Mencapai kemenangan dalam mengendalikan pikiran kita

Saya yakin bahwa hal terpenting yg bisa saya ajarkan kepada kalian tentang pikiran yang mempunyai kekuatan yg luar biasa dan bisa menentukan masa depanmu. Pernahkah kamu mendengar kata, “semua itu cuma khayalanmu saja” kesuksesan dan keberhasilan kita berasal dari pikiran. Pikiranmu bisa membuat hidupmu berantakan atau bisa juga membuat hidupmu berhasil.
Pikiran adalah medan perang
Pikiran adalah salah satu bagian dari diri kita yg paling sulit dikendalikan karena iblis akan terus menyerang pikiran kita dengan kebohongan dan tipuan. Kamu harus membentengi dirimu dengan firman Tuhan agar hidupmu tidak berantakan setiap hari. Pikiran positif tidak terjadi begitu saja. Kamu harus melakukannya dengan sungguh2. Kamu harus percaya pada firman Tuhan. Kemudian kamu harus belajar mendengarkan apa yang sudah kamu percaya.
Bicara pada dirimu sendiri
Kamu bukan orang gila kalau kamu bicara dengan dirimu sendiri. Sebenarnya, pikiranmulah yg berbicara kepadamu setiap saat. Dan bagaimana kamu bicara dengan dirimu sendiri adalah hal terpenting dalam hidupmu. Kamu tidak bisa melampaui apa yang kamu pikirkan terutama saat kamu berpikir tentang dirimu sendiri.
Berpikir pada tujuan
Saya percaya banyak orang berpikir bahwa mereka tidak mempunyai pilihan tentang apa yg mereka pikirkan. Tapi kamu bisa berpikir pada tujuan yang positif atau negatif. Jika pikiran negatif yang muncul dalam pikiranmu, kamu bisa menolaknya dan mulai dengan memperbarui pikiranmu dengan firman Tuhan seperti disebutkan dalam 2 Korintus 10:5 “Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus”. Ada saatnya dimana kita merasa bahwa setiap hari kita terus berperang untuk bisa berpikir positif, dan kita perlu “waktu khusus untuk berpikir” berdasarkan firman Tuhan. seperti disebutkan dalam Kolose 3:2 “Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.”
Berpikir tentang masa depan adalah penting agar pada saat masalah yang kamu pikirkan itu muncul kamu tidak menghadapinya dengan caramu sendiri, karena kamu sudah memutuskan untuk tidka membiarkan masalah itu mengganggumu.
Bertindaklah
Untuk membantu kamu memerangi pikiranmu, saya ingin memberikan strategi peperangan dalam mengatur pikiranmu agar mengarah ke arah yang benar. Katakan ini pada dirimu sendiri: “saya bisa melakukan apa saja yg harus saya lakukan dalam hidup saya melalui Kristus”. Masalah apapun yang muncul dalam hidupmu setiap hari kamu bisa hadapi bersama Kristus. Dan karena kamu didalam Kristus, kamu lebih dari pemenang.
Apa artinya lebih dari pemenang? saya yakin ini berarti bahwa sebelum kamu mendapatkan masalah apapun juga kamu sudah tahu bahwa kamu akan keluar dari masalahmu sebagai seorang pemenang karena kamu bisa melakukan apapun juga melalui Kristus yg menguatkan kamu. Seperti disebutkan dalam Filipi 4:13 “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Jangan terpaku pada apa yang kamu bisa atau tidak bisa kamu lakukan karena kamu tidak bisa mengatasi apapun juga tanpa Tuhan. Tapi bersama Tuhan kamu bisa menjalani hari2 mu dengan mudah.
Tuhan mengasihiku tanpa pamrih. Ketika kamu tahu bahwa Tuhan mengasihimu, kamu akan bisa mengatasi segala masalah. Kamu merasa berharga, berani, dan kamu mulai sadar bahwa kamu tidak perlu takut gagal. Kamu tahu bahwa kamu memiliki tujuan hidup. Mengetahui bahwa Tuhan mengasihimu tanpa pamrih juga akan menyingkirkan rasa takut dalam hidupmu, dan iblis akan sulit untuk menipu dan memperdaya kamu dengan membebani pikiranmu dengan rasa bersalah dan kutuk setiap hari.
Bahkan ketika dunia mencoba membuat kamu merasa ada sesuatu yang salah denganmu, ingat akan kebenaran yg Tuhan berikan pertama kali pada saat kamu menerima Kristus. Kamu benar dimata Tuhan, tidak masalah kamu bersalah pada siapa saja. Katakan ini apabila kamu percaya bahwa kamu benar dimata Tuhan “Tuhan saya tahu bahwa Engkau mengasihi saya. Saya percaya padamu. Saya tahu Engkau akan mengatasi semua ini dan hasilnya akan sesuai dengan kehendakMu”
Kekuatan berpikir tidak mudah tersinggung. Aku tidak pernah menemukan seorangpun yg tidak pernah perasakan kepahitan hidup, kemarahan, dan mudah tersinggung. Terus terang saja saya menghabiskan banyak waktu dalam hidup saya dengan sering marah, tapi sekarang saya memilih untuk percaya pada Tuhan untuk menjadi Tuhan dalam hidup saya. Dan Tuhan ingin agar kita percaya kepadaNya, bahkan pada saat kita tidak mengerti apapun juga.

Mengampuni siapa saja yang pernah menyakiti kita adalah bagian terbesar dalam percaya kepada Tuhan. Alkitab berkata untuk memaafkan orang lain atau Tuhan tidak memaafkan dosamu. Pada dasarnya ini menguntungkan dirimu sendiri. Aturlah pikiranmu agar tidak dipenuhi kepahitan dan kemarahan. Kamu mungkin tidak bisa mengendalikan perasaanmu tapi jika kamu merubah cara berpikirmu, perasaanmu akan sesuai dengan pikiranmu.
Menerima upah dari Tuhan
Tidakkah kamu ingin menerima janji Tuhan? Saya ingin menerimanya. Saya ingin melihat janji Tuhan bekerja dalam hidup saya dan keturunan saya. Kita tidak bisa mendapatkannya dengan cuma menjadi pasif. Kita harus memperbarui pikiran kita dengan firman Tuhan setiap hari agar bisa menjadi bagian dalam diri kita. Pada akhirnya pikiran dan perkataan kita akan dipenuhi oleh kebenaran Tuhan, dan kita akan menerima berkat yg sudah Tuhan sediakan bagi kita.