Mengapa pemakaman umat nasrani, menggunakan peti mati?

Mengapa pemakaman umat nasrani, menggunakan peti mati?

Kenapa ya ?

  • Yohanes 19:40
    LAI TB, Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat.

Tuhan aja di kubur secara sederhana, tidak berpakain rapi? tapi kenapa umatnya bergaya saat di kubur?

mohon pencerahanya…

[i]Kebenaran yang mungkin suatu kebohongan menghilang berganti filsafah baru saat kenyataan ada di depan mata bimbang 101

[/i]

saudara bimbang, adakah Tuhan memerintahkan bagaimana seharusnya mengubur mayat sesuai kemauan Dia??

Kenapa tidak?

* Yohanes 19:40 LAI TB, Mereka mengambil mayat YESUS, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat. Tuhan aja di kubur secara sederhana, tidak berpakain rapi?
Karena TUHAN Wafat di Kayu Salib, kami pada saat umur sudah diatas 100 thn ditempat tidur :)
tapi kenapa umatnya bergaya saat di kubur? mohon pencerahanya.. [i]Kebenaran yang mungkin suatu kebohongan menghilang berganti filsafah baru saat kenyataan ada di depan mata bimbang 101[/i]
Kapan lagi? Kan itu saat terakhir bisa bergaya, setelah masuk lubang kubur emang bisa narsis lagi? ;D :2funny:

Maksud anda tanya pertanyaan kayak gini apa yaa tujuannya?
iseng2 kali yaaa… :char11: :char11:

Saudara natvanlee, yang terkasihi oleh nikmat Tuhan yang maha Esa, pemurah lagi maha penyayang, itulah yang saya tanyakan?

Tuhan maha pencipta, iya cuga maha penghancur, atas kekuasanya di dunia dan di akhirat iya bisa menghidupkan juga pula mematikan, >menurut kaum nasrani, ia turun ke bumi untuk mengajarkan manusia dan menjadi juru selamat, dan ia mencontohkan perilaku sebagai manusia yang dirahmati, cara hidup di dunia ini,

tapi :azn: para umat yang mengaku mentuhankan Dia, tidak mengikuti ia dalm hal sederhana,yaitu pemakaman? jadi sebenarnya ikut siapa?

karna saya mau menjadi umat yang cerdas :afro: :afro: :afro:

Bumi ini takan pernah dikatakan bundar, dan diyakini semua manusia penghuninya sebelum ada pencarian oleh orang-orang yang haus akan kebenaran, maka janganlah takut untuk mencarinya (bimbang 102)

Begini saudara Bimbang, proses penguburan Yesus seperti itu adalah adat Yahudi, kenapa anda mempermasalahkan ritual penguburan yang harus seperti Yesus Kristus padahal tidak ada ayat tertulis di Alkitab bahwa proses ritual penguburan harus seperti Yesus, jadi tolong bedakan ajaran Kristen dengan ajaran Muhammad yang lebih mementingkan budaya dan tradisi,

di keKristenan tidak di utamakan budaya dan tradisi, kami tidak diharuskan makan makanan seperti jaman Kristus, berpakaian seperti Kristus, memelihara janggut dan rambut seperti Kristus, berbahasa seperti Kristus, dll, yang diutamakan di keKristenan adalah Kasih kepada Tuhan dan kepada sesama, itu saja,

jadi tidak penting bagaimana orang Kristen dikubur, mau pake kardus boleh, langsung dikubur telanjang boleh, pake peti sabun boleh, dikubur berdiri boleh nah terserah bagaimana hati nurani kamu mengubur manusia , toh sudah jadi mayat tak berguna, okey!

Syallom, Tuhan Yesus memberkati! :afro:

Waktu zaman para rasul makan hanya pakai tangan, sekarang juga kita harus mengikuti? Begitu maksud kamu?

Pertanyaannya ga ada yang lebih penting???

