Mengapa Allah mengirim anakNya sendiri kedunia ??

Untuk menyelamatkan umat manusia, mengapa Allah mengirim anakNya sendiri.

Kalau cuma memberitakan Firman, apa tidak cukup Allah mengirim nabi-nabiNya, seperti Yohanes, Paulus dan yang lainnya ?

sebelum Anak-Nya sudah banyak nabi yang diutus untuk membawakan Firman Tuhan seperti Nabi Musa,Nabi Elia,Nabi Yesaya, etc namun mereka semua tidak terlalu didengarkan oleh umat manusia, sehingga karena begitu besarnya kasih Allah akan dunia ini, dia terpaksa mengutus Anak-Nya yang tunggal untuk menjadi Nabi terakhir agar kita semua percaya dan terselamatkan :slight_smile:
CMIIW Correct Me If I’m Wrong

Jujur… sy bingung menjawab pertanyaannya. Sy umat kristiani KTP. Secara logika, benar jg yah knp Tuhan susah2 menjadi manusia??? Ky di film appaa gt yg dimainkan oleh Jim Carrey… :’(

Untuk menebus manusia sesuai ketentuan Hukum Taurat. Karena dalam Perjanjian, upah dosa adalah maut. Bahwa gigi ganti gigi, nyawa ganti nyawa.

Dosa dari Adam pertama mengakibatkan seluruh dunia jatuh dalam kuasa dosa, maka demikian pula kebenaran dari Adam kedua (yaitu manusia Kristus Yesus) membebaskan manusia melalui iman di dalam AnakNya.

GBU

Aduuhhhh… makin bingung Pak!


Aduuhhhh… makin bingung Pak!

Sebenarnya gak bingung ketika mas memahami bahwa Allah bukan pembohong.
Ketika Allah berfirman bahwa: upah dosa adalah maut, maka setiap orang yang berdosa tidak bisa dicuekin begitu saja dosanya. Orang itu harus binasa.Jika tidak, Allah berbohong.

Jadi sebenarnya sesuai kekudusan Tuhan, semua orang harus binasa karena semua orang berdosa. Perbuatan baik tidak bisa menghapus dosa, karena justru kalau kita tau bagaimana caranya harus berbuat baik dan kita tidak melakukannya maka kita berdosa.

Penghuuman harus dijalankan. tetapi karena Allah itu kasih maka pEnghukuman itu dijalankan di dalam diriNya sendiri agar manusia bisa selamat.

Agama Islam mengajarkan konsep keliru (dosa bisa dicuekin begitu saja tanpa harus binasa), sehingga banyak orang jadi bingung.

GBU

Justru itu makin bingungnya…
Lingkungan sy banyak org2 islam,meskipun sepertinya mrk sendiri islam ktp, sama seperti sy kristen ktp.
Sy senang mengikuti org2 yang mati hingga melihat org2 sampai dikuburkan bahkan di bakar, baik islam/kristen/agama lain. Pertanyaannya,
BAGAIMANA NASIB UMAT KRISTIANI KITA DIDALAM KUBUR???
DIMANAKAH KITA???
SETELAH HARI PENGAHABISAN (PENGHANCURAN ALAM), LALU KEMANAKAH KITA???
BAGAIMANA PROSESNYA???

Monhon keterangan, krn sy sendiri samapai skr tidak tahu, malah selbih tahu ajaran lain?

thanks

Saya rasa dengan cara seperti itulah cara yg cukup sempurnah,kalau hanya memberitakan firman seperti yg dilakukan,Nabi2 dan Murid-muridNya itu belum cukup,karna termasuk salah satu 7an Tuhan Yesus datang ke dunia adalah untk menebus dosa2 manusia yg tdk bs ditebus oleh Rasul Yohanes,Paulus dan Rasul2 yg lain,
Salam

Bagi kita itu merupakan hal yg susah tp bg Tuhan itu gak susah,.Seperti cinta kasih Bapak kepada anaknya,begitu pulahlah di wujudkan Allah Bapa ke pada anak2NYA .

Bagi kita itu merupakan hal yg susah tp bg Tuhan itu gak susah,.Seperti cinta kasih Bapak kepada anaknya,begitu pulahlah di wujudkan Allah Bapa ke pada anak2NYA termasuk kita2 ini,yaitu Ia datang sendiri menanggalkan Mahkota kemuliaanNya menebus dosa2 kita,Dia sangkali keilahianNya menjadi rela menjadi manusia.
Salam

Baca saja di Akitab :afro:

GBU

Bro mbah.Sam kalau langsung dijawab tuntas boleh gak?

