Mengejutkan Dunia, Donald Trump Menang Pilpres Amerika. Apa Dampak bagi RI?

Sy kurang tau soal politik tapi sy dengar ramai orang bicara bahwa Donald Trump di luar dugaan membalikkan keyakinan banyak orang. Dia secara mengejutkan menang melawan Hillary Clinton.

Yang ingin sy tanyakan adalah: apa dampak kemenangan Trump bagi RI??

Trims ibu bpk sekalian :slight_smile:

NB : terlepas dari bagus tidaknya kepemimpinan Trump, sy suka gayanya. Dia lucu dan punya selera humor yg bagus.

Entah mengapa saya kurang tertarik mengikuti pilpres AS kali ini. Berbeda ketika Obama hendak mencalonkan diri menjadi presiden tahun 2008. Kalo tidak salah (berarti benar dong…) , salah satu pesaing dari sesama partai demokrat waktu itu adalah juga Hillary Clinton.

Saya yakin seribu yakin, ini pasti gara-gara Ahok. Hehehe.

IMHO, salah satu dampak kemenangan DT bagi RI yang sangat mungkin dipastikan adalah bahwa JW akan segera (atau mungkin sudah) menelepon DT untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya.

Kayaknya itu saja dulu.

Sama seperti Anda, saya juga suka gaya bicara DT setelah menonton game show The Apprentice selama 3 musim.

kebetulan saya mengikuti pilpres AS ini dari media conservative AS langsung, mengapa Trump menang ? karna Dia menyuarakan problem-problem yang dihadapi AS dan masyarakatnya, itulah penyebab Dia mendapat dukungan yang begitu besar dari masyarakat sana, karna tidak mau dicap rasis dan menjaga persahabatan, banyak yang diam-diam mendukung Trump tetapi tidak terang-terangan ke teman mereka :slight_smile:

buat shadowing, erin dan thomas:
terus apakah Trump memang benar seorang yg anti imigran dan anti Islam?

kurang lengkap, media indonesia banyakan ngutip media liberal anti Trump di Amrik, jadi semua sudah diplintir yang sebenarnya adalah :

anti islam extremis

anti imigran illegal

https://www.donaldjtrump.com/policies/

Pun kalo dia anti apa pun itu, dia bukan raja tapi HANYALAH presiden.

Sebagai presiden sebuah negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, sudah pasti ada batasan-batasan dalam penyelenggaraan kekuasaannya sebagai presiden.

Saya sungguh sangat salut dengan penyelenggaraan pilpres di AS. Sangat cepat dan yang kalah langsung menerima kekalahan dengan menyelamati sang pemenang. Masih tetap menjadi salah satu kiblat tolak ukur negara dengan sistem demokrasi.

Setidaknya kita bebas merdeka makan McDonald’s sampai puas di kehidupan. :smiley:
Sudah sudah, sudah dirasakan nikmatnya hari ini banyak orang bisa nafas di Indonesia, buktinya akiu dan kamiu masih aja ngocol dimari, praise the Lord :angel: :smiley:

yg penting Tuhannya masih Yesus… pasti aman… haha

pernah liat ini…anggap aja cocoklogi atau kebetulan belaka…


Mungkin itu cartoon terbitan trump sebelum terjun politik…hihihi

Saya pun kurang ikuti politik amerika ttp sya terkejut bila trump menduduki kerusi presiden sbb di malaisia ini hanya partai barack dan calonnya hillary yg di bagi liputan positif… semua liputan ttg trump adalah negatif dan di label kurang ajar… terus dlm persepsi media malaysia trump konfirm nggak ada harapan jadi presiden…

Sy melihat skg di jaman Trump ini media/ mainstream media betul2 tdk objective dlm berita Trump.

Jadi sgt ketara kalau mereka mesin propaganda, krn Trump mau membongkar ‘borok’ penguasa sebelumnya, pihak yg antiTrump betul2 takut dan pakai segala cr utk menjatuhkan Trump. Dari sikap Trump yg mmg tdk mau kompromi dan tdk py beban politik jd tunggangan stau utang pd kelompok tertentu, sy bisa simpulkan bhw dia mmg nasionalis dan benar2 sungguh mau Make America great again.

Btw,sy pikir dampak Trump akan positiv buat Indo secara dia ga meddle urusan dlm negri other country. Dia akan lbh focus pd america dan tdk mau jd boneka globalist/ intl banker/ Imf/ freeport CIA yg py goal menjajah ekonomi negara lemah. ( remember Soros?dia globalist yg ikut andil meruntuhkan Suharto dan menghancurkan rupiah)