Mengapa Pendeta harus mendapat gaji?

Adakah dasar Alkitabiah itu?

Yang jelas pendeta adalah orang, dan tiap hari harus makan. Entah lewat gaji, usaha sendiri, atau lewat partisipasi jemaat dalam bentuk lain. Entah sistemnya kayak apa, tinggal urung rembuk aja :smiley:

kurang tahu.

pendeta PL (orang lewi)ya harus dapet
tapi Pl kitab para nabi berlaku sampai zaman yohanes, sekarang PL sudah expired , apalagi taurat sudah di batalkan

gbu

Coba lihat trit bidat Marcon isme.
Jangan-jangan ajarannya sama.

GBU

“Mengapa pendeta harus mendapat gaji?”

Kata siapa pendeta harus dapat gaji?

ga harus!

Sebenarnya Marcionisme mirip gerakan reformasi Luther. Marcion menolak PL dan beberapa kitab PB. Dengan alasan kitab yang dia terima hanya yang mengajarkan kasih. PL Kristen jaman marcion juga banyak pakai Septuaginta.

Reformasi Luther juga menolak PL Deuterokanonika. Jadi intinya sama-sama penolakan sebagian isi kitab dengan alasan tertentu.

Salam damai

Maksud pertayaan TS tidak ada kaitan dengan PL (orang Lewi) tetapi pendeta-pendeta PB selama ini telah bekerja supaya bisa melayani dan mereka menerima upah/gaji, adakah dasar Alkitabiah itu?

Padahal ayat Matius ini menjelaskan:

Matius 10:5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
10:6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.
10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
10:9 Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu

Disini ayat ini menjelaskan bahwa Yesus mengutus para murid-Nya selama dalam perjalanan pemberitaan kerajaan Sorga janganlah kamu membawa bekal, seperti emas, perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu dll ?

Beda yaa? dengan zaman sekarang? mungkin yang bisa menjawab adalah senior-senior: para bapa2 rohani / kakak2 rohani / senior2 rohani?

silakan?

mantap Loyd … dari ayat2 di atas shrsnya pendeta ga perlu mikir harta duniawi.
alkitab jg tdk bahas para rasul hrs memelihara anak2 mrk … sangat ditekankan penginjilannya. amen???

Thanks ya bro atas Sharing ayatnya,
Disini jelaslah bahwa persembahan /kolecte dari orang yang dilayani/ di injili jangan di bawa pulang dalam ikat pinggang melainkan untuk dibagikan lagi pada orang miskin yang membutuhkan .

Jaman sudah modern maka Ikat pinggang zaman sekarang adalah account bank, atau transfer ke rkening di rumah.

GBU

Sis, apa sis memang lagi nanggapi tulisan saya ??
atau Sis juga cuma numpang gratis ??
sis kan orang kaya yang sudah punya mobil sejak SMP dulu, mask numpang :slight_smile: :slight_smile:
Beli yang ori donk :wink: :afro:

Pendeta ataupun pengabar injil semestinya memang berhak untuk mendapatkan upah/gaji atas pekerjaan/pelayanan mereka. Perhatikan ucapan Paulus ini:

1Kr 9:11 Jadi, jika kami telah menaburkan benih rohani bagi kamu, berlebih-lebihankah kalau kami menuai hasil duniawi dari pada kamu?
1Kr 9:12 Kalau orang lain mempunyai hak untuk mengharapkan hal itu dari pada kamu, bukankah kami mempunyai hak yang lebih besar? Tetapi kami tidak mempergunakan hak itu. Sebaliknya, kami menanggung segala sesuatu, supaya jangan kami mengadakan rintangan bagi pemberitaan Injil Kristus.
1Kr 9:13 Tidak tahukah kamu, bahwa mereka yang melayani dalam tempat kudus mendapat penghidupannya dari tempat kudus itu dan bahwa mereka yang melayani mezbah, mendapat bahagian mereka dari mezbah itu?
1Kr 9:14 Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu.
1Kr 9:15 Tetapi aku tidak pernah mempergunakan satupun dari hak-hak itu. Aku tidak menulis semuanya ini, supaya akupun diperlakukan juga demikian. Sebab aku lebih suka mati dari pada…! Sungguh, kemegahanku tidak dapat ditiadakan siapapun juga!
1Kr 9:16 Karena jika aku memberitakan Injil, aku tidak mempunyai alasan untuk memegahkan diri. Sebab itu adalah keharusan bagiku. Celakalah aku, jika aku tidak memberitakan Injil.
1Kr 9:17 Kalau andaikata aku melakukannya menurut kehendakku sendiri, memang aku berhak menerima upah. Tetapi karena aku melakukannya bukan menurut kehendakku sendiri, pemberitaan itu adalah tugas penyelenggaraan yang ditanggungkan kepadaku.
1Kr 9:18 Kalau demikian apakah upahku? Upahku ialah ini: bahwa aku boleh memberitakan Injil tanpa upah, dan bahwa aku tidak mempergunakan hakku sebagai pemberita Injil.

Jadi menurut Rasul Paulus, upah/gaji adalah hak bagi pemberita Injil. Hanya saja, Rasul Paulus tidak mempergunakan hak-nya karena yakin upah terbesar baginya justru karena boleh memberitakan Injil tanpa upah.
Dalam konteks sekarang, dimana manusia (termasuk Pendeta) juga butuh hidup, butuh makan, pakaian, membayar tagihan2 listrik, air, telepon, sekolah anak-anak dll, memang sudah sepatutnya jemaat memikirkan untuk mencukupi kebutuhan Pendeta.

Salam

:

:afro: :afro:

GOOD i like this :afro:

Itulah sebabnya untuk gereja berikan saja Alkitab PB (INJIL) supaya mereka bisa hidup dari Injil bukan Taurat

GBU

Inilah dasar alkitabnya kenapa pendeta mendapat gaji . Tidak harus dapat gaji bukan berarti tidak boleh dapat gaji :afro:

Expired???

Selama belum digenapkan FIRMAN ALLAH tidak dapat di EXPIRED manusia.

Hukum Taurat tidak dihapuskan oleh Yesus, tidak juga dimusnahkan, tetapi disingkapkan. Maksud disingkapkan itu adalah bahwa hukum Taurat tidak lagi berupa perintah yang bersifat jasmani, sebab yang rohani telah datang dan segala sesuatu diterangi oleh Roh Allah sehingga kita tidak lagi hidup dibawah ancaman dan kutuh yang tertulis dalam hukum Taurat bagi yang melanggarnya, tetapi hukum Allah tersebut tetap ada untuk selamanya, sebab Firman Allah itu kekal sifatnya.

Yeremia 31:33
Sesungguhnya, akan datang waktunya, demikianlah firman TUHAN, Aku akan mengadakan perjanjian baru,… Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.

Kita hidup dalam Perjanjian Baru, dengan tanda dimulainya melalui babtisan air yang dilakukan oleh Yohanes Pembabtis dan dimeteraikan oleh Darah Anak Domba Allah. Hukum Taurat yang dulu bersifat jasmani, kini disingkapkan menjadi hukum yang bersifat rohani dan ditanamkan Allah didalam hati anak-anakNya, sehingga kita hidup dalam hukum-hukum Allah. Inilah kebenaran.

Jika anda mengatakan hukum Allah sudah expired lantas anda membuat hukum barukah???

tunggu dulu, itu memang hak, tapi dlm pelayanan sebaiknya hak itu tdk digunakan :

1Kr 9:15 Tetapi aku tidak pernah mempergunakan satupun dari hak-hak itu. Aku tidak menulis semuanya ini, supaya akupun diperlakukan juga demikian. Sebab aku lebih suka mati dari pada…! Sungguh, kemegahanku tidak dapat ditiadakan siapapun juga!

Mnrt sy penghidupan seorg pendeta jgnlah sampe pada byr sekolah anak2nya, byr listrik, dsb. Urusan itu shrsnya jd tanggungan grj, bukan pribadi, mobil pribadi, rumah pribadi, dll

amen???

Tuh baca tulisan di bawah
Firman Tuhan bisa expired kalau Tuhannya yang berfirman sudah expired juga.:smiley:

@pak brengos
salam damai dulu…semoga gak ada dendam dengan saya… :slight_smile:

Mengenai penghidupan Pendeta, itu juga yang saya tuliskan di atas, berikut saya kutipkan lagi:

Salam

tul sekali, lalu apakah yesus belum selesai menggenapkannya menurut bro?
dan apakah FIRMAN ALLAH tidak dapat di Expiredkan oleh Firman Allah yang lebih baru ??

itu dulu yang perlu direnungkan.t

Tul sekali hukum taurat tidak dihapuskan dan dimusnahkan karena akan dipakai Yesus untuk mengadiali orang yang ngeyel ingin terus hidup dibawah hukum taurat, walaupun yesus sudah memberi hukum yang baru ===> kasih karunia

membela yang expired ya jangan dengan yang expired lagi

contoh ," mengobati orang yang keracunan obat expired ya jangan pake obat yang expired pula, ntar tambah parah

Bukan saya tapi yesus yang Buat hukum yang baru

GBU