[quote author=Bimbang link=topic=41169.msg578189#msg578189 date=1325144312]

karna saya mau menjadi umat yang cerdas :afro: :afro: :afro:

Hahahaha… tapi kok pertanyaannya ga cerdas yaa… :char11: :char11:
Kalo kamu mau mengikuti pemakaman seperti Yesus.
Kamu pakai saja pakai2an yang dipakai waktu zaman Yesus masih di bumi.
Jangan tanggung2… :afro:

Apakah anda sadar mas, bahwa penguburan itu adalah perpaduan antara adat kebiasaan dan agama?

Cotoh, seandainya anda adalah muslim, maka jika anda meninggal di jawa dan kerabat anda adalah NU, maka anda akan dikubur dan diadakan tahlilan berhari hari, peringatan 40 hari, 100 hari, 1 tahun dan 1000 hari.
Sementara kalau anda di Saudi, anda mungkin cuma didoakan, dikubur dan dilupakan.
Mengapa berbeda? Karena adat berperan.

Jesus, adalah orang Yahudi, maka pemakamannya mengikuti adat Yahudi. Jika Jesus orang Tibet, kemungkinan tubuhNya akan dipotong potong dan diumpankan kepada burung bangkai.

Jesus saat itu dikuburkan secara terburu buru, karena menjelang hari Sabat, sehingga tidak sempat dirempah rempahi, itu bisa anda baca di Alkitab kami. Oiya, Jesus juga dikuburkan di goa batu dengan penutup batu besar, sesuatu yang sulit dilakukan di Indonesia kan?

Intinya, umat Kristen bukanlah umat yang menggantungkan iman pada pernak pernik tradisi yang bersifat ceremonial, yang lebih diutamakan adalah hati dan iman kepada Tuhan. Kematian bagi umat Kristen bukanlah big-deal karena kematian hanya pintu gerbang untuk melangkah kepada kehidupan kekal, itu yang lebih utama.

Mudah mudahan bisa menjawab rasa penasaran anda ya.

Salam

dimasukkan peti ya…karena sudah ga ada gunanya…paling paling ntar disiksa

Hallo jesi, darimana anda tau ntar disiksa??

Terimakasih atas semua jawabanya,

saya mendapat pencarahan atas jawaban saudara2 kekasih Tuhan semua,Bahwasanya semua hal di kondisikan tempat dan waktu, dan Tuhan pun Tunduk dengan hukum adat yang ada…

Terimakasih…

Brother… kenapa jawabannya menjadi centralisasi seperti itu?

Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat sehingga di kecam oleh orang2 Farisi bukan.

Apa maksud anda dengan kata kata ini … dan Tuhan pun Tunduk dengan hukum adat yang ada… ?
Mengapa Tuhan harus mengurusi tubuh manusia mati yang sudah tidak berarti lagi?
Anda percaya bahwa manusia seteah mati, roh nya kembali kepada Tuhan kan?
Kalau tidak percaya maka urusannya eda, tetapi kalau percaya, maka anda pasti tahu mana yang lebih penting, tubh matinya yang membusuk, atau roh nya yang terus hidup.

Coba direnungkan dulu ya mas.

Salam

:tongue:soooo lame, menurut bimbang, Tuhan (at least tuhanya bimbang) marah besar karena sekelompok besar manusia kresten/katlik ngubur mayit pake peti??

Tapi ia tdk mengubah cara stp muslim dimakamkan… :slight_smile: (jgn dibahas, skdr info shj)

JESUS, adalah orang Yahudi, maka pemakamannya mengikuti adat Yahudi. Jika JESUS orang Tibet, kemungkinan tubuhNya akan dipotong potong dan diumpankan kepada burung bangkai.

Kalau YESUS org Yahudi, lalu gimana cara pemakaman bangsa lain dr YESUS, contoh kalau anda adalah bangsa cina, gimana cara org cina menguburkan org mati mengikut bangsanya? bangsa jawa? :afro:

JESUS saat itu dikuburkan secara terburu buru, karena menjelang hari Sabat, sehingga tidak sempat dirempah rempahi, itu bisa anda baca di Alkitab kami. Oiya, JESUS juga dikuburkan di goa batu dengan penutup batu besar, sesuatu yang sulit dilakukan di Indonesia kan?

Intinya, umat Kristen bukanlah umat yang menggantungkan iman pada pernak pernik tradisi yang bersifat ceremonial, yang lebih diutamakan adalah hati dan iman kepada Tuhan. Kematian bagi umat Kristen bukanlah big-deal karena kematian hanya pintu gerbang untuk melangkah kepada kehidupan kekal, itu yang lebih utama.

Mudah mudahan bisa menjawab rasa penasaran anda ya.

Salam

Sodara bimbang itu sbnrnya pertanyakan mengapa yg namanya Kristen kalau mati dimasukkn dlm peti… sdh menjadi ADAT DALAM AGAMA Kristen…

Meskipun tdk diajar dlm alkitab…tp adat itu sdh menjadi sebuah identiti cara pemakaman org Kristen… tanpa mengira anda org cina, jawa, malay, japang, inggeris…asal shj dia Kristen harus dimakamkan dgn ADAT yg demikian… bukankah itu sdh menjadi suatu AJARAN dlm Kristen meskipun alkitab tdk menulis cara pengikut YESUS dimakamkan…

Nah, tidak menghairankan sodara bimbang kalau setiap anda mengatakan YESUS itu bangsa yahudi…biarin aja YESUS dimakan cara Yahudi krn mmg dia yahudi…lalu kalau anda bangsa lain apa bisa menggunakan cara pemakaman lain dr menggunakan peti besi? :azn:

l
Maryam komentar kamu tidak memberi kontribusi apa apa, kamu hanya kesusahan mecoba membela saudara muslimmu, kami tidak menghakimi kok bukannkah kami sudah jawab, lagi pula apa faedahnya meributkan pemakaman, di banyak aliran islam saja banyak mitos dan tradisi seputar pemakaman , ini soal pakai peti atau tidak, tidak usahlah di perpanjang…, salam

Tanpa sodara sedari stp org yg beragama kristen sudah terikat dgn bbrapa ADAT AJARAN GEREJA sejak penubuhan yg namanya KRISTIAN…

Ritual tdk penting dlm agama anda krn bagi anda iman adalah penting…demikian juga sbnrnya kami, iman itulah yg dilihat…akan ttpi tanpa anda sedari anda sbnrnya sdh melakukan sebuah ritual yg menjadi ketetapan Gereja sejak lampau…

Contohnya Yesus berbangsa yahudi…gimana rasa2 mu Yesus solat?? adakah spt bangsa Yahudi…sy yakin spt bangsanya…krn Yesus berbangsa yahudi…

Lalu anda berbangsa Indonesia…dr mana asal ritual solat anda??? pengaruh mana?

Dari sini sy membawa anda berfikir scr sehat… lalu kalau menyebut Yesus… anda semua akn kleim Yesus berbangsa Yahudi…tp anda tdk pernah kleim cara seluruh umat kristen didunia yg terdiri dr PELBAGAI BANGSA menggunakan ritual yg sama…Jadi jelas siapa sdg mengawal ajaran Yesus sejak dr mula lg…dr hal-hal yg kecil sampai besar…anda sedang diajar ritual sama…yg lain dr bangsanya Yesus iaitu Yahudi…

Yoh. 4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.

Tidak menghairankan sodara bimbang bertanyakan soalan yg remeh bagi anda…

ya…sy sadar hal2 spt ini bukan menjadi pengukur IMAN ssorg…akan ttp suatu yg menghairankan melihat org2 yg memuji dan membesarkan YESUS tapi jauh dr cara kehidupan YESUS apatah lg kalian kleim YESUS sbg juruselamat, tp tdk mengambil bbrapa cara YESUS spjg hayatnya bersama pengikut2nya…

Terus terang… sy merasa lebih dekat dgn YESUS…mengapa? nga usah sy jwb… jd nga usah hairan mengapa mudah menguasai firmannya…(perasan ;D )