Mengasihani diri sendiri

Mengasihani diri sendiri adalah kebiasaan yg bisa menghancurkan cara berpikir orang kristen. Sebagai orang kristen, kita adalah anak2 Allah. Didalam nama Yesus kita mempunyai kekuatan yg melebihi apapun juga. Nama Yesus adalah nama diatas segala nama (efesus 1:20-22). Tuhan meletakkan Roh Kudus dalam diri kita agar kita selalu melakukan apa saja menurut kehendakNya. Orang kristen tidak seharusnya mengasihani diri sendiri karena kita memiliki Tuhan yg sangat luar biasa dan Yesus sendiri yg menjadi pengantara antara kita dan Bapa disurga. Yesus menderita dikayu salib agar kita memiliki hak istimewa sebagai anak2 Allah. Kita tidak bisa membayangkan penderitaan Yesus dikayu salib saat Tuhan menebus dosa kita semua.
Mengasihani diri sendiri = menghina Tuhan
Ketika kita mengeluh dan mengasihani diri sendiri kita ssecara tidak langsung sudah menghina Tuhan dan apa yg Tuhan telah lakukan kepada kita. Yesus berkata dalam Matius 11:30 " Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan." Ini karena kita memilki Tuhan dan Roh Kudus yg membantu kita dalam setiap kesulitan yg kita hadapi. Kita terbebas dari dosa karena kuasa Tuhan dan Roh Kudus yg bekerja didalam hati kita.
Memuji Tuhan
Pada dasarnya, ada beberapa orang yg selalu merasa tidak puas kepada Tuhan. Dapatkan anda bayangkan bahwa orang kristen bisa memiliki Tuhan dan Roh Kudus di hati mereka tapi masih saja merasa tidak puas dengan apa saja yg Tuhan pernah berikan kpd mereka. Paulus mengatakan dalam Filipi 4:4 " Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!" ini artinya bahwa dengan penderitaan kita dibentuk agar bisa menjadi lebih seperti Yesus walaupun begitu ada saja orang yg suka membesar2kan penderitaannya agar orang2 disekitarnya merasa kasihan kepadanya. Yesus berkata dalam Matius 6:16-18 “Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”
Orang2 yg selalu ingin membahagiakan orang lain
Segala sesuatu yg kita lakukan seharusnya sesuai dengan firman Tuhan. Pada saat kita memberi dengan tangan kanan jangan biarkan tangan kiri kita melihat. Tuhan juga berkata bahwa siapa yg suka menonjolkan kebaikan dan amal mereka dibumi hanya akan mendapat pujian di bumi karena mereka hanya ingin mencari perhatian orang2 disekitarnya, mereka cenderung untuk mencari perhatian daripada menyenangkan hati Tuhan. Tuhan berkata dalam Matius 15:8 “Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku.”

Membenarkan diri sendiri
Mengasihani diri sendiri adalah bentuk dari pembenaran diri sendiri dimana kita cenderung mengatakan “Lihatlah penderitaanku dan banyaknya keluhanku!” Kebanyakan orang tahu siapa saja yang terus memanjakan diri mereka dengan mengasihani diri sendiri supaya orang2 disekitarnya merasa simpati kepadanya. Jika kamu tidak bisa mengenali tanda2 orang yg suka mengasihani diri sendiri mungkin saja kamu sendiri adalah orang yg suka mengasihani diri sendiri. Apapun masalahnya, mengasihani diri sendiri itu tidak dibenarkan, tidak sesuai dengan firman Tuhan dan tidak beralasan.
Hidup sepenuhnya
Dalam Yohanes 10:10 disebutkan “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” Siapa saja yg suka mengasihani diri sendiri tidak bisa hidup sepenuhnya didalam Tuhan. Apa yg kita butuhkan cuma Tuhan. Tapi jika kamu menolak untuk bersyukur akan kebaikan Tuhan yg pernah Tuhan lakukan dalam hidupmu. Kamu tidak akan bisa hidup berkelimpahan seperti yg Tuhan inginkan terjadi dalam hidupmu. Banyak hal yg kita bisa jadikan alasan untuk beryukur senantiasa. Setiap malam daripada kita memenuhi pikiran kita dengan berbagai macam kekhawatiran, kita seharusnya bersaat teduh dan menikmati hadirat Tuhan.
Bagaimana Menyingkirkan sifat mengasihani diri sendiri
Ketika pikiran seperti ini berusaha memasuki pikiran anda seharusnya kita mendorong pikiran ini keluar dan menggantinya dengan ucapan syukur dan harapan. Pikiran kita harus kita arahkan kepada Tuhan bukan pada diri kita sendiri. Saat kamu bersaat teduh dan merasakan hadirat Tuhan, banyak hal yg patut kita syukuri dan bisa menghasilkan Buah2 Roh diantaranya harapan dan iman didalam hati kita dan kita akan mampu menerima keindahan kasih Tuhan dalam diri kita.
Kesimpulannya
Sebagai ganti dari mengasihani diri sendiri kita harus memusatkan perhatian kita kepada cara bagaimana menciptakan hal2 yg lebih baik bukan hanya untuk diri kita sendiri melainkan untuk orang2 disekitar kita. Sebagai orang kristen, kita adalah terang dunia. Kita harus bersinar untuk memuliakan nama Tuhan. Saya berharap mulai saat ini kalian memusatkan pikiran terhadap hal2 yg positive dalam hidup kalian dan mulai mengusir hal2 yg negative dalam hidup kalian.