Shalom,

Selamat datang saudara, yang ku kasihi.
Saya pun masih baru, dan ingin menggali dan belajar dari sdr. seiman yang lain.

Dengan kejujuran serta kerendahan hati anda dan rasa ingin tahu, saya yakin dengan mengikuti forum ini, dalam waktu singkat iman anda didalam Yesus akan tumbuh.

Topik diatas, yang akan membedakan agama kristen terhadap agama lain.

Pertanyaan anda : Bagaimana prosesnya, adalah pertanyaan yang bagus sekali.
Pertanyaan anda itu ada hubungannya dengan " mengapa Allah mengirim anakNya kedunia",
Prosesnya bagaimana, sehingga kita bisa mendapatkan kepastian mengenai keselamatan.

Memang banyak orang tidak tahu, apa yang terjadi setelah kita mati, sehingga hidupnya asal hidup, makan, tidur, hari lepas hari, tahun lepas tahun, dan tidak terasa sudah menjadi tua.
Hidup tidak ada tujuan, seperti ayam atau babi, kalau mau mati yah mati sudah, selesai.
Hidup orang kristen penuh dengan suka cita, sebab kita tahu kemana kita pergi.

Melalui anak Allah kita mempunyai kepastian keselamatan, dan tahu bagaimana kita diselamatkan, serta kemana kita akan berada setelah kita mati.

Syalom.

Tentu saja boleh, temanku.

Terima kasih sekali, kalau ada orang yang bersedia memberi pengarahan berdasarkan Alkitab.

Dari pengarahan ini, tentu nanti akan timbul pertanyaan, bagi yang kurang jelas atau kurang sepaham.

Syalom.

Sebab kalo ngirim anak tetangganya ntu namanya “kurang ajar”, bukan Tuhan, bro…

baidewei, Jim Carrey ngga main jadi anak Tuhan yg dikirim ke dunia. Judulnya Bruce Almighty n critanya bukan tentang Tuhan ngirim anaknya. Yg bener tu Jim Caviezel.

Mengapa Tuhan mengirim Anak-Nya sendiri ke dunia??

1. Karena Tuhan menciptakan manusia serupa citra-Nya.

Gen_1:26 Dan Elohim berfirman, “Marilah Kita membuat manusia dalam citra Kita, menurut rupa Kita, dan biarlah mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut, dan atas burung-burung di langit, dan atas ternak, dan atas seluruh bumi, dan atas segala yang melata yang merayap di muka bumi.”

Gen_1:27 Lalu Elohim mencipta manusia menurut citra-Nya. Dalam citra Elohim, Dia telah menciptakannya; laki-laki dan perempuan Dia telah menciptakan mereka.
Gen_9:6 Maka barangsiapa menumpahkan darah manusia, darahnya sendiri akan ditumpahkan oleh manusia, karena Elohim membuat manusia itu menurut citra-Nya sendiri.

Heb 2:16 Sebab sesungguhnya, Dia menaruh perhatian bukan terhadap para malaikat, sebaliknya, Dia menaruh perhatian terhadap keturunan Abraham.

Heb 2:17 Itulah sebabnya, dalam segala hal Dia harus dijadikan sama dengan saudara-saudara, supaya Dia dapat menjadi seorang Imam Besar yang penuh kemurahan dan yang setia terhadap Elohim, sehingga dosa-dosa umat dapat diperdamaikan.

Heb 2:18 Sebab oleh-Nya, Dia sendiri telah menderita ketika dicobai, dengan demikian Dia mampu menolong mereka yang sedang dicobai.

1Co 15:45 Demikian pula telah tertulis: Manusia Adam yang pertama telah menjadi jiwa yang hidup, Adam yang terakhir, sebagai Roh yang memberi hidup.
1Co 15:46 Namun, yang pertama bukanlah apa yang rohani tetapi apa yang jiwani, baru sesudah itu apa yang rohani.
1Co 15:47 Manusia pertama adalah dari bumi, berasal dari tanah; manusia kedua adalah dari surga, yaitu Tuhan.

2. Karena Anak-Nya adalah yang sulung dan Pohon Kehidupan (arti kiasan)

Gen 3:22 Dan berfirmanlah YAHWEH, Elohim, “Lihatlah, manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, mengetahui tentang yang baik dan yang jahat. Maka sekarang, jangan sampai dia mengulurkan tangannya dan mengambil juga dari pohon kehidupan, dan memakannya, dan hidup untuk selamanya.”

Col 1:15 Dialah gambar Elohim yang tidak kelihatan, yang sulung dari segala ciptaan,
Col 1:16 sebab oleh Dia segala sesuatu telah diciptakan, yang ada di dalam surga dan yang ada di atas bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik takhta-takhta atau para pemegang kekuasaan, atau penguasa-penguasa atau otoritas-otoritas; segala sesuatu telah diciptakan melalui Dia dan bagi Dia.

Rom 8:29 Sebab, mereka yang telah Dia kenal sebelumnya, juga telah Dia pratetapkan serupa dengan gambar Putra-Nya, sehingga Dia menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Pro 3:12 Sebab YAHWEH menegur siapa yang Dia kasihi, bahkan seperti seorang ayah terhadap anak yang ia perkenan.
Pro 3:13 Berbahagialah orang yang mendapatkan hikmat, dan orang yang memperoleh pengertian;
Pro 3:14 karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas murni;
Pro 3:15 dia lebih mulia daripada batu merah delima; apa pun yang kamu inginkan, tidak dapat dibandingkan dengannya.
Pro 3:16 Umur panjang ada di tangan kanannya; kekayaan dan kehormatan di tangan kirinya.
Pro 3:17 Jalannya adalah jalan kesenangan dan segala jalannya, damai sejahtera.
Pro 3:18 Dia adalah pohon kehidupan bagi orang yang memegangnya dan berbahagialah mereka yang berpegang padanya.

3. Karena telah dinubuatkan.

Heb 1:1 Elohim, setelah berbicara dalam banyak kesempatan dan dengan berbagai cara pada zaman dahulu kepada para leluhur melalui para nabi,
Heb 1:2 pada masa terakhir ini Dia berbicara kepada kita di dalam Putra, yang telah Dia tetapkan sebagai ahli waris segala sesuatu; melalui-Nya pula, Dia telah menjadikan zaman-zaman.

bersambung…

sambungan…

1Pe 1:10 Berkenaan dengan keselamatan itulah para nabi telah mencari dan menyelidiki sambil bernubuat mengenai anugerah bagi kamu,
1Pe 1:11 seraya memeriksa mengenai apa, atau saat mana, Roh Kristus yang ada dalam diri mereka menjelaskan yang dipersaksikan sebelumnya, mengenai penderitaan Kristus dan kemuliaan sesudah hal-hal ini.

Eph 3:8 Kepadaku yang paling hina dari semua orang kudus, anugerah ini telah diberikan untuk menginjilkan kekayaan Kristus yang tak dapat dimengerti di antara bangsa-bangsa lain.
Eph 3:9 Dan untuk mencerahi setiap orang, apakah itu persekutuan rahasia yang telah tersembunyi dari zaman ke zaman di dalam Elohim yang telah menciptakan segala sesuatu melalui YESUS Kristus.
Eph 3:10 Supaya sekarang, melalui gereja dapat diberitahukan berbagai ragam hikmat Elohim kepada penguasa-penguasa dan otoritas-otoritas di alam semesta,

Eph 3:11 sesuai dengan tujuan dari zaman ke zaman yang telah Dia lakukan di dalam Kristus YESUS, Tuhan kita.

1Pe 1:18 Dengan mengetahui, bahwa kamu sudah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia, yang diwariskan oleh leluhurmu, bukan dengan barang yang fana, perak ataupun emas,
1Pe 1:19 melainkan dengan darah yang mahal, bagaikan anak domba yang tanpa cacat dan tanpa noda, yaitu Kristus,
1Pe 1:20 yang memang telah diketahui terlebih dahulu sebelum permulaan dunia, tetapi baru dinyatakan pada masa yang terakhir bagi kamu
1Pe 1:21 yang percaya melalui Dia kepada Elohim yang telah membangkitkan Dia dari antara yang mati dan telah memberikan kemuliaan kepada-Nya, sehingga iman dan pengharapanmu selalu berada di dalam Elohim.

Mar 1:14 Dan setelah Yohanes ditangkap, datanglah YESUS ke Galilea untuk memberitakan injil kerajaan Elohim
Mar 1:15 dan berkata, “Waktunya sudah digenapi dan kerajaan Elohim sudah mendekat. Bertobatlah dan percayalah kepada injil itu!”

