menanyakan isi injil yang membingungkan umat kristen (3)

Memang demikian adanya, berikut ini saya berikan alfabet Ibrani yang memiliki kemiripan sehingga sering terjadi salah terjemah karena manuskrip yang sulit dibaca,

  1. ח (Het) berbeda dengan ה (He) berbeda dengan ק (Qof).
  2. י (Yod) berbeda dengan ו (Vav) berbeda dengan ן (Nun).
  3. ך (Kaf) berbeda dengan ר (Resh) berbeda dengan ד (Dalet).
    Jadi kalau goresan tintanya misalnya Yod luntur kebawah sehingga memanjang akan menghasilkan kata Vav. Atau bila tinta Het pudar dapat membentuk He. Nah, untuk kalimat lebih mudah dikenali karena dapat diartikan sesuai dengan konteks, namun untuk angka akan lebih sulit untuk diartikan, seperti contoh yang pernah saya kemukakan.

Jadi misalnya demikian (bagian […] adalah bagian yang rusak, hilang, atau luntur/tidak jelas terbaca):

  1. Daniel FS sangat suka m[…]ka[…] ayam gor[…][…][…]g
  2. Daniel FS lahir pada tahun 19[…]3.

Tipikal teks no.1) jelas lebih mudah diterjemahkan sebagai “Daniel FS sangat suka makan ayam goreng” dibandingkan dengan teks no.2) yang bersifat angka (sehingga terjemahan manuskrip satu dengan lainnya hanya terlihat mirip).

Anda sendiri juga sudah melihat contoh gambar manuskrip yang saya berikan kan? menurut Anda apakah manuskrip itu mudah untuk dibaca?

mestinya liat manuskrip lain donk..jgn main tulis aja....ingat ini angka beda dikit jauh artinya..klo nama okelah bisa aja bnyk penyebutan....klo angka melenceng dikit jauh tuh larinya......artinya penulisnya g teliti..g cermat..knp bisa jadi ayat dalm salah satu bibel???????itu yg aq bingung.....

Penerjemah tidak dapat mencampurkan satu manuskrip dengan manuskrip yang lain karena aturan codex yang berbeda, BHS (Perjanjian Lama terjemahan LAI) termasuk dalam Codex Leningrad. Mengubah manuskrip BHS dengan memasukkan sistem manuskrip lain (dengan Codex yang berbeda) malah akan dianggap sebagai pemalsuan codex oleh para ahli sejarah dan Arkeologi, sehingga demikian manuskrip diterjemahkan apa adanya.

Satu-satunya koreksi yang dapat dilakukan pada dunia sains Arkeologi ini adalah dengan melakukan referensi manuskrip lain (namun tidak boleh mengubah terjemahan manuskrip yang sedang diterjemahkan).

saya suka ama anda tolong kasih jwbn yg bnr 2 relevan...apakah anda terima bibel anda sembarangan tulis?????? kpd sodara santo bercerminlah dan belajar dewasalah..klo emng anda g mampu jujur aja...jgn main 2 ini serius....mngkin anda mash anak 2 ...ketika buruk rupa cermin dibelah....anda boleh liat coment sodara daniel fs mnghadapi argumen saya.....

sodara daniel sy tunggu jwbnnya,…klo terlalu bnyk posting tolong di private massage boleh…

Sudah cukup relevan kah? :slight_smile:

Best Regard,
Daniel FS

Pesan untuk bro Daniels:

Mat 7:6 “Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu.”

Catatan: anjing dan babi konteks waktu itu adalah gambaran orang2 non Yahudi, kalau konteks sekarang bro…tahu-lah. onion-head55

Salam

Terima kasih untuk wejangan Anda, bro Santo yang disertai Tuhan, anggap saja saya tidak hanya sedang menjawab sang penanya namun juga supaya seluruh orang Kristen disini mendapatkan pengetahuan lebih mengenai Allah dan Alkitab. :slight_smile:

Best Regard,
Daniel FS

klo emng g mudah dibaca kita mesti liat refernsi yg lbh akurat donk…jgn skdr memasukkan data perkiraan…klo dah jelas itu kesalahan …yuk mari kita ubah menjadi benar seperti perintah ayat :

