Mengapa Harus Bersatu..???

John 21:17 Kata YESUS kepadanya untuk ketiga kalinya: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku?” Maka sedih hati Petrus karena YESUS berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata YESUS kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku”!

Yoh 17:22 “Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:”

Yoh 10:16 “Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.”

KGK 818 “Tetapi mereka, yang sekarang lahir dan dibesarkan dalam iman akan KRISTUS di jemaat-jemaat itu, tidak dapat dipersalahkan dan dianggap berdosa karena memisahkan diri. Gereja Katolik merangkul mereka dengan sikap bersaudara penuh hormat dan cinta kasih… Sungguhpun begitu, karena mereka dalam Baptis dibenarkan berdasarkan iman, mereka disaturagakan dalam KRISTUS. Oleh karena itu mereka memang dengan tepat menyandang nama Kristen, dan tepat pula oleh putera-puteri Gereja Katolik diakui selaku saudara-saudari dalam Tuhan” (UR 3)."

Rasul Paulus sangat mengecam perpecahan dan menyatakan “Perpecahan layak utk dihukum”…!

=====

Persatuan Gereja Katolik dan Orthodox akan terlaksana seperti sebelum Konsili Florence…
Kallistos Ware: Orthodox & Catholic Union Part 1


“Aku akan mengangkat satu orang gembala atas mereka, yang akan menggembalakannya.” (Yehezkiel 34:23)

Untuk menemukan Gereja Kristus yang sejati di dunia ini, engkau harus menemukan Petrus atau penggantinya yang sah. “Dimana Petrus berada, disanalah Gereja berada.” (St. Ambrosius)

setuju…

kita harus bersatu dengan segala ketidaksempurnaan yang ada.
karena kita semua saudara, dibawah satu Allah yang sama.

namanya saudara diharapkan saling menasehati, berbagi pengetahuan, berbagi pandangan.
tapi jangan sekali-kali membenarkan yang salah, karena kita semua merasa benar disini… :tongue:

1 Corinthians 11:19 (KJV) “For there must be also heresies among you, that they which are approved may be made manifest among you.”

====
sangat disayangkan denominasi2 yang terus menerus tercipta… hanya karena merasa paling benar, padahal bertentangan dengan Matt 16:18…

Siapa yang tahan uji? bukan berarti bertahan dalam kemegahan/kewibawaan dalam dunia ini, tapi bertahan dalam iman.

Yoh18:36 Jawab Yesus: “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini.”

betul, bertahan dalam iman…

GK bertahan dalam iman dan moral yang konstan selama 2000 tahun…

supaya dunia Percaya bahwa Engkau yang mengutus Aku.

Yohanes 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

bro onde sampai hari ini aku masih bingung apa yg dimaksud dengan roh mempelainya sang gereja

maksud kamu perpecahan disini apa seh limited???dasar hukumnya alkitab!
secara umum aku kok menilai denom yg ada ini bukan bentuk perpecahan…

kalau gelas uda pecah namanya bukan gelas lg tp pecahan kaca, ini yg dimaksud?

gereja itu mempelai Tuhan

jadi hubungan Tuhan dan UmatNya sering di konsepsikan sebagai sepasang pengantin.

YESUS sang mempelai Pria
Gereja(JemaatNya) adalah mempelai wanitanya

YESUS sang Kepala
Gereja (JemaatNya) adalah Tubuh

Ef 5:23-32

i karena suami adalah kepala isteri sama seperti KRISTUS adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
(24) Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada KRISTUS, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.
(25) Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana KRISTUS telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
(26) untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,
(27) supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.
(28) Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.
(29) Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti KRISTUS terhadap jemaat,
b karena kita adalah anggota tubuh-Nya.[/b]
(31) Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
(32) Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan KRISTUS dan jemaat.[/i]

ada lagi yg belm jelas? :slight_smile:

sebenernya jika sudah tidak se iya sekata, tidak lagi bisa disebut satu tubuh…

bayangkan jika kaki kiri jalan ke kanan, dan kaki kanan jalan kekiri?
apalagi jika tangan kiri nonjok pipi kanan, dan tangan kanan nonjok perut bawah… :smiley:

Tuhan ingin UmatNya menjadi satu sempurna

Yohanes 17:23 Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.

Yohanes 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

kesatuan umat Allah yg dikehendaki sama seperti yg di bold itu…

coba kita renungkan, apakah kekristenan kita itu layak disebut sebagai yg satu? kalau iya, apa alasan ribuan denom?

Sebetulnya saya tidak mau membahas perpecahan sih, tetapi yang saya tekankan adalah PERSATUAN…

====

Sebelum saya jawab, saya mau tanya dulu ‘perpecahan’ menurut kamu apa kanci…?
Apa seperti HKBP dgn Muslim, atau Muslim dengan Budha, atau Katolik dengan Nestorianims…?

sebenernya maksudnya bersatu dalam GK or bersatu dalam Kristus si bro?

memang ABK n GK paling sering tonjok2an :cheesy:

setuju, maka itu selama kita tidak menyatakan bahwa mereka bukan bagian dari kita, berarti kita sedang bersatu.

emang bersatu dalam kristus dan bersatu dalam Gereja apa bedanya sih? :slight_smile:

Yesus adalah Kepala, dan Gereja(jemaat)Nya adalah Tubuh.

jadi apakah ribuan denom bisa disebut satu tubuh? terserah bagaimana anda menyebutnya… asal jujur… :smiley:

Ah…tread ini nga jauh jauh larinya, kalau mau aman masuk katolik??. :ashamed0004: :char11:

kenapa Yesus mendirikan Gereja diatas Batu Karang (i.e Petrus)…?

kalo memnag bersatu dalam Kristus =/= (TIDAK SAMA) dengan Bersatu dalam Gereja, bukankah tindakan Yesus adalah sia2…?

KGK 818 jelas bahwa GK merangkul umat protestan dalam cinta kasih Gereja Katolik, tetapi apakah protestan mau…?
semoga kamu meng-IYA-kan KGK 818, yah bro…? :slight_smile:

Hendaknya hidup kita SELARAS dengan kehendak TUHAN. Sebab TUHAN menghendaki persatuan bukan perpecahan:Yohanes 17:21 supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.

Kita tahu bahwa, Roh kudus adalah Roh pemersatu, bukan roh pemecah belah. mereka yg menginginkan perpecahan dalam Gereja (Tubuh Kristus) adalah tanda orang yg tidak disertai Roh Kudus.

Yud 1:19 Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.

kamu menulis ROH gereja, maksudnya ROH ini apa??
dari mana asalnya Roh gereja???

akoor gan :angel:

“Persatuan dengan Gereja Katolik adalah tujuan Ekumenisme. Persatuan yang kelihatan dengan Gereja Katolik dapat dibandingkan dengan sebuah ansambel orkestra. Beberapa instrument dapat memainkan seluruh nada, seperti sebuah piano. Tidak ada satu pun nada yang piano miliki yang biola, harpa, flute atau tuba tidak miliki. Tetapi ketika seluruh instrumen ini memainkan nada-nada yang piano itu miliki, nada-nada tersebut diperkaya dan diperbesar. Hasilnya adalah simfonis, persekutuan penuh. Seseorang mungkin dapat berkata bahwa gerakan ekumenis menginginkan berpindah dari kakofoni menjadi simfoni, dengan semuanya memainkan nada-nada kejelasan doktrinal yang sama, paduan nada eufonis yang sama dari aktivitas pengudusan, menjalankan ritme perilaku Kristiani dalam tindakan kasih dan mengisi dunia dengan suara yang indah dan mengundang dari Sabda Allah. … Adalah kehendak Allah bahwa mereka yang kepadanya Sabda Allah ditujukan, yaitu dunia, seharusnya mendengar sebuah melodi menyenangkan yang dibuat indah oleh kontribusi-kontribusi dari berbagai banyak instrumen yang berbeda.” – William Cardinal Levada, Kardinal dan Kepala Kongregasi Ajaran Iman

Indonesian Papist

Jadi kalau mau aman harus berpecah / cerai-berai satu sama lain yah :ashamed0004:
coba dong tunjukkan ayat kitab sucinya yang mengharuskan kita bercerai-berai :char11: