Mengapa Protestan gak percaya sama Santo , di Alkitab ada kok.

penganut alkitab sbg otoritas teringgi bukan cuma protestan bro, menggantungkan penafsiran kpd hierarki gereja itu tdk ada pada denom protestan.kharismatik, metodis dll

lalu kenapa yg di comot cuma protestan?

anda menyruh saya tdk ngepost tp kok protestan di lirik2 terus…

keseragaman katolikers dlm memelototi protestan membuat saya berprasangka bahwa dlm katolik mmg diajarkan untuk… protestan

Bro Roti…:slight_smile:

Imho nama adalah ungkapan doa orang tua agar kelak sang anak dapat menjadi anak yang baik dan dapat menjadi hamba Tuhan yang baik seperti nama yang diberikan oleh orang tua tersebut.

Setau saya kalau orang2 Protestan juga mengikuti Tradisi pemberian nama anak dengan orang2 kudus juga kan…seperti Petrus, Andreas, Abraham, Debora, Elisabeth…mungkin sedikit jarang yang memakai nama Maria untuk putrinya tidak tau kenapa :slight_smile:

Kalau menurut saya sih itu adalah ungkapan iman orang tua si anak kalau nama2 tersebut bisa menjadi teladan bagi sang anak begitu kan bro :slight_smile:

Begitu juga katolik ingin sang anak bisa meneladan para kudus tersebut mungkin kalau katolik dan Orthodox memperluas nya ke dalam para martir, bapa gereja , santo-santa yang telah diakui oleh Gereja,

contoh santo Athanasius bapa gereja, Fransikus Xaverius : misionaris ordo Yesuit, Maria bunda Kristus, dll…

perbedaannya mungkin adalah dalam perantaraan yang tidak dikenal dikalangan rekan2 protestan…

ayatnya sudah diberikan oleh bro limited yang menurut kami antara Gereja yang jaya di Sorga tetap berhubungan dengan Gereja yang berziarah di dunia ini karena kami semua adalah ranting2 Kristus yang tetap menempel pada pokok anggur yang sama :slight_smile:

Di sinilah letak doa permohanan perantaraan tersebut mendapat tempatnya…dan pengalaman iman sang santo/santa biasanya dijadikan rujukan untuk intensi2 tertentu…

contoh yang bro Roti ajukan adalah Santo Martin dari Tours…setau saya Martin dari Tours ini adalah pelindung tentara dan dulu beliau adalah seorang tentara yang menghayati ayat alkitab yang berbunyi dan kepada orang yang telanjang kamu memberikan aku pakaian…

dikisahkan Martin yang adalah tentara Romawi berjumpa dengan pengemis yang telanjang dan ia memberikan separuh jubanya kepada pengemis tersebut . Kemudian Martin bermimpi melihat Yesus memakai separuh jubah yang telah diberikannya kepada pengemis tersebut dan berikutnya beliau berhenti dari tugasnya di militer.

Begitu jadi biasanya ada pengalaman hidup dari sang Santo/ Santa yang dekat kepada intensi tersebut atau dijadikan pelindung dalam hal2 tertentu walaupun sebenarnya dalam teologi katolik intensi kepada para kudus tidak lah dibatasi untuk ujud2 tertentu saja karena pada prinsipnya siapapun dia yang telah kudus di Sorga dapat saja dijadikan perantara bagi kita di dunia.

Contoh lain adalah beata Theresa dari calcuta jadi pelindung kaum miskin karena selama hidupnya beliau membaktikan waktu dan pelayanannya untuk melayani orang2 miskin dari yang termiskin di India Calcuta.

salam damai :slight_smile:

Bro Erwin…setau saya memang ada denom non katolik yang menganggap Sorga ini masih kosong selain daripada Allah dan malaikat2-Nya.

Jadi bagi mereka jiwa2 para kudus ini masih berada dalam tempat penantian.

Tapi saya juga paham banyak protestan yang beriman bahwa jiwa para kudus telah di Sorga yang tidak dimengerti adalah cara mereka berinteraksi dengan kita didunia begitu yah bro…:slight_smile:

Dan mohon maaf karena saya pun termasuk orang yang taunya denom non katolik protestan itu termasuk karismatik, methodist , anglikan dan lain2…

Mungkin bro Erwin berpikiran protestan itu hanya yang mainstream yah lutheran dan Calvin please correct me if I am wrong :slight_smile:

salam damai :slight_smile:

Deogratias = Syukur kepada Tuhan atas kesembuhan bro breakdance…

Imho karena doa perantaraan ini UUT …ujung2nya memohon kepada Tuhan melalui para kudus…maka kalau ada rekan kita, sahabat atau saudara kita yang protestan mengalami pergumulan hidup entah kesulitan atau sakit penyakit yah kita anjurkan saja untuk berdoa langsung kepada Tuhan ini juga alkitabiah kok…dan jika kita ingin mendoakan mereka dengan devosi para kudus yah ini juga boleh2 saja di dalam hati kita masing2…

salam damai :slight_smile:

kan jelas pembuat forum ini telah membedakan denom2 gereja dan kita telah melihat pilihanya sendiri bukan?? :afro:

salam damai itu dua kata yg maknanya baik dan semua kita disini harus membuat itu jadi hukum di forum ini

@Limited n Leonardo thanks utk jawabannya :slight_smile:

jadi sy simpulkan dr penjelasan bro berdua bahwa fungsi/keberadaan santo/santa adalah dlm hal “perantara doa”. am i right?
dan UUT juga akhirnya, yaitu Tuhan Yesus jugalah yg menentukan jawaban doa tsb.

Oya, sy baca di wikipedia ada 10.000 lebih santo/santa (http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_santo).
Pertanyaan saya utk teman2 Katolikers, dalam Katolik ajaran ttg santo/santa yg dpt berperan sbg perantara doa ini termasuk dalam point yg mana? (sy merujuk pd postingan bro jenova berikut)

thanks

Orang katolik mengenal ‘Perantaraan’ yang selalu diucapkan sebelum Orang Katolik melakukan Doa yang Paling utama dari semua Doa, persembahan yang paling utama dari semua Persembahan yaitu EKARISTI KUDUS…
“Saya mengaku, kepada Allah Yang Mahakuasa, dan kepada Saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa.
Oleh sebab itu saya mohon, kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus, dan kepada Saudara sekalian supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita. Amin.”

‘Perantaraan ini termasuk kedalam Deposit Iman dan Dogma => Tidak Dapat Salah’…
Deposit Iman,

  • Alkitab :Why 4:9, 5:8, 6:9-11, 1 Tim 2:1-2, Yak 5:16

  • Tradisi dan Pengajaran Early Father Church[list]

  • Clement of Alexandria [150-215 AD] The Stromata (Book VII)
    “In this way is he [the true Christian] always pure for prayer. He also prays in the society of angels, as being already of angelic rank, and he is never out of their holy keeping; and though he pray alone, he has the choir of the saints standing with him [in prayer]” (Miscellanies 7:12 [A.D. 208]).

  • Origen [185-254 AD] De Principiis (Book IV)
    “But not the high priest [CHRIST] alone prays for those who pray sincerely, but also the angels . . . as also the souls of the saints who have already fallen asleep” (Prayer 11 [A.D. 233]).- Cyprian of Carthage [200-270 AD] Epistle 7
    “Let us remember one another in concord and unanimity. Let us on both sides [of death] always pray for one another. Let us relieve burdens and afflictions by mutual love, that if one of us, by the swiftness of divine condescension, shall go hence first, our love may continue in the presence of the Lord, and our prayers for our brethren and sisters not cease in the presence of the Father’s mercy” (Letters 56[60]:5 [A.D. 253]).- Ephraim the Syrian, St [306-373 AD] The Nisibene Hymns
    “You victorious martyrs who endured torments gladly for the sake of the God and Savior, you who have boldness of speech toward the Lord himself, you saints, intercede for us who are timid and sinful men, full of sloth, that the grace of CHRIST may come upon us, and enlighten the hearts of all of us so that we may love him” (Commentary on Mark [A.D. 370]).- Basil the Great, St [329-379 AD] Letter 243
    “By the command of your only-begotten Son we communicate with the memory of your saints … by whose prayers and supplications have mercy upon us all, and deliver us for the sake of your holy name” (Liturgy of St. Basil [A.D. 373]).

  • etc…

Dogma,
VII. The Communion of Saints http://www.theworkofgod.org/dogmas.htm

  • It is permissible and profitable to venerate the Saints in Heaven, and to invoke their intercession.
  • The living faithful can come to the assistance of the souls in Purgatory by their intercessions.