4. Karena kasih Tuhan/Bapa yang teramat besar kepada umat manusia.

Joh 3:16 Sebab Elohim demikian mengasihi dunia ini, sehingga Dia mengaruniakan Putra-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak akan binasa, melainkan dapat memperoleh hidup kekal.
Joh 3:17 Sebab Elohim mengutus Putra-Nya ke dunia tidak untuk menghakimi dunia, sebaliknya supaya dunia dapat diselamatkan oleh-Nya.

Gal 4:4 Namun ketika penggenapan waktu telah datang, Elohim mengirimkan Putra-Nya supaya dilahirkan dari seorang wanita sambil dilahirkan di bawah torat,
[color=black][b]Gal 4:5 supaya Dia dapat menebus mereka yang ada di bawah torat, sehingga kita dapat menerima adopsi sebagai anak.

bersambung…

sambungan…

Rom 8:3 Sebab, apa yang torat tidak mampu, yang olehnya dia selalu menjadi lemah karena daging, Elohim, dengan mengutus Putra-Nya sendiri dalam keserupaan dengan daging dosa dan sehubungan dengan dosa, telah menghukum dosa di dalam daging,
Rom 8:4 supaya tuntutan kebenaran torat dapat digenapi di dalam kita yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh.

Isa 53:1 Siapakah yang telah percaya kepada pemberitaan kami? Dan kepada siapakah lengan YAHWEH telah dinyatakan?
Isa 53:2 Ya, dia tumbuh bagaikan tunas muda di hadapan-Nya, dan bagaikan akar dari tanah yang kering. Dia tidak mempunyai bentuk ataupun kemuliaan sehingga kita memandangnya, ataupun rupa, sehingga kita mengingininya.
Isa 53:3 Dia direndahkan dan ditolak oleh manusia, seorang yang penuh penderitaan dan yang dikenal berpenyakitan, dan seperti yang menyembunyikan wajahnya dari dirinya, dia direndahkan dan kita tidak mengindahkannya.
Isa 53:4 Sesungguhnya, dia telah menanggung penyakit dan penderitaan kita, dia telah memikulnya, tetapi kita menganggap dia kena kutuk, dihajar dan didera Elohim.
Isa 53:5 Namun, dia ditikam karena pemberontakan kita, diremukkan karena kejahatan kita. Ganjaran demi keselamatan kita menimpa atasnya, dan melalui bilurnya dia telah menjadi kesembuhan bagi kita.
Isa 53:6 Seperti domba, kita semua telah tersesat, kita masing-masing telah berbalik menurut jalannya sendiri, tetapi YAHWEH telah menimpakan kepadanya kejahatan kita semua.

1Pe 2:24 Dia sendiri yang sudah menanggung dosa-dosa kita di dalam tubuh-Nya di atas kayu salib; supaya dengan mati terhadap dosa, kita dapat hidup di dalam kebenaran. Tentang Dia, oleh bilur-bilur-Nya kamu sudah disembuhkan.
1Pe 2:25 Sebab kamu dahulu seperti domba yang tersesat, tetapi sekarang kamu sudah dikembalikan kepada Gembala dan penilik jiwamu.

Rom 8:32 Dia yang sungguh-sungguh tidak menyayangkan Putra-Nya sendiri, melainkan Dia telah menyerahkan-Nya ganti kita semua, bagaimana Dia tidak akan menganugerahkan segala sesuatu kepada kita bersama dengan Dia.

Silahkan diedit lagi, apa yang masih kurang atau salah.

Shalom,

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada sdr.Enjoy, atas uraian yang bagus dan terperinci, serta dilengkapi dengan ayat-ayatnya .

Allah itu maha kuasa, kalau Allah mau menyelamat semua manusia, pasti bisa dengan mudah.
Dengan dikorbankannya anakNya, untuk membebaskan manusia dari dosa, adalah suatu bukti bahwa Allah itu tidak sewenang-wenang, akan tetapi sangat konsekuen.

Uraian sdr. Enjoy itu benar, akan tetapi maksud saya ialah : Mengapa hanya Tuhan Yesus, satu-satunya yang bisa membebaskan dosa manusia dan membawa kembali ke rumah BapaNya, sehingga Dia yang dikirim ke dunia, bukan Musa, Elia atau Malaikat Allah.

Syalom.