Mengapa Tuhan bisa menyesal?

Kej 6:6 menuliskan, " maka menyesallah Tuhan, bahwa kejahatan manusia besar di bumi, dan hal itu memilukan hatinya." Saya ingin bertanya mengapa Tuhan bisa menyesal? Apakah Tuhan tidak tahu apa yang akan terjadi? Sementara Tuhan Maha tahu !

Salam damai sejahtera

Pada awal penciptaan manusia, mereka diberikan berkat yang mereka terima dari pernikahan.

Pernikahan itu adalah untuk memperoleh keturunan, sehingga manusia berkuasa diatas bumi; atas segala binatang yang telah ditentukan Allah takluk pada manusia.

Pernikahan itu sendiri adalah berdasarkan dari kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, supaya berkat yang hendak Allah berikan dapat diterima oleh manusia.

Ketika ada seorang perempuan yang masih muda hidup sempurna dalam mengasihi sesamanya seperti dirinya sendiri, saat itu Allah melihat bahwa manusia berusaha hidup lebih baik dari hari ke hari di dalam kasih, dan Allah melihat hal ini sangat baik.

Setelah itu Allah mendatangkan seorang laki-laki, supaya darinya datang hal mengasihi Allah.

Setelah itu Allah menjadikan laki-laki dan perempuan hidup dalam pernikahan.

Pernikahan ini adalah pernikahan untuk mengawinkan dua kasih terutama yaitu kasihilah Allahmu dan kasihilah sesamamu seperti dirimu.

Pernikahan ini memberikan manusia berkat. Manusia diberikan kuasa atas manusia.

Tetapi manusia jatuh ke dalam dosa.

Allah menyesal melihat manusia hidup bukan dalam pernikahan untuk mengawinkan dua kasih terutama. Allah menyesal sebab pernikahan untuk memperoleh keturunan di salahgunakan manusia.
Allah menyesal karena manusia yang seharusnya hidup semakin baik di dalam kasih sekarang memilih hidup dalam pernikahan mengutamakan hubungan badan.

Allah menulis Dia menyesal sebab Dia berkehendak supaya manusia mengetahui bahwa Dia menghendaki manusia tahu, bahwa Allah berkehendak manusia hidup dalam kasihNya.

Dengan ditinggalkannya tulisan sepuluh perintah Allah menurut hukum Taurat di hati manusia, manusia tidak bisa mengingkari bahwa Allah maha tahu segalanya.

Allah sejak semula tidak berkehendak menghukum manusia, tetapi sepuluh perintah menurut hukum Taurat ditinggalkan di dunia supaya manusia tahu bagaimana dan apa kasih Allah itu.

Sepuluh perintah Allah mernurut hukum Taurat inilah yang menghukum manusia.

Allah tahu kejahatan manusia, sebab semua kejahatan manusia berasal dari keinginan hatinya, yang timbul dari pengenalan akan sepuluh perintah Allah menurut hukum Taurat.

Jika Allah menyesal krn pernikahan digunakan untuk memperoleh keturunan disalahgunakan manusia, Allah menyesal karena kebrutalan-kebrutalan manusia, berarti Allah tidak tahu bahwa manusia akan melakukan dosa? Disitu dapat dilihat ada sisi manusi dalam diri Allah. Kita tahu bahwa manusia tidak sempurna. Sedangkan Allah bukan manusia.

Tolong ditanggapi dengan sabar ya. Terus terang saya blum mengerti Kej 6:6 tsb.

Tuhan Memberkati.

Tuhan menyesal karena manusia menggunakan freewillnya untuk hal yang tidak berkenan di hadapanNya.

Allah sering mengungkapkan perasaan dan pikiranNya kepada manusia dengan bahasa manusia. Sehingga kita sering dapati ayat yang menulis Allah tentang sikap Allah seperti manusia, baik itu dengan ungkapan “menyesal”,“tidak menyesali”,“mengerang”,“marah”,“cemburu”,“bergirang” dan sebagainya. Semua itu adalah ungkapan isi hati Allah yang diutarakan kepada manusia agar manusia mengenal pribadiNya. Mengenal diri Allah.

Tidak semua ayat didalam Alkitab ditulis berupa perintah dan larangan, tetapi juga ungkapan isi hati Allah. Kata “menyesal” yang diungkapkan Allah tidak berkaitan dengan ke-Maha Tahuan Allah. Sebab itu adalah ungkapan isi hati Allah saat melihat manusia jatuh dalam dosa dan memilih kejahatan. Ia sedih dan sangat sedih yang diungkapkan dalam bahasa manusia pada masa itu dengan kata נחם (nacham) yang diterjemahkan “menyesal”.

Tuhan tahu karena Tuhan Maha Tahu.
Tuhan tahu bahwa dia akan menyesal telah membuat manusia
Tuhan tahu bahwa kejahatan manusia akan besar.
Dan Tuhan juga tahu bahwa itu akan memilukan hatinya.
Tapi Tuhan pun tahu bagaimana menyelamatkan umat manusia
Karena Tuhan tahu bahwa Dia menyayangi umat manusia.

Buat Chrisma, bukankah freewill itu merupakan hak istimewa yg dberikan Tuhan kpd kt? Itu brarti kt dberi hak untuk menggunakannya bkn? Andaikata freewill itu ada batasannya, bukan “kebebasan” namanya bkn?

dijawab pake ini aja deh:

btw…baru nyadar ternyata ini board coret coret :smiley: :smiley:

Smuanya terimakasih atas tanggapannya ya.

Sbnarnya sy msh blum mngerti ayat tsb. Sptnya saya perlu mnta hikmat sama Tuhan utk mngerti ayat itu.

Klu msh ada yg mo beri tanggapan atas ayat tsb, slhkan posting ja y.

Tuhan Yesus memberkati.

Anda bingung karena “menyesal” itu anda anggap sebagai sifat manusia.
Tapi anda tidak akan bingung kalau anda tahu bahwa manusia diciptakan menurut rupa dan gambar Allah.

Bro Opan,
coba saudara lihat ayat sebelumnya…
Kej 6:2
maka anak-anak Allah melihat, bahwa anak-anak perempuan manusia itu cantik-cantik, lalu mereka mengambil istri dari antara perempuan-perempuan itu, siapa saja yang disukai mereka.

6:5 ketika dilihat Tuhan bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan selalu membuahkan kejahatan semata-mata.
6:6 maka…

Ini kisah pada jaman nuh kan bro?
Yg pada masa itu hampir tdk ada manusia yg berkenan pd Allah Bapa.
Berkaitan dgn freewill jg. Di mana masa itu manusia lbh mengikuti kedagingan drpd roh.

Allah bukannya tdk tau…
Seperti halnya nubuat ttg Yesus.
Allah tau bahwa manusia akan semakin menghilang dr hadapanNya. Dan oleh krn kasihNya yg besar kpd kita, Ia mengaruniakan anakNya yg tunggal ke tengah-tengah kita. (Yoh 3:16)

semoga bro dpt sdikit pncerahan. Tuhan mmberkati :slight_smile:

Salam damai sejahtera

Aku rindu supaya kalian, saudara-saudaraku dalam Yesus Kristus, dapat memahami tulisan diatas.
Sebab rohku begitu menyala-nyala dan aku telah meminta supaya kalian ada yang menerimanya seperti aku menerima hal itu dari Allah.

Tetapi ini yang sekarang akan diberitahukan, bahwa manusia sempurna itu bukan mustahil, bahkan beberapa orang telah melihatNya.
Yaitu Dia yang menghidupi dua kasih terutama.

Setelah adanya dua kasih terutama pada manusia, sepuluh perintah Allah ada juga di dunia, yaitu di dalam hati manusia. Bagaimana mungkin Allah tidak mengetahui dosa manusia, sedangkan Allah yang maha mengetahui adalah Allah yang meilihat hati.

Di dalam perjanjian lama memang Tuhan sempat menyesal dan memusnahkan manusia dng air bah di jaman Nuh. Tuhan jg menyesal telah memusnahkan manusia, makanya dikirimlah anakNya Yesus Kristus utk menebus dosa manusia & memperoleh perdamaian dngNya.

Walaupun diciptakan seturut rupaNya, tapi Dia juga tahu bhw manusia di bumi ini tdk akan mampu bebas 100% dari dosa. Manusia dahulu dan sekarang tetap jahat, freewill cenderung diaplikasikan manusia ke hal yg jahat, namun dng telah mengakuinya kita dng Tuhan Yesus Kristus, maka Tuhan Yesus menjadi pembela kita dihadapanNya sekarang maupun nanti.

Pilu :slight_smile:

Yang bingung saya, di ayat lain dikatakan Tuhan tidak menyesal karena Dia adalah TUHAN dan bukanlah manusia.

Ada yang bisa bantu jelaskan ???

Yang TIDAK MENYESAL adalah KETETAPAN-NYA, sedangkan RANCANGAN BISA MENYESAL :slight_smile:

saya pikir ini tidak perlu dipermasalahkan karena Al-Kitab menggunakan bahasa-bahasa manusia untuk mengungkapkan realitas Allah.

Allah tahu segala yang diperbuatNya
bahkan nubuatan akhir jaman sdh ada di kitab Wahyu, coba pikir sudah 2000 tahun++ nubuatan itu dibuat sampai skrg blum trjadi tapi PASTI terjdi kan?
aplgi dari kitab kejadian.

klo Allah menyesal itu sudah Dia tentukan dari Dia menciptakan dunia. pasti Tuhan punya rencana dari smua yang dikerjakanNya itu. kita, anak"Nya sudah ditentukan untuk menjadi anak"Nya SBELUM DUNIA DIJADIKAN (Efesus 1 : 4). Trus buat apa kita lahir di dunia? nah lo, bingung kan?^^

Tuhan itu gk trjangkau pikiran manusia. rncanaNya pasti yang terbaik. kalo prtanyaannya kenapa Tuhan menyesal, padahal Dia maha tahu, masih ada banyak lagi
-kenapa Tuhan gk membuat manusia gk mlakukan dosa, pdhal Dia mahakuasa?
-knp Tuhan membiarkan Adam memakan apel d firdaus?
-knp Tuhan membiarkn Petrus menyangkalNya 3x? kan Tuhan bisa aja buat Petrus mengaku?
-knp Tuhan gak menampakkan diri ke Dunia aja? biar semua percaya?

banyak yang tdk diketahui manusia, jadi berdoa ajalh, minta jawabn Tuhan.
ini masih pendapat, mohon koreksinya :). Jbu all~