Mengapa kitab2 Deuterokanonika tidak diterima oleh gereja Protestan?

Mengapa kitab-kitab Deuterokanonika tidak diterima oleh gereja Protestan?

Dan ada berapa buah kitab-kitab tersebut?

Menurut sejarah, kemungkinan karena kitab-kitab itu, yang pertama kali ditulis dalam bahasa Ibrani, tidak diketemukan dalam bahasa aslinya, akan tetapi hanya dalam bahasa Yunani, maka Luther dan Calvin mengeluarkan kitab-kitab tersebut dari Perjanjian Lama. Selain itu, Luther tidak setuju dengan ajaran Gereja Katolik mengenai Api Penyucian. Padahal gagasan tentang api penyucian terdapat dalam Kitab Makabe II.

Kitab-kitab itu ada 10 Kitab. Menurut saya pribadi, tidaklah penting apakah suatu kitab itu lengkap atau tidak. Yang jauh lebih penting adalah apakah kita membacanya dan sejauh mana kita bisa menyerap rhema atau intisari penting dari setiap kitab yang ada dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kita adalah saudara dalam Kristus Yesus. Tuhan kita sama: Yesus Kristus. Jangan menghakimi orang lain, sebab hanya Tuhanlah yang layak menjadi hakimnya.

Benar.
Tidak menjadi masalah besar mau 66 kek, mau 76 kek, Gereja Etiopia aja ada kitab2 tambahan, begitu juga dengan Koptik (Al-Qibti). Pokoknya kitab2 itu tidak menentang ajaran2 pokok/esensi spt trinitas, inkarnasi, hypostatic union, kebangkitan-Nya secara fisik dan kristology lainnya.

SSY setia kepada 66 kitab, mengaku2 ajarannya sola scriptura (mereka menolak menyambut Natal dan birthday karena ada perintahnya) tetapi pengajaran2 mereka busuk. SSY menolak trinitas, inkarnasi, hypostatic union, kebangkitan fisik dsb.

Mas Bela dan dkk (ketumnya) menyakini 66 kitab tetapi menolak kebangkitan Yesus secara fisik dan mengajar Yesus di sorga sekarang ialah rupa roh. Si Dya pula menolak trintas, katanya doktrin ini keputusan politis, tidak diajar Yesus dan para rasul tetapi diangkat2 Mas Bela dkk sebagai Protestan benaran yg infalible, tak bisa salah. Jadi apa artinya memiliki 66 kitab tetapi menyangkal kebenaran2 dalam 66 kitab tersebut???

Salam.

Diketemukan sebagian kitab deuterokanon dalam bahasa Ibrani.

Kitab kebijaksanaan Sirakh

As early as 1896, several substantial Hebrew texts of Sirach, copied in the 11th and 12th centuries, were found in the Cairo geniza (a synagogue storage room for damaged manuscripts). Although none of these manuscripts is complete, together they provide the text for about two-thirds of the Wisdom of Sirach. According to scholars including Solomon Schechter and Frederic Kenyon, this shows that the book was originally written in Hebrew.[22][23]
In the 1950s and 1960s three copies of portions of Sirach were found among the Dead Sea Scrolls. The largest scroll was discovered at Masada, the famous Jewish fortress destroyed in 73 CE. The earliest of these scrolls (2Q18) has been dated to the second part of the 1st century BCE, approximately 150 years after Sirach was first composed. These early Hebrew texts are in substantial agreement with the Hebrew texts discovered in Cairo, although there are numerous minor textual variants. With these findings, scholars are now more confident that the Cairo texts are reliable witnesses to the Hebrew original.[24][25]

Kitab Tobit

Bahkan kini kitab Tobit akan dimasukkan kedalam kanon Ibrani

Nevertheless, Tobit may have been considered historical by ancient Jewish rabbinic scholars, as a truncated Aramaic version of Tobit is included in Midrash Bereishit Rabbah, an aggadic commentary on the Book of Genesis compiled circa 400–600 AD.[4] It was also considered part of the Greek Hebrew Bible (the Septuagint).[1] More recently, in the Zionist era, Jewish settlers in Israel have sought to reclaim Tobit as part of the canon, as its focus on the response of a righteous Israelite to the massacre of his countryman resonated with Jews who had recently experienced pogroms and attempts at genocide.[5]

Tanpa kitab Makabe pun bisa dilihat bahwa gagasan tersebut ada di PB.

Betul. Apalagi jika fakta sejarah sudah diajukan diatas tentang teks Ibrani dan Aram sebagian kitab-kitab tersebut, serta kenyataan bahwa Tuhan Yesus dan para Rasul banyak mengutip dari kitab-kitab tersebut.
:afro:

Shalom,

Mungkin karena tidak mengetahui apa yang kurang atau apa yang terhalangi tanpa kitab2 itu. Mungkin klu ada yg bisa memberitahu apa yang kurang atau terhalangi dgn hanya 66 kitab, dgn argumen yg utuh (konklusi dan alasannya) terntunya, barangkali nanti bisa diketahui mengapanya.

Demikian, semoga bermanfaat,
Salam, JBU, Jericho, J.

Beberapa postingan member non Protestan sudah saya hapus.
Yang ditanya TS adalah gereja Protestan. Harap menghormati siapa yang berhak menjawab.
Sebaliknya, jika yang ditanya adalah “Mengapa Gereja Katolik menerima deuterokanonika?”, maka kalangan Protestan tidak berhak menjawab.

Salam

Hanya berlaku di thread ini saja atau di semua thread lain?
Ada banyak thread koq ketika yang ditanya non protestan tapi yang nimbrung sebagian besar malah yang protestan. Ngaco lagi, dan tidak ada tindakan apa-apa.

Memang ada perbedaan jumlah kitab dalam Deutrokanonika / Apokripa sedangkan Protestan menolaknya sehingga jumlah kitab di dalam kitab suci Katolik menjadi lebih banyak, klo tidak salah ada 15 kitab Apocry-pha yang ditambah kepada alkitab oleh Roma katolik, klo tidak salah klo salah juga diperbaiki yang lebih paham.

Protestan menolaknya memang ada beberapa alasan:

Dalam PB, ada kira-kira 260 kutipan langsung dari PL, dan juga ada kira-kira 370 penggunaan bagian-bagian PL yang tidak merupakan kutipan langsung.

Ini menunjukkan bahwa baik Yesus maupun rasul-rasul mengakui otoritas PL sebagai firman Allah.

Anehnya, baik Yesus maupun rasul-srasul tidak pernah mengutip dari kitab Aprocrypha / Deuterokanonika tersebut sebagai dasar ajaran mereka, padahal kitab-kitab Aprocrypha itu sudah ada beredar pada zaman Yesus hidup didunia.

Ini menunujukkan bahwa mereka tidak mengakui kitab-kitab Apory-pha itu sebagai firman Allah.

Berlaku di semua thread. Tolong tunjukkan thread yang mana saja (boleh langsung di sini atau melalui PM).

Terima kasih

Itu baru sebagian. Sepertinya kalo mau konsisten ya harus banyak yang dipangkas, termasuk postingan saya.

Kedua topik tsb tidak secara khusus ditujukan ke kalangan tertentu. Karena itu semua berhak menjawab. Meski begitu, saya pribadi lebih setuju kalau topik “RATU SORGA” hanya ditanggapi oleh yang meyakini Maria sebagai Ratu Sorga.

Salam

Kenyataan bicara SEBALIKNYA,

Tambahan,

[i]Sir 5:11 Hendaklah cepat mendengarkan, tetapi laun mengucapkan jawabannya.

Yak 1:19 Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah;


Keb 6:23 Akupun tidak akan berteman dengan dengki yang membunuh, sebab dengki tidak bersekutu dengan kebijaksanaan.

Yak 3:14 Jika kamu menaruh perasaan iri hati dan kamu mementingkan diri sendiri, janganlah kamu memegahkan diri dan janganlah berdusta melawan kebenaran!


Sir 7:14 Jangan bermulut besar dalam himpunan kaum tua-tua, dan jangan pula mengulang-ulang perkataan dalam sembahyang.

Mat 6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan.


Sir 28:2 Ampunilah kesalahan kepada sesama orang, niscaya dosa-dosamupun akan dihapus juga, jika engkau berdoa.
Sir 28:3 Bagaimana gerangan orang dapat memohon penyembuhan pada Tuhan, jika ia menyimpan amarah kepada sesama manusia?
Sir 28:4 Bolehkah ia berdoa karena dosa-dosanya, kalau tidak menaruh belas kasihan terhadap seorang manusia yang sama dengannya

Mat 6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.

Sir 27:1 Karena uang sudah banyak orang berdosa, dan barangsiapa berdaya upaya menjadi kaya, memalingkan muka.

1Ti 6:9 Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.


Sir 11:19 Pada saat ia berkata: “Kini aku telah mendapat istirahat, sekarang hendak kunikmati harta milikku,” maka tidak tahulah ia berapa lamakah akan berlangsung, hingga terpaksa ia meninggalkan semuanya kepada orang lain lalu mati.

Luk 12:18 Lalu katanya: Inilah yang akan aku perbuat; aku akan merombak lumbung-lumbungku dan aku akan mendirikan yang lebih besar dan aku akan menyimpan di dalamnya segala gandum dan barang-barangku.
Luk 12:19 Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah!
Luk 12:20 Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti?


Keb 3:4 Kalaupun mereka disiksa menurut pandangan manusia, namun harapan mereka penuh kebakaan.

Rom 5:2 Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.
Rom 5:3 Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,


Keb 4:12 Sebab pengaruh dari yang buruk menyuramkan yang baik, dan tumpukan hawa nafsu mengubah roh yang tak bercela.

1Kor 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. [/i]

Belum lagi nubuatan dalam kitab Kebijaksanaan Salomo,

Keb 2:10 “Mari kita menindas orang miskin yang benar, jangan kita mengasihani janda, dan jangan peduli akan uban orang yang lanjut usia.
Keb 2:11 Kekuatan kita hendaknya menjadi kaidah keadilan, sebab yang lemah ternyata tidak berguna.
Keb 2:12 Marilah kita menghadang orang yang baik, sebab bagi kita ia menjadi gangguan serta menentang pekerjaan kita. Pelanggaran-pelanggaran hukum dituduhkannya kepada kita, dan kepada kita dipersalahkannya dosa-dosa terhadap pendidikan kita.
Keb 2:13 Ia membanggakan mempunyai pengetahuan tentang Allah, dan menyebut dirinya anak Tuhan.
Keb 2:14 Bagi kita ia merupakan celaan atas anggapan kita, hanya melihat dia saja sudah berat rasanya bagi kita.
Keb 2:15 Sebab hidupnya sungguh berlainan dari kehidupan orang lain, dan lain dari lainlah langkah lakunya.
Keb 2:16 Kita dianggap olehnya sebagai orang yang tidak sejati, dan langkah laku kita dijauhinya seolah-olah najis adanya. Akhir hidup orang benar dipujinya bahagia, dan ia bermegah-megah bahwa bapanya ialah Allah.
Keb 2:17 Coba kita lihat apakah perkataannya benar dan ujilah apa yang terjadi waktu ia berpulang.
Keb 2:18 Jika orang yang benar itu sungguh anak Allah, niscaya Ia akan menolong dia serta melepaskannya dari tangan para lawannya.
Keb 2:19 Mari, kita mencobainya dengan aniaya dan siksa, agar kita mengenal kelembutannya serta menguji kesabaran hatinya.
Keb 2:20 Hendaklah kita menjatuhkan hukuman mati keji terhadapnya, sebab menurut katanya ia pasti mendapat pertolongan.

Silakan dilanjut di link ini jika anda memang berniat mempertanggung jawabkan statement anda.

Kira-kira apakah ada alasan lagi dari pihak protestan tentang mengapa mereka tidak menerima Deuterokanonika?

Itu bisa saja anda cocok-cocokkan saja antara yang satu dengan yang lain karena kitab Yudit Protestan menolak karena yang anda kutipankan itu tidak menunjukkan dirinya sebagai penulis Firman Tuhan yang diberikan kepada Allah kepada manusia.

Tentu Bapak-bapak pendahulu Protestan menolak kitab ini ada begitu banyak alasannya, seperti contoh dalam kitab Apocrypha, yang anda tuliskan dibawa ini:

Yudit 9:12 Ya, ya! Allah bapaku, Allah pusaka Israel, Penguasa langit dan bumi, Pencipta air, Raja segala makhluk, dengarkanlah doaku.
  • Tambahan Daniel 3:26
    "Terpujilah Engkau, Tuhan, Allah nenek moyang kami, yang patut dihormat, dan dimuliakanlah nama-Mu selama-lamanya!

  • Tambahan Daniel 3:54
    Terpujilah Engkau di atas takhta kerajaan-Mu, Engkau patut dinyanyikan dan ditinggikan selama-lamanya.

Dalam kitab Yudit itu ada kesalahan-kesalahan yang fatal sehingga Protestan menolak kitab ini dan tidak mengakuinya sebagai Firman Tuhan di bawah pengilhaman ROH KUDUS, seperti contoh Yudit 1:1,7,11 menyebut Nebukadnezar sebagai raja Asyur di Niniwe (bdk, juga dengan Yudit 1:16;m 2:1,4,14,21; 4:1), sedangkan kita tahu bahwa sebetulnya Nebukadnezar adalah raja Babilonia (lihat dalam Daniel 4:4-6,30).

tentu bapak-bapak pendahulu dari Protestan sangat teliti dalam sikap untuk menolak kitab-kitab Apocrypha yang ada 15 ini untuk tidak masukan / diselipkan kesela-sela kitab suci PL maupun PB.

karena apa Bapak-bapak pendahulu Protestan tidak masukkan ke 15 kitab ini kedalam kitab suci PL maupun PB?

Tentu ada banyak alasanya salah satu contoh alasan seperti dibawa ini:

Karena setelah dibaca oleh bapak-bapak kita bahwa kitab-kitab Apocrypha itu sendiri tidak menunjukkan dirinya sebagai penulis Firman Tuhan yang diberikan Allah kepada manusia…

Contoh:
Wahyu 22:18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: “Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. 22:19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.”

Dari kitab Wahyu 22:18-19 ini terlihat dengan jelas otoritas dari tulisan rasul yohanes ini sebagai sebagai Firman Tuhan yang tidak boleh ditambahi n atau dikurangi.

sekarang kita lihat apa kata:

2Makabe 15:37b-38:

"Maka aku sendiri pun mau mengakhiri kisah ini. Jika susunannya baik lagi tepat, maka itulah yang kukehendaki. Tetapi jika susunannya hanya sedang-sedang dan setengah-setengah saja, maka hanya itulah yang mungkin bagiku."

Kita perhatikan ini sama sekali tidak menunjukkan orang yang menuliskan Firman Tuhan dibawah pengilhaman ROH KUDUS! perhatikan yang saya bold kata-kata ’ kukehendaki’ dan hanya itulah yang mungkin bagiku.’

Bapak-bapak pendahulu Protestan menolak karena tidak mempercayai otoritas tulisan seperti ini, sebab penulisnya sendiri pun tidak yakin akan kebenaran tulisannya!

