mengapa agama kristen ada perjanjian baru dan lama

mengapa ya dalam agama kristen ada perjanjian baru dan perjanjian lama,apakah sama kristen dan nasrani itu,apa perbedaan kristen dan nasrani

Perjanjian lama dan perjanjian baru merupakan pernyataan Allah pada manusia, alkitab juga merupakan sejarah manusia.

Perjanjian lama, bercerita tentang asal mula nya penciptaan dunia dan seluruh isinya, kegagalan Adam untuk taat pada Tuhan, menyalah guna kan kebebasan yang di berikan Tuhan, membuat Adam tidak taat pada larangan Tuhan.

Abraham merupakan pilihan Tuhan untuk membangun suatu bangsa pilihan Tuhan, yaitu bangsa Israel.

Tuhan berjanji Abraham akan menjadi berkat bagi bangsa2 lain, itulah perjanjian yang pertama.

Tuhan memberi hukum taurat untuk di taati. Tetapi bangsa Israel gagal mentaati hukum Taurat, sehingga berada dibawah hukuman Tuhan.

Tiba pada perjanjian baru, dimulai dengan persiapan mesias juru selamat, penebusan Tuhan Yesus di kayu salib , mendamaikan hubungan Tuhan dengan manusia, menanggung dosa manusia, menanggung kutukan Tuhan dikayu salib bagi kita.

Karena manusia tidak mampu menolong dirinya sendiri, Tuhan memberi kasih karunia Tuhan pada orang yang percaya, di jaman kisah para rasul, mereka mulai di sebut KRISTEN, KIS 11 : 26
SEDANGKAN SEBUTAN NASRANI ada di kis 24 : 5
pada jaman itu orang kristen yahudi di sebut nasrani. sedang kita kan bukan orang yahudi, jadi di sebut kristen.

Sedangkan kenapa ada perjanjian lama dan perjanjian baru,
Ibrani 8 :6, mengatakan Tuhan Yesus menjadi pangantara dari perjanjian yang lebih mulia, yang di dasarkan ats janji yang lebih tinggi.

Ibr 8 : 7 Sebab, sekiranya perjanjian yang pertama itu tidak bercacat, tidak akan di cari lagi tempat untuk yang kedua.

ibr 8 : 13 Oleh karena Ia berkata2 tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah tua.
apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat pada kemusnahannya.

Inilah garis besarnya ,saya tidak mendetil membahasnya.

ma kasih ya mbak rita

saya boyis muslim,kalau dalam islam kan,wanita itu wajib menutup auratnya (memakai jilbab) apakah dalam agama kristen wanita yg terlihat auratnya berdosa?

Aurat yang mana? silahkan lebih spesifik vagina,payudara ?

kalo kepala dibilangn aurat ntar pas keramas di bilang keramas aurat donk?

he he he …!maksud ku kalau dalam islam kan aurat itu seluruh anggota badan/tubuh wanita itu adalah aurat,kecuali telapak tangan dan dan wajah,yang hanya boleh terlihat,jadi kecuali ke2 itu maka tubuh/badan wanita itu harus tertutup, bila tertutup auratnya tapi memakai pakaian yang ketat sehingga terlihat jelas bentuk lekuk tubuhnya,itu sama saja tidak memakai jilbab !

Itulah, kalo kita ke Irian maka yang di bilang aurat mungkin lain lagi cuma batangnya saja yg di bilang aurat. makanya cuma batangnya aja yang di slongsong pake kayu. untuk wanitanya belum belajar tuh aku ntar ya pergi belajar dulu…

bisa aja ente,

Bisa bayangkan kalo tokoh agama lahir di irian kan ? jd menurut saya itu cuma Budaya.

kalau dalam agama kristen porno grafi itu haram apa gak sih? seperti kasusnya ariel peterpan itu,kok umat kristen di indonesia diam aja seperti gak perduli dengan masalah sosial di sekitarnya,kalau agama islam kan (seperti HTI ,FPI, dan ormas islam lainnya pada demo) untuk mendukung undang2 pornografi,agar masalh moral itu jangan rusak !

Kami perduli juga cuma kalo kami bergerak selalu dicurigai, jadi kami lebih percaya KUASA DOA. Sebab sesembahan kami adalah Yang MAHA KUASA yang HIDUP. Dia pasti Sanggup dan punya jalan pikiran sendiri.

Karena wanita Kristen bukanlah aurat berjalan bro boyis…mereka manusia sama dengan pria.

Kami peduli…tapi kami tidak bergerak seperti teman2 HTI, FPI dll…Kami menyerahkan urusan ini kepada negara.
Biar negara yang mengurusnya.

jadi gak pa pa auratnya kelihatan ?
menurut kristen islam itu bagaimana? apakah sama pandangan anda ( (umat kristen) tentang islam ,seperti kami (umat islam) yg memandang bahwa ahmadiyah itu sesat karena mengakui ada nabi lagi setelah nabi MUHAMMAD SAW (mirza ghulam ahmad adalah nabi menurut orang2 ahmadiyah),sehingga kami (umat islam )menganggap ahmadiyah itu aliran sesat,walau mereka (ahmadiayah)mengakui ke ESAAN TUHAN ALLAH,tapi mengakui ada nabi setelah nabi MUHAMMAD SAW,
apakah umat kristen memandang kami(umat islam) juga orang orang sesat?

aku pengin lama2 di forum ini,tapi sekarang ingin nonton piala dunia di rcti nih daaaaahhhh…!

Matius 7
7:15. "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.

Entahlah, hanya saja Isa Almasih sudah mengatakan akan ada nabi2 palsu…^0^

Salam

Ada bagian yang harus ditutupi…ya seperti biasalah pemandangan sehari2 yang bro boyis lihat. Mereka tidak telanjang kan?

Menurut saya, Kristen memandang Islam bukan karena adanya pengakuan kenabian dari Muhammad, seperti Islam memandang Ahmadiyah
Tapi memandang dari ajaran2nya.

Kami melihat kalian butuh Juru Selamat.

Jawaban2 saya ini tidak perlu bro boyis bahas lebih lanjut karena itu akan menjurus kepada hal2 yang bukan tentang Kristen

Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah satu kitab.

di kitab Perjanjian Lama Tuhan sudah berfirman akan Perjanjian Baru itu.

Firman TUHAN di kitab nabi Yeremia:

31:31 Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru dengan kaum Israel dan kaum Yehuda,

di Injil Perjanjian Baru , TUHAN berfirman juga:

Injil Lukas
22:20 Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.
materi referensi:
Alkitab

:slight_smile:
GBU

kalau demikian boyis harusnya biar ada kesetaraan mengapa pria tidak menutup auratnya dari kepala sampai ujung kaki?

nah jika boyis berani bertanya, berani juga menjawab yah

:slight_smile:
salam

kalau dalam islam wanita memakai jilbab itu karena di perintah oleh ALLAH melalui kitab suci ALQURAN !