Mengapa hrs menyerahkan org itu dlm nama Tuhan Yesus kpd iblis supaya selamat?

1Korintus 5:5 " orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan"

Mohon penjelasan firman dalam 1 Korintus 5:5 Mengapa harus menyerahkan orang itu dalam nama Tuhan Yesus kepada iblis supaya rohnya dselamatkan pada hari Tuhan?

IMO, saat itu terjadi dosa2 percabulan dikalangan jemaat
para pelaku sdh diingatkan utk bertoabt tapi masih tetap demikian
Rasul Paulus mau spy org2 demikian diserahkan tubuhnya kpd Iblis/spy mati saja
akan tetapi jiwanya tetap selamat, krn korab penebusan Yesus juga meliputi pembenaran
asalkan ybs tdk pernah murtad/menyangkal Yesus.

Harus di pahami yang dimaksud “diserahkan kepada setan” tu yang bagaimana, sebab seseorang yang benar-benar diserahkan kepada iblis (setan) akan binasa utk selamanya.

Namun ayat ini tidak digambarkan akhir seperti binasa utk selamanya (rohnya diselamatkan).

Jadi frasenya apakah orang yang bersalah dari jemaat dan dikembalikan ke wilayah setan (dikucilkan dari gereja)?

Ataukah orang yang bersalah dari jemaat tetap berada diwilayah jemaatnya (tetap berada dalam gereja)?

salah satu pertanyaan adalah apakah gereja kita berani tidak melakukan tindakan ini? klo berani, apa berani melakukan itu pada orang kaya juga? atau hanya pada orang miskin? apa hanya berani pada orang yang tidak punya kedudukan apa-apa?

Salah jawab Bro,
yg perlu dijawab & yg nanya itu ini,
Bisa jawab gak pertanyaan TS? :slight_smile:

Salam
Dalam King James version :
5:5 deliver such a one to Satan for the destruction of the flesh, that his spirit may be saved in the day of the Lord Jesus.
Ketika membaca ayat selanjutnya
5:6 Your glorying [is] not good. Do you not know that a little leaven leavens the whole lump?

Dan ketika membaca satu pasal itu , menurut pemahaman saya, ttg orang yg hidupnya bersama dgn istri ayahnya itu tidak baik dan org itu harus di singkirkan karena dapat menjadi batu sandungan.
Jika di terjemahkan secara Inggris Indonesia tidaklah pasti bahwa org itu akan diselamatkan tetapi kedaulatan Tuhan yg akan menjatuhkan selamat or tidaknya rohnya org itu.

Mendekati tidak bro Doaku ?

Dan sepertinya baik bro Doaku dan bro Scout tidak ada yg salah dlm pemahaman namun sy lebih mendekati kepada bro Scout dlm pengertiaannya.

Ada penjelasannya, panjang di http://www.sarapanpagi.org/menyerahkan-pada-iblis-1-korintus-5-5-vt364.html#p780

The person concerned should be put out of the church and forced to live in the world, which is ruled by satan.
That way he will learn to fear God and escape the greater punishment that is to come.
- Theodore of Mopsuestia

yang jelas konteksnya berbicara ttg percabulan dalam jemaat dimana ada orang yang kawin dengan isteri ayahnya. lihat ayat 1Kor. 5:1.

Percabulan macam ini ditentang oleh hukum ibrani (Musa).

Imamat 18:8 Janganlah kausingkapkan aurat seorang isteri ayahmu, karena ia hak ayahmu.

Paulus dengan tegas dalam kasus ini dan karenanya ia mengatakan bahwa orang semacam ini harus diserahakan kepada iblis sehingga binasa tubuhnya tapi rohnya selamat.

Jadi diserahkan kepada iblis mempunayi arti org tersebut dikeluarkan dari jemaat sama saja org tersebut dikembalikan kepada kerajaan iblis (dunia ini/luar gereja).

Artinya setelah orang tsb dikeluarkan dari gereja dan orang tsb kembali kepada dunia milik iblis. Atau dengan kata lain Paulus dengan tegas dipecat dari gereja sehingga org tersebut tidak mempengaruhi banyak orang dalam dosa yang sama.

Atau dengan dikucilkan dari lingkungan tersebut, tidakkah ia sadar (seperti anak yang terhilang?) Apakah ia tidak sadar dengan kebejadannya hanya akan membawa pada kematian.

Dalam konteks pemikiran seperti itu org yang dikucilkan itu diharapkan bertobat/berbalik sehingga rohnya diselamatkan. Amin.

Apakah dgn cara itu jiwanya tetap selamat?

DOA ini merupakan DOA Sacrifice.

Dimana orang yang didoakan merupakan seorang yang dikasihi oleh kita semua mungkin. Dan sudah berbagai cara pendekatan, nasehat dan usaha untuk menyelamatkan ditolaknya.

Dan cara terakhir yaitu dengan shock terapi, orang itu harus mengalami musibah dahulu agar dia ingat akan TUHAN dan bertobat. Konsekuensinya tubuhnya menjadi cacat atau meninggal dunia karena penyakit dsb.

Setiap anak2 TUHAN mempunyai pagar2 pelindung yang tidak bisa ditembus oleh setan, Hal ini disebabkan oleh doa2 syafaat orang2 yang mencintai mereka itu yang membuat pagar perlindungan atas dia.

Diserahkan kepada iblis berarti pagar2 pelindung dari para pendoa syafat itu diambil dan orang itu dihajar / dicobai dengan kesakitan TUBUH, sapa tahu bisa sadar…

Karena bertobat harus membutuhkan kesadaran, penyesalan.

Jika ia sudah dikucilkan dan juga tidak sadar-sadar dan bertobat jelas jiwanya tetap tidak selamat, namun setelah dikucilkan dari lingkungan ia menyadari dan bertobat/berbalik jelas jiwanya tetap selamat.

Karena itu jika ada orang yang bertobat dan masuk ke dalam gereja dianggap telah berpindah dari wilayah iblis kepada kerajaan surga…lihat Kol. 1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;

Sedangkan Jika seorang yang berdosa dikeluarkan dari jemaat/gereja dikatakan diserahkan kepada iblis.

Kasus ini sama dengan yang terjadi dalam 1Tim.1:19-20

1:19 Beberapa orang telah menolak hati nuraninya yang murni itu, dan karena itu kandaslah iman mereka, 1:20 di antaranya Himeneus dan Aleksander, yang telah kuserahkan kepada Iblis, supaya jera mereka menghujat.

Disiplin gereja berfungsi untuk membawa orang kepada pertobatan.

Jadi jelas hukuman pengucilan yang bermaksud memperbaiki orang yang bersalah berfungsi untuk membawa orang kepada pertobatan, iman sejati, dan keselamatan dalam Kristus.

Salam
bro John ini lucu dan punya hikmat ya :afro:

Salam
Nah ini sama saja ya bro doa , bagaimana jika seseorang sudah terpanggil dan tahu kebenaran maka jika org itu sesat,Tuhan akan mencoba untuk menarik lagi sehingga org itu sadar kembali?

Coba kita sama2 pikirkan,
kalu hal tsb misalnya terjadi pd anda shg hrs dikucilkan, apakah anda akan bertobat?
atau anda pilih utk didekati, diarahkan spy sadar akan dosanya dan bertobat?

Org2 yg berada sekitar dia harus berfungsi utk menyadarkan dia
caranya Tuhan menyadarkan tdk selalu hrs langsung, tapi bisa memakai org2 yg siap

Orang itu harus kita serahkan dalam nama TUhan Yesus kepada iblis dengan maksud ada dua tujuan

  1. agar tubuhnya binasa.
  2. Rohnya akan diselamatkan.

kata Yunani yang dipakai ‘tubuh binasa’ adalah “olethron tes sarkos”

Coba kita banding dengan alkitab lain:

TBI: “sehingga binasa tubuhnya”

NIV: sehingga sifat yang berdosa itu dihancurkan.

CJB: supaya sifat lamanya dihancurkan.

GW Untuk menghancurkan sifat yang 'corrupt/rusak/bejat.

Sejumlah terjemahan diatas jauh lebih dapat dimengerti daripada terjemahan harfiah/static KJV maupun TBI.

Jadi yang dibinaskan bukan tubuhnya orang berdosa itu (seperti kesan yang diberikan TBI) tetapi sifat dosa dalam orang berdosa itu.

Dengan demikian tujuan pengucilan itu adalah penghancuran “cara hidup” pelanggaran hukum itu.

Lalu bagaimana hal itu bisa menyebabkan rohnya diselamatkan atau spy sadar akan dosanya dan bertobat?

Kita harus perhatikan konteksnya jelas orang yang dikucilkan ini adalah orang yang telah merasakan kasih karunia Allah, atau telah mengalami kasih karunia Kristus dalam persekutuan, dia telah menyaksikan sendiri dalam persekutuan selama ini bagaimana kekuatan ROH KUDUS yang mengubahkan dalam kehidupan saudara-saudaranya seiman…

Jika ia dikucilkan dalam konteks pemikiran jelas diharapkan dia bisa menyesal dan bertobat berbalik sehingga ROH KUDUS mengubahnya hidupnya.

Dengan kata lain klo orang yang dikucilkan dia dapat merenungkan hidupnya bertobat dan berbalik maka dosa-dosanya diampuni, klo dosanya diampuni maka rohnya bisa diselamatkan.

sori, jawaban anda tdk menjawab pertanyaan saya:

bagaimana klo hal tsb misalnya terjadi pd anda sendiri seperti yang saya jelaskan anda dikucilkan, apakah anda akan bertobat?

atau anda pilih seperti Yudas hanya cuma menyesal namun tidak bertobat atau anda pilih seperti Petrus menyesal dan sadar akan dosanya dan bertobat?

kebiasaan buruk, bertanya balik ketika ditanya,
silakan jelaskan dulu teori anda, kl benar2 anda yakini apa yg anda kutip