Mengapa dari ke-7 jemaat dalam kitab wahyu tdk terpilih Jemaat s. Petrus di Roma

Kita tahu bahwa Kitab wahyu dialamtkan kepada ke-7jemaat di Asia yang berlokasi di sekitar TURKI barat yang sekarang.

Setiap jemaat tertentu terdiri atas berbagai kumpulan jemaat. Barangkali Jemaat-jemaat ini telah dipilih oleh Tuhan Yesus dan akan mempercayakan pesan ini kepada setiap jemaat itu kepada seorang malikat.
Walaupun kata malaikat (Yun. Aggelos) memang tepat diterjemahkan dengan “malaikat”, tetapi tampaknya di sini di gunakan dalam makna yang umum sebagai pembawa pesan.
Ke- 7 jemaat ini dipilih karena mereka mewakili keseluruhan jemaat pada masa itu.

Mengapa dari ke-7 jemaat yang dipilih, tidak terpilih nama jemaat-jemaat santo Petrus di Roma (yang memegang kunci kerajaan disorga dan jemaat khatolik).
kemanakah mereka pada waktu itu?

Mungkinkah ke-7 jemaat itu adalah salah satunya jemaat Santo Petrus di Roma?

  1. Jemaat Efesus kah?
  2. Jemaat Smirna kah?
  3. Jemaat Pergamus kah?
  4. Jemaat Tiatira kah?
  5. Jemaat Sardis kah?
  6. Jemaat Filadelfia kah?
  7. Jemaat Laodikia kah?

Karena mitos Petrus mendirikan gereja di Roma kagak benar. Alias gereja Petrus di Roma kagak pernah ada. :smiley:

GBU.

Tujuh itu cuman perwakilan saja, sebab yang dilihat di pulau Patmos itu nubuatan bukan jampi-jampi melihat masa depan. Nubuatan itu terkadang penampakannya tidak nyata, beberapa menyebut fenomena alam roh, beberapa menyebutnya kiasan, beberapa lagi menyebutnya dengan istilah lain. Saat Yesaya atau Yeremia atau Yehezkiel menulis nubuatan Allah, ia melihat penampakan yang tidak nyata dari kehidupan, demikian waktu Yusuf melihat nubuatan masa depannya, saat Daniel melihat nubuatan akhir jaman, semua bukan dalam bentuk kehidupan nyata seperti sebuah film sinema.

Kalau anda tidak menyadari hal itu, maka anda merasa koq cuman 7 tempat aja jemaat Allah? Satu tempat tampung berapa orang? Sekarang pada kemana aja mereka, musnah kah?

Ya kalau beneran kagak ada juga gereja Petrus di Roma, gimana juga mau disebutin di situ.

GBU

Pada waktu itu jemaat-jemaat yang lain juga ada ko’, seperti jemaat Korintus, jemaat di Roma dll.

Sebab sebagian umat Katolik mengajarkan bahwa Petrus adalah gembala agung karena dia menerima mandat itu secara pribadi dari YESUS. Petrus sebagai gembala agung dan paling berkuasa untuk mengangkat para penatua menjadi gembala dan memberi mereka mandat untuk menggembalakan kawanan domba Allah (1Petrus 5:1-2). Lebih lanjut mereka mengajarkan bahwa Petrus mendirikan jemaatnya di Roma, disini menjadi pertanyaannya adalah mengapa

Dari ke-7 Jemaat mengapa jemaat yang dibangun Petrus diRoma tidak terpilih untuk menerima pesan wahyu ini? Wahyu 2:1- dstnya

Apa mungkin Tuhan YESUS tidak tahu bahwa santo Petrus berada di Roma sebagai Gembala agung disana?

yang dimaksud dengan 7 jemaat dalam kitab wahyu, adalah ciri ciri gereja Tuhan akhir zaman.
mungkin jemaat s. petrus, terdapat pada salah satu atau beberapa ciri ciri yang dinubuatkan tersebut.

  1. Jemaat Efesus kah?
  2. Jemaat Smirna kah?
  3. Jemaat Pergamus kah?
  4. Jemaat Tiatira kah?
  5. Jemaat Sardis kah?
  6. Jemaat Filadelfia kah?
  7. Jemaat Laodikia kah?

salam

sis, saya juga pernah baca loh, penafsiran penglihatan 7 jemaat itu katanya merujuk kepada gereja di sepanjang jaman, kalo gak salah inget, yang Tiatira itu katolik yah , bener tak?

susah2 nyari jemaat petrus, jemaat pendetamu ditulis tidak…??
bandingin dengan badan kamu dulu adik… :wink:

===
Fyi, ketujuh jemaat maupun 1000 jemaat mereka adalah satu… dicontohkan dengan semua org datang ke yerusalem ketika petrus memimpin sidang I…

Paham adik…??

whoaaa… om Limited datang, jadi bakalan rame deh, hahahaha peace om, :smiley: :smiley:

kadang jadi rame bukan karena saya, tetapi karena kaca yang saya bawa buat mereka… :smiley:

silahkan baca sendiri,

Wahyu 2 : 1 ¶ "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki dian emas itu.
2 Aku tahu segala pekerjaanmu: baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat, bahwa engkau telah mencobai mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta. II II II
3 Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah.
4 Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.
5 Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat. II II II
6 Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci.
7 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat:

Wahyu 2 : 8 ¶ “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:
9 Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu — namun engkau kaya — dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.
10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.
11 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua.”

Wahyu 2 : 12 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:
13 Aku tahu di mana engkau diam, yaitu di sana, di tempat takhta Iblis; dan engkau berpegang kepada nama-Ku, dan engkau tidak menyangkal imanmu kepada-Ku, juga tidak pada zaman Antipas, saksi-Ku, yang setia kepada-Ku, yang dibunuh di hadapan kamu, di mana Iblis diam.
14 Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala dan berbuat zinah.
15 Demikian juga ada padamu orang-orang yang berpegang kepada ajaran pengikut Nikolaus.
16 Sebab itu bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini. I
17 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, yang tidak diketahui oleh siapapun, selain oleh yang menerimanya.”

Wahyu 2 : 18 ¶ “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:
19 Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.
20 Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.
21 Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.
22 Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu.

23 Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.
24 Tetapi kepada kamu, yaitu orang-orang lain di Tiatira, yang tidak mengikuti ajaran itu dan yang tidak menyelidiki apa yang mereka sebut seluk-beluk Iblis, kepada kamu Aku berkata: Aku tidak mau menanggungkan beban lain kepadamu.
25 Tetapi apa yang ada padamu, peganglah itu sampai Aku datang.
26 Dan barangsiapa menang dan melakukan pekerjaan-Ku sampai kesudahannya, kepadanya akan Kukaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa;
27 dan ia akan memerintah mereka dengan tongkat besi; mereka akan diremukkan seperti tembikar tukang periuk — sama seperti yang Kuterima dari Bapa-Ku —
28 dan kepadanya akan Kukaruniakan bintang timur.
29 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

siapa itu wanita Izebel, seorang nabiah yang mengajar dan menyesatkan dan berbuat zinah dan makan persembahan berhala ??

Wahyu 3 : 1 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!
2 Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satupun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku.
3 Karena itu ingatlah, bagaimana engkau telah menerima dan mendengarnya; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu pada waktu manakah Aku tiba-tiba datang kepadamu.
4 Tetapi di Sardis ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih, karena mereka adalah layak untuk itu.
5 Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya. II II II
6 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Wahyu 3 : 7 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.
8 Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.
9 Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau. II II II
10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.
11 Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.

12 Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru. II II II
13 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

wahyu 3 : 14 ¶ “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari ciptaan Allah:
15 Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!
16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.
17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, II II II
18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.
19 Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah! II II II
20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.
21 Barangsiapa menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Akupun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya. II II II
22 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

dari ketujuh JEMAAT TUHAN YANG DITULIS OLEH YOHANES DALAM WAHYU,

dimanakan pisisi “saya” berada ?

bila berada di salah satu sebaiknya merenungkan, yang berkenan di HATI TUHAN. .

yaitu jemaat Filadelpia

wow, satu postingan di reply 7 kali, eh salah 8 kali deh, hehehe, mustinya udah dapet payung nih, :smiley: :smiley:

Smirna juga bagus kok sist, coba deh lihat.

betul juga jemaat smirna,

tetapi lebih mantaf adalah jemaat Filadelpia.

tidak mewakili denominasi, tetapi kita sebagai “gereja”

salam