Mengalami KASIH dan KUASANYA ( Experiencing love and power of God )

Setelah mengetahui betapa hebatnya apabila hidup menjadi bagian dari TUBUH Kristus mendapat aliran dari KEPALA Gereja karena telah menerima “ ROH HIKMAT dan WAHYU “ membuat MATA hati kita menjadi terang , tetapi jangan berhenti hanya mengetahui saja , kita harus MENGALAMI sendiri kehebatan HIDUP sebagai bagian TUBUH KRISTUS yang mendapat aliran KASIH dan KUASANYA dari KEPALA Gereja . Sehingga menjadi Gereja yang sehat yang kuat dan bertindak untuk menyatakan kemuliaanNya kepada dunia bahwa YESUS hidup dan nyata didalam GerejaNya !

[i]Persekutuan atau perjumpaan dengan Kepala Gereja , bukan persekutuan dengan manusia biasa tetapi kepada ALLAH yang menciptakan langit dan bumi , maka kita akan menerima aliran KASIH yang akan membawa pemulihan dalam semua aspek kehidupan kita ![/i]

• KasihNya memberikan kemurahan , kebaikan , menghapuskan rasa takut karena percaya kasih akan melindungi dan memberi jalan keluar dari segala masalah hidup kita , yang tidak berpengharapan menjadi berpengharapan kembali karena Tuhan gunung batu keselamatan kita akan bertindak menyatakan KASIH bagi kita anak-anakNya .

• KasihNya dinyatakan kepada umat yang sungguh mau bersekutu denganNya , semua itu akan kita alami karena Tuhan akan menyingkapkan hatinya untuk MENGENAL betapa hebatnya KASIH yang akan dirasakan dan alami saat menyatu dengan Kepala gereja !

[b]Persekutuan dengan Allah yang menjadi kepala gereja akan mengalirkan KuasaNya , membuat kita berani menjalani hidup ini sebab KEKUATAN untuk menjalani kehidupan ini datangnya bukan dari manusia atau diri sendiri tetapi dari Allah sendiri !
[/b]
• Bagi kita yang ada didalam KRISTUS sebagai bagian TUBUHNYA , aliran KuasaNya yang tak terbatas akan dinyatakan bagi TUBUHNYA , Efesus 1 : 21-23 .

• KuasaNya memampukan kita meraih segala rencanaNya yang indah yang sudah Tuhan siapkan sejak memanggil kita menjadi anak-anakNya dalam kemuliaan . Roma 8 : 30 .

• KuasaNya memampukan kita melangkah dengan bebas meraih masa depan dan dibebaskan dari belenggu masa lalu , Yohanes 8 : 32 .

• KuasaNya akan membawa kepada MIMPI masa depan yang cerah dan indah , tentunya yang tidak bertentangan dengan FirmanNya , Amsal 4 : 18 .

• KuasaNya dinyatakan bagi kita yang mau menjadi bagian TUBUH KRISTUS , KuasaNya dinyatakan hanya bagi PEMAIN bukan bagi PENONTON dan hanya bagi PEMAIN yang berpotensi akan mendapatkan hadiah-hadiah dari Tuhan ! Filipi 3 : 13-14 .

• KuasaNya yang akan membawa hidup SELALU didalam KemenanganNya . 2 Korintus 2 :14 .
Jadilah anak Tuhan yang mengalami KASIH dan KUASANYA , Untuk itu kita harus jadi pemain dan bukan penonton sebagai bagian TUBUH KRISTUS yang hidup dan sehat !

Efesus 1 : 18- 19 , “ Dan supaya IA menjadikan mata hatimu terang , agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam penggilanNya : Betapa kayanya KEMULIAAN bagian yang ditentukan bagi orang-orang Kudus , dan betapa HEBAT KuasaNya bagi kita yang PERCAYA , sesuai dengan kekuatan kuasaNya “

DASAR MENGALAMI KEKAYAAN dan KEMULIAAN-NYA .

• Manusia berdosa bisa bersatu dengan Kristus oleh PERANTARA darahNya yang telah menyucikan , menudungi hidupnya dari Kekudusan Allah , Ibrani 10 : 14 . Sehingga sekarang mereka yang ada didalam Kristus adalah orang-orang KUDUS . Karena status baru tersebut Umat bisa mengalami apa yang Tuhan rencanakan yaitu Kekayaan KemuliaanNya .

• Karena Gereja ( Jemaat , Tubuh Kristus ) mau hidup bersatu dengan KEPALA Gereja ( Kristus ) dan mencari tahu sungguh-sungguh apa yang menjadi kehendakNya sebagai bagian TubuhNya untuk membawa umat mengalami KEKAYAAN KEMULIAAN yang Tuhan janjikan !

• Karena Gereja PERCAYA apa yang Tuhan katakan pasti digenapi , Bilangan 23 : 19 , Yesaya 55 : 11 . Sebab Tuhan yang rela mati bagi kita saat kita masih berdosa , IA pasti akan membawa kita dari satu kemuliaan kepada kemuliaan yang lebih besar !

Bersambung …


Maksud dari kekayaan dan kemuliaanNya adalah ;

  1. Kaya , dalam bahasa yunani Ploutos , yang artinya “ Kelimpahan “ dalam wawasan tentang arti hidup dan tujuan hidup , kelimpahan dalam buah-buah Roh , kelimpahan kasih karunia Roh , karena bersatu dengan Kepala Gereja yang penuh kasih dan kuasaNya , tentunya kelimpahan juga dalam berkat Allah baik rohani , jiwani maupun jasmani .

  2. Kemuliaan dalam bahasa Yunaninya Doxa yang artinya “ Kemuliaan dan Kehormatan “ , puji-pujian penghormatan seperti yang diberikan bagi seorang Raja , Kemuliaan , Kehormatan yang seharusnya hanya untuk Raja akan diberikan kepada umat Tuhan yang hidup sebagai bagian TUBUH KRISTUS . Jadi kalau kita mengetahui betapa hebatnya Kekayaan dan Kemuliaan sebagai bagian Tubuh Keristus yang menyatu dengan Kepala gereja kita akan antusias hidup berfungsi menjadi bagian TUBUHNYA , kehormatan yang Tuhan sediakan bagi umatNya adalah PEMULIHAN kehidupan seutuhnya , Sehingga dunia melihat kelimpahan kekayaan kemuliaanNya dalam hidup kita TUBUHNYA !

  3. Bagi kita yang percaya , Kata percaya diayat ini dalam bahasa Yunani dikatakan Pisteuo bukan Pistis maksudnya adalah ; “ Percaya yang terus menerus , konsisten percaya akan perkataan Tuhan ( FirmanNya ) bukan hanya sesaat atau temporer saja ! “ inilah cara mengalami Kekayaan Kemuliaan yaitu ; Percaya terus menerus bukan satu dua hari percaya besoknya sudah lupa dan kembali hidup dengan kekuatannya lagi .
    MENGALAMI KEKAYAAN dan KEMULIAAN LEWAT “ IMAN “

• Paulus dengan Hikmat dan tuntunan ROH KUDUS menjelaskan bahwa , IMAN Kristen hadir ditengah dunia yang rusak , tak berpengharapan dan kacau , Persatuan dengan Kepala Gereja menawarkan kepastian akan KEKAYAAN KEMULIAAN . Konsep IMAN , PERCAYA yang ditawarkan Paulus ini memiliki pengertian semua itu akan terjadi bagi setiap umat yang PERCAYA perkataan Tuhan pasti digenapi !

• Sejak semula saat Tuhan membangun hubungan dengan manusia adalah , agar manusia dipulihkan dalam SEMUA ASPEK kehidupannya , Untuk melaksanakan rencanaNya tersebut Tuhan memberikan , kasih karunia IMAN sebagai sarana agar umat tetap BERPEGANG kepada janji-janjiNya , Efesus 2 : 8-9 . Walau umat belum melihat janjiNya tetapi tetap percaya . Ibrani 11 : 1-2 . Seperti seorang setir mobil ia sudah menyiapkan SIMnya , demikian juga umat bisa percaya karena Tuhan sudah memberikan IMAN terlebih dulu untuk bisa PERCAYA semua perkataan Tuhan dan melakukannya .

IMAN , PERCAYA memiliki pengertian yang luas seperti ;

a. IMAN , dalam pengertian memiliki KESETIAAN , Saat Paulus menulis surat kepada Jemaat di Tesalonika , Ia ingin mengetahui tentang iman mereka ditengah kesulitan dan pencobaan hidup . 2 Tesalonika 1 : 4 , Iman dan ketabahan disini disatukan , Iman adalah ketaatan yang TEGUH sebagai laskar Kristus ditengah kesulitan hidup tetap setia !

b. IMAN , adalah wujud KEYAKINAN bahwa FirmanNya itu BENAR dan pasti digenapiNya , Bilangan 23 : 19 , dalam 1 Korintus 15 : 17 , menjelaskan bahwa kalau Kristus TIDAK bangkit dari kematian , maka sia-sialah Iman percaya dan segala sesuatu yang dipercayai menjadi sia-sia , tetapi karena terbukti kebangkitanNya maka iman orang Kristen menjadi tidak SIA-SIA tetapi suatu kepastian pasti digenapi semua perkataan Tuhan !

c. IMAN , merupakan bukti sebagai orang Kristen SEJATI , sebab para lawan orang Kristen akan mentertawakan kalau ternyata orang Kristen tidak bisa membukikan IMAN karena hidup tidak berdiri TEGUH dalam perkataan FirmanNya . 2 Korintus 13 : 5 .

d. IMAN , adalah gambaran PENGHARAPAN yang teguh akan perkataan Tuhan sepenuhnya walau belum melihat tetapi tetap percaya , 2 Korintus 5 : 7 mengatakan , “ Sebab hidup kami ini adalah hidup karena PERCAYA bukan karena melihat ”

bersambung …


KESIMPULAN IMAN ADALAH

• PERCAYA , bahwa janji kemuliaanNya disiapkan memang untuk kita sebagai umatNya , semua kebenaran Firman Nya baik yang di NUBUATKAN para Nabi maupun para Rasul pasti digenapi dan diberikan hanya bagi kita yang telah menjadi bagian TUBUHNYA .

• PERCAYA , karena cintaNya yang begitu besar dan karena anugrah kemurahanNya yang tidak terbatas memang disediakan bagi kita TubuhNya dan tidak ada generasi lain yang ditunggu untuk menerima kasih karuniaNya .

• PERCAYA , menyadari bahwa inilah waktunya dan tidak ada zaman lain untuk KEPALA Gereja menyatakan kemuliaan kasih dan kuasaNya , untuk itu kita harus siapkan diri untuk menerimanya dengan kerinduan yang kuat seperti seorang sedang haus dipadang gurun dan lapar yang diingat adalah air atau makanan bukan emas dan perak !

Dalam kebanyakan surat-surat Paulus , IMAN berarti SIKAP menerima secara MUTLAK dan percaya tanpa syarat semua perkataan Tuhan . Itu berarti “ Bersedia mempertaruhkan hidup kita bahwa ALLAH itu ada , percaya sepenuhnya bahwa apa yang YESUS katakan adalah benar dan pasti digenapi !

IMAN membawa Gereja yang SEHAT ,

• Kita yang mengalami PERJUMPAAN dengan KRISTUS , mengalami KASIH dan KUASANYA yang akan MEMULIHKAN semua aspek kehidupan kita , dan lewat pemulihan segala sesuatu akan membuat kita bisa memuliakan nama Tuhan , karena kita sendiri menyaksikan perbuatan Allah yang besar dalam hidup kita , Itulah Gereja yang sehat dan bertindak untuk menyatakan kemuliaanNya ! Efesus 1 : 21-23 .

• Kita akan mengalami kemenangan dan keberhasilan kemana saja kita melangkah karena disertai aliran KASIH dan KUASA dari KEPALA GEREJA , sama seperti Hizkia saat mencari Tuhan sungguh-sungguh maka segala usaha dan pekerjaan Hizkia dibuat Tuhan menjadi berhasil . 2 Tawarikh 26 : 5 .

• Menang mengalahkan , rasa takut , kuatir , putus asa , masalah , sakit penyakit , kemiskinan , masa depan yang suram , persoalan dalam keluarga dan segala tipu muslihat iblis yang berusaha untuk menghancurkan umat Tuhan dengan berbagai macam jebakan . 2 Korintus 2 : 14 .

• Tuhan akan memakai hidup kita menjadi luar biasa karena kasih dan kuasaNya yang akan memampukan untuk melakukan perbuatan yang besar dan ajaib baik dalam hidup pribadi maupun bagi kebesaran dan kemuliaan namaNya . 2 Korintus 3 : 18 .

Untuk bisa hidup dalam IMAN akan perkataan YESUS sepenuhnya sehingga bisa mengalami semua rencana dan kehendakNya yang baik dan mulia itu , kita perlu berseru dan minta kepada Tuhan berikan kami rasa HAUS dan LAPAR akan ENGKAU , ingat selalu akan janji-janjiNya dan hati kita selalu terangkat berdoa . ( sama seperti saat kita haus dan lapar selalu ingat minum dan makan saja )

Minta Kepada Tuhan MINAT , GAIRAH dalam hati untuk masuk dan berfungsi sebagai bagian dalam TUBUH Kristus , sebab kalau dalam hati kita tidak ada Minat atau Gairah maka kita tidak akan suka cita saat mengerjakan bagian kita , sama seperti seorang anak dipaksa masuk kuliah dalam bidang yang tidak ia sukai pastilah kuliahnya akan gagal , sama seperti seorang disuruh bekerja dibidang yang tidak ia sukai ia akan merasa suatu beban dan bukan kesukaan saat mengerjakannya dan usahanya tidak akan sukses . Oleh sebab itu berfungsilah sebagai bagain TUBUH KRISTUS “ Jadilah PEMAIN bukan PENONTON “ Amin .