Im 5:5

“Jadi apabila ia bersalah dalam salah satu perkara itu, haruslah ia mengakui dosa yang telah diperbuatnya itu,”

jgn pakai dalih apapun …itu dsbut pembenaran pdhl nyata itu kesalahn dan kekeliruan knp mesti dituliskan???firman tuhan tdk boleh jadi permainan atau olok2…berarti klo kesalahan dibiarkan akan diperolok 2 lah agama itu sendiri,.,…

MESTINYA YG SALAH HARUS DIHAPUSKAN…APAPUN KONDISINYA…

INGAT AJA KONDISI NEGARA KITA AMANDEMEN UUD 45 , ILUSTRASI KECIL AJA …ITU BUATAN MANUSIA OKE BOLEH DIRUBAH…TPI INGAT BIBEL DITULIS OLEH MANUSIA…KITA YG BLJRLAH YG MENGOREKSI JGN MENDIAMKANNYA…AQ DAH COBA KASIH TAU PENDETA SENIOR,…APA KATA MEREKA ??? AQ ADALAH SETAN GENTAYANGAN…

ANDA SENDIRI AKUI KESLAHAN KARAN FAKTOR 2 LAIN.OKE TPI KONTEKSNYA KAN KESALAHAN KAN???APAKAH DIBIARKAN???ITU INTI YG INGIN SY UNGKAP DISINI…SAYA SETUJU AMA ANDA…ANDA ARGUMEN DGN ARGUMEN YG MATANG…TPI INGAT JUGA HASIL AKHIR DRI ANALISA N PENGAKUAN KITA ADALAH MENGEMBALIKAN G SALAH KE DLM KEBENARN…INGATDOMABA YG TERSESAT…BNYK DOMBA YG TERSESAT DLM PENULISAN BIBEL…

SODARA SANTO G MAMPU MNJWB ARGUMEN SAYA SEHINGGA DIA MENCACI MAKI SAYA…DIA BNYK BERDALIH DAN KLUAR DARI KONTEKS KRNA MISKIN ILMUNYA…TPI GPP…BAHKAN DIA G PERCAYA KLO AYAT BERIKUT PERNYATAAN DARI TUHAN :

Kej 17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;

DIA BERTANYA MANA TULISAN YESUS…HANYA ORNG BODOH YG G BISA TAU KLO ITU TUHAN YG MEMBERI PERNYATAAN …DAN DIA G PRNH JWB SIAPA YG MEMBRI PERNYATAAN ITU???

ANDA SODARA DANIEL FS JWBLAH SESUAI DAN SBGAIMANA YG TLH ANDA MULAI…KALAHKAN LAH SAYA…INI SBAGAI PERNYATAAN TANTANGAN SAYA…KALAHKAN ARGUMEN SAYA…INGAT DGN BIBEL JUGA TENTUNYA…SY TDK TERIMA JWBN DGN PERASAAN ATAU TANPA AYT YG MENDUKUNG ARGUMEN ANDA…

Memang sih saya miskin ilmu :onion-head30:
Mungkin juga saya bodoh :onion-head30:
Namun saya bukan pembual sehingga tidak dipermalukan. :monkeys19:

Ayub 11
11:3 Apakah orang harus diam terhadap bualmu? Dan kalau engkau mengolok-olok, apakah tidak ada yang mempermalukan engkau?

I Korintus 1
1:27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,

Salam :onion-head86:

ewalah anda mnjwb soal dan argumen aq aja g bisa…aq pake smua ayat dlm bibel bung…berbual apa aq???

S2 Sastra Bahasa… :monkeys40:
Tapi gak bisa membaca tulisan? :monkeys10:

Selama masih ada referensi manuskrip lain yang membenarkan saya kira tidak masalah mengikuti peraturan Arkeologi Internasional, mungkin kelak kalau Anda menjabat sebagai Dewan Legislatif Arkeologi Internasional biarlah Anda berkenan untuk mengubah aturan tersebut bagi kami, umat Kristen? :slight_smile:

INGAT AJA KONDISI NEGARA KITA AMANDEMEN UUD 45 , ILUSTRASI KECIL AJA .....ITU BUATAN MANUSIA OKE BOLEH DIRUBAH....TPI INGAT BIBEL DITULIS OLEH MANUSIA..KITA YG BLJRLAH YG MENGOREKSI JGN MENDIAMKANNYA....AQ DAH COBA KASIH TAU PENDETA SENIOR,....APA KATA MEREKA ??? AQ ADALAH SETAN GENTAYANGAN.....