Mengasihani diri sendiri dlm batas2 normal adalah positif,
misal menghindar dari penyebab kesakitan dll
mengasihi diri sendiri juga awal dari mengasihi org lain,
bagaimana bisa tahu caranya mengasihi org lain kalau tdk mengasihi diri sendiri?
Matius 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah:
Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
GBU

mengasihi dengan mengasihani itu berbeda…dalam bahasa inggris saja artinya juga berbeda…mengasihi = love sedangkan mengasihani = pitty…kalau dilihat di kamus bahasa indonesia juga beda lho nggak bisa disamakan http://kamusbahasaindonesia.org/ ==> mengasihi artinya menaruh kasih kpd; mencintai; atau menyayangi…sedangkan mengasihani/kasihan artinya rasa iba hati

mungkin maksudnya, mengasihani diri sendiri… lebih mengarah kepada tingkat emosional yang termehek mehek…

yang kadarnya teralalu, walau sebenarnya tidak diperlukan…

yang kadarnya terlalu di lebih lebihkan, walau juga tidak diperlukan…

mengasihani diri sendiri pada kadar yang pas… itu pasti lah hal yang tepat…

sama sperti Yesus mengajarkan baik dalam berkata : “katakan ya bila ya dan katakan tidak bila tidak”

jangan dilebih lebihkan…

orang yang terlalu mengasihani diri sendiri akan membuat orang itu susah berpandang kedepan, dan tidak dapat melihat gambaran yang sebenarnya akan masalah atau bentuk cerita yang ada dihadapannya…

sehinggapun susah untuk mencari penyelesaiaanya…

karena yang dia inginkan pastilah…

agar orang mengerti btapa dia juga pantas dikasihani…

sikit menambahkan…

salam,

Apapun definisinya, semua tergantung pd motivasinya
mengasihi org lain kalau motivasinya spy dilihat & terlihat baik?
mengasihi org lain utk melarikan diri dari perasaan mengasihani diri?

Pembahasan dari TS adalah tentang mengasihani diri sendiri, bukan tentang :

  • Mengasihi diri sendiri, dan bukan juga tentang :
  • Mengasihani orang lain.

GBU

Lihat kesimpulannya:

Kesimpulannya juga bukan tentang mengasihi diri sendiri atau tentang mengasihani orang lain. :slight_smile:

GBU

diskusinya sama TS, bukan sama anda
jadi biarkan TS yg reply krn dia yg tahu maksudnya

Kan orang lain bisa baca apa yang ditulis TS. :slight_smile:

Keliatannya mas salah kaprah antara ‘mengasihani diri sendiri’ vs ‘mengasihi diri sendiri’ dikira sama. Lalu karena ternyata tidak sama akhirnya muter-muter. :happy0025:

GBU

aku setuju ama dya10…

wow, makasi mas ckphillips4
bener2 renungan yg membuka wawasan saya, terus terang saya orang yg suka mengasihani diri sendiri, apalagi saya yatim piatu godaan mengasihani diri sndiri bener2 terus berdengung di kehidupan saya.

tp hari ini td saya membaca renungan harian dan pas saya mau bikin thread kesaksian baca thread yg bener2 keren ini, yep mulai skrg walopun kecil, tp saya ingin memuliakn Tuhan dgn bersaksi apa yg telah Tuhan kasih ke saya walopun lewat thread2 kecil juga, hehe…,
thanks and God Bless :happy0025:

ngeselin sih emang orang yang mengasihani diri sendiri, tapi lebih ngeselin lagi orang yang nyalahin orang2 di sekitarnya untuk kondisi yang dialaminya :cheesy:
ngasihani diri sendiri itu jatohnya kaya jadi pengemis ya

dari sini harusnya udah clear sebenernya :happy0025: