mengapa manusia suka berbohong ?

Berbohong sepertinya sudah mendarah daging bagi orang dunia, dengan sangat mudahnya seseorang bisa berkata bohong demi sesuatu yg tidak perlu. kalau berbohong sudah sedemikian umumnya, dimana bisa kita temukan kebenaran ? jangan kita selalu menganggap semua orang kristen anti bohong, sebagian besar dari mereka masih suka berbohong dengan alasan yg bermacam-macam.
kenapa manusia suka sekali berbohong, apakah berbohong karena di suruh iblis.
kalau kita berbohong untuk kebaikan menurut kita, apakah bisa di benarkan.
bagaimana dengan anak kecil yg suka berbohong, apakah mereka tidak berdosa.

mohon masukkan dari teman-teman semua untuk mengatasi masalah ini. :’(

mungkin itulah pelarian dari ketidakpuasan dari yang telah di dapatkan selama ini…tidak bersyukur gitu…hehe

apakah semua manusia begitu fren ?

Tidak semuanya bro, tergantung pada masing2 orang.

ada yang gila hormat, jadi dia kadang mengarang-ngarang cerita

ada yang gila pujian, jadi dia juga mengarang-ngarang cerita dll

banyak macamnya manusia itu, tapi pada intinya banyak juga yang berbohong karena TIDAK BERSYUKUR dengan apa yang sudah dia dapatkan sekarang…

itu mungkin utk org dewasa, gimana dgn anak kecil fren. :mad0261:

anak kecil mah, paling juga bohong buat nutupin kesalahannya, itu karena mereka gak berani bertanggungjawab dengan apa yang telah dilakukan. :slight_smile:

bukankah org tua nya tidak pernah mengajarkan, kenapa anak itu bisa berkata bohong yah fren. :coolsmiley:

Berbohong bukan karena masalah ajaran orang tua selalu…tapi bisa

karena lingkungan bro. Tapi ini ada kejadian yang bisa membuat anak2

jadi mudah berbohong dalam keluarga. Contohnya jika ortu tidak mau

menerima telepon, lalu bilang ke anak2 nya "Papa/Mama kalo ada yang

cari, bilang gak ada ya… " XD nah itu udah mulai diajarin… :slight_smile:

tapi kan mereka tidak tahu definisi dari berbohong itu fren. apakah krn memang ada yg membisikkan didalam hati anak itu utk berkata bohong, atau memang sudah ada di sifat manusia dari kecil utk berbohong. kira-kira yg mana fren. :mad0261:

Re: mengapa manusia suka berbohong ?

1.Karena sifat dr bapa pasti menurun ke anaknya buah jatuh ta’jauh dr pohonnya…klo bapanya bapa segala dusta … anaknya ngga jauh beda dr karakter bapaknya.

2.Krn ada rasa takut / kuatir thd hal yang akan terjadi shgg jaln pintasnya adalah berbohong dengan alasan : demi kebaikan

3.Ketidak tahuan akan kebenaran… bhw bohong itu dosa

sejak awal kan?
wong adam dan hawa aja adalah pembohong pertama
yang penting belajar menghilangkannya sesulit apapun

:smiley: kalau anak alice bertanya prihal sex yang sebetulnya belum waktunya, apa alice jujur? :rolleye0014: => Jawab yang jujur lice :smiley: <=

(kalau boong “turunan” siapa ya? ;D ;D )

2.Krn ada rasa takut / kuatir thd hal yang akan terjadi shgg jaln pintasnya adalah berbohong dengan alasan : demi kebaikan

kalau seumpama si ayah melarang anaknya ke gereja, salah ga si anak jika berboong? :mad0261: … (dengan alasan : demi kebaikan)

3.Ketidak tahuan akan kebenaran.. bhw bohong itu dosa

kalau ga tahu ya ga apa2 lice… ;D
masa orang ga tahu … itu dosa

lho…kenapa buah harus dari bapaknya, emangnya ibunya ga ada saham apa. :ashamed0004:
bukannya wanita yg lebih suka berbohong tuh, jadi nurun ke anaknya fren. :coolsmiley:

berarti memang semua manusia sudah ada dosa turunan yah, masa sih bisa gitu fren. :’(

ya kalo gak ada yang ajarin, ya gak pinter bo’ong dia… XD

tapi memang yg ajarin berbohong biasanya kaum wanita kan, krn yg lebih banyak bersama anak adalah ibu-ibu, ok fren. :afro:

berarti berbohong itu bukan dosa turunan dong, tapi dosa ajaran. apa benar gitu fren. :mad0261:

gak bisa juga salahin 1 gender saja bro…bisa ajah dari temen2 ajarin dia bohong…hoho…

Dosa dari pribadinya sendiri…mugkin waktu kecil dia gak tau bohong itu dosa, tapi jika setelah tau terus dia bertobat, ya gak ada yang salah…haha

bohong itu sendiri artinya: Mengatakan yg tidak sesuai dengan kata hati.

Jadi, kalau saudara-saudari sekalian tidak jujur dgn hati, itu sudah dianggap berbohong loh :smiley:

berbohong pada diri sendiri paling bahaya… :slight_smile:

PALSU!!