Masalahnya bukan Pendeta Senior, namun lebih kepada sistematika penerjemahaan manuskrip kuno yang termasuk pada tata aturan codex Arkeologi Internasional.

ANDA SENDIRI AKUI KESLAHAN KARAN FAKTOR 2 LAIN.OKE TPI KONTEKSNYA KAN KESALAHAN KAN????APAKAH DIBIARKAN?????ITU INTI YG INGIN SY UNGKAP DISINI....SAYA SETUJU AMA ANDA....ANDA ARGUMEN DGN ARGUMEN YG MATANG....TPI INGAT JUGA HASIL AKHIR DRI ANALISA N PENGAKUAN KITA ADALAH MENGEMBALIKAN G SALAH KE DLM KEBENARN...INGATDOMABA YG TERSESAT.....BNYK DOMBA YG TERSESAT DLM PENULISAN BIBEL.........

Baiklah, sudah ada antisipasi koreksi dari manuskrip lainnya,
Jika berbicara domba yang tersesat, menurut Anda apakah yang bisa dilakukan kesalahan terjemahan angka-angka didalam Alkitab? Maksud saya, sejauh mana hal itu berdampak kepada kesesatan mereka?

ANDA SODARA DANIEL FS JWBLAH SESUAI DAN SBGAIMANA YG TLH ANDA MULAI...KALAHKAN LAH SAYA....INI SBAGAI PERNYATAAN TANTANGAN SAYA...KALAHKAN ARGUMEN SAYA...INGAT DGN BIBEL JUGA TENTUNYA..SY TDK TERIMA JWBN DGN PERASAAN ATAU TANPA AYT YG MENDUKUNG ARGUMEN ANDA........

Sayangnya, saya tidak berniat mengalahkan argumen Anda, :slight_smile:
Saya hanya menuliskan kebenaran yang saya ketahui, jika saya benar saya katakan benar, jika saya salah saya katakan salah (hal pengakuan salah ini bukan cuma bualan namun pernah saya lakukan di forum ini juga pada halaman 3 reply no.37: SEJARAH DOGMA DAN KRISTOLOGI PERKEMBANGAN PEMIKIRAN TENTANG YESUS KRISTUS - Non-Kristen - ForumKristen.com ).

Best Regard,
Daniel FS

berarti anda akui klo itu suatu kesalahn namun anda tak mampu utk mengubahnya???klo begitu kita close diskusi ini dgn tiada kepastian jwbn dri kesalahan penulisn bibel???gmn ??sy fair…liat posting sy yg sy sendiri tutup…sy akui jwbn anda pas…bagaimana klo sy close dgn pernyataan tanpa kepastian dan bnr adanya kesalahan ???

Kesalahan yang terjadi adalah kesalahan terjemahan oleh aturan Arkeologi karena rusaknya manuskrip yang bersangkutan, bukan karena manuskripnya salah tulis. Semua manuskrip tersebut asli, namun karena rusak berat terjadilah salah terjemahan (apalagi dibatasi dengan aturan Arkeologi).

Best Regard,
Daniel FS

tulisan apa yg g bisa sy baca???dan apa yg tlh anda jwb bnr 2 membingungkan membolak balikan pernyataan sendiri…liat seluruh coment anda…berubah2 g tetap pd statement awal…gmn sech…g prnh bljr???

pernyataan sodara daniel fs :

Pada manuskrip BHS terdapat catatan Sub-Loco yang tidak dicantumkan dalam LAI, yang berisi tentang catatan koreksi atas kesalahan terjemahan konten Alkitab yang bagiannya kurang dapat terbaca dengan jelas (karena naskahnya sudah sangat kuno dan nyaris hancur) terutama mengenai frekuensi hitungan (salah sedikit maka beda arti, kalau mengenai kalimat cerita biasanya lebih mudah diterjemahkan karena dapat disesuaikan dengan konteks) dengan merujuk pada manuskrip lain yang masih dapat terbaca dengan jelas, misalnya dari sumber manuskrip lain: Peshitta, Septuaginta, Vulgata, dan Taurat Samaria.

perhatikan yang saya garis bawahi…apakah itu tdk bermakna???

pernyataan anda juga :

Jika berbicara domba yang tersesat, menurut Anda apakah yang bisa dilakukan kesalahan terjemahan angka-angka didalam Alkitab? Maksud saya, [u]sejauh mana hal itu berdampak kepada kesesatan mereka?
[/u]
[b][u]sy tdk tau implikasinya apa…tpi sy merujuk kpd ayat berikut :

ul 4:2

“Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu.”
[/u][/b]

[b][u]Ul 12:32

'Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya."[/u][/b]

[b][u]Yer 26:2

"Beginilah firman TUHAN: “Berdirilah di pelataran rumah TUHAN dan katakanlah kepada penduduk segala kota Yehuda, yang datang untuk sujud di rumah TUHAN, segala firman yang Kuperintahkan untuk kaukatakan kepada mereka. Janganlah kaukurangi sepatah katapun!”[/u][/b]
[b][u]
Ams 30:6

“Jangan menambahi firman-Nya , supaya engkau tidak ditegur-Nya dan dianggap pendusta.”[/u][/b]

CUKUP DIRENUNGKAN …DAN ANDA YG MENJWB APA IMPLIKASINYA…BAGAIMANA???

Membaca ayat di atas, jelas itu adalah pernyataan TUHAN. Saya mengakuinya.
Maap yah, saya nggak sempat baca smua postingan topik ini, jadi nggak paham yang dipermasalahkan di sini apa?
Tapi kalo boleh nebak, mungkin yg dipermasalahkan adalah sebagian kita memandang ayat tsb kontradiktif dgn ayat ini:
Sesungguhnya aku, Paulus, berkata kepadamu, jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagi kamu. (Ibr 5:3)
Di sini saya mau menyampaikan pemahaman saya, mohon maaf, saya tidak memaksakan pembaca untuk sepaham dgn saya, saya cuma sekedar mengeluarkan pendapat, jadi harap jangan ada yang emosi…:slight_smile:
Jika kita membaca Ibr 5:3 dan berhenti sampai di situ kita akan mendapat pandangan bahwa ayat itu kontra dgn kej 17:10, tapi jika kita terus membaca secara teliti kitab Ibr 5 sampe ayatnya yang ke 6, maka kita akan temukan jawaban bahwa ayat itu tidak kontra.
Karena sebenarnya ayat ke 3 itu di tujukan kepada orang2 yang dijelaskan pada ayat ke 4, yaitu orang2 yang berpegang kepada hukum taurat yang menjalankannya secara lahiriah. Orang2 yang masih memandang bahwa sunat lahiriah sesuai hukum taurat dapat membenarkan orang yang melakukannya.
Sejak Kristus mati di kayu salib, hukum taurat sudah digenapi dan hal-hal injili yang dulunya digambarkan dengan hal-hal lahiriah dalam hukum taurat, dibatalkan (ef 2:11-15), dan kemudian kita tidak menjalankan ibadah-ibadah itu lagi karena kita tahu bahwa itu semua hanyalah bayangan tentang Perjanjian Baru atau Injil yang wujudnya adalah Kristus. (Kol 2:16 - 17). Seperti hal sunat lahiriah (potong kulit katan) yang dilakukan pada zaman hukum taurat, sebenarnya hanyalah bayangan tentang sunat Kristus yaitu Baptisan.(Kol 2:11-12).
Jadi umat Kristen (yg sepaham dgn kami) tetap bersunat selama-lamanya sesuai pernyataan awal TUHAN, tapi bukan sunat lahiriah melainkan sunat Kristus yaitu Baptisan.
Kemudian apakah sunat lahiriah itu dilarang?
Sepemahaman kami tidak! Sebab hal bersunat atau tidak itu tidak penting bagi orang yang hidup dalam Kristus (Ibr 5:6).
Yang dilarang adalah jika kita menyunatkan (lahiriah) diri kita dengan motivasi mengharapkan dibenarkan sesuai tuntutan hukum taurat, sebab jika demikian kematian Kristus di kayu salib tidak akan ada artinya bagi kita (Ibr 5:3-4).
Btw saya pun bersunat secara lahiriah, tapi bukan motivasinya untuk mengharapkan kebenaran dari hal itu, tapi semata-mata untuk alasan kebersihan dan kesehatan lahiriah.

Jadi sekali lagi, sepemahaman kami, tidak ada kontradiksi di kedua ayat itu.

Demikian pendapat kami, terima kasih.

sy tdk tau implikasinya apa..tpi sy merujuk kpd ayat berikut :

ul 4:2

"Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu."

Ul 12:32

'Segala yang kuperintahkan kepadamu haruslah kamu lakukan dengan setia, janganlah engkau menambahinya ataupun menguranginya."

Yer 26:2

"Beginilah Firman Tuhan: "Berdirilah di pelataran rumah TUHAN dan katakanlah kepada penduduk segala kota Yehuda, yang datang untuk sujud di rumah TUHAN, segala firman yang Kuperintahkan untuk kaukatakan kepada mereka. Janganlah kaukurangi sepatah katapun!"

Ams 30:6

Jangan menambahi firman-Nya , supaya engkau tidak ditegur-Nya dan dianggap pendusta.”

CUKUP DIRENUNGKAN …DAN ANDA YG MENJWB APA IMPLIKASINYA…BAGAIMANA???

Yang tidak boleh dikurangi/ditambah adalah “perintah Tuhan” yang tentunya memiliki dampak fundamental untuk kehidupan manusia; dengan demikian, apakah menurut Anda hitungan kuda tentara, hitungan umur raja, dan hitungan-hitungan lainnya itu adalah wujud perintah Tuhan? jika “ya” tolong jelaskan bagaimana “hitungan yang Anda anggap perintahNya” itu harus dilakukan sehingga memberikan dampak bagi kehidupan manusia? :slight_smile:

Best Regard,
Daniel FS

Mat 7:21

"Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang[quote author=brother_jacky link=topic=27137.msg229129#msg229129 date=1276099680]

Membaca ayat di atas, jelas itu adalah pernyataan TUHAN. Saya mengakuinya.
Maap yah, saya nggak sempat baca smua postingan topik ini, jadi nggak paham yang dipermasalahkan di sini apa?
Tapi kalo boleh nebak, mungkin yg dipermasalahkan adalah sebagian kita memandang ayat tsb kontradiktif dgn ayat ini:
Sesungguhnya aku, Paulus, berkata kepadamu, jikalau kamu menyunatkan dirimu, KRISTUS sama sekali tidak akan berguna bagi kamu. (Ibr 5:3)
Di sini saya mau menyampaikan pemahaman saya, mohon maaf, saya tidak memaksakan pembaca untuk sepaham dgn saya, saya cuma sekedar mengeluarkan pendapat, jadi harap jangan ada yang emosi…:slight_smile:
Jika kita membaca Ibr 5:3 dan berhenti sampai di situ kita akan mendapat pandangan bahwa ayat itu kontra dgn kej 17:10, tapi jika kita terus membaca secara teliti kitab Ibr 5 sampe ayatnya yang ke 6, maka kita akan temukan jawaban bahwa ayat itu tidak kontra.
Karena sebenarnya ayat ke 3 itu di tujukan kepada orang2 yang dijelaskan pada ayat ke 4, yaitu orang2 yang berpegang kepada hukum taurat yang menjalankannya secara lahiriah. Orang2 yang masih memandang bahwa sunat lahiriah sesuai hukum taurat dapat membenarkan orang yang melakukannya.
Sejak KRISTUS mati di kayu salib, hukum taurat sudah digenapi dan hal-hal injili yang dulunya digambarkan dengan hal-hal lahiriah dalam hukum taurat, dibatalkan (ef 2:11-15), dan kemudian kita tidak menjalankan ibadah-ibadah itu lagi karena kita tahu bahwa itu semua hanyalah bayangan tentang Perjanjian Baru atau Injil yang wujudnya adalah KRISTUS. (Kol 2:16 - 17). Seperti hal sunat lahiriah (potong kulit katan) yang dilakukan pada zaman hukum taurat, sebenarnya hanyalah bayangan tentang sunat KRISTUS yaitu Baptisan.(Kol 2:11-12).
Jadi umat Kristen (yg sepaham dgn kami) tetap bersunat selama-lamanya sesuai pernyataan awal TUHAN, tapi bukan sunat lahiriah melainkan sunat KRISTUS yaitu Baptisan.
Kemudian apakah sunat lahiriah itu dilarang?
Sepemahaman kami tid

oke klo bisa posting anda sampaikan dipsoting soal yang membahas soal sunat di board yg satu lagi…saya mohon ditulis lagi disana karana kita fokus disini soal ayat lain…nanti sy bahas juga dan jgn lupa tolong tulis lngkap ayatnya jgn hanya judul ayat (maaf) sy pun g hapal seluruh bibel…hny sebagian yg sy ketahui…nanti sy bahas…

Justru tetap pada statement awal. Hanya saja Anda yang memaksakan jawaban sesuai dengan pendapat Anda. Bukankah saya katakan bahwa baiklah saya mengalah menyesuaikan jawaban sesuai keinginan Anda :slight_smile:
Kok, malah Anda tidak senang?

sekali lagi saya tekankan saya disini membahas isi injil atau bibel yang membingungkan…apa implikasi dlm kehidupan fundamental???itu yg mesti kita gali…dan apa yg paparkan disini adalah :

  1. bahwa bibel g konsisten dgn adanya kesalahan dlm tulisan yg membingungkan, liat ayat yg kita bahas…bagaimana bisa kita mempercayai hal yg besar klo hal yg kecil g dipermaslhkan???hal besar berawal dri hal yg kecil…

  2. bahwa firman tuhan mestinya suci dari kesalahan sedikitpun,apapun karna itu berasal dari tuhan…dan tuhan tidak pernah salah sekalipun…knp ada kesalahan kecil???(nanti sy tunjukkan kesalahan yg lbh besar)

  3. berarti bibel tdk menjunjung tinggi nilai angka atau lbh spesifik mengabaikan fakta matematika ( hitungan soal matematika ) karena matematika beda hanya sedikit akan berakibat jauh dlm aplikasinya bagi kehidupan.yang menunjukkan bahwa bibel yg skrng g relevan trhdp ilmu pengetahuan…karena mengabaikan hal kecil…ingat hitungan digunakan dlm seluruh kehidupan…terutama dlm ilmu exact,fisika, kimia, antariksa, dll.

  4. dan dlm posting sy seluruhnya akan menunjukkan keslahan itu sendiri…sekecil apapun…utk membuktikan bahwa ada campur tangan manusia didalamnya… ingat karena seprti teori anda ada pengkodean dll.itu menunjukkan klo ada kesalahan lain pun tdk bisa diubah karna ada aturan codex yg berbeda sbgaimana yg anda utarakan…(nanti sy tunjukkan lagi perselisihan ayat yg lain yg lbh fundamental)

jadi kesimpulan akhirnya saya hanya memberikan pernyataan :

[center] [/center]BENARKAN ada kesalahan penulisan dalam bibel…

jujur jwbnya apapun keadaannya…krna sy akan paparkan yg lbh besar dan jauh lbh berpengaruh langsung bagi umat…

hahaahhhhhaa.sudahlah…anda g prnh jwb soal dri sy…sy akui sodara daniel fs lbh baik dan unggul dri anda…dia punya ilmu yg bisa membuat sy kelenger…klo anda buat sy keblinger…
contoh soal : sy tanya soal sunat anda jwb itukan kturunan abraham anda dan saya bukan keturunan abraham…trus knp anda tanya lagi mana pernyataan yesus???bukannya itu yesus yg menyatakan?klo g suka sy sebut yesus ,oke sy sebut tuhan…bukankah itu tuhan yg memberi pernyataan???anda g jwb…sodara brother jacky yg jwb dgn tegas…TUHAN…anda bilng itukan perintah eksklusif orng israel keturunan abraham…kan yg sy tanya apa hukum bagi mereka …anda jwb asal…g haram g wajib…anda g baca ayat yg sy kasih???abis tuh anda maki 2 saya g bisa baca…anda berkaca dulu…beljr smua ada ilmunya…paham???

utk brother jacky besok atau kpn saya ada waktu sy jwb…soalnya posting anda agak luas juga…hari sudah larut sy janji akan sy sanggah argumen anda…akan sy kumpulkan dan cari ayat yg anda tulis…disini sy bukn pembuat onar…sy membuktikan ada keslahan…klo anda ktkan tdk ada…mari sma kita buktikan man yg salah mana yg bnar???dewasalh dlm bersikap dan mnjwab…sy terima smua rgumen anda klo anda bnar dan sy g mampu jwb…sdh sy buktikan kpd sodara daniel fs…

Yang saudara Jacky tulis kan TUHAN, bukan nama Yesus. Coba Anda cek dalam kamus LAI. TUHAN adalah nama terjemahan dari YHWH/Yahweh. Saya kan memang bilang menjawab tidak haram dan tidak wajib, apakah ada saudara seiman saya di sini yang berbeda pendapat? Saya rasa jawaban bro Daniels juga sama dengan saya. Itulah Anda yang memaksakan pemahaman Anda sehingga Anda dipermalukan. Sepertinya saya yang harus menganjurkan Anda untuk belajar terlebih dulu.

Salam