mencintai org yg berstatus mempunyai anak satu

gni lho///////…
sy remaja brumur 20 tahun dan pacar sy 22 thun.
pria ini ditinggalkan istrinya…
istrinya mningglkan dia dan anaknya saat anaknya berusia 6 bln smpai skrng…
saat ini saya berpacaran dgn pria ini,semenjak pria ini ditinggalkan istrinya dia mngganggap istrinya sudah tdk ada(sudah cerai),sedangkan mrka dlu mnikah tanpa ada surt dari catatan sipil ,mereka nikah cuma digereja sja…
berdosakah sy???
boleh tdk jika saya mnikah dngnya???
sy sayang skli sma pria ini dan anaknya.
dengan ibu dan saudra2nya sy sudah knal.
Tolong ,bantu sy???
GBU

ermmm…aku coba bantu jawab ya…

  1. kalo masalah berdosa atau ga nya, selama pria itu belum bercerai…jelas berdosa…

  2. boleh2 az…tapi kalo belum ada surat cerai bisa ribet banget…suatu saat kalo istri sahnya datang, kamu bisa di tuntut…jadi saran saya, mendingan kamu bilang sama pria itu untuk menyelesaikan urusannya dengan mantan istrinya lebih dahulu baru kemudian menikahimu…

salam,
B.P.K

Kalau hanya mencintai sih tidak berdosa, itu wajar saja…
Tapi kalau menikahi pria yang sudah punya istri walaupun sudah bercerai itu dosa…

Dalam Pernikahan Kristen, dilarang yang namanya bercerai, karena sesuai dengan firman Tuhan, yaitu apa yang telah dipersatukan Tuhan, tidak dapat diceraikan manusia, kecuali maut.

Firman Tuhan tentang perceraian sangat jelas dan tegas.

Lalu kata-Nya kepada mereka: "Barangsiapa menceraikan isterinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap isterinya itu. Markus 10:11

Dan jika si isteri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah." Markus 10:12

Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya. I Korintus 7:11

@arvin

gni lho///////................ sy remaja brumur 20 tahun dan [b]pacar sy 22 thun. pria ini ditinggalkan istrinya[/b]...........

artinya laki2 itu sebanarnya masih muda juga dan harus berpisah dari istrinya

istrinya mningglkan dia dan anaknya saat anaknya berusia 6 bln smpai skrng............. saat ini saya berpacaran dgn pria ini,semenjak pria ini ditinggalkan istrinya[b] dia mngganggap istrinya sudah tdk ada(sudah cerai)[/b]

kamu harus tahu apa kejadian sebenarnya, mengapa mereka berpisah

aneh juga sih menurut saya

masih muda, dan menikah…
trus sudah punya momongan

lalu istri pergi, dibiarin aja sama suaminya, malah masih 6 bulan sudah mau cari ibu baru
saya melihat suatu keganjilan disini

si laki2 malah lengang kangkung ( sptnya senang ) dengan perginya istrinya, bukan malah mencari dan berusaha rujuk sengan ibu anaknya, malah mencari yang baru :cheesy:

sedangkan mrka dlu mnikah tanpa ada surt dari catatan sipil ,[b]mereka nikah cuma digereja sja.....[/b] berdosakah sy????

pernikahan yang sah memang cukup hanya di berkati di gereja, artinya ketika mereka dipersatukan oleh Tuhan, maka tidak ada yang dapat memisahkan mereka

pernikahan catatan sipil, hanya urusan pemerintahan saja yang menganggap itu sah dan diperlukan untuk hal2 lainnya

berdosakah sy???? [b]boleh tdk jika saya mnikah dngnya?????[/b] sy sayang skli sma pria ini dan anaknya. dengan ibu dan saudra2nya sy sudah knal. Tolong ,bantu sy??? GBU

Markus 10:7-8

7 sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya,
8 sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu.
9 Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

jadi sebenarnya perceraian tidak diperbolehkan

10 Ketika mereka sudah di rumah, murid-murid itu bertanya pula kepada YESUS tentang hal itu.
11 Lalu kata-Nya kepada mereka: "Barangsiapa menceraikan isterinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap isterinya itu.
12 Dan jika si isteri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah."

jadi si laki2 itu ada dalam posisis berzinah sist


dan ketika kamu menikah dengan laki2 itu jelas kamu juga berzina
h :slight_smile:

apalagi posisi sekarang si laki2 itu belum jelas sebenarnya duduk persoalannya , siapa yang meninggalkan siapa, dan kenapa hal itu terjadi


saran saya : walau terasa berat kamu lupakan aja dulu sist :slight_smile:

1Kor 10:10-11
10 Kepada orang-orang yang telah kawin aku—tidak, bukan aku, tetapi Tuhan—perintahkan, supaya seorang isteri tidak boleh menceraikan suaminya.

11 Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya.

Tuhan YESUS memberkati… :slight_smile:

Setuju. Apa pun alasannya, TIDAK ADA yg namanya perceraian. Hanya MAUT yg dpt memisahkan.

kl diliat dr Alkitab kan ga boleh … apa lg belum bercerai …
tp bukan berarti ga ada harapan lho … ^^

denger-denger sih, ada cewe yang curhat, ditinggalin suami dan anaknya baru 6 bulan, dibawa kabur suaminya… jangan-jangan… ahhh sudah lah… gosip kalee nihh :happy0062:

selagi istri si laki2 itu masih hidup, memang tidak ada harapan abey :slight_smile:

kecuali yang mengharapkan istrinya mati…wallahualam… :cheesy:

dan klo bercerai resmi…juga tidak ada harapan secara alkitabiah, walau hukum dunia mengizinkan

karena memang tidak boleh bercerai…kecuali maut :wink:

Tuhan Yesus memberkati…

Pokoknya gak bolehlah yang namanya bercerai trus menikah lagi…
Sebenarnya apapun alasannya. persoalannya…semuakan bisa diperbaiki lagi…
Tapi karena manusia mengeraskan hatinya saja nabi Musa sampai mengeluarkan surat cerai…saya lupa ayat tersebut.
Jadi sebisa mungkin kita harus memperbaiki hubungan kita entah itu suami kita ataupun istri kita…seperti Tuhan memperbaiki manusia dengan dirinya…
Tapi bukan Tuhan yang bersalah, manusialah yang benar tidak mentaati segala perintahnya…hingga menyembabkan manusia terperosok kedalam dosa maut…

wuih…mantep ai pandangan bro lomeru :slight_smile:

dicari : laki2 yang spt kriteria postingan diatas :afro:


Matius 19:5-8

5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."
7 Kata mereka kepada-Nya: “Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?”
8 Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.

IMO:
mencintai&menyayangi…boleh
berpacaran dengan dia…hati-hati jangan bermain api, apalagi setelah anda tahu status dia seperti itu
menikah dengan dia…jelas tidak boleh

Nah ayat itu yang saya maksudkan…

Kalau sudah bengkok ya mesti diluruskan lagi jangan ditambah jadi bengkok lagi…
kalau kotor ya dibersikan biar gak tambah kotor…

kalau sudah lurus harus dijaga biar gak bengkok…pemikiran sederhanakan…?

BTW bukan promosi nic bro murukh…

Thanks ayatnya…

ea pendapat aq juga begitu…

selama maut belum memisahkan tetap ga boleh, kyk tante aq tuh, ga bisa nikah ama cwoknya krn dia sndiri bukan janda-meninggal(istri yg suaminya dah meninggal)…

kalo alasan pisahnya sih udah jelas, tp krn suaminya masih idup, tetap ga bisa…

Gini aja, Tuhan menjadikan semuanya itu indah pada waktunya… berdoa aja, dan liat apa yg akan Tuhan kerjakan :slight_smile:

ada yg pernah tau janji nikah atau inget janji nikah…
nah biasanya di bagian akhir itu ada kata “…sampai maut memisahkan kita.”

“saya bla…bla… mengambil engkau sebagai istriku,blaaa.blaa. sampai maut memisahkan kita.”

nah bisa dikatakan seseorang dikatakan resmi bercerai ketika pasangannya meninggal…nah kl kondisi spt itu barulah boleh menikah lg…

pertanyaannya apakah istrinya sudah meninggal?
belum, bukan?bahkan disini dikatakan belum bercerai pula hanya meninggalkan rumahnya…

dan gw ga bisa liat usaha dari sang pria mencari istrinya dengan menghubungi keluarganya…

logikanya, kl pria tidak bersalah dan kl ga ada masalah di dalam keluarga itu dan kalo pun ada masalah dan ada usaha ingin berdamai kembali… pihak keluarga sang istri pun akan kasihtau dmn keberadaan sang istri toh…

bukan masalah nikah tanpa ada surat dari catatan sipil,dll… walaupun cm di gereja sekalipun, itu tetep sah dimata Tuhan…

sis, mnrt saya…carilah pasangan yg lain…masih bnyk pria kok di bumi…anda masih muda, masih ada yg harus dkejar jg…

Iya nic bro steavan

Saya gak tau bro steavan.
Karena belum nikah…hehehe

Bukankah pernikahan itu sakral?
Tegakah kita mengikari janji/ikrar kita dihadapan pasangan kita, Tuhan, dan begitu banyak khalayak ramai menyaksikannya waktu kita mengucapkan di gereja.?

Hi Arvin,
Seberat dan sesulit apapun Arvin sebaiknya tidak meneruskan hubungan tersebut, bahkan sebisa mungkin berhentilah mencintai dia.
Seperti saran teman2 dan sesuai FT yang telah ditulis di atas, coba renungkan apa yang Tuhan katakan mengenai hubungan kamu.

Banyak kali, sebagai wanita, kita mengikuti perasaan dan kata hati kita dibanding apa yang Tuhan katakan.
Bukti Arvin menulis dan menanyakan hal hubungan kamu dengan pria tersebut sebenarnya adalah salah satu bukti bahwa hati kamu tidak setuju dengan hubungan tersebut.

Lalu bagaimana pendapat keluarga kamu mengenai hubungan tersebut?
Saia berdoa Tuhan menguatkan kamu untuk mengambil keputusan yang tepat, yang sesuai dengan kehendak-Nya.

Salam
Pieq

Suami yang baik tentu tau bagaimana mendidik istrinya dong…
Klo istrinya pergi kemungkinan karena apa coba?
Bisa jadi karena suaminya yang ga bisa mendidik istri dong…
Walaupun jika suatu saat dalam waktu dekat istrinya itu meninggal, pria seperti itu menurut saya ga usah dipertahanin…
Peace

ak setuju…

@arvin
Saran para FK er tu bener jgn lah bermain api… Pasti ad sesuatu penyebab mereka berpisah, jgn lah jd km jd alasan mereka berpisah hanya krn ke egoisan km semata…
Seburuk apapun istriny dan sebaik apapun suaminya mereka adalah pasangan yg sudah dsahkan oleh Allah.
Lg an km msh muda knp km hrs berhubungan dgn org yg sdh beristri?

Perlahan km lupakan dan tata lah hidup yg baru jgn jauhkan dirimu dari Tuhan tp selalu andalkan Tuhan dlm permasalahan dirimu…

GBU

aku jg punya masalah yang sama dengan sista…sekarang yang kita lakukan banyak berdoa minta ampun…karna manusia pasti pernah melakukan kebodohan,tp Tuhan selalu punya cara yang ajaib untuk memberikan jalan keluar dr itu semua dan membuat kita lebih pintar. dan dosa ini kami tebus dengan cara lain yaitu dengan menghindari dosa2 lain dan memberikan hubungan ini untuk kemuliaan Tuhan…biarlah soal dosa itu Tuhan yang memutuskan, dan setiap dosa Tuhan memberikan pengampunan.asal jgn diulang2 lg kan.toh kita dipertemukan krn rencana Tuhan jg…dan tetap kembali pada “apa yang kita tabur, itu yg kita tuai”.dengan kita melakukan ini, pasti suatu saat kita dpt sesuatu yg tidak mengenakan