Mengapa Saya Bukan Katolik

saya jawab yang dua ini saja, yang lain cuma emosi sampai keluar ayat pengampunan kaya sudah paling suci saja… :ashamed0004:

coba kita lihat ayatnya lagi :Yohanes : 10
10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Nga ada tertulis tuch harus satu kandang cuma satu kawanan yaitu sama sama jadi pengikut KRISTUS (Kristen ) dan satu gembala yaitu YESUS KRISTUS… :ashamed0004: :char11:

Memang dibilang YESUS mendirikan jemaat di gembalakan Petrus, tetapi bukan mendirikan gereja katolik roma vatican, kan jelas bunyinya bukan gereja roma vatican, tetapi jemaat di atas batu karang ini… :ashamed0004: :char11:

16:18 Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya

Memang betul para pengikut KRISTUS tetap ada dan eksis sampai sekarang, betulkan…? :ashamed0004: :char11:

@bro Leo,

thanks atas tanggapannya, saya sudah jelas dengan bro limited, dan anda lebih memperjelas lagi dengan mengingatkan saya bahwa di budaya Protestan ada juga hal-hal pengingat semacam kalung salib, gambar Da Vinci tentang Perjamuan Kudus, gambar Tuhan nakhoda kapal di saat badai di laut, dll.

dan jika kita sudah saling memahami BAHWA BENDA-BENDA PENGINGAT itu fungsinya hanya semacam pengingat, tidak lebih boleh kurang, ya saya sih sangat maklum. :slight_smile:

dan agar bro Leo tahu posisi saya, saya tidak akan mengkomentari reaksi umat Katolik terhadap sebuah Patung Gereja (mis Patung St. Maria, Patung Yesus, dll), karena saya tidak berkompeten menilai mereka, dan itu adalah iman dia.

jadi jika anda sudah mengingatkan saya bahwa apa yang mereka lakukan mirip dengan istri saya mengenakkan kalung salib (tanpa patung kecil Yesus Yang Tersalib) yaitu sebagai “Remembering Jesus” ya … dalam hal itu kita boleh jabat tangan :slight_smile:

salam

Amin bro Petra kalau di Gereja katolik ada salam damai maka saya angkat lagu di Gereja protestan dalam Yesus kita bersaudara…

Dalam Yesus kita bersaudara , dalam Yesus kita bersaudara
Dalam Yesus kita bersaudara, sekarang dan selamanya
Dalam Yesus kita bersaudara.

salam damai :slight_smile:

Bagus, kalo kamu bukan ABK…

Tidak ada yang tunduk kepada Patung, dari mana dasar kamu mengatakan Orang Katolik Tunduk kepada Patung…?
INI KAMU CATAT ; TIDAK ADA PERINTAH KEPADA YOSUA SUPAYA YOSUA SUJUD DIHADAPAN KERUB…!

Tolong kamu jawab Pertanyaan Saya :
Menurut kamu ; Ketika Orang Katolik berdoa dihadapan Patung, menurut kamu orang katolik berdoa kepada siapa…? [Saya ingin tau kamu ABK atau bukan]

Kebiasaan jelek kamu => Tidak menjawab lawan diskusi, tetapi malah ngelantur kemana2…!

Pertanyaannya : Kenapa Kerub ikut disembah oleh YOSUA…? [Saya bantu bold supaya kamu jelas melihatnya]
Kenapa bukan dicopot dulu kerubnya, kemudian baru disembah…?

Tambahan, Menurut Petra di Gereja itu Tempat Allah Bersemayam bukan…?

Silakan…

Begitu, Apakah Allah pernah menyuruh membuat Patung/Bongkahan batu atau kayu berbentuk Salib…? Dan ditaroh di depan mimbar…?

Silakan…!

Sekarang kamu liat gambar dibawah, menurut kamu kenapa Imam GK membelakangi [memantatkan - maaf] PATUNG…?

http://katolisitas.org/wp-content/uploads/2008/10/persiapan-ekaristi-400x300.jpg

Mudeng nga kamu…?

Damai bagimu Bad Romance

Terima kasih. Benarlah demikian itu bunyi ayatnya.

Mari, kita perhatikan lebih dahulu “Ada lagi pada-Ku domba-domba lain”. Apakah kita sepakat bahwa frase itu mengartikan bahwa selain domba yang saat itu ada di kandang, YESUS juga mempunyai domba-domba lain,? Atau kalau Bad Romance tidak sepakat dengan pengertian itu, bagaimana pengertian menurut Bad Romance?

Frasa itu dilanjutkan dengan “yang bukan dari kandang ini”, saya artikan bahwa domba-domba lain yang dimaksudkan pada frasa tadi itu berada di luar kandang, dimana pembicaraan itu dilakukan. Bagaimana menurut Bad Romance? Apakah sejauh ini kita bersepemahaman? Bahwa ada domba-domba YESUS yang saai itu berada di dalam kandang, dan ada domba-domba YESUS yang berada di luar kandang.

Kemudian frasa itu dilajutkan lagi dengan “domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku”. Saya mengartikan ini dengan, YESUS menyatakan bahwa YESUS harus menuntun domba-domba (yang lain yang berada di luar kandang) itu, dan YESUS mengetahui bahwa domba-domba yang di luar kandang itu mendengar suara YESUS. Catatan, di sini saya artikan, mendengar belum tentu mematuhi. Sama dengan Yudas Iskariot yang sehari-hari bersama YESUS, tetapi malah memilih menjual YESUS kepada Ahli Taurat dan Alim Ulama. Yudas Iskariot mendengar perkataan YESUS, tetapi Yudas Iskariot tidak mematuhi untuk mengasihi YESUS. Yudas lebih tergiur dengan 30 keping uang perak.

Kemudian frasa itu dilanjutkan dengan “dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala”. Frasa ini saya artikan bahwa YESUS menginginkan domba-domba YESUS yang berada dalam kandang dan domba-domba YESUS yang berada di luar kandang menjadi satu kawanan satu gembala. Catatan, sama dengan mendengar belum tentu mematuhi, di sini juga saya artikan bahwa keinginan YESUS menjadikan domba-domba-Nya itu satu kawanan satu gembala, belum tentu terkabul. Sebab, domba-domba itu tetap merdeka apakah mau disatukawanansatugembalakan atau tidak. Bukan berarti YESUS tidak mampu “memaksakan” lo.

Harap Bad Romance membedakan antara “YESUS ingin” dengan “YESUS memaksakan”. Karena YESUS itu penuh belas kasihan, maka Dia tidak “memaksakan”, melainkan hanya mengungkapkan keinginanNya. Keputusan diserahkan kepada domba-dombaNya, apakah mau disatukawanansatugembalakan atau tidak. Namun, menurut pemahaman saya, bila dikatakan satu kawanan, berarti tidak ada pembatas antara satu domba dengan domba lainnya, antara satu kelompok domba dengan kelompok domba lainnya. Tidak ada kandang yang membatasi. Bila ada domba yang di dalam kandang, dan ada domba yang di luar kandang, itu menurut pemahaman saya bukan satu kawanan domba, melainkan dua kawanan domba, yaitu kawanan domba dalam kandang dan kawanan domba di luar kandang.

Memang, mengingat gembala utamanya adalah YESUS KRISTUS yang adalah Tuhan, Dia mampu saja menggembalakan domba baik di dalam kandang maupun di luar kandang sekaligus. Tetapi, sesuai dengan karyaNya sejak semula, Dia harus kembali kepada Bapa. Maka Dia mempercayakan penggembalaan kepada para rasul. Apa latar pikir dan pertimbangan YESUS sehingga YESUS memilih Simon Petrus anak Yohanes untuk menggembalakan domba-domba YESUS, mari sama-sama kita tanyakan langsung pada YESUS.

Nah, untuk sementara itu dulu Bad Romance. Saya ada tugas, semoga sebentar lagi bisa saya lanjut men-sharing-kan pemahaman saya. Ou, ya. Kalau Bad Romance punya sesuatu yang tidak mengerti dengan posting-an saya, utarakan saja. Kita tidak harus sepaham kok. Kita orang-orang merdeka, bukan?

Damai bagi FKers.

Yang jadi masalah anda karena anda menafsirkan bahwa kandang itu adalah gereja katolik roma vatican dan menjadi satu kawanan yaitu harus gabung menjadi jemaat gereja katolik roma vatican, namun beda paham dengan saya, yaitu kandang adalah umat Israel dan di luar kandang adalah Non Israel, menjadi satu kawanan, yah menjadi pengikut Kristus dengan satu gembala yaitu Yesus Kristus… :coolsmiley:

Salam damai

he he he kandang yang dimaksud adalah gereja katolik ??
lucu lucu . . . .

@ suhu limited

saya akan terus memanggil anda suhu, agar menjaga anda tidak terus menerus “mengkontraskan” sikap anda dengan julukan “suhu” yaitu “guru” hahahaha :smiley:

Tidak ada yang tunduk kepada Patung, dari mana dasar kamu mengatakan Orang Katolik Tunduk kepada Patung..? INI KAMU CATAT ; TIDAK ADA PERINTAH KEPADA YOSUA SUPAYA YOSUA SUJUD DIHADAPAN KERUB..!

suhu, saya memilih kata netral “tunduk” untuk menghindari memberi muatan yang sensitif seperti “menyembah”. Tunduk adalah kata netral yang mencerminkan sikap tubuh manusia, dimana kepalanya direndahkan dan bisa dibantu dengan merendahkan posisi kaki, atau membungkukkan badan.

“Perintah kepada Yosua” memang TIDAK ADA, tetapi fakta bahwa Perintah Tuhan untuk membuat Tabut Perjanjian kepada Musa agar dengan TP itu Allah berkenan diam di antara Umat Israel, itu sangat jelas.

Sama saja saya bertanya kepada anda “Mana Perintah kepada Suhu Limited untuk menyembah Yesus?” ??? :smiley:

Perintah itu SUDAH ADA SEBELUMNYA DAN MASIH VALID. Begitu suhu.

Tolong kamu jawab Pertanyaan Saya : Menurut kamu ; Ketika Orang Katolik berdoa dihadapan Patung, menurut kamu orang katolik berdoa kepada siapa..? [Saya ingin tau kamu ABK atau bukan]

wah, saya sudah berjanji kepada anda dan kepada bro Leo untuk tidak membahas reaksi orang Katolik atas Patung Gereja. Karena saya tidak kompeten menjawabnya suhu. Mestinya saya sudah banyak mendengar, kata kawan2 Katolik sih, mereka menyembah TUHAN hanya saja patung itu membantu dia mengingat Tuhan, begitu suhu. Tapi kebenarannya jangan tanya saya, saya nggak tahu. Saya hanya diberi tahu. oke.

Kebiasaan jelek kamu => Tidak menjawab lawan diskusi, tetapi malah ngelantur kemana2..!

Pertanyaannya : Kenapa Kerub ikut disembah oleh YOSUA…? [Saya bantu bold supaya kamu jelas melihatnya]
Kenapa bukan dicopot dulu kerubnya, kemudian baru disembah…?

Tambahan, Menurut Petra di Gereja itu Tempat Allah Bersemayam bukan…?

Silakan…

wah … wah … justru saya tidak ngelantur suhu, saya jelas kok menjawab suhu dengan statemen itu.

Yosua MENYEMBAH KE ARAH TABUT PERJANJIAN (di atasnya ada patung 2 kerub saling menghadap) karena Yosua tahu bahwa Perintah TUHAN kepada Musa untuk membuat Tabut Perjanjian itu bahwa TUHAN berkenan BERDIAM DI ANTARA UMAT dengan ditandai ADANYA TABUT PERJANJIAN tersebut (ingat rancangan Ruang Maha Kudus tenpat TP itu diletakkan).

Anda bertanya : “Mengapa patungnya nggak dicopot”, jawab saya sederhana aja “Bagaimana mungkin Yosua berani melakukan itu, karena Design dari Tabut Perjanjian itu termasuk ada 2 Kerub di atasnya adalah SESUAI PETUNJUK TUHAN sendiri.”

ini sudah sangat jelas dan jawaban yang sangat mengena. :slight_smile:

Pertanyaan berikutnya “Gereja tempat ALLAH bersemayam atau bukan?”

jawab :
Pada ABAD ANUGERAH ini ALLAH bersemayam di dalam TUBUH / HATI orang beriman. Gereja sebagai “tempat berkumpulnya” orang beriman TIDAK MEMILIKI MAKNA ROHANI, selain sebagai “tempat persekutuan”.

Ini berbeda dengan MASA sebelum/sampai dengan Tuhan Yesus : Tabut Perjanjian, Lalu Ruang Maha Kudus dari Bait Allah. Dulu pada zaman Israel, SECARA RIIL BAIT ALLAH ADALAH TEMPAT ALLAH berkenan MENEMUI UMATNYA, BUKAN TEMPAT LAIN. Tetapi dalam percakapan Tuhan Yesus dengan perempuan Samaria, Tuhan Yesus mendeklarasikan bahwa AKAN TIBA SAATNYA, orang menyembah Tuhan tidak lagi terikat Tempat. [dan inilah saat itu].
Kesimpulan : Gereja “gedung / organisasi” bukan tempat ALLAH bersemayam, melainkan TUBUH UMAT / ANGGOTA GEREJA lah Tubuh Tuhan yang sejati.

Begitu, Apakah Allah pernah menyuruh membuat Patung/Bongkahan batu atau kayu berbentuk Salib..? Dan ditaroh di depan mimbar..?

Silakan…!

nah itulah yang saya sebut bahwa PATUNG GEREJA, dan segala pernah-pernik yang ada di gereja sekarang BUKAN BERDASARKAN PERINTAH TUHAN, tetapi HANYA BERDASARKAN KEINGINAN MANUSIA SAJA.

ini adalah kesimpulan saya sejak semula suhu :smiley:

salam suhu

Re: Mengapa Saya Bukan Katolik

keselamatan tidak datang dari aliran, golongan, denominasi,

tetapi keselamatan KEKAL DALAM TUHAN YESUS KRISTUS.

siapa yang percaya dan menerima TUHAN YESUS KRISTUS sampai langkah terakhir, pasti selamat

sekalian perintah Yesus menyuruh Petrus menggembalakan domba2- Nya kamu anggap lucu juga nggak ;D ;D

Mas petra, biasanya kalau si ited nga puas jawaban kita, langsung dia panggil guru kita tuch untuk menghadap dia, nga tau mau di apain… :ashamed0004: :smiley:

siapa domba yang di percayakan Yesus kepada Petrus ??

Ohh…kalian sudah menjadi satu kawanan yah ;D;D

setau saya ajaran iman protestan bermacam2 tergantung denom mereka masing :slight_smile:

nah itu dia pada waktu itu protestan sudah ada nggak atau ayat itu nubuatan yang berlaku 1500 tahun kemudian ?

Mas leo jangan naif dech, apakah nanti di surga hanya berisi orang katolik? :coolsmiley:

kagak nyambung dengan pertanyaannya rep # 237
klo gk bisa koment, diam aja, abaikan aja. . . . . . . bobo aja. . . . :happy0062:

salam

hihi…si adek bingung jawabnya…

coba baca lagi pertanyaan kakak baik2 dek…

pada waktu Yesus menyerahkan domba-domba-Nya kepada Petrus apakah pengikut Kristusnya / Gereja-Nya sudah ada atau baru akan nanti ada setelah 1500 tahun yang akan datang. ;D ;D

he he
apakah itu yang menjadi iman mereka ??
di sorga kagak ada katolik . . .
yang ada adalah MEREKA YANG TAAT DAN SETIA DALAM TUHAN YESUS KRISTUS SAMPAI AKHIR. . . . .