Mengapa Kematian Yesus Kristus Selalu Diperingati Hari Jumat?

Banyak orang Kristen merayakan “Paskah” (Kematian Yesus Kristus) selalu di hari Jumat setiap tahunnya (a.k.a Jumat Agung).

Pertanyaan: kenapa selalu hari Jumat? Bukankah peringatan/perayaan biasanya diperingati berdasarkan tanggal, bukan hari? (misal, kemerdekaan RI)

Silakan rekan sekalian.

bro, mau tanya, Mank Jumat Agung disebut “Paskah” juga yah??

Benar, Paskah sesungguhnya berbeda dengan Jumat Agung. Tetapi fakta lapangan, banyak orang Kristen menyamakan paskah dengan Jumat Agung. Itulah sebabnya setelah kata “Paskah” saya tambahkan kalimat “Kematian Yesus Kristus”.

Jadi kembali kepada pertanyaan: kenapa selalu diperingati hari Jumat? Bukankah peringatan/perayaan seharusnya diperingati berdasarkan tanggal, bukannya hari?

Agar tidak rancu, judul threadnya saya ganti menjadi: Mengapa Kematian Yesus Kristus Selalu Diperingati Hari Jumat?

Perayaan paskah diadakan pada Minggu pertama setelah bulan purnama pertama,
setelah matahari melewati titik musim semi.

http://img829.imageshack.us/img829/4223/penentuanpaskah20102020.jpg

Artikel lengkapnya bisa diikuti di:

Selamat Paskah, Tuhan Yesus memberkati!

sebenarnya yg disebut Paskah itu adalah Hari kematian Yesus/Jumat agung
itukan sesuai dgn Paskah mula2 di Mesir, dimana anak domba sulung dikorbankan
GBU

Jadi kembali ke pertanyaan, mengapa kematian Yesus Kristus selalu diperingati hari Jumat?

Lha kok pakai perhitungan Ritus Latin (Roma Katolik)?

Satu saat dikecam keras, satu saat diikuti juga
:slight_smile:

Penanggalan dan penentuan hari Kematian Yesus dan Paskah (kebangkitan) dalam sebagian besar kalangan Kristiani ini mengikuti versi Ritus Latin (Katolik Roma).

Maksud saya, apa dasarnya kematian Kristus selalu diperingati di hari Jumat? Apakah hanya karena mengikuti tradisi? Bukankah peringatan/perayaan selalu berdasarkan tanggal, bukan hari? (misalnya kemerdekaan RI)

Justru itulah, Kematian Yesus di hari “jumat” itu adalah tafsir dari Gereja Katolik Roma, dan penentuan tanggal Perayaan paskah diadakan pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama pertama setelah matahari melewati titik musim semi itu juga dari Gereja Katolik Roma. Jadi tanggalnya bisa geser2 antara bulan Maret-April, tetapi hari-nya tetap.

Kalau Paskah Kristiani (hari Kebangkitan diperingati pada hari Minggu, itu sejak jemaat mula-mula), Rasul Yohanes menyebut hari pertama dari satu pekan (hari Minggu) itu sebagai “hari-nya (milik) Tuhan” (Yunani: Kuriake Hemera).

Thanks bro. Tetapi jangan salah paham dengan kata “tanggal” yang saya gunakan. Tanggal tidak harus berarti penanggalan masehi. Tanggal yang saya maksud adalah penanggalan Yahudi, yang bila dikonversi ke masehi, tentu saja tanggalnya akan berbeda.

Nah, jika tanggal masehi berubah setiap tahunnya, mengapa harinya tidak?

Yohanes 19:31 Karena hari itu hari persiapan dan supaya pada hari Sabat mayat-mayat itu tidak tinggal tergantung pada kayu salib – sebab Sabat itu adalah hari yang besar – maka datanglah orang-orang Yahudi kepada Pilatus dan meminta kepadanya supaya kaki orang-orang itu dipatahkan dan mayat-mayatnya diturunkan.
Kalau melihat ayat itu tentunya hari kematian Yesus jatuh pada hari Jumat

Taruhlah itu memang terjadi di hari Jumat (sekalipun ada yang mengatakan hari Rabu). Yang menjadi pertanyaan, mengapa selalu diperingati hari Jumat setiap tahunnya?

ya tentunya merujuk ke ayat tsb, hari sebelum sabat

Kalau acuannya hari sebelum sabat, minggu depan juga ada hari sebelum sabat. Apakah bro memperingati kematian Kristus juga minggu depan (Jumat depan)?

Ngerti maksud saya kan?

Tanggal Paskah Yahudi dan tanggal Paskah nya sebagian besar orang Kristen sering berbeda.

Kristen:
Tanggal/ hari kematian Yesus “Erev Pesakh” untuk tahun 2013 ini, sesuai Kalender Gregorian Katolik Roma, diperingati hari Jumat 19 Maret 2013, Kemudian Hari Kebangkitan (Paskah) pada hari Minggu, tanggal 31 Maret 2013.

Yahudi:
Tanggal pengurbanan domba Paskah (Erev Pesakh, 14 Nisan) jatuh pada tanggal 25 Maret 2013, dan Paskah diperingati sampai dengan 2 April 2013.

Reff: http://www.hebcal.com

Sebab peringatan kebangkitan Kristus (Paskah), harus diperingati pada hari Minggu, sesuai hari Yesus Kristus Bangkit, dan sesuai rujukan Rasul Yohanes menyebut hari Minggu adalah “Kuriake Hemera” (hari-nya Tuhan), dan sesuai hari dimana jemaat mula2 berkumpul (melakukan ibadah).
Sebab itulah Paskah selalu diperingati pada hari Minggu. Terjadinya hari Minggu sebagai hari libur internasional adalah dengan latar belakang hal ini, mengikuti aturan penetapan “Kalender Gregorian.”

Dan seluruh dunia mengikutinya… :slight_smile:

Kalau Paskah-nya Yahudi, harinya bisa ganti2…

Jadi dasar kebanyakan orang Kristen memperingati tanggal 29 Maret 2013 itu apa bro?

Sebaiknya kita fokus ke tanggal kematian Kristus saja dulu.

Acuan tgl nya spt ini:

Dasarnya apa bro?

Kalau acuannya hari sebelum sabat, minggu depan juga ada hari sebelum sabat. Apakah bro memperingati kematian Kristus juga minggu depan (Jumat depan)?

Ngerti maksud saya kan?

Mengapa tidak tanya kepada ‘pihak’ yang menentukan hari hari itu, bro?
Sekedar info, pihak Gereja Katolik Roma lah yang menentukan hari hari yang kita peringati itu.

Syalom