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.
“Abraham hanya melihat sebatas penampakan saja” g ada tertulis disitu begitu…

jgnlah ditambah2 atau dikurangi sodara 2 itu ayat dlm bibel…artinya membingungkan bukan???aq yakin bibel dari tuhan tpi sdh bnyk campur tangan manusia…buyktinya bnyk yg ambigu n dilematis…klo sy salah kasih pencerahan ke saya

sy g akan membelok belokan kata.sy fokus pada ayat yg membingungkan,ambigu n dilematis aja…bkn moitivasi mencari tantangan tpi pencerahan…mngkin sy salah tafsir…luruskanlah dgn argumen yg bnar…tpi sy juga punya argumen tntngt itu…klo anda emng bner pencinta yesus n mengakui bibel bnar.tntu g mslh bagi anda mnjwb smuanya?ini blom sbrpa …msh bnyk yg ambigu n dilematis…n aq tetap akan fokus pada 1 diskusi permasalahan yg aq lontarkan…

Salam sejahtera,
Saya org Kristen dan pernyataan di alkitab yg saudara kutip itu nggak membingungkan saya, karena saya mengerti benar apa maksud Roh Kudus menggerakkan penulis menulis kata-kata itu.
Langsung saja yah…
Kata ‘melihat’ dalam Yohanes 1:18 punya kesamaan makna dengan kata melihat dalam kisah Yesus dan orang buta berikut ini:
…Kemudian Ia bertemu dengan dia dan berkata: “Percayakah engkau kepada Anak Manusia?”. Jawabnya: "Siapakah Dia, Tuhan? Supaya aku percaya kepada-Nya! Kata Yesus kepadanya: “Engkau bukan saja melihat Dia; tapi Dia yang sedang berkata-kata dengan engkau, Dialah itu!”. Katanya: “Aku percaya, Tuhan!” Lalu ia sujud menyembah-Nya. Kata Yesus: “Aku datang ke dalam dunia untuk mengakimi, supaya barang siapa yang tidak melihat, dapat melihat, dan supaya barang siapa dapat melihat, menjadi buta”.
Kata-kata itu didengar oleh beberapa orang farisi dan mereka berkata kepadanya: “Apakah itu berarti bahwa kami juga buta?”.
Jawab Yesus kepada mereka: “Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu”.
(Yoh 9:35-41)

Kata melihat dalam ayat terakhir dalam kisah di atas memiliki arti “mengerti” atau “mengenal”.
Memang banyak orang yang telah melihat Allah dalam wujud Yesus Kristus, tapi tidak ‘melihat’ dengan benar, artinya: mengerti dan mengenal bahwa Yesus adalah Allah, selain orang yang kepadanya Ia berkenan menyatakan-Nya, seperti orang buta di atas. Yesus telah menyatakan diri-Nya kepadanya dengan berkata: “Dialah itu!”, dan orang buta itu akhirnya dapat ‘melihat’ dengan benar siapa Yesus, sehingga ia dikatakan ‘melihat’. Sedangkan ahli taurat dan orang farisi juga telah melihat Yesus tapi Yesus tidak menyatakan diri-Nya kepada mereka sehingga mereka tetap tidak dapat “mengerti” dan “mengenal” bahwa Yesus adalah Allah, maka itu mereka dikatakan ‘buta’ walaupun dimata manusia mereka tidak buta dan telah melihat Yesus secara lahiriah.

Demikian penjelasan kami, jika anda orang yang mau percaya, anda akan melihat/mengerti/mengenal siapa Yesus seperti org buta dalam kisah tadi, tapi jika anda tidak mau percaya, maka anda akan semakin dibingungkan/dibutalkan seperti orang farisi di atas.

Terima kasih Tuhan memberkati.

18:1 Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham, dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.

1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah, tetapi Anak Tunggal, Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

kan bingung :
ayat pertama menyatakan tuhan menampakakan diri kepada abraham.
ayat kedua menyatakan Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah[/u][/b], tetapi Anak Tunggal.

mana yg bnar neh???

Pertama, kita harus lihat konteks yang dikatakan Yesus Kristus di Yoh 1:18 ternyata memiliki kandungan makna yang setara dengan ayat di Kel 33:20,
ditenggarai dengan kesamaan makna akar kata Ibrani “לִרְאֹ֣ת” (“Lirot”, pada Kel 33:20) dan kata Yunani “ἑώρακεν” (“Eoraken”, pada Yoh 1:18) yang merujuk pada arti “memandang/melihat wajah” (bukan hanya melihat/memandang sosok).

Kel 33:20
20. Lagi firman-Nya: “Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.”

Yoh 1:18
18. Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Nah, pada Kej 18:1 Allah melakukan Theofani (Penampakan Ilahi) dengan adanya kata “וַיֵּרָ֤א” (“vaiyera”, menampakkan/appeared), jadi memang Wajah Allah sendiri tidak dilihat oleh Abraham, melainkan hanya Sosok Allah (Theofani) saja.

Kej 18:1

  1. Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.

Dengan demikian benarlah, bahwa tidak ada seorang manusiapun yang dapat melihat Wajah Allah (sesuai Kel 33:20), lalu bagaimana dengan pernyataan Yesus Kristus bahwa Beliaulah yang menyatakan Wajah Allah tersebut (pada Yoh 1:18)? Demikianlah Kitab Suci memberikan penjelasan bahwa:

2Kor. 4:6
6. Sebab Allah yang telah berfirman: “Dari dalam gelap akan terbit terang!”, Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.

Ibr. 1:3
3. Ia (Yesus Kristus) adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,

Dengan demikian, apakah Kitab Suci secara implisit hendak berkata bahwa “Yesus Kristus bukan sekedar manusia/nabi biasa”? Karena tidak ada seorang manusia yang dapat hidup dengan menyatakan (atau menggambarkan atau melihat) Wajah Allah (sesuai Kel 33:20). Silahkan direnungkan dengan tulus…

Best Regard,
Daniel FS

Kalimat pertama menampakkan, berasal dari kata tampak. Kalimat kedua melihat berasal dari kata lihat. C0nt0h lain penggunaan tampak dan lihat: c0nt0h 1. Kalau anda mau beli rumah, d gambar tertulis tampak kiri, tampak kanan, tampak belakang, tampak depan.Tidak pernah tertulis lihat kanan, lihat kiri, lihat belakang, lihat depan.

Kalimat pertama menampakkan, berasal dari kata tampak. Kalimat kedua melihat berasal dari kata lihat. C0nt0h lain penggunaan tampak dan lihat: c0nt0h 1. Kalau anda mau beli rumah, d gambar tertulis tampak kiri, tampak kanan, tampak belakang, tampak depan.Tidak pernah tertulis lihat kanan, lihat kiri, lihat belakang, lihat depan.

C0nt0h kedua: jika dilihat sekilas, maka tidak nampak perbedaan antara yang asli dan yang palsu. Namun kita bisa melihat dari sisi harga, tekstur bahan, dan kecerahan bahan. Jadi, dari kdua c0nt0h lain di atas, perbedaan kata tampak dan kata lihat. Tampak merupakan penglihatan yang sekejap, dan dalam c0nt0h n0.1 dapat dkatakan sebagai bayangan dari keadaan rumah itu, karena tdk mgkn rumah dbawa2.

Kata lihat merujuk kepada pekerjaan mata yang jauh lebih lama daripada tampak, dan lebih jelas.

Saran untuk al_vin : pelajari kembali bahasa ind0nesia yang baik dan benar ya.

18:1 Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham, dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.

1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah, tetapi Anak Tunggal, Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

kan bingung :
ayat pertama menyatakan tuhan menampakakan diri kepada abraham.
ayat kedua menyatakan Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah[/u][/b], tetapi Anak Tunggal.

18:1 Kemudian TUHAN menampakkan diri kepada Abraham, dekat pohon tarbantin di Mamre, sedang ia duduk di pintu kemahnya waktu hari panas terik.

1:18 Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah, tetapi Anak Tunggal, Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

kan bingung :
ayat pertama menyatakan tuhan menampakakan kepada abraham.
ayat kedua menyatakan Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah[/u][/b], tetapi Anak Tunggal.

bnr bingung krna secara bhs indonesia “menampakkan diri” itu bermakna memperlihatkandiri artinya membuat orng bisa melihat dirinya…tampak depan berarti bisa dilihat dari depan…

“Kalimat pertama menampakkan, berasal dari kata tampak. Kalimat kedua . C0nt0h lain penggunaan tampak dan lihat: c0nt0h 1. Kalau anda mau beli rumah, d gambar tertulis tampak kiri, tampak kanan, tampak belakang, tampak depan.Tidak pernah tertulis lihat kanan, lihat kiri, lihat belakang, lihat depan.”

ilustrasi tadi g pas…ingat menampakkan, berasal dari kata tampak,kata tersebut dah ada tmbhn imbuhan dan akhiran…g lagi sbgai dasar kata dan bermakna transitif 2 objek…sementara melihat berasal dari kata lihat transitif 1 objek…
contoh rumah yg anda tulis g bisa disamakan,krana tampak samping tuh kan tertulis di buku,sementara klo kita mau liat isi buku soal rumah itu mk kita gunakan kata LIHAT."lihatlah denah rumah ini !"tpi g prnh kita dngr “tampaklah rumah ini !”…penggunaannya beda tpi makna berdekatan…klo anda gunakan iulustrasi rumah tsb g kena bnr…karna apapun soalnya tetap mslh pandangan mata ke suatu objek…

Bukannya bro Daniel FS udah menjelaskan yah perihal menampakkan diri dan melihat. Lihat di thread yang kemarin, saudaraku Al_vin.

Salam

Yup benar Santo, saya rasa penjelasan Daniel FS sudah sangat jelas, dan saya hanya menyampaikan dari sisi penggunaan bahasa Indonesianya saja. Dan, saya rasa bro pau_lus juga tidak memahami bahasa Indonesia…

Karena Pau_lus = Al_vin makanya sama2 buta huruf.

Salam