Mengajar anak sekolah minggu usia 0 sampai 3 tahun

Hi all,

mau nanya, apakah memungkinkan mengajar anak2 usia 0-3 tahun mengenai Yesus?
karena mereka masih bayi, belum lancar dan bahkan blm bisa berbicara.
bahkan blm tentu mengerti apa yg kita bagikan.

aku pribadi berpegang pd ayat
“demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.” Yes 55:11

jika ada masukkan dari teman2 (metode/bahan/resources/semangat/dll), terima kasih sblmnya :slight_smile:
God bless you

kasih dengar lagu2 Kristen yang lembut tenang damai sukacita puji TUHAN YESUS

kenapa ga mungkin?

memang secara fisik mereka belum mengerti apa yg kita ngmgin (apalagi yg 0-1 thn. klo 2-3 thn biasa sudah mulai mengerti dgn bahasa yg sederhana), tp yg sy selalu pegang adalah roh mereka sudah mengerti dan kita sedang menanamkan suatu kebenaran di dlm diri anak2 itu.
percaya atau tidak, bekal yg kita tanamkan saat mrk batita itu pasti akan berguna saat anak itu beranjak dewasa (yg mungkin tidak bisa kita lihat saat ini).
semua org bilang usia balita itu usia emas dimana anak2 bisa banyak menerima, bahkan ada yg bilang klo mo ajarin berbagai macam bahasa ya saat yg paling tepat mulai diajarkan dr mrk masih batita… dan itu harusnya bisa berlaku jg untuk menanamkan kebenaran2 Firman Tuhan dlm diri anak2. :slight_smile:

untuk bahan/metode, mungkin bisa coba cari bukunya ibu Meilania tentang membuka kelas bayi. itu diceritakan ttg pengalaman beliau saat baru memulai kelas bayi di sekolah minggunya…
klo utk anak umur 2-3 thn, akan lbh baik utk penekanan cerita, kita ajak anak2 nyanyi lagu2 sekolah minggu yg berhubungan dgn inti cerita. mereka akan lbh cepat nangkap dan mengerti yg diajarkan melalui lagu dan gerak… :wink:

o ya, sekedar tambahan… kalau di tempat sy, sy sering jg menekankan ke guru2 yg ngajar kls batita bahwa yg kita ajar itu bukan hanya anak2 saja, tp termasuk jg orang tua atau mbak/suster yg mengantar… jd jgn pernah asal2an menyiapkannya… krn sasarannya ada 2… :happy0025:

ayo semangat melayani Tuhan dan anak2… mereka perlu diajar tentang kebenaran Firman Tuhan dr sejak mereka masih bayi… ^^ :afro:

sekedar sharing ya…

ada ortu anak sekolah minggu sy cerita, anaknya (umur 3 thn) saat di rumah sering menirukan cara guru sekolah minggunya saat ajak anak2 nyanyi memuji Tuhan. kalau saat pulang ditanya kk di SM cerita apa, klo kk nya agak ga jelas ceritanya, dia cuma bilang "itu ma, cerita tentang Tuhan Yesus… " tp wkt itu pernah sekali kk yg ngajar ajak nyanyi, saat pulang ditanya, anak itu langsung nyanyiin lg lagu yg diajarkan kknya saat mengajar… :smiley:

lalu ada anak lain lagi, dr bayi sudah diajak sekolah minggu juga oleh ortunya… saat dia sudah mulai bisa ngomong, yg sering dia nyanyikan itu ya lagu2 rohani yg sering dia dengar… dan secara ga sadar dr lagu2 tersebut anak itu pasti belajar suatu kebenaran untuk dirinya. :slight_smile:

percaya atau tidak, anak2 yg dari kecil sudah ikut sekolah minggu, gedenya pasti berbeda dr anak2 lain… krn sudah tertanam kebenaran2 Firman Tuhan di alam bawah sadar anak itu… mrk ga akan bisa terlalu jauh bgt dr Tuhan… kalaupun menjauh, mereka pasti akan ‘ditarik’ lg…
sy ngmg ini bukan hanya utk menyemangati, tp memang ada ceritanya, saudara sy sendiri yg spt itu… hehehe.

Mengajarkan apakah harus dengan kata-kata???

Ajarkan kasih Yesus dengan perbuatan, biar mereka merasakan kasih Allah lewat anda gurunya. Tunjukan dalam perbuatan bagaimana melakukan kebenaran, kejujuran dan keadilan, karena semua itu diperkenan Tuhan. Apa yang kamu ajarkan sejak kecil akan terus mengikutinya sampai dewasa. Ia mengenal Kristus sejak dari batita karena anda.

GBU

setuju, bagus infonya :afro:

Justru usia 0 - 3 tahun adalah masa puncak belajar seorang manusia. Kalo anda memotong kentang dengan garpu, apakah itu berarti kentangnya yang tidak bisa dipotong?

bukankah Yesus sendiri bilang biarkanlah anak2 itu datang kepadaKu janganlah menghalang-halangi mereka sebab orang seperti itulah yang empunya kerajaan Allah
walaupun mereka masih bayi mereka sudah ada dosanya :slight_smile: mereka juga perlu juruselamat. :smiley: