Menemukan cara hidup dengan damai

Jika kamu sungguh2 adalah pengikut Kristus dan percaya akan firmanNya, kamu akan bisa menemukan damai dalam hidupmu. Yesus membantuku menemukan lebih banyak kedamaian daripada sebelumnya, dan Tuhan juga dapat membantu mu menemukan damai juga. Apa yg Tuhan katakan tentang damai, damai adalah hal yg penting karena Yesus sering membicarakannya terutama saat2 terakhir sebelum Dia naik ke surga.
Dalam Yohanes 14:27 “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”
Yesus pada dasarnya berkata, “Aku meninggalkan damai sejahtera ku. Sekarang yg kamu perlu lakukan adalah mempertahankan damai yg sudah kamu miliki dan berhenti untuk mendukakan dirimu sendiri”
Yesus juga berkata dalam Yohanes 20:19, 21. Kamu pasti mulai berpikir bahwa: "oke, kita bisa melihat bagaimana Yesus menyukai kedamaian dan ingin agar kita memilikinya juga. Tetapi bagaimana aku bisa memilikinya hari ini? Dibawah ini adalah 7 cara yg sangat praktis agar kamu bisa segera menambahkan kedamaian:

  1. Lihatlah betapa berharganya damai. Mungkin kamu perlu memikirkan tentang damai lebih sungguh2 lagi. Jika kamu berpikir bahwa kemarahan, khawatir sepanjang hari dan jadi stress bukan masalah yg besar mungkin kamu tidak menghargai arti damai yg sesungguhnya, anugerah kedamaian itu adalah hadiah terbesar yg lebih dari apa yg kita bisa bayangkan. lihatlah dalam 1 Petrus 3:11 dimana Tuhan membentuk kita untuk berbuah bukan untuk sibuk dengan urusan duniawi.
  2. Dimana kamu banyak menghabiskan waktumu. Apakah kehidupanmu berkelanjutan? Mungkin kamu punya banyak masalah dalam hidupmu, tapi kamu terus berkata iya dan memenuhi kalendar mu dengan kegiatan2 lain. Ingatlah bahwa Yesus membentuk kita untuk berbuah, bukannya sibuk. jadi potonglah cabang2 yg tidak berbuah dalam hidupmu.
  3. Percaya kepada Tuhan. Orang2 yang percaya kepada Tuhan seharusnya benar2 percaya kan? Itu artinya kita percaya bahwa Tuhan berfirman untuk kita agar kita memyerahkan semua masalah kita kepada Tuhan. Ketika kita melakukannya, kita memasuki kedamaianNya. lihatlah dalam Amsal 3:5 “Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.”
  4. Putuskan untuk tidak berusaha membahagiakan semua orang. Sangat tidak mungkin untuk membahagiakan semua orang dalam hidupmu dalam waktu yg bersamaan. tidak berarti kamu harus bersikap kasar kepada mereka tapi jangan berusaha membahagiakan orang2 disekitarmu jika itu hanya akan mendukakan hati Tuhan dan tidak menuruti perintah Tuhan. Senangkan hati Tuhan terlebih dahulu.
  5. Urusi urusanmu sendiri. Saya mulai belajar bahwa lebih sedikit saya tahu tentang orang lain, hidup saya menjadi lebih baik. Menjadi usil dan menghabiskan waktu untuk ikut campur dalam urusan orang lain sangat mengganggu kedamaian hati kita. lihatlah dalam 1 Tesalonika 4:11 “Dan anggaplah sebagai suatu kehormatan untuk hidup tenang, untuk mengurus persoalan-persoalan sendiri dan bekerja dengan tangan, seperti yang telah kami pesankan kepadamu,”
  6. Biarkan damai menjadi hal yg terpenting dalam hidupmu. Jika kamu ingin melakukan sesuatu dan kamu tidak merasakan damai dalam hatimu, jangan lakukan itu karena jika kamu tidak merasa damai maka itu bukan berasal dari Tuhan.
  7. Lakukan apa saja yg bisa kamu lakukan dengan cara yg sederhana. Saya belajar bahwa semakin sibuk kita semakin kita membutuhkan kesederhanaan itu, yg artinya kadang lebih baik mengalah dari pada memulai permusuhan yg berasal dari hal2 yg tidak penting. Juga, mungkin akan lebih sederhana untuk tidak berusaha menyelesaikan terlalu banyak urusan yang cuma akan membuatmu frustasi.

Jika kamu menerapkan anjuran2 ini dan mempraktekannya, kehidupan yg damai akan kamu miliki. Ingatlah bahwa Yesus adalah Raja Damai, dan Dia akan menyediakan ketenangan bagimu walaupun kamu berada dalam dunia yg dipenuhi oleh kesibukan.