Bacalah Sejarah, sehingga kamu tahu kebenarannya seperti apa :slight_smile:
apa alasan dasar dari Martin Luther mencoret Kitab Deutrokanonika dari Kitab yang di kanonkan.
dan Kitab PL apa yang diikuti oleh Protestan sekarang ini?
dan apakah alasan itu sudah benar… (walaupun mengurangi isi dari Kitab yang sudah dikanonkan).

dan Om MOMOD:
tolong berikan kami juga kebebasan untuk mengomentari setiap jawaban dari Protestan akan pertanyaan dari TS.

Mengomentari jawaban boleh; ikut menjawab tidak boleh.

Salam

Alasannya pasti sudah benar, walaupun mengurangi isi dari kitab yang sudah dikanonkan:

Kedapatan kitab Apocrypha mempunyai banyak kesalahn-kesalahan dan tidak bisa dipakai apalgi mau disetingkatkan dengan kitab suci/ firman Tuhan? itu salah besar…

Lihat salah satu penjelasan saya diatas bahwa dalam kitab Yudit menyebutkan Nebukadnezar sebagai raja Asyur di Niniwe, namun yang sebenarnya raja Babilonia (lihat Dan. 4:4-6,30).

Anda lihat kesalahn kitab dalam Tobit 5:13 menceritakan tentang seorang malaikat yang bernama Rafael, yang berdusta dengan memperkenalkan dirinya sebagai ‘Azarya bin Ananias’, atau ‘Azarya anak laki-laki dari Ananias’.

Bagaiman mungkin kitab-kitab yang mengandung kesalahan seperti itu bisa disetingkatkan dengan kitab suci / firman Tuhan?

Dan dalam kitab Tobit 12:9 ada doktrin ‘salvation by works’ (=keselamatan karena perbuatan baik) yang tidak alkitabiah. Contoh:

Tobit 12:9: ’ Memang sedekah melepaskan dari maut dan menghapuskan setiap dosa".

Ada juga dalam Sirakh 3:3 “Barangsiapa menghormati bapanya memulihkan dosa”.

Jelaskan doktrin ‘salvation by works’ (=keselamatan karena perbuatan baik) yang tidak alkitabiah ini bertentangan dengan ayat-ayat dibawah ini:

Roma 3:27 Jika demikian, apakah dasarnya untuk bermegah? Tidak ada! Berdasarkan apa? Berdasarkan perbuatan? Tidak, melainkan berdasarkan iman! 3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.

Gal 2:16a Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: “tidak ada seorangpun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.

Gal. 2:21b "… sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.

Ef.2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, 2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Kitab-kitab Apocrypha yang tidak alkitabiah ini perlu ditolak karena bertentangan dengan kitab suci/ firman Tuhan.

Oh ya, saya juga ikut menambahkan ya. Coba baca ayat ini :

Keb 2:3
Setelah padam maka tubuh akan menjadi abu, dan [u]rohnya akan disebar-
sebarkan bagaikan udara yang halus.
[u]

Bukannya roh orang yang meninggal masuk ke Firdaus atau Neraka?

Kalau menurut saya ini bertentangan dengan Firman Tuhan. Kalau menurut Bro Scout gimana?

Itu bisa saja ego anda yang menentang mata dan nurani anda yang sudah demikian jelas membaca ayat-ayat yang saya berikan. Lagipula ayat-ayat yang saya berikan BUKAN HANYA dari kitab Yudit tapi dari kitab-kitab lainnya.

Saya sendiri tidak bisa membohongi nurani saya. Oleh karena itulah saya memutuskan membaca kitab-kitab deuterokanon, yang dulu bahkan saya sentuh pun tidak.

Dasar anda itu Alkitab ataukah PENDAPAT para bapak-bapak Protestan?

Apakah bapak-bapak Protestan lupa dengan ayat ini?

Mar 2:25 Jawab-Nya kepada mereka: "Belum pernahkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya kekurangan dan kelaparan,
Mar 2:26 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai Imam Besar lalu makan roti sajian itu–yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam–dan memberinya juga kepada pengikut-pengikutnya.

1Sa 21:1 Sampailah Daud ke Nob kepada Ahimelekh, imam itu. Dengan gemetar Ahimelekh pergi menemui Daud dan berkata kepadanya: “Mengapa engkau seorang diri dan tidak ada orang bersama-sama dengan engkau?”
1Sa 21:2 Jawab Daud kepada imam Ahimelekh: “Raja menugaskan sesuatu kepadaku, katanya kepadaku: Siapapun juga tidak boleh mengetahui sesuatu dari hal yang kusuruh kepadamu dan yang kutugaskan kepadamu ini. Sebab itu orang-orangku telah kusuruh pergi ke suatu tempat.
1Sa 21:3 Maka sekarang, apa yang ada padamu? Berikanlah kepadaku lima roti atau apapun yang ada.”
1Sa 21:4 Lalu jawab imam itu kepada Daud: “Tidak ada roti biasa padaku, hanya roti kudus yang ada; asal saja orang-orangmu itu menjaga diri terhadap perempuan.”
1Sa 21:5 Daud menjawab imam itu, katanya kepadanya: “Memang, kami tidak diperbolehkan bergaul dengan perempuan, seperti sediakala apabila aku maju berperang. Tubuh orang-orangku itu tahir, sekalipun pada perjalanan biasa, apalagi pada hari ini, masing-masing mereka tahir tubuhnya.”
1Sa 21:6 Lalu imam itu memberikan kepadanya roti kudus itu, karena tidak ada roti di sana kecuali roti sajian; roti itu biasa diangkat orang dari hadapan TUHAN, supaya pada hari roti itu diambil, ditaruh lagi roti baru.

Menurut anda kutipan dalam kitab Markus tersebut BUKAN kesalahan sejarah?

1Kor 7:40 Tetapi menurut pendapatku, ia lebih berbahagia, kalau ia tetap tinggal dalam keadaannya. Dan aku berpendapat, bahwa aku juga mempunyai Roh Allah.

Yang diatas itu PENDAPAT Rasul Paulus yang berotoritas Roh Kudus atau bagaimana?

;D

masak iya? sudah di koreksi lebih jauh belum? yah, walaupun KS itu bukan buku sejarah… namun oklah…

nebukadnezar itu ada IV lho… nebukadnezar itu semacam gelar… lalu, ‘Asyur/ Assyrians’ dalam kitab Yudit mengacu pada bangsa Persia. Persia adalah nama referensi umum yang digunakan untuk menjabarkan bangsa-bangsa timur seperti Babilon dan Asyur, dan penyebutan ini juga ditemukan dalam buku karangan Herodotus (ahli sejarah abad 5 BC). Maka secara umum, terutama bangsa barat, tidak melihat perbedaan antara Persia dengan Asyur/ Babilon. Maka, Nebukadnezar IV atau Araka adalah seorang keturunan Armenia yang menjadi pemimpin bangsa Asyur, dan karena Syria daerah Asyur menjadi bagian dari Persia, maka, terlihat disini bahwa tidak terdapat perbedaan yang kaku antara Asyur, Persia, dan Babilon pada masa itu.

ah… tapi yudit itu dulu sudah masuk kanon kitabsuci… yudit itu kitabsuci septuaginta… dan kemudian bangsa yahudi anti kristen sendiri yang merefisinya… lalu luther ikut2tan… luther kan orang baik, tentu dia tidak berani berada diatas otoritas Kitabsuci…

namun ada point menarik disini: berarti kitabsuci itu bisa direfisi oleh manusia, dan ketika direfisi, kitabsuci tidak berdaya menolaknya… pernyataan bahwa sebuah tulisan kitab adalah FT juga oleh pengakuan manusia itu sendiri… bukan langsung dari Tuhan. secara sistematis, sesungguhnya otoritas KS tergantung pada otoritas manusia. manusia membuat alat, dan kemudian tergantung pada alat tersebut.