From the work of Dr. Ludwig Ott, Fundamentals of Catholic Dogma, published by the Mercier Press Ltd., Cork, Ireland, 1955. With Imprimatur of Cornelius, Bishop. Reprinted in U.S.A. by Tan Books and Publishers, Rockford, Illinois, 1974.

Tuhan sertamu…[/list]

You are absolutely right brother Roti :slight_smile:

mereka semua masuk dalam terms pengantara dan doa bagi orang yang benar …:slight_smile:

Dalam apa yang diquote Jenova masuknya dalam term devosi.

Imho iman para kudus ini adalah sesuatu yang benar dan infallibel menurut teologi katolik, yang tidak infallibel ini adalah praktek devosi, penghayatan iman devosinya dll ini yang bisa salah sekaligus praktek ini juga tidak mengikat.

Contoh…orang katolik sangat tidak salah bila ia berdoa devosi para kudus termasuk bunda Maria.
Namun orang katolik yang berpikiran bahwa doa ini mengharuskan Tuhan mengabulkan doa nya hanya gara2 dia berdoa dengan devosi para kudus walaupun sebenarnya itu bukan jalan Tuhan yang terbaik baginya maka praktek ini salah dan menyimpang dari teologi iman katolik itu sendiri.

Sama juga dengan rekan non katolik termasuk protestan merasa dengan berdoa langsung maka mengharuskan TUhan mengabulkan doa mereka walaupun itu bukan jalan Tuhan yang terbaik baginya in my humble opinion ini juga melenceng dari teologi doa dalam iman kristiani non katolik.

Karena alkitab telah memberi contoh sikap doa yang baik seperti yang diserukan bunda Maria : aku ini hamba Tuhan terjadilah padaku menurut perkataanmu atau sikap Tuhan Yesus sendiri…jangan kehendaKu yang jadi melainkan kehendak Bapa sendiri.

Menurut saya sikap doa ini lah yang benar dan diajarkan oleh alkitab baik untuk teologi iman katolik yang menganut perantaraan para kudus dan rekan2 non katolik yang tidak menganut devosi para kudus.

salam damai :slight_smile:

saya pribadi sendiri bahkan percaya bahwa saya nantinya juga ke surga karena nama Yesus…(Aminn…)
masa sih menurut anda bunda Maria n semua Rasul malah ga mengenal Yesus seperti saya?

Maksudnya opo Pak Dor…?

ga ada apa2 bro…

Sorry kalau begitu … maksudku denom Protestan itu mencakup Kharismatik, Calvinis , Pentakosta dst dst yang akarnya dari Marthin Luther .

Oke terutama denom Kharismatik dan Pentakosta yang juga tidak percaya bahwa Bunda Maria masuk Surga.

Judul thread terlihat provokasi yah bro :wink:

Imho judul thread ini sama artinya dengan ini : menagapa katolik memakai doa perantara…

Nah kalau ketemu judul yang dibuat oleh rekan katolik seperti ini bro Erwin bisa klarikasi dengan kata2 kurang lebih seperti ini :
Anda salah .
Protestan mengimani para kudus seperti para rasul dan para nabi telah berbahagia di Sorga, yang tidak kami imani adalah peran mereka sebagai perantara.
Bisakah anda jelaskan bagaiamana teologi katolik mengenai peran pengantara ini adakah ajaran keperanataraan ini alkitabiah?

begitu bro dan dengan begini diskusi akan berkembang dengan baik yang boleh jadi memperkaya wawasan masing2 pihak.

Jadi jangan panas dulu yah bro :slight_smile:

salam damai itu dua kata yg maknanya baik dan semua kita disini harus membuat itu jadi hukum di forum ini
Amin. Mari kita saling mengingatkan satu sama lain...dalam persaudaraan kristiani yang penuh kasih.

salam damai :slight_smile:

Sekarang Bunda Maria , para Rasul sudah di Surga atau Tidak … ?
Menurut anda…

  1. Ya ada di Surga… alasan / di Alkitab
  2. Tidak masih berada di … alasannya mengapa dan referensinya ?

SETUJU…SETUJU…AKLAMASI … ini baru oke.

nah gini ditanya satu2 biar lebih jelas.

jwban 1 n 2 dirangkep jadi satu.
menurut saya surga itu tidak terikat waktu; dahulu, sekarang ato besok sama saja.

jika anda bertanya, apakah Bunda Maria n para Rasul telah diselamatkan Yesus?
saya jawab, Iya.

saya coba tanya balik,
apakah menurut anda Bunda Maria adalah satu2nya manusia yang mampu menyelamatkan dirinya sendiri tanpa memerlukan penebusan Kristus?

tentu maria membutuhkan penebus…
Maria adalah Hamba Allah, manusia yang berbahagia karena mengandung dan melahirkan Allah…

Point 1 & 5 bro

Deposit Iman:
Kitab suci dan Tradisi Suci yg dikenal dan diterima oleh Magisterium. INFALIBLE sebagai Firman yg diterima langsung dari Allah melalui ajaran para rasul. TIDAK DAPAT DITAMBAH ATAU DIKURANGI.
Dogma:
Ajaran iman dan moral yang INFALIBLE, yg bersumber dari deposit iman. Diikat oleh organ infabilitas Gereja, yaitu melalui keputusan paus secara ex-cathedra atau melalui konsili ekumenis para uskup dalam persatuan dengan Paus. Tidak dapat bertentangan dengan Deposit iman atau dogma2 pendahulunya.
Dogma ditegaskan seiring berjalannya waktu utk menjaga kemurnian ajaran yg berasal dari deposit iman, ketika ajaran2 ini berhadapan dengan bidaat2 yg menentangnya. Contoh: dogma Tritunggal yg ditegaskan di konsili Nisea di tahun 325 AD dan dogma dwi-natur YESUS yg ditegaskan di konsili Kalsedon tahun 451 AD. Jadi bukan hal yg aneh kalo dogma purgatory ataupun Mary’s assumption ditegaskan setelah abad ke 15, karena memang baru di waktu itulah ajaran ini mendapat perlawanan dari bidaat2 yg menyangkal iman Gereja. Tapi dogma2 ini dapat dengan mudahnya dibuktikan bahwa ajarannya sudah ada sejak awal gereja, sesuai dan tidak bertentangan dengan deposit iman.
Doktrin:
Ajaran iman dan moral yang TIDAK INFALIBLE. Mengikat semua umat katolik yang menerimanya. Dapat berubah, diubah, dibuang, bahkan dinyatakan bidaat/sesat jika ditemukan bertentangan dengan deposit iman. Doktrin jarang ditetapkan menjadi dogma.
Disiplin:
Aturan dan pedoman dalam hidup beriman yang TIDAK INFALIBLE, mengikat semua umat katolik yg menerimanya. Disiplin iman dibuat utk menjaga umat utk tetap di jalan yang lurus (orthodox), termasuk di dalamnya adalah aturan pantang dan puasa, hidup selibat para biarawan/wati, dll. Disiplin dapat dikompromikan, diubah, atau bahkan dihapus jika keadaan mengharuskan.
Devosi:
Praktek berdoa, meditasi, dan disiplin rohani, sesuai dengan restu Gereja. TIDAK INFALIBLE. Termasuk di dalamnya adalah devosi2 kepada Maria (e.g. rosario, novena), devosi jumat pertama utk menghormati Hati Kudus YESUS, devosi Sabtu Pertama utk Hati Kudus Maria, Liturgy jalan salib, dll. Tidak mengikat umat, boleh dilakukan jika dapat mendukung pertumbuhan iman, boleh ditolak jika menjadi batu sandungan.

Ada beberapa Devosi yang merupakan warisan para Rasul bro :slight_smile:

sekian lama saya di gereja Kharismatik nggak pernah dengar ada jemaat lainnya yang mengatakan bahwa bunda Maria nggak ke sorga bro, saya pribadi juga tidak pernah terbersit setitik pun pikiran kalau bunda Maria tidak masuk surga.

???

Kebalik kali bro … kesaksian dari denom kharismatik malah banyak yang sudah jalan2 ke sorga :smiley: :smiley: :smiley: (emang piknik :p)

Menurut mereka di sana tentu ada para nabi, rasul, termasuk bunda Maria. ada yang melihat kakek buyutnya, kakeknya dsb di sorga, masaak bunda Maria gak masuk sorga ? :smiley:

Jadi bro salah sasaran tembak nih, ayo puteerrr